11.000 Lowongan Kerja BUMN Dibuka, Daftar Di Sini!

 Mamikos | Sab, 16 Mar 2019

11.000 Lowongan Kerja BUMN Dibuka, Daftar Di Sini! – Badan usaha milik negara (BUMN) atau dahulu dikenal sebagai perusahaan negara (PN) adalah perusahaan yang dimiliki baik sepenuhnya, sebagian besar, maupun sebagian kecil oleh pemerintah dan pemerintah memberi kontrol terhadapnya. Yang membedakan BUMN dengan badan lain milik pemerintah adalah status badan hukum dan sifat operasionalnya (seperti aktivitas dan tujuan komersialnya). Meski BUMN berperan dalam melaksanakan kebijakan publik (misalnya perusahaan perkeretaapian milik negara bertujuan untuk mempermudah akses dan mobilitas masyarakat), BUMN harus dibedakan dari kementerian, lembaga pemerintah nonkementerian, nonstruktural, dan badan layanan umum.

Pendapat mengenai terminologi BUMN menurut para ahli berbeda-beda, terutama dalam mendefiniskan istilah bahasa Inggris untuk BUMN, state-owned enterprise. Pertama, istilah state sering tidak jelas dan bahkan diperdebatkan, (semisal, kurang jelas apakah badan usaha milik daerah, BUMD, dianggap “milik negara”). Selain itu, tidak ada kejelasan apakah syarat pembentukan BUMN adalah “benar-benar milik negara” (state-owned) seutuhnya (perlu diketahui bahwa BUMN dapat sebagian atau seluruhnya dikuasai oleh negara; bahkan sangat susah mengetahui seberapakah kepemilikan negara dalam perusahaan memenuhi syarat sebagai “milik negara” karena pemerintah dapat memiliki modal sendiri, tanpa mencampuri urusan perusahaan). Terakhir, istilah enterprise (badan usaha) sering dipertanyakan, karena secara umum enterprise adalah badan hukum perdata walaupun ada juga BUMN yang berbadan hukum publik, yang akibatnya istilah corporation (perusahaan) lebih sering digunakan.

11.000 Lowongan Kerja BUMN Dibuka, Daftar Di Sini!

Dalam BUMN sendiri, anak perusahaannya dapat bersifat tertutup ataupun terbuka (dicatat dalam bursa efek) namun pemerintah memiliki perusahaan tersebut melalui perusahaan induk (membentuk holding BUMN). Terdapat dua definisi mengenai “anak perusahaan BUMN” bergantung kepemilikan pemerintah, yakni definisi pertama adalah pemerintah memiliki setidaknya lebih dari 50% saham pada anak perusahaannya, atau definisi kedua, berapa pun jumlah saham aktif yang ada di tangan pemerintah. Suatu tindakan yang mengubah badan layanan umum milik pemerintah menjadi BUMN disebut korporatisasi.

Lowongan Kerja BUMN kembali hadir untuk putra putri negeri.  Bagi kamu yang ingin mendaftarkan diri untuk mengikuti Program Perekrutan Bersama BUMN yang diselenggarakan oleh Kementerian BUMN melalui Forum Human Capital Indonesia (FHCI), namun masih bingung dalam pendaftaran, kini tak usah khawatir lagi. Pasalnya, FHCI melalui akun Instagramnya @forumhumancapitalindonesia dan di laman resminya http://rekrutbersama.fhcibumn.com, memberikan cara pendaftaran Program Perekrutan Bersama BUMN.

Berikut cara pendaftaran Program Perekrutan Bersama BUMN:

  • Buat akun pada website Perekrutan Bersama BUMN, rekrutbersama.fhcibumn.com
  • Isi dan lengkapi data pribadi
  • Pilih program rekrut yang ingin kamu pilih, yaitu Reguler / Disabilitas / Kawasan Timur Indonesia
  • Setelah memilih program, isi surat keterangan sehat (bagi jalur rekrutrasi Reguler dan Kawasan Timur Indonesia) atau surat keterangan disabilitas (bagi jalur rekrutrasi Disabilitas)
  • Bila biodata sudah terisi, maka sistem akan melakukan seleksi administrasi.

FHCI juga menyampaikan informasi bagi para pelamar yang sudah membuat akun agar segera mengisi biodata tanpa menunggu e-mail notifikasi. FHCI menegaskan bahwa dokumen pelamar bisa menyusul nanti setelah asesmen tata nilai. Jadwal Asesmen sendiri dapat dilihat di Web menu Jadwal Asesmen. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Program Perekrutan Bersama BUMN, FHCI mengimbau para pelamar untuk terus mengikuti informasi melalui Akun Instagram @forumhumancapitalindonesia dan Twitter @fhcibumn.

Sekadar informasi, dalam rangka merayakan HUT ke-21 pada bulan ini, Kementerian BUMN melalui Forum Human Capital Indonesia (FHCI) membuka kesempatan bagi putra-putri terbaik Indonesia untuk bergabung dan menjadi bagian dari keluarga besar BUMN melalui Program Perekrutan Bersama BUMN yang dibuka hingga 17 Maret 2019. Program Perekrutan Bersama BUMN (PPBB) ini membuka lowongan kerja BUMN besar-besaran karena membuka peluang karier di 110 perusahaan BUMN dan membuka sebanyak 11 ribu posisi lowongan kerja.

Sistem PPB dilakukan secara terbuka dan memberikan peluang yang sama bagi semua kalangan lulusan SLTA/SMK, Vokasi, S1-S2, talenta disabilitas, dan rekrut khusus putra/putri dari KTI (Kawasan Indonesia Timur). Hingga Minggu, 10 Maret 2019, tercatat sudah ada sekitar 145 ribu orang pelamar yang mendaftarkan diri untuk mengikuti Program Perekrutan Bersama BUMN. Jumlah pelamar ini diprediksi akan terus meningkat.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

11.000 Lowongan Kerja BUMN Dibuka, Daftar Di Sini!

11.000 Lowongan Kerja BUMN Dibuka, Daftar Di Sini!