17 Contoh Surat Pengunduran Diri Resmi yang Baik dan Sopan

Posted on Posted in Contoh Surat

17 Contoh Surat Pengunduran Diri Resmi yang Baik dan Sopan – Banyak hal bisa saja terjadi di tempat kerja yang membuat kita tidak lagi nyaman dengan lingkungan tempat kita bekerja entah itu berasal dari sesama rekan kerja, jenuh degan lingkungan pekerjaan atau bahkan ada masalah dengan atasan yang dan membuat kita mau tidak mau mengajukan permohonan pengunduran diri. Normalnya surat pengunduran diri karyawan dibuat secara formal dan kemudian dicetak di selembar kertas lalu diserahkan kepada atasan sebagai pemberitahuan formal bahwa kita akan meninggalkan tempat bekerja.

17 Contoh Surat Pengunduran Diri Resmi yang Baik dan Sopan

Alasan yang biasanya menjadi latar belakang mengapa seseorang mengundurkan diri dari pekerjaannya adalah dibayar dengan gaji yang rendah; tidak terciptanya hubungan yang harmonis dengan atasan; mendapatkan pekerjaan baru yang lebih baik atau bosan. Sedangkan alasan lainnya yaitu, jika kamu benar-benar muak dengan atasan kamu, bahkan berbicara hanya lima menit saja kamu tidak sanggup, maka bisa jadi itulah alasan utama kamu mengundurkan diri hanya melalui email (tanpa ada komunikasi). Dan memang mengundurkan diri adalah solusi yang sering ditempuh oleh para karyawan.

Kamu bisa mengajukan surat pengunduran diri melalui email tanpa berpamitan langsung pada atasan karena berbagai alasan yang kamu miliki. Akan tetapi tindakan tersebut kurang tepat, karena terkesan kurang sopan dan kurang professional. Hati-hati sebab hal tersebut dapat mempengaruhi track record kamu di masa depan. Jadi selalu buatlah kesan baik meskipun kamu hendak meninggalkan kantor lamamu.

Percayalah, dengan kamu mengundurkan diri secara baik-baik, dan berbicara langsung dengan atasan walaupun hanya lima menit, hal itu akan memberikan dampak positif buat dirimu di masa mendatang. Tidak menutup kemungkinan hal tersebut dapat bisa menyelamatkan ‘wajah’ kamu sendiri. Bukankah kita sudah diajari sopan santun bila datang dan pergi oleh orang tua? Minimal mengucap salam. Hal tersebut haruslah berlaku di tempat kerja juga. Syukur-syukur jika perusahaanmu kompeten tentu kamu akan mendapatkan surat rekomendasi yang baik dari perusahaan. Misalnya, andaikanlah di masa mendatang kamu dan mantan bosmu berjumpa lagi dalam satu kondisi dan waktu yang sama. Bukankah lebih menyenangkan saat bisa meninggalkan kesan positif ketimbang sebaliknya. Kamu tidak akan canggung menyapanya dan bertukar obrolan meski singkat.

Berikut ini adalah tips dalam menulis surat pengunduran diri karyawan yang bisa kamu jadikan referensi.

  • Sebaiknya isi surat jelas tujuannya untuk pengunduran diri dari perusahaan dan selalu gunakanlah bahasa yang sopan, baik dan benar.
  •  Berikan alasan pengunduran diri dengan jelas dan singkat. Tak perlu sampai menceritakan secara rinci seperti membuat cerpen atau esai mengenai alasan sebenarnya memilih untuk mengundurkan diri. Apalagi jika alasan utamanya sebenarnya adalah adanya hubungan tak baik antara kamu dan pimpinan, rekan atau budaya di perusahaan tersebut. Cukuplah simpan untuk dirimu sendiri dan Tuhan yang tahu.
  • Cari waktu yang tepat untuk membicarakan niat mengundurkan dirimu dari perusahaan pada HRD atau atasan. Sebagai umat beragama jangan lupa juga berdoa. Agar ketika kamu menyerahkan surat untuk mengajukan pengunduran diri mood HRD ata atasanmu sedang bagus. Meski tidak tampak berlonjakan gembira, minimal kelihatan dia tidak menekuk wajah atau terlalu banyak diam hari itu.
  • Jangan lupa untuk mengucapan terimakasih kepada pimpinan perusahaan beserta rekan-rekan satu pekerjaan di perusahaan. Karena bagaimanapun juga kamu sudah diberi kesempatan dan pernah bekerjasama dalam perusahaan tersebut. Pasti ada ilmu dan pengalaman yang baik yang bisa kamu jadikan pelajaran di masa depan. Berterima kasih tidak membuat kamu rugi kok.
  • Sebutkan waktu dan tanggal mulai kapan kamu akan mulai resign dari perusahaan dan tentunya jangan terlalu mendadak. Hal ini dimaksudkan agar perusahaan juga mempersiapkan untuk mendapatkan pengganti kamu secepatnya.
  • Sebelum resign, jangan sampai meninggalkan sisa kewajiban, ya. Ingatlah untuk selalu  menyelesaikan pekerjaanmu dengan baik untuk menunjukkan bahwa kamu adalah seorang professional dalam bekerja.
Baca juga :  14 Kampus Untuk Karyawan di Jakarta Terbaru dan Terlengkap

Yang harus kamu selalu ingat adalah jangan merasa rugi untuk tetap bertindak positif, seburuk apapun situasinya. Termasuk memikirkan hal- hal yang sudah kamu alami selama bekerja di perusahaan lamamu sampai kemudian memutuskan untuk tinggal atau kamu benar-benar memutuskan untuk pergi meninggalkan pekerjaanmu saat ini.

Tetap perbaiki diri dan performa untuk mendapatkan pekerjaan baru yang sesuai dengan keinginan atau hasrat kamu. Setelah meninggalkan perusahaan lama, jangan putus asa untuk mendapakan pekerjaan yang sesuai dan perusahaan yang dapat mendukung minat kamu selama ini. Ada pepatah lawas yang berbunyi “Cintailah pekerjaanmu, bukan perusahaannya” jadi selalu cintailah apa yang menjadi pilihanmu, ya. Tidak perlu panjang lebar lagi, segera simak beberapa contoh surat pengunduran diri resmi yang baik dan sopan di bawah ini.

Image result for surat pengunduran diri yang baik dan sopan dalam bahasa inggris

Contoh Surat Pengunduran Diri Resmi yang Baik dan Sopan

1. Contoh Surat Pengunduran Kerja

Jakarta Selatan, 11 Maret 2016

Kepada Yth,
HRD Manager
PT. Maju Selaras Bersama
Jl. Ir. Soekarna No 23-25
Jakarta Selatan

Dengan hormat

Melalui surat ini, saya Ahmad Musa bermaksud mengajukan pengundurkan diri dari PT. Maunya Untung Terus sebagai Operator Mekanik terhitung mulai tanggal 21 Maret 2016.

Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan dan dukungan yang dapatkan ketika saya bekerja untuk PT. Maunya Untung Terus. Saya juga menghaturkan maaf kepada seluruh rekan-rekan karyawan dan manajemen PT. Maunya Untung Terus jika selama saya bekerja ada kekeliruan dan kesalahan yang saya lakukan.

Saya berharapkan PT. Maju Selaras Bersama semakin terus berkembang pesat dan selalu mendapatkan yang terbaik.

Hormat saya,

( tanda tangan )

Reza Rahadian

2. Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Pekerjaan Lain 

Magetan, 2 Agustus 2016

Kepada Yth,
HRD Manager
PT. Karya Jujur Mandiri
Jl. Induk Raya No 12-18
Kendari

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya Indah Ningsih bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Karya Jujur Mandiri sebagai Operator Produksi, terhitung dari tanggal 2 Agustus 2016. Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan dan kepercayaan yang telah diberikan kepada saya untuk bekerja di PT. Karya Jujur Mandiri. Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena ingin menambah wawasan serta pengalaman di perusahaan lain.

Saya juga mengucapkan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh rekan karyawan dan manajemen PT. Karya Jujur Mandiri apabila selama saya bekerja mempunyai kesalahan baik itu yang saya sengaja ataupun yang tidak di sengaja.

Saya berharap semoga PT. Karya Jujur Mandiri semakin maju dan berkembang pesat. Demikian surat pengunduran diri ini saya buat, atas perhatian yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

( tanda tangan )

Indah Ningsih

3. Contoh Pengunduran Diri Karena Kesehatan dan Usia

Malang, 01 Mei 2015

Kepada Yth,

Kepala Personalia PT. Kiara Maju
Di Tempat

Dengan Hormat,

Melalui surat ini saya selaku karyawan PT. Kiara Maju berdasarkan atas Surat Kesepakatan Bersama (SKB) tentang ketenagakerjaan dan Undang–Undang tenaga yang melingkupinya yang bertanda tangan dibawah ini saya :

Nama                : Anwar Sanusi
Departemen     : PT. Maju Mundur
Jabatan             : Mekanik
No. Karyawan  : 000678

Bermaksud untuk mengajukan surat pengunduran diri kepada PT Kiara Maju dengan alasan kondisi kesehatan yang semakin menurun. Saya sangat berharap perusahaan bisa memahami kondisi saya dan memberikan hak-hak sesuai dengan ketentuan yang ada.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sesungguhnya tanpa adanya paksaan dari pihak manapun. Atas perhatian dan dukungan perusahaan terhadap saya selama saya bekerja, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Saya,

( tanda tangan )

Anwar Sanusi

4. Contoh Surat Pengunduran Diri Simpel

Cianjur, 08 April 2016

Kepada
Yth Pimpinan
CV. LAKU JAYA MOTOR
Cianjur

Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama     : Sofi Lestari
Alamat   : Jl. Silihasih Gg. H. Maman No. 23 Rt/Rw. 01/07 kel. Kebonjati Kec. Ciwalini
Jabatan : Sales Counter

Bersama surat ini saya bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari Perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin pertanggal 19 April 2016. Demikian permohonan pengunduran diri saya buat dengan sebenar-benarnya dan tanpa ada paksaan dari pihak manapun.

Saya ucapkan banyak terima kasih atas kesempatan dan bimbingan yang diberikan oleh Bapak/Ibu selama saya bekerja ditempat Perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.
Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

(tanda tangan)

Sofi Yulianti

5. Contoh Surat Pengunduran Diri Jelas dan Padat

Surabaya, 6 Maret 2016

Kepada Yth,
HRD Menejer
PT. Maju Lancar
Jalan Jembatan Merah Nomor 12
Surabaya

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya Hendar Wadiman bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Maju Lancar sebagai Sales Marketing, terhitung sejak hari ini tanggal 17 April 2016. Saya Sangat berterimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk bekerja di PT. Maju Lancar. Adapun alasan pengunduran diri saya adalah karena ingin menambah wawasan dan pengalaman dibindang yang lain.

Saya juga menghaturkan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh karyawan dan manajemen PT. Maju Lancar atas setiap kesalahan yang telah saya lakukan baik sengaja maupun yang tidak sengaja.

Saya berharap PT. Maju Lancar semakin maju dan berkembang sehingga dapat lebih mensejahterakan karyawannya dan banyak orang. Demikian surat pengunduran diri ini saya buat, atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

(tanda tangan)

Hendar Wadiman

6. Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Kesehatan

Bandung, 11 Mei 2015

YTH,

Bapak/Ibu Manager PT _______
Di Tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama                    : Zahara

Jabatan                 : Official Administrator

No. Karyawan       : RK4315

Dengan Surat ini, saya mengajukan dan memohon untuk
mengundurkan diri dari jabatan sebagai Official Administrator di PT __________.
Pengunduran diri yang saya ajukan ini didasari karena alasan kesehatan dan
keluarga.

Besar harapan saya kepada Bapak/Ibu petinggi perusahaan
bisa memahami dan mengizinkan saya untuk mengundurkan diri.

Ucapan terima kasih yang sebesar – besarnya kepada
rekan-rekan, teman dan pejabat lain selama saya bekerja di perusahaan ini.

Saya juga memohon maaf apabila ada salah kata ataupun
tingkah saya didalam menjabat kepada bawahan, teman atau atasan.

Demikaian surat pengunduran diri ini saya buat.

Terima kasih atas segala perhatiannya.

Pemohon,

Ttd.

(Nama Lengkap)

7. Contoh Surat Pengunduran Diri ke Bank

Bandung, 31 Juli 2018

YTH. Personalia

BANK BNI Syariah

KCP Bandung

Salam Hormat,

Dengan surat  ini, saya Kahla Rifda memohon untuk
mengundurkan diri dari Bank BNI Syariah sebagi Manager Training (MT) Officer.  Terhitung
dari tanggal 31 Juli 2018 karena adanya alasan masalah pada kesehatan juga
keluarga yang akhirnya membuat  saya tidak dapat fokus dalam bekerja.

Saya sangat berterimakasih atas kesempatan yang sudah
diberikan pada saya untuk menjadi bagian karyawan dari  Bank BNI Syariah KCP Bandung.

Saya memohon maaf pada semua karyawan serta  manajemen Bank BNI
Syariah KCP Bandung apabila terdapat salah yang sudah  saya lakukan saat
bekerja.

Harapan besar saya, Bank BNI Syariah KCP Bandung  bisa terus
maju dan berkembang dengan baik.

Hormat Saya,

Kahla Rifda

8. Contoh Surat Pengunduran Diri Sederhana Dalam Bahasa Inggris

September, 4, 2015

To: Mr. David Beckham

HRD Departement

PT Pertamina Tbk

Dear Mr. David Beckham:

I would like to inform you that I am resigning from my position as IT Suppor for PT Pertamina tbk, effective May 15, 2018.

Thank you for the support and the opportunities that you have provided me during the last two years. I have truly enjoyed my tenure with PT Pertamina tbk, and am more than grateful for the encouragement you have given me in pursuing my professional and personal growth objectives.

If I can be of any assistance during this transition in order to facilitate the seamless passing of my responsibilities to my successor, please let me know. I would be glad to help however I can.

Sincerely,

Nilo Catur

9. Contoh Surat Pengunduran Diri Simpel dan Jelas

Jakarta, 11 Januari 2018

Kepada Yth,

Manager PT Media Nirmana Cakrawala Tbk.

Jl. Kampung Pulo No. 12

Jakarta Utara

Dengan hormat,

Bersama surat ini, saya sebagai Kepala Marketing di PT Media Nirmana Cakrawala Tbk., Sesuai dengan Surat Kesepakatan Bersama (SKB) mengenai ketenagakerjaan dan undang-undang Tenaga Kerja, oleh sebab itu, saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama              : Catur

Departemen  : PT. Media Nirmana Cakrawala Tbk.

Jabatan          : Kepala Marketing

No. Karyawan : EMP-1111

Berniat untuk mengajukan surat pengunduran kerja dari PT Media Nirmana Cakrawala Tbk. karena faktor kondisi kesehatan yang sudah tidak memungkinkan lagi untuk dapat bekerja dengan baik. Untuk itu saya berharap jika perusahaan dapat memahami kondisi dan memberikan hak-hak yang sesuai dengan undang-undang ketenagakerjaan.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat, terima kasih atas segala bentuk dukungan dan bantuan saat saya bekerja, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Catur

10. Contoh Surat Pengunduran Diri Singkat dan Jelas

Medan, 1 April 2018

Kepada

Yth. Pimpinan

Maju Sekali, Medan

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Catur Nugroho

Alamat: Jln. Pembangunan No. 1 Kec. Helvetia Kota Medan

Jabatan: Customer Service

Dengan adanya surat ini, saya bertujuan untuk mengajukan permohonan pengunduran diri dari jabatan di perusahaan Bapak/Ibu terhitung pada tanggal 17 Juni 2018.

Sebelumnya saya mengucapkan banyak terimakasih sebesar-besarnya karena sudah diberikan kesempatan untuk belajar dan bekerja dengan profesional pada perusahaan Bapak/Ibu. Saya juga mengucapkan terima kasih atas bimbingan yang selama ini telah diberikan baik secara tidak langsung ataupun secara langsung.

Saya memohon maaf sebesar-besarnya karena tidak lagi menjadi bagian dalam perusahaan Bapak/Ibu. Semoga perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin dapat semakin berkembang lagi.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan penuh kesadaran serta atas keinginan sendiri dan tanpa ada paksaan dari siapa pun.

Hormat saya,

 

Catur Nugroho

11. Contoh Surat Pengunduran Diri Untuk Berwirausaha

Palembang, 04 Agustus 2017

Kepada
Yth Kepala Bagian HRD
Hotel Mimpih Indah
Jln. Merdeka Bangsa Palembang

Dengan Hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Dewi Putri Jelita
Tempat/Tgl Lahir: Medan, 23 Januari 1993
Alamat: Medan
Jabatan: General Accoaunting Hotel Mimpi Indah

Melalui surat ini, saya mengajukan pengunduran diri terhitung tanggal 06 Agustus 2017 dengan alasan ingin mendirikan usaha sendiri sesuai dengan cita-cita saya selama ini.  Segala hal yang berhubungan dengan tugas dan tanggung jawab saya sebagai General Accounting Hotel Mimpi Indah akan saya laksanakan sampai masa pengunduran saya.

Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada segenap pimpinan dan semua karyawan yang selama ini membimbing dan membantu saya dalam pekerjaan, dan saya juga memohon maaf karena tidak bisa lagi menjadi bagian dari perusahaan Hotel Mimpi Indah, mohon maaf juga atas segala kesalahan saya selama bekerja.

Demikianlah surat pengunduran diri saya buat dengan penuh kesadaran dan tanpa ada paksaan dan tekanan dari pihak mana pun. Atas pengertian Anda, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 

Dewi Putri Jelita

Baca juga :  17 Kampus AKPER Terbaik di Indonesia Yang Wajib Diketahui

12. Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Keluarga

Makassar, 18 Agustus 2017

Kepada

Yth. Kepala PT. Sejahtera Adil Makmur

di Jln. Jenderal Sudirman, no 11 Makassar

Makassar

 

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya selaku karyawan PT. Pertaminus Jaya, berdasarkan surat Kesepakatan Bersama (SKB) mengenai karyawan dan undang-undang kerja, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini;

Nama: Dimas Andrean Putra

Departemen: Pemasaran dan Informasi

Jabatan: Sales

No. Karyawan: B234 8907

Bermaksud mengundurkan diri dari PT. Pertamnus Jaya karena urusan ingin fokus membangun bisnis keluarga. Surat ini saya buat berdasarkan prosedur hubungan industrial dan tanpa ada maksud buruk. Saya berharap Anda dapat mengerti dan menerima permohonan saya, serta memberikan hak-hak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan penuh kesadaran, atas dukungan dan bantuan yang Anda berikan selama ini, saya mengucapkan terima kasih.Hormat saya,

 

Dimas Andrean Putra

13. Contoh Surat Pengunduran Diri Sederhana

Image result for surat pengunduran diri yang baik dan sopan

 

14. Contoh Surat Pengunduran Diri dalam Bahasa Inggris

Jakarta, September 25rd, 2015

Mr. Septian Cahyadi
Managing Director
Mudadesign
Jl. Z.A Pagaralam
Jakarta

Dear Sir,

Through this letter, I inform you that I want to resign from your company starting from September 30th, 2015.

I feel that now is the right time for me to develop my career in other field. I would be grateful if you confirm the acceptance of my resignation and the date. If there is something I have to finish before I go, please let me know.

I also express my gratitude to the company Mudadesign for the support and the opportunity that I have gained while I work here. I wish you and the entire team of Mudadesign success and continue to provide the best for consumers.

Thank you for your attention and wisdom.

Best Regards

Ahmad Tarnudzy

15. Contoh Surat Pengunduran Diri Menyertakan Alasan

Dear Mr. Bambang Widjayanto

My purpose in writing this letter is to announce my resignation from the Bank ABC that you lead. I will leave my position as personnel manager one week from of the date in this letter.

This is a very difficult decision for me after working for 7 years in your company. I enjoyed my years working in your company and manage a very solid team and successful which is dedicated to all our customers.

I have accepted a position as chief executive officer at Bank BDA. This opportunity gave me the opportunity to grow professionally and I hope we can work together in the near future.

Once again, I thank you very much for the guidance and the opportunity to be part of the family of the Bank ABC. I hope the best for you and the company.

Bandung, March 3rd, 2015

Sincerely,

Rizki Ananta

16. Contoh Surat Pengunduran Diri Dalam Bahasa Inggris

contoh surat pengunduran diri bahasa inggris

17. Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Keluarga

Semarang, 17 September 2018

 

Kepada Yth.
HRD Manager PT. Raung Kautama
Jl. Gatot Subroto No 189
Semarang

Perihal: Permohonan Pengunduran Diri

 

Dengan Hormat,

Dengan surat ini saya selaku karyawan dari PT. Raung Kautama sesuai dengan Surat Kesepakatan Bersama (SKB) tentang karyawan dan Undang-Undang tenaga kerja maka saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Resti Maula
Jabatan : Logistic and Planning Manager
Departemen : Keuangan
Alamat : Jln. Brawijaya No 92, Semarang

Dengan ini bermaksud untuk mengundurkan diri sebagai karyawan dari PT. Raung Kautama, dikarenakan ingin lebih dekat keluarga di Wonosobo. Surat pengunduran ini saya buat sesuai dengan prosedur hubungan industrial tanpa andanya motivasi negatif.

Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada perusahaan yang telah menerima saya bekerja selama 2 tahun ini. Saya juga memohon maaf pada perusahaan juga rekan-rekan sejawat apabila selama ini saya banyak melakukan kesalahan.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat tanpa paksaan dari pihak manapun. Atas perhatian, kerjasama serta pemahamannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya

 

Resti Maula

18. Contoh surat pengunduran diri dari jabatan bendahara

Yth.
Kepala Desa Tajem
di Tempat

Dengan hormat,
Bersama dengan surat ini saya Dian Nitami, selaku bendahara Desa Madureja mengajukan permohonan pengunduran diri dari jabatan tersebut. Alasan dari pengunduran diri saya dikarenakan saya akan berpindah domisili ke Jakarta. Adapun waktu dari pengunduran ini terhitung efektif per tanggal 20 Februari 2019.

Saya selaku bendahara desa mengucapkan banyak terima kasih atas segala kepercayaan yang telah diberikan selama ini. Saya juga mohon maaf apabila selama mengemban amanah sebagai bendahara desa Madureja banyak berbuat khilaf dan salah. Semoga Desa Madureja terus maju dan berkembang, serta tetap menjaga kerukunan.

Sekian yang dapat saya sampaikan dalam surat pengunduran diri ini. Jika ada salah kata saya mohon maaf. Atas perhatiannya saya menyampaikan banyak terima kasih.

Hormat saya,

Dian Nitami

Baca juga :  Jadwal Pendaftaran Universitas Paramadina 2019/2020
Baca juga :  9 Kampus Untuk Karyawan di Surabaya Terbaru Dan Terlengkap

Cari lowongan kerja lain di :

17 Contoh Surat Pengunduran Diri Resmi yang Baik dan Sopan

17 Contoh Surat Pengunduran Diri Resmi yang Baik dan Sopan