10 Kerja Sampingan yang Cocok Untuk Mahasiswa!

 Mamikos | Sel, 20 Mar 2018

10 Kerja Sampingan yang Cocok Untuk Mahasiswa! – Kerja sampingan populer beberapa waktu belakangan ini karena banyak sekali orang yang melakukannya. Selain bisa untuk menyalurkan hobi, upah yang diterima pun bisa untuk menambah biaya hidup perbulan. Tak hanya itu, dengan punya kerja sampingan, tentunya bisa untuk menambah riwayat pekerjaan di daftar riwayat hidup. Pengalaman pun pastinya dengan mudah didapat. Beberapa kerja sampingan rupanya menjadi tren dan digandrungi anak muda generasi zaman sekarang. Penghasilan yang didapat pun tak bisa diabaikan begitu saja. Ditambah lagi dengan kekuatan media sosial, membuat kerja sampingan semakin mudah diperoleh dan tentunya dilakukan.

Lantas apa saja sih daftar kerja sampingan yang dikini tengah menjadi buah bibir dan diminati banyak orang, terutama anak-anak muda generasi millenial?

1. Fotografer

sumber gambar: creativelive com

Fotografer dalam artiannya adalah orang yang membuat gambar dengan cara menangkap cahaya dari subyek gambar dengan kamera maupun peralatan fotografi lainnya. Biasanya, fotografer ini memikirkan seni dan teknik untuk menghasilkan foto yang lebih bagus serta berusaha mengembangkan ilmunya. Banyak fotografer yang menggunakan kamera dan alatnya sebagai pekerjaan untuk mencari penghasilan, dan gambarnya akan dijual untuk cover majalah, cover calender, artikel, dan lain-lain.

2. Penulis

sumber gambar: writercooperative com

Penulis adalah sebutan bagi orang yang melakukan pekerjaan menulis, atau menciptakan suatu karya tulis. Penulis bisa dijadikan pekerjaan sampingan, seperti contohnya menulis dengan mengisi suatu rubrik atau kolom di majalah, atau menulis cerpen atau kisah yang kemudian bisa dibukukan dan dijual.

 

3. Desainer Grafis

sumber gambar: graphicgasoline com

Desainer grafis merupakn profesi yang menciptakan ilustrasi, tipografi, fotografi, atau grafis motion. Biasanya profesi sebagai desainer grafis ini menciptakan karya untuk penerbit, media cetak dan elektronik, seperti brosur dan mengiklankan produk.

4. Web developer

sumber gambar: 3ddigital com

Web developer adalah seseorang yang menciptakan aplikasi berbasis web dengan menggunakan bahasa pemrograman. Web developer bisa dijadikan sebagai kerja sampingan karena sifat pekerjaannya yang bisa dilakukan di mana saja asal ada koneksi internet yang memadai.

5. MC (Master of Ceremony)

sumber gambar: emceelester com

Disebut juga pembawa acara MC (master of ceremony)adalah orang yang bertugas sebagai tuan rumah sekaligus pemimpin acara dalam panggung pertunjukan, hiburan, pernikahan, dan acara-acara sejenis. Pembawa acara membawakan narasi atau informasi dalam suatu acara atau kegiatan, ataupun dalam acara televisi, radio dan film.

6. Barista

sumber gambar: rd com

Profesi yang satu ini kini tengah menjadi sorotan karena banyaknya peminat dan kecintaan terhadap kopi. Barista sendiri dalam pengertiannya adalah suatu pekerjaan yang pekerjaannya membuat dan menyajikan kopi yang berbasis espresso kepada pelanggan.

7. Guru les

sumber gambar: londonpo com

Pekerjaan sebagai guru les sendiri sempat menjadi pekerjaan sampingan favorit mahasiswa. Kerja sampingan yang satu ini selain memiliki waktu kerja yang fleksibel, upah yang didapat pun cukup besar.

8. Vlogger

sumber gambar: youtube com

Senang membuat video kemudian mengeditnya? Maka, pekerjaan Vlogger adalah salah satu pekerjaan yang tentunya bisa menjadi pilihan untuk kerja sampaingan. Apabila video yang dihasilkan menarik dan memiliki banyak viewer, maka hasil yang didapatkan pun tak kalah banyak.

9. Blogger

sumber gambar: digitalmakers cat

Senang menulis dan mengabadikannya dalam blog? Maka pekerjaan Blogger adalah jawabannya. Kerja sampingan ini cocok untuk seseorang yang memiliki passion di bidang tulis menulis dan tentunya memiliki hobi menulis.

10. Pengrajin

sumber gambar: flickr com

Senang membuat pernak-pernik seperti perhiasan kalung, gelang dan cincin dari manik-manik atau juga senang mengrajut? Maka kesenangan tersebut bisa dijadikan kerja sampingan, apalagi di era media sosial, tenunya akan lebih mudah dalam memasarkan barang kerajinan.

[sg_popup id=”8″ event=”onload”][/sg_popup]

Dapatkan info lowongan kerja dibawah ini.

Kunjungi mamikos.com  untuk dapatkan Info Kost terupdate di berbagai kota di Indonesia

Download Aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah disini

Aplikasi Kost