18 Film Jepang Romantis Terbaik dan Wajib Ditonton

18 film jepang romantis Terbaik – Apa yang terlintas di pikiranmu ketika mendengar nama Jepang? Kebudayaannya? Animenya? Atau karena ‘kegilaannya’ hingga menjadi Negara paling maju di Asia? Kehidupan modern di Jepang, memang tak pernah menyurutkan masyarakatnya untuk meninggalkan budaya aslinya barang sedikit. Mungkin itu jugalah yang menjadi alasan Jepang selalu memiliki daya tarik untuk dikunjungi oleh para wisatawan hampir di seluruh dunia. Selain itu Jepang juga dikenal memiliki banyak tempat wisata yang luar biasa luar biasa. Sebagian besar tempat wisata di Jepang adalah peninggalan budaya dari para leluhur. Jepang juga dengan kemajuan teknologi dan pendidikannya. Sudah tahu juga bukan kalau negara ini tercatat sebagai negara yang memiliki keterlambatan hanya sebesar tujuh detik per-tahun.

Meskipun di Jepang kita tidak akan pernah menemui kalimat dengan tulisan yang berbunyi, ‘Masih punya iman? Jagalah kebersihan!’ tapi negaranya bersih, resik dan rapi loh. Pernah dengar harakiri? Itu loh istilah di Jepang untuk menyebut aksi bunuh diri dengan menusukkan pisau ke perut. Itu juga merupakan sebuah budaya di Jepang yang dilakukan oleh seseorang yang terbukti melakukan kesalahan berat atau gagal melakukan tugas yang diembannya. Di Jepang saat seorang pejabat ketahuan makan uang rakyat dia akan dengan menyadari kesalahannya kemudian mengundurkan diri karena rasa malu. Bukan malah tersenyum lebar ketika mengenakan seragam tahanan dan tak henti-hentinya melambaikan tangannya kearah kamera wartawan.

18 Film Jepang Romantis Terbaik dan Wajib Ditonton

Selain hal itu Jepang juga memiliki sisi kelam yang sudah jadi rahasia umum tentang industri video dewasa yang resmi di sana. Namun kita tidak akan membahas industri tersebut melainkan industri film yang jauh lebih aman untuk ditonton. Jepang juga tidak hanya terkenal dengan film animenya saja yang berkualitas loh. Anak-anak perempuan saat ini lebih menyukai pria-pria oriental dengan senyum tipis dan rambut lurus yang tergabung dalam sebuah boyband atau bermain di serial televisi. Demam kpop dan drama korea pun tak terelakan. Namun selain film korea, film jepang juga memiliki basisnya sendiri. Dan jangan heran, yang menyukai film-film Jepang biasanya malah laki-laki. Kenapa bisa begitu, ya?

Oke, untuk menemani kalian di waktu senggang nanti, kalian bisa cek daftar film Jepang terbaik dan romantis versi Mamikos. Apa saja filmnya, simak daftar di bawah ini.

Film Jepang Romantis Terbaik

1. I Give My First Love to You (2009)

Di urutan pertama kita punya I Give My First Love to You. Film ini dimulai ketika Mayu dan Takuma masih anak-anak. Mereka berteman sejak mereka berumur 8 tahun. Takuma memiliki penyakit jantung dan membuatnya sudah dirawat oleh seorang ahli jantung yang kebetulan adalah ayah Mayu. Suatu hari, Takuma dan Mayu mendengar bahwa Takuma tidak akan hidup melewati usia 20 tahun karena penyakitnya. Namun, persahabatan mereka lama-kelamaan tumbuh menjadi cinta pertama Mayu dan Takuma.

Takuma sangat mencintai Mayu dan ingin bisa selalu dekat dengan Mayu. Tapi kalau Takuma selalu dekat dengan Mayu, dia khawatir akan membuat Mayu sedih karena sadar memiliki penyakit jantung yang bisa kapan saja merebut nyawanya. Siapin tisu, ya. Soalnya endingnya membuat hati ikut ser-seran.

2. The Liar and His Lover (2013)

The Liar and His Lover berkisah tentang seorang penulis lirik lagu terkenal yang keluar dari bandnya karena ia tidak suka musik hanya dijadikan sebagai ladang bisnis saja. Wah ceritanya idealismenya tinggi. Jadi dia hanya ingin menulis lirik dan bermusik karena berlandaskan hasratnya bukan semata selera pasar. Oleh karena itu, dia kemudian menjadi penulis lirik lagu saja untuk band tersebut. Namun kemudian merahasiakan identitas sendiri. Bukan hanya dengan para anggota band tapi juga dengan pacar barunya. Namun gairahnya untuk bermusik akhirnya muncul kembali ketika mengetahui bakat luar biasa pacarnya tersebut saat bernyanyi. Film ini dibintangi oleh Sato Takeru dan Ohara Sakurako.

3. Tada, Kimi Wo Aishiteru (2006)

Ini cerita romantis yang mengharu biru. Bercerita tentang dua orang mahasiswa yang mengalami pertemuan yang tak terduga di jalan raya. Pertemuan tersebut terjadi ketika Shizuru Satanoka (Aoi Miyazaki) hendak menyebrangi jalan yang menuju ke kampusnya dan Makoto Segawa (hiroshi Tamaki) yang sedang asik memotret. Pertemuan tersebut membuat keduanya lama-kelamaan menjadi akrab. Hingga pada akhirnya Shizuru jatuh cinta pada Makoto. Namun setelah lama mengenal Shizuru, Makoto mengetahui bahwa Shizuru mengidap sebuah penyakit misterius. Penyakit itu cukup langka karena malah menyebabkan Shizuru tampak seperti anak kecil dan pikiran yang seperti anak kecil. Meskipun kenyataannya Shizuru sebetulnya sudah dewasa.

4. Koizora (2007)

Film Koizora ini diadaptasi dari kisah nyata ini diperankan oleh Haruma Miura (Sakurai Hiroki), Yui Aragaki (Tahara Mika) dan Koide keisuke (Yuu). Film ini menceritakan kisah percintaan yang cukup mengharukan. Diawali dengan Mika siswi SMA yang jatuh cinta pada seorang laki-laki bernama Hiro yang terlihat nakal karena penampilannya serta gaya rambut blondenya. Mika tidak peduli dengan tanggapan orang lain mengenai hubungan mereka. Mereka tetap menjadi pasangan kekasih.

Demi mendapatkan izin dari kedua orang tua Mika, Hiro bahkan rela mewarnai rambutnya sendiri menjadi hitam. Namun ayah Mika tetap tidak mengizinkan hubungan tersebut. Tapi Hiro tidak putus asa demi memperjuangkan hubungan mereka. Sayangnya Mika tidak mengetahui kalau Hiro telah lama menderita penyakit Leukimia. Sehingga Hiro memutuskan untuk membuat Mika merasa cemburu, bahkan marah dengan perilakunya. Sehingga Mika dan Hiro tidak pernah saling menghubungi. Endingnya? Tontonlah dan rasakan sensasinya.

5. Kimi Ni Todoke (2010)

Kembali dilatarbelakangi dengan kehidupan anak SMA di Jepang. Mengisahkan kisah percintaan antara seorang gadis bernama Sawako Kunomura (Mikako Tabe) dan Shota Kazehaya (Haruma Miura). Sawako adalah gadis pintar dan cantik, namun sayangnya tak ada yang mau berteman dengannya karena ketika kecil ia mirip dengan sadako. Mungkin karena ia memiliki rambut hitam panjang terurai dan selalu menundukkan kepalanya.

Bertolak belakang dengan Kazehaya yang merupakan cowok populer di sekolahnya. Tidak hanya populer, Kazehaya juga memiliki banyak teman, idaman para cewek, baik, pintar dan juga dinamis. Nilai plus lainnya dia juga tidak sombong. Dan rupanya cuma dia yang mau mendekati Sawako.

6. Cyborg She (2008)

Cyborg She atau My Girlfriend is a Cyborg merupakan film yang dibintangi oleh Koide Keisuke dan Ayase Haruka. Film yang dirilis pada tahun 2008 ini menceritakan seorang mahasiswa bernama Jiro yang selalu hidup sendiri tanpa seorang kekasih. Namun semua itu berubah ketika ia bertemu dengan seorang wanita cantik yang tak diketahui asalnya. Wanita tersebut kemudian menghilang dan baru muncul lagi setelah satu tahun kemudian. Namun wanita yang muncul itu tidak seperti manusia biasa, karena tingkah lakunya malah seperti robot. Penasaran seperti apa kan ceritanya.

7. You’re Lie in April Live Action (2015)

Kalau kamu hobi nonton anime, pasti cukup kenal film yang satu ini. Film ini berkisah tentang Kosei Arima yang memenangkan berbagai kompetisi piano di bawah pengawasan ibunya yang terlalu mengekang pergaulannya. Dia dikenal sebagai pianis paling berbakat ketika itu. Sejak kematian ibunya, Kosei Arima gak bisa main piano lagi. Kosei Arima kemudian bertemu Kaori Miyazono. Saat pertemuan pertama dengan Kosei, Kaori Miyazono memainkan biola dengan penuh semangat. Sejak bertemu dengan Kaori, perlahan-lahan Kosei mampu bermain piano lagi. Sementara itu, Kaori memegang rahasia yang mungkin akan mengingatkan Kosei akan luka masa lalu yang pernah dia miliki.

8. Anata wo Wasurenai (2007)

Mengangkat tema kisah cinta beda kewarganegaraan, film ini sedikit berbeda dengan film Jepang lainnya. Kenapa, karena kisah di film ini merupakan cerita yang diangkat dari kisah nyata. Bercerita tentang seorang cowok yang ingin melanjutkan studi ke Jepang setelah selesai menjalani wajib militer. Saat di Jepang, ia jatuh cinta dengan seorang pengamen jalanan cantik yang bernama Yuri. Pertemuannya tentu tak sengaja yakni saat dirinya sedang berjalan-jalan. Saat itu Su Yon menolong Yuri dari gangguan para Yakuza, dan sejak saat itu jugalah mereka menjadi teman.

Karena latar belakang keluarga Yuri, kedekatan keduanya pun diuji. Meskipun sudah rilis cukup lama, tapi dari segi cerita masih menarik untuk di nikmati. Disini kamu bisa melihat akting Lee Tae Sung dan Maki Onaga yang menjadi pemeran utamanya. Hmm, seperti apa karisma diantara keduanya, ya?!

9. Sensei! (2017)

Rumah yang berdekatan antara Hibiki Shimada (Suzu Hirose) dengan gurunya Kosaku Ito (Toma Ikuta) saat masih kecil, menjadi alasan kuat mengapa kemudian mereka akrab seperti layaknya kakak adik. Tetapi hubungan mereka berubah yang tadinya kasih sayang sebagai saudara menjadi kasih sayang untuk saling memiliki. Cinta yang terhalang status membuat mereka mengalami banyak penderitaan. Murid mengagumi seorang guru memang sah-sah saja. Tapi apa jadinya jika mulai ada rasa cinta? Geregetan plus gemas-gemas gimana gitu.

10.  Hirunaka no ryuusei (2017)

Cowok yang dingin memang terlihat keren karena seakan mampu membangkitkan rasa penasaran. Seperti karakter yang dimainkan oleh Alan Shirahama, yang memerankan siswa SMA bernama Daiki Mamura. Ketampanan dan sifatnya yang susah didekati para wanita, memang malah membuatnya jadi terlihat menawan. Tetapi sebenarnya dia sangat pemalu jika ada perempuan yang berinteraksi dan bersentuhan dengannya. Akan tetapi rahasia ini malah diketahui oleh Suzume Yosano (Mei Nagano), siswi baru yang berasal dari pesisir kota.

Rahasia itulah yang membuat mereka berdua dekat. Mamura pun perlahan jatuh hati kepada Suzume. Sayangnya, Suzume terpikat oleh guru wali kelasnya, yang juga teman pamannya. Sama-sama dekat, Suzume bingung, siapa yang sebenarnya dia cintai. Dihadapkan dua pilihan yang sama-sama keren, siapa juga yang tidak bingung, kan?!

11. Closest Love Heaven (2017)

Fakta bahwa perempuan di Jepang pemalu memang bukan sebuah rahasia lagi. Film ini mungkin terinspirasi dari masyarakt Jepangnya sendiri, dimana tokoh utama wanitanya, Marie Litoyo yang berperan sebagai Ninon Okamura, dideskripsikan sebagai cewek yang pemalu bahkan tak bisa bertatap muka dengan orang-orang secara langsung, termasuk teman sekelasnya sendiri.

Sampai akhirnya ia bertemu dengan Yuiji Kira yang dimainkan oleh aktor Taishi Nakagawa, yang ‘menyeret’ dirinya hingga bisa berbaur dengan orang lain. Mereka pun jadi saling memahami rasa kesepian, lalu akhirnya memutuskan untuk berpacaran. Sebelum pertemuan mereka, Kira tak punya sama sekali minat untuk hidup lagi karena penyakit yang di deritanya. Akan tetapi setelah mengenal Okamura, Kira malah memiliki semangat untuk hidup dan berjuang untuk bisa sembuh.

12. Hanamizuki (2010)

Siapa sangka cerita cinta ketika remaja bisa begitu pelik seperti dalam film Hanamizuki? Sae dan Kohei menjalin cinta ketika baru lulus SMA. Namun, mereka terpisah karena Sae harus melanjutkan studi di kota. Kohei pun harus merelakan Sae untuk mengejar cita-citanya.

Di kota, Sae menjalin hubungan dekat dengan Junichi. Kohei yang menyusul Sae ke kota mengetahui hubungan Sae dengan Junichi. Singkat cerita mereka kembali bersama, akan tetapi 4 tahun kemudian Sae mendapat tawaran kerja di luar negeri dan Kohei tidak bisa meninggalkan ibu dan adiknya di desa. Akhirnya, mereka putus dan menjalani hidup masing-masing.

Saat Kohei telah menikah dengan wanita lain dan Sae pun menjadi dekat dengan Junichi, mereka kembali dipertemukan setelah Kohei bercerai dan Junichi meninggal saat berperang. Akhir cerita Hanamizuki mungkin klise. Namun ceritanya masih seru untuk dinikmati.

13. Be With You (2004)

Sebuah film Jepang romantis yang satu ini memiliki cerita yang begitu menyentuh. Seorang anak laki-laki bernama Yuji tinggal berdua dengan ayahnya yang duda karena ibunya meninggal saat melahirkan Yuji. Sejak saat itu Yuji merasa bersalah karena merasa dirinya-lah penyebab sang ibu meninggal.

Suatu saat Yuji dan ayahnya bertemu dengan seorang wanita yang memiliki wajah yang sangat mirip dengan ibunya. Namun yang membuat hal ini terasa aneh, wanita yang serupa dengan ibunya itu seperti kehilangan memori. Bagaimana kelanjutan kisah Yuji setelah bertemu wanita itu? Temukan jawabannya dengan menonton Be With You.

14. Kurosaki-kun no Iinari ni Nante Naranai (2015)

Cerita berawal dari Yu Akabane (Nana Komatsu) yang mulai tinggal di asrama, dimana disana juga ada dua pria populer dengan kepribadian yang bertolak belakang. Takumi Shirakawa (Yudai Chiba) dijuluki sebagai “WhitePrince”, tak heran julukan itu diberikan karena sifatnya yang ramah.

Berbanding terbalik dengan Haruto Kurosaki (Kento Nakajima) alias “Black Devil”. Sesuai dengan label yang disandangnya, Kurosaki memang terlihat lebih dingin dan kejam terutama kepada Akabane. Tetapi sebenarnya dia mempunyai hati yang baik dan lembut. Shirakawa dan Kurosaki terlibat dalam persaingan untuk merebutkan cinta Akabane. Menariknya mereka bersaing dengan cara yang tak sama. Shirakawa lewat karakter baiknya dan Kurosaki dengan sifat buruknya. Jadi siapa yang jadi pemenangnya kira-kira?

15. Shokubutsu Zukan (2016)

Menjalani rutinitas yang sama setiap hari memang sering kali terasa jenuh. Perasaan itulah yang dialami Sayaka (Mitsuki Takahata) yang kesehariannya bekerja sebagai seorang agen properti. Hidup yang sendirian membuatnya selalu kesepian. “Aku ingin pulang. Tapi aku tidak punya keluarga yang menungguku.”

Terasa ngilu ya kalau mendengar kalimat semacam itu. Dan kita pun jadi tahu bahwa rasa kesepiannya itu sudah menemaninya sejak lama.

Hidupnya yang berwarna dimulai setelah ia menemukan Itsuki (Takanori Iwata) yang tengah meringkuk di depan apartemennya. Sayaka membawa masuk Itsuki dan mengijinkan ia tinggal di rumahnya. Walaupun agak aneh, ya, pertama kali kenal langsung nyuruh masuk ke rumah. Itsuki banyak mengajarkan Sayaka bagaimana cara membuat masakan dengan bahan dari tanaman-tanaman dilingkungan sekitar rumahnya. Pengalaman baru yang dirasakan oleh Sayaka membuat dirinya tak lagi murung. Kebersamaan yang terjalin membuat mereka saling menyukai.

16. Kimi No Nawa (2016)

Film animasi “Kimi No Na Wa.” yang disutradarai oleh Makoto Shinkai ini telah memicu terjadinya fenomena sosial di Jepang. Film ini ditayangkan di berbagai negara dunia. Bahkan film ini juga memenangkan penghargaan Best Animation Award di Los Angeles, Amerika dan menyandang predikat sebagai film Jepang dengan jumlah penonton terbanyak di Tiongkok.

Kisah ini tentang Taki, seorang siswa SMA yang tinggal di perkotaan dan Mitsuha, siswi SMA yang tinggal di desa. Pada suatu pagi, kedua remaja yang tidak pernah bertemu sebelumnya ini terbangun dalam keadaan jiwa saling tertukar. Cerita ini berlatar tempat di Tokyo dan Hida di Prefektur Gifu. Yang sangat menarik, di dalam cerita, lanskap tempat-tempatnya digambarkan dengan begitu realistis. Berwisata kecil-kecilan mengunjungi tempat yang menjadi gambaran lanskap dalam film ini kini sedang populer di Jepang. Misalnya, kuil yang jadi tempat latar, jadi banyak dikunjungi oleh para jemaah.

Kenapa film ini menjadi salah satu yang direkomendasikan karena plot twist dan ending dari film ini tidak memudahkan ekspektasi penonton. Kamu pun akan dibawa mengerti mengenai keputusan-keputusan karakter yang ada dalam cerita. Penasaran. Kamu wajib untuk menontonnya.

17. 5 Centimeter Per Second (2007)

Jauh sebelum kesuksesan Kimi No Na Wa, Makoto Shinkai menyutradarai dulu film animasi berjudul 5 Centimeter per Second. Kisahnya yang sederhana dan realistis, tentang kumpulan cerita cinta. Cerita cinta diam-diam. tiga fase kehidupan lelaki bernama Tohno Takaki. Pada masa SD ia bertemu sahabat sekaligus cinta pertamanya, Akari, yang kemudian harus berpisah karena mereka pindah ke kota yang berjauhan. Fase kedua tentang Takaki. Seorang remaja yang tak bisa lepas dari bayangan Akari. Sesekali mereka berkirim surat, namun rutinitas itu perlahan pudar. Bagian ini dikisahkan dari sudut pandang seorang teman yang diam-diam menyukai Takaki, namun sadar perasaannya tak mungkin bersambut. Fase ketiga yang paling menguras emosi, yaitu seorang pemuda dewasa yang terkurung dalam kenangan masa kecil. Hingga suatu hari Takaki menerima pesan dari sang cinta pertama yang memaksanya bangun dan menghadapi kenyataan.

Film ini banyak menyajikan narasi puitis yang pasti akan membuat penonton ikut merasa sendu. Namun gong dari film ini ketika diputarnya lagu One More Time, One More Chane milik Yamazaki Masayoshi. Durasi film ini tidak terlalu panjang, tapi cukup untuk membuat emosi teraduk-aduk.

18. Blue Spring Ride (2014)

Blue Spring Ride atau bisa disebut juga Ao Haru Ride adalah salah satu film yang ceritanya diadaptasi dari serial manga. Dibintangi aktor dan aktris populer seperti Tsubasa Honda, Masahiro Higashide, Yudai Chiba, Yua Shinkawa dan Ryo Yoshizawa, membuat film ini banyak disukai. Selain ceritanya yang berkesan, para pemainnya juga turut andil dalam menyukseskan.

Mengisahkan seorang wanita bernama Futaba Yoshioka yang lebih mementingkan hubungan pertemenan ketimbang urusan cinta. Karena takut dijauhi oleh teman-temannya, dia selalu menjaga jarak pada setiap lelaki yang ingin mendekatinya. Sebenarnya Yoshioka punya orang yang sudah dia suka sejak SMP bernama Kou Tanaka. Tanaka Kou yang berganti nama menjadi Mabuchi Kou, ternyata bersekolah di SMA yang sama dengannya. Perjalanan cinta mereka kemudian malah banyak menemui rintangan dan salah satu alasannya adalah karena sesuatu yang disembunyikan Mabuchi.

Sudah ada film yang membuatmu tertarik menonton? Kalau begitu selamat berburu film-film itu dan larut dalam cerita yang disuguhkan dalam cerita, ya.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta