10 Oleh-Oleh Khas Bekasi yang Murah, Enak, dan Awet

 Mamikos | Sen, 20 Nov 2017

Berkunjung ke Kota Bekasi berarti wajib dong bawa pulang oleh-oleh khas Bekasi. Meski tak setenar Jakarta, Bekasi juga punya beragam oleh-oleh khas yang bisa dibeli oleh wisatawan yang berkunjung ke kota ini lho. Jadi, buat kamu yang lagi ada di Bekasi dan mau beli oleh-oleh khas Bekasi, gak usah bingung karena ada banyak pilihan oleh-oleh yang bisa kamu beli. Berikut ini adalah 10 oleh-oleh khas Bekasi yang wajib dibeli oleh wisatawan.

Oleh-Oleh Khas Bekasi Murah

1. Kue Duit

Salah satu oleh-oleh khas Bekasi yang paling terkenal adalah kue duit. Kue unik ini diberi nama “kue duit” karena bentuknya memang menyerupai kepingan uang koin atau duit koin. Kue duit dibuat dari bahan-bahan berupa tepung, gula, dan telur. Adonan tepung dibentuk bulatan tipis seperti uang logam kemudian digoreng. Kue duit memiliki tekstur renyah dan rasa manis. Kue ini cocok untuk camilan teman minum teh di sore hari. Di toko oleh-oleh sekitar daerah Bekasi, kue duit mudah ditemukan dalam bentuk kemasan-kemasan kecil maupun yang kiloan.

 

2. Kue Sagon

Selain kue duit, Bekasi juga punya kue sagon. Kue sagon adalah kue berbahan tepung beras yang cukup populer sebagai oleh-oleh khas Bekasi. Kue sagon dibuat dari tepung beras yang sudah disangrai sehingga menghasilkan aroma dan rasa yang khas. Bentuk kue sagon khas Bekasi sangat bervariasi, mulai dari bentuk oval, lingkaran, kotak, persegi panjang, dan lain sebagainya. Kue sagon diminati sebagai oleh-oleh khas Bekasi karena memiliki rasa yang gurih nikmat dan harganya juga cukup terjangkau.

3. Rengginang

Bekasi dikenal sebagai kota di mana banyak home industry atau UKM yang memproduksi rengginang. Rengginang adalah camilan gurih yang terbuat dari beras. Camilan mirip kerupuk ini memiliki tekstur renyah dan rasa gurih yang membuat siapapun ketagihan memakannya. Rengginang dibuat dengan cara menjemur kerak nasi di bawah sinar matahari. Jika sudah kering, kerak nasi digoreng sampai mengembang. Rengginang memiliki rasa gurih. Namun, rengginang juga ada yang dijual dengan rasa manis yaitu dengan menambahkan lapisan gula/gula merah di atasnya. Kalau kamu pengen beli rengginang, banyak toko oleh-oleh khas Bekasi yang menyediakannya.

 

4. Kue Akar Kelapa

Kue akar kelapa memang terkenal sebagai oleh-oleh khas Jakarta, namun banyak juga pembuat kue seperti ini di Bekasi sehingga kue akar kelapa cocok dijadikan sebagai oleh-oleh khas Bekasi. Kue akar kelapa memiliki bentuk panjang bergerigi, mirip dengan akar kelapa. Kue yang terbuat dari bahan-bahan seperti tepung ketan, beras ketan, dan kelapa parut ini memiliki tekstur renyah dan rasa manis, cocok dijadikan camilan. Menemukan kue akar kelapa terbilang gampang karena kue ini cukup laris diburu wisatawan dan mudah ditemukan di pusat oleh oleh Bekasi.

 

5. Dodol Betawi

Bekasi merupakan salah satu kota di mana pengaruh budaya Betawi masih kental. Bekasi sudah menjadi lokasi yang ditinggali oleh orang-orang suku Betawi sejak jaman kolonial Belanda. Inilah mengapa budaya Betawi dan kuliner khas Betawi masih kental di Bekasi. Salah satu makanan dengan pengaruh budaya Betawi yang masih sering ditemukan di Bekasi adalah dodol Betawi. Dodol Betawi memiliki rasa legit dan enak. Biasanya, dodol yang dibuat dari ketan ini memiliki rasa ketan biasa atau rasa ketan durian. Dodol Betawi gampang ditemukan di sekitar Bekasi, terutama menjelang hari raya Idul Fitri.

 

6. Bandeng Rorod

Salah satu ikon oleh-oleh khas Bekasi adalah Bandeng Rorod. Bandeng Rorod adalah sajian ikan bandeng isi tanpa duri yang jadi makanan khas Bekasi Jawa Barat. Buat kamu yang suka sama ikan bandeng, bandeng rorod ini merupakan pengembangan varian produk berbahan baku ikan bandeng yang pasti bakal kamu gemari banget. Bandeng ini lebih nikmat disantap karena telah mengalami proses penghilangan duri. Bandeng juga diberi tambahan bumbu tertentu sehingga rasanya menjadi lebih lezat. Sebagai oleh-oleh, Bandeng rorod sering dijual dalam kemasan kotak dengan isi 2-4 bandeng per kotaknya. Biasanya tersedia rasa bandeng rorod original dan pedas. Pengen? Buruan cari di Bekasi. Bandeng rorod khas kuliner Bekasi ini enak banget lho buat lauh, apalagi kalau ditambah dengan sambal terasi. Tambah mantap!

7. Bir Pletok

Bir pletok adalah minuman khas Betawi yang juga mudah ditemukan di kawasan Bekasi sehingga sering juga disebut dengan minuman khas Bekasi. Meski ada kata “bir” di dalamnya, minuman ini bukanlah sejenis alkohol yang bisa memabukkan. Sebaliknya, minuman ini justru menyehatkan karena terbuat dari berbagai macam rempah-rempah. Khasiat dari meminum bir pletok antara lain adalah dapat meredakan masuk angin, pusing, dan gejala flu. Sebagai oleh-oleh khas Bekasi, bir pletok dapat dibeli di toko oleh oleh di Bekasi dalam bentuk siap minum atau yang berupa serbuk dan sirop.

 

8. Wajik Ketan Hitam

Oleh-oleh khas Bekasi yang lumayan gampang ditemui adalah wajik ketan hitam. Wajik dengan tekstur kenyal dan rasa manis ini cocok dijadikan buah tangan karena rata-rata memiliki tingkat keawetan tinggi dan memiliki harga yang tidak mahal. Makanan khas Bekasi ini dibuat dari bahan baku berupa ketan hitam yang diberi tambahan rempah. Kalau minat beli wajik ini, kamu bisa membelinya dnegan sangat mudah karena di toko kue banyak menjualnya.

 

9. Kue Kembang Goyang

Kue kembang goyang merupakan oleh-oleh khas Bekasi yang juga terkenal di Jakarta dan sekitarnya. Kue ini memiliki citarasa manis dan tekstur yang renyah. Cocok dijadikan camilan saat kumpul keluarga atau menjamu tamu. Kue ini memiliki bentuk yang khas, seperti bunga berbentuk lingkaran. Dinamakan kembang goyang karena proses penggorengan adonannya harus digoyang-goyang, kue ini merupakan salah satu oleh-oleh khas Bekasi yang wajib banget dibeli saat kamu cari buah tangan di kota ini.

 

10. Kue Biji Ketapang

Oleh-oleh khas Bekasi yang cukup legendaris adalah kue biji ketapang. Kue khas Cikarang ini berbentuk bulat kecil ini cocok dijadikan oleh-oleh bagi keluarga di rumah. Bentuk dari kue ini memang menyerupai biji ketapang dan memiliki rasa manis, renyah dan agak keras. Bahan pembuat kue ini antara lain adalah tepung terigu, gula, mentega serta telur. Kue ini mudah ditemukan di pusat oleh oleh di Bekasi Timur atau di wilayah lainnya.

Itu dia tadi 10 oleh-oleh khas Bekasi yang wajib kamu beli. Semua oleh-oleh di atas tadi terbilang awet dan murah, cocok buat kamu yang sedang berada di Bekasi dan bingung mau bawa pulang oleh-oleh apa. Selain makanan, banyak juga oleh oleh barang khas Bekasi atau souvenir khas Bekasi yang bisa dijadikan oleh-oleh, contohnya seperti batik Bekasi. Selamat liburan dan selamat belanja oleh-oleh!

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Kunjungi mamikos.com  untuk dapatkan Info Kost terupdate di berbagai kota di IndonesiaCari Info Kost , Pakai mamikos.com - kost jogja, kost jakarta, kost surabaya, kost bandung

Download Aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah disini

Aplikasi Kost