17 Contoh Daftar Belanja Bulanan Anak Kost Super Hemat!

Posted on Posted in Seputar Anak Kost

Hemat adalah salah satu tantangan terbesar yang harus dihadapi oleh anak kost. Kadang kalau terlalu menghambur-hamburkan uang di awal bulan, akan terasa menyiksa di akhir bulan ya? Untuk menghindari hal ini kamu bisa mempersiapkan daftar belanja bulanan anak kost atau tabel pengeluaran anak kost supaya tahu uang yang kamu miliki cukup digunakan untuk apa saja.[sg_popup id=”22″ event=”onload”][/sg_popup]

Belilah barang yang memang sangat kamu perlukan kalau uang jajan mepet, supaya kamu tidak kekurangan dan harus menahan lapar sampai dapat gaji atau uang bulanan dari orang tua.

Daftar Belanja Bulanan Anak Kost

Khusus untuk kamu yang hidup merantau, sudah jadi anak kost atau baru berencana untuk kost kali ini ada 17 contoh daftar belanja bulanan anak kost yang akan di jelaskan supaya kamu lebih hemat. Jika sudah membuat daftar belanja bulanan anak kost kamu jadi lebih tahu barang yang kamu perlukan apa saja.

Setiap bulan kamu juga bisa langsung membuat estimasi pengeluaran dana. Banyak anak kost yang kurang persiapan dan menyepelakan tentang daftar belanja bulanan hemat sehingga sering merasa kalau uang bulanannya kurang dan tidak pernah cukup. Langsung disimak dan dicatat ya!

  • Sewa Kost

 

Setiap bulan tentu saja harus ada pengurangan untuk kost, karena ini wajib jadi lebih baik kamu sisihkan pertama kali setelah gajian atau dapat kiriman dari orang tua untuk bayar kost. Jika memang kamu termasuk orang yang boros, kamu bisa berbicara kepada pemilik kost supaya bisa membayar kost setiap tanggal gajian.

Untuk mencegah uang kost habis duluan kamu bisa juga menitipkannya pada orang tua dulu atau teman kamu. Agar tidak digunakan untuk hal lain, baik itu yang mendesak atau tidak.  Jika belum tahu kisaran harga kostnya, kamu bisa coba cari kost Jakarta, kost jogja, kost bandung, kost malang dan kost daerah yang lainnya di Mamikos.

  • Bahan Makanan

Meskipun setiap harinya kamu selalu membeli makanan di luar baik itu warteg atau restoran, tetap saja setiap bulannya kamu harus memasukkan bahan makanan kedalam daftar belanja bulanan kamu. Lebih bagus lagi jika kamu memilih untuk selalu masak sendiri di tempat kost. Lebih hemat dan akan lebih praktis jika kamu masak sendiri kok.

Baca juga :  7 Jurusan Kuliah untuk Kamu yang Cinta Sama Makanan

Bahan makanan ini biasanya juga terdiri dari mie instan, abon, beras, dan beberapa bahan sayur lainnya. Terutama untuk kamu yang sewa kost di Jakarta atau sewa kost di Surabaya, harga makanan kan mahal jadi bisa kamu siasati dengan sering masak sendiri daripada beli makanan dari luar.

  • Air Galon

Daftar belanja bulanan anak kost yang tidak kalah pentingnya adalah air galon. Kebutuhan satu ini wajib masuk dalam tabel pengeluaran kamu setiap bulan. Supaya kamu tidak selalu beli minuman kemasan yang harganya lebih dari 3ribu. Kamu bisa juga membawa bekal air mineral saat berangkat kerja atau kuliah untuk mengurangi pengeluaran setiap bulan.

Jika dihitung, misalnya beli minum 3ribu sehari, berari dalam sebulan kamu perlu 90ribu untuk beli minum. Padahal kalau beli air galon bisa untuk beli 6 buah lho. Lumayan boros juga kan? Inilah kenapa galon juga harus masuk dalam daftar belanja bulanan kamu.

  • Bayar Kuliah

Biaya kuliah juga sebaiknya kamu masukkan dalam daftar belanja bulanan supaya kamu benar-benar tahu berapa total uang yang kamu keluarkan setiap bulannya. Biaya kuliah biasanya dibayarkan setiap enam bulan sekali atau setiap semester, tapi supaya nanti tidak terlalu menjadi beban kamu bisa menyisihkan setiap bulannya untuk bayar kuliah.

Mau lebih hemat? Kamu bisa usahakan untuk mencari beasiswa agar mengurangi beban dalam membayar biaya kuliah. Dan biasanya juga ada beasiswa yang sudah include biaya makan, tempat tinggal dan biaya untuk buku-buku kuliah.

  • Buah-buahan

Asupan dari buah-buahan juga penting untuk kesehatan kamu. Jadi sebaiknya setiap bulan kamu memasukkan buah dalam daftar belanja. Paling tidak belilah setiap satu minggu sekali agar tubuhmu tetap mendapatkan asupan makanan yang sehat.

Kalau kamu sangat suka dengan buah berarti kamu butuh menyisihkan lebih banyak supaya bisa makan buah. Biasanya buah juga bisa membuat kita merasa kenyang, jadi kalau sudah makan buah bisa mengurangi porsi makanjadi 2x dalam sehari.

  • Transportasi

Pengeluaran untuk transportasi juga perlu kamu pertimbangkan di awal bulan dan dimasukkan dalam daftar belanja bulanan anak kost. Kalau kamu perlu naik transportasi untuk berangkat kerja atau kuliah, buatlah tabel pengeluaran uang yang kamu perlukan untuk pp.

Kemudian kalikan dalam sebulan, minimal sisihkan 250-350 ribu untuk tarif transportasi. Untuk meminimalisir biaya transportasi, kamu bisa beli sepeda ontel atau pilih tempat kost yang jaraknya tidak terlalu jauh dari kampus. Apalagi kalau bisa ditempuh dengan jalan kaki.

  • Perlengkapan Mandi

Daftar belanja bulanan anak kost selanjutnya yang tidak boleh ketinggalan adalah perlengkapan mandi. Seperti sabun, pasta gigi, shampoo, sabun cuci muka dan yang lainnya harus kamu pikirkan. Sisihkan uang khusus untuk perlengkapan mandi, meskipun biasanya kebutuhan satu ini perlu dibeli dalam 2bulan sekali, tapi untuk jaga-jaga tetap harus disisihkan sebagian uang bulanan ya.

Untungnya, sering ada diskon dan juga promo untuk kebutuhan yang satu ini. Sering-sering cari yang seperti ini saja kalau ingin lebih hemat untuk pengeluaran bulanan.

  • Tugas Kuliah

Jika kamu kuliah atau kerja sambil kuliah, tugas kuliah harus masuk dalam kebutuhan bulanan kamu. Paling tidak kamu harus selalu mempunyai cadangan untuk tugas kuliah setiap harinya. Jika tugas kuliah memerlukan sumber dari internet, manfaatkan wifi di kampus saja agar tidak keluar uang lebih.

  • Bayar Listrik dan Air

Kalau kebutuhan yang satu ini khusus bagi kalian yang biaya kost belum termasuk listrik dan air. Karena memang ada kost-kost an yang disewakan tapi belum termasuk listrik dan air. Sehingga perlu adanya perhitungan juga untuk membayar listrik dan air.

  • Makeup

Bagi perempuan kebutuhan ini juga cukup penting untuk menjaga penampilan. Termasuk juga untuk kebutuhan parfum dan juga deodorant. Ya, mungkin biaya untuk makeup perempuan akan lebih banyak karena kebutuhannya lebih banyak.

Tapi tetap harus bijak dalam membeli, pilih yang benar0benar penting saja jika memang uang mepet. Sedangkan untuk pria bisa lebih berhemat karena yang dibutuhkan biasanya hanya gel untuk rambut, dan parfum.

  • Pulsa atau Kuota

Selanjutnya yang harus kamu masukkan dalam daftar belanja bulanan anak kost adalah pulsa dan kuota. Di era ini mana ada yang tidak punya hp atau seluler, jadi siapkan anggaran untuk kebutuhan satu ini. Kalau kamu sering berada di kampus, sisihkan sekitar 50ribu untuk membeli pulsa dan kuota. Biar lebih hemat, manfaatkan saja wifi di internet sebaik mungkin.

  • Laundry

Jika tidak ingin terlalu boros dalam pengeluaran bulanan, usahakan selalu mencuci pakaian kamu sendiri. Boleh sesekali laundry pakaian kalau keadaan sedang mendesak atau tubuh kamu sedang lelah. Jadi, tetap masukan anggaran untuk laundry dan beli sabun cuci dalam daftar belanja bulanan kamu.

  • Hiburan

Meski sedang belajar hemat saat menjadi anak kost, tapi tetap saja kamu memerlukan hiburan untuk membuat pikiran menjadi segar kembali. Perlu adanya anggaran untuk hiburan seperti dana untuk makan bersama teman, nonton film, jalan-jalan, nonton konser, piknik dan sebagainya.

Tapi, hal ini juga harus kamu batasi ya. Jangan sampai kamu justru menyisakan lebih banyak anggaran hanya untuk hiburan dan melupakan kebutuhan yang lebih penting. Anggar saja dalam seminggu kamu memerlukan 50ribu – 100ribu untuk jalan dengan teman kamu.

  • Obat-obatan

Obat-obatan juga harus masuk dalam daftar belanja bulanan kamu. Ini untuk berjaga-jaga kalau kamu sakit sewaktu-waktu. Jika kamu memiliki penyakit kambuhan seperti sesak nafas, mag dan yang lainnya utamakan untuk membeli obat-obatan atau vitamin yang kamu butuhkan. Bisa juga diatasi dengan rajin berolahraga supaya lebih sehat dan jarang sakit.

  • Tabungan

Selain menyisihkan barang-barang di atas, kamu juga memerlukan tabungan setiap bulannya. Tabungan sangat berguna untuk mengatasi masalah keuangan saat kamu tiba-tiba butuh uang atau memang ada sesuatu yang ingin kamu beli.

Bisa juga digunakan saat orang tua belum kirim uang atau gajian tertunda sementara. Anggap saja tabungan ini sebagai investasi yang harus kamu masukkan dalam daftar belanja bulanan.

  • Dana Cadangan

Selain tabungan, siapkan juga dana cadangan setiap bulannya. Dana cadangan seperti ini akan sangat berguna jika kamu sedang makan enak, atau ada barang kamu yang tiba-tiba rusak dan perlu di service. Dana cadangan ini juga tidak perlu sesuai dengan biaya yang kamu butuhkan di bulan depan.

Jika lebih banyak memang lebih baik, tapi asalkan kamu konsisten dalam menyisihkan dana cadangan dijamin kamu tidak akan pernah merasa kekurangan selama hidup di perantauan.

  • Dana Sosial

Jangan lupa juga untuk menyisihkan sebagian uang kamu untuk dana sosial. Untuk membantu sesama dan member sedikit kebahagiaan itu tidak sulit. Dengan begini kamu juga bisa belajar untuk peduli terhadap sesame dan tentu saja ini akan memberikan kebahagiaan untuk diri kamu sendiri. Tidak perlu banyak yang penting layak dan ikhlas kok.

Itulah 17 contoh daftar belanja bulanan anak kost yang perlu kamu buat dan pertimbangkan. Untuk membantu kamu dalam mengatur pengeluaran suapaya tidak membengkak di akhir bulan. Manfaat lainnya juga supaya kamu bisa lebih belajar mengatur keuangan kamu sendiri.

Karena tidak mungkin akan selalu bergantung dengan orang tua. Keperluan setiap orang juga berbeda-beda, ada juga yang merasa kalau barang-barang ini masih kurang atau mungkin terlalu berlebihan. Ya, semua tergantung pada budget dan juga kebutuhan dari masing-masing orang.