20+ Jurusan Kuliah dan Prospek Kerja Beserta Penjelasannya

 Posted on Rabu, September 26th, 2018  Posted in Seputar Mahasiswa  Mamikos

20+ Jurusan Kuliah dan Prospek Kerja Beserta Penjelasannya – Setelah melalui pendidikan di bangku SMA dan atau sederajat, banyak di antara mereka yang melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi. Namun kurangnya informasi bisa membuatnya kurang tepat memilih jurusan kuliah sehingga menghambat masa depan. Salah satu tujuan kuliah tentu ingin menjadi orang yang sukses dengan pekerjaan terbaik dan penghasilan lebih dari cukup.

Oleh sebab itu, informasi mengenai Jurusan Kuliah dan Prospek Kerjanya harus kalian ketahui agar tidak salah memilih. Jangan lupa, sebelum memilih bidang studi pastikan passionmu di bidang apa, cari informasi ketersediaan jurusan, nilai akreditasi, prospek kerja hingga mempersiapkan biaya kuliah.

Jika semua hal tersebut sudah kamu pahami, saatnya untuk segera mencari informasi Jurusan Kuliah dan Prospek Kerjanya.

20+ Jurusan Kuliah dan Prospek Kerja Beserta Penjelasannya

1. Sistem Informasi Akuntansi

Jurusan Kuliah dan Prospek Kerjanya

Jurusan Kuliah dan Prospek Kerjanya pertama yaitu Sistem Informasi Akuntansi yang mengajarkanmu ilmu manajemen keuangan yang dipadukan dengan bidang praktisi IT. Kamu pun akan dibekali dasar akuntansi serta bisnis yang dibutuhkan oleh seorang sistem analis. Bidang ini dirancang untuk mengelola transaksi misalnya kas, gaji, biaya produksi dan lain sebagainya hingga menjadi sebuah laporan.

Dalam jurusan ini kamu akan mendapatkan dua ilmu sekaligus sehingga akan bermanfaat saat terjun ke lapangan kerja. Ada banyak perusahaan yang membutuhkan ahli Sistem Informasi Akuntansi untuk mengembangkan program yang membantu proses pekerjaan. Khususnya di bidang keuangan.

Karakter yang perlu kamu miliki untuk menjadi seorang sistem informasi akuntansi di antaranya teliti, detil, rasional, kritis, senang berhitung hingga mampu memecahkan masalah. Prospek kerjanya disipakan untuk menjadi pakar IT akuntansi. Profesi yang bisa ditekuni di antaranya IT consultant, analis bisnis, dll di berbabgai lembaga atau instansi pemerintah dan swasta.

2. Administrasi Bisnis

Jurusan Kuliah dan Prospek Kerjanya

Administrasi Bisnis atau Administrasi Niaga mempelajari semua hal yang berkaitan dengan kegiatan operasional perusahaan dan bisnis. Selain bisnis, mahasiswa yang masuk dalam jurusan ini akan diajarkan berbisnis hingga menciptakan sebuah produk. Untuk kamu yang tertarik di bidang pengurusan dokumen jurusan ini sangat cocok untuk ditekuni.

Bagaimana untuk menjadi seorang ahli administrasi bisnis? Minimal kamu perlu memiliki pribadi yang teliti, tekun, detil dan rasional. Salah satu jurusan kuliah favorit ini memiliki prospek kerja yang menjanjikan. Banyak industri yang membutuhkan tenaga ahli lulusan Administrasi Bisnis. Kamu bisa bekerja di perusahaan pemerintah atau swasta.

3. Administrasi Fiskal

Jurusan Kuliah dan Prospek Kerjanya

Administrasi Fiskal atau perpajakan mempelajari beragam ilmu mengenai pajak dari berbagai perspektif, ekonomi, akuntansi dan sisi hukum. Kalian harus bisa menyelesaikan masalah administrasi, membuat laporan keuangan dari standar hukum yang berlaku.

Untuk kamu yang menyukai tantangan, bidang studi adminisrasi fiskal sangat cocok untuk dipilih. jurusan kuliah ini sangat erat kaitannya dengan akuntansi. Peluang karir di masa depan sangat besar karena luusan ini masih sangat minim sedangkan kebutuhannya tinggi. Kamu bisa berkarir di Kementrian Keuangan, Ditjen Pajak atau perusahaan swasta hingga instansi lainnya.

4. Administrasi Keuangan dan Perbankan

Jurusan Kuliah dan Prospek Kerjanya

Masih seputar pengadministrasian, jurusan kuliah Administrasi Keuangan dan Perbankan mempelajari ilmu keuangan, manajemen surat, pengelolaan perusahaan hingga pembukuan transaksi perbankan dan lain-lain. Ada banyak orang yang ingin bekerja di bank, mungkin termasuk kamu saat ini?

Beberapa karakter yang diperlukan untuk menjadi administrator keuangan antara lain teliti, tekun, detil, menyukai hitung menghitung dan bisa bekerjasama dengan team. Mahasiswa lulusan bidang studi ini dibutuhkan dalam bidang keuangan dan perbankan seperti BUMN, instansi pemerintah hingga perusahaan swasta.

5. Administrasi Pendidikan

Jurusan Kuliah dan Prospek Kerjanya

Administrasi Pendidikan mempersiapkan tenaga ahli di bidang tata usaha lembaga pendidikan. Seluruh mahasiswa akan mempelajari semua aktivitas kelembagaan. Peminat jurusan ini masih sangat minim padahal sangat dibutuhkan untuk kemajuan lembaga pendidikan. Prospe kerjanya kamu bisa bekerja di lembaga pendidikan seperti sekolah atau di instansi pemerintah.

6. Administrasi Perkantoran

Jurusan Kuliah dan Prospek Kerjanya

Ingin menjadi seorang sekretaris perusahaan dengan berpenampilan menarik? Pilihlah jurusan kuliah Administrasi Perkantoran. Disana kamu akan dibekali pengetahuan, keterampilan hingga sikap dalam menyelesaikan masalah pekerjaan. Ada banyak mata kuliah yang diajarkan sehingga membuatmu semakin menguasai bidang ini.

Adapun profesi karir bisa menjadi seorang sekretaris medis, sekretaris legal, administrasi sekretaris eksekutif, dll. Prospek kerjanya bisa bekerja di berbabagi lembaga atau organisasi pemerintah hingga swasta. Karakteristik dasar yang perlu dimiliki oleh tenaga profesional administrasi perkantoran di antaranya kritis, tekun, rasional, teliti, detil dan senang bekerja sendiri.

7. Agribisnis

Jurusan Kuliah dan Prospek Kerjanya

Istilah Agribisnis biasa dikenal juga dengan Sosial ekonomi pertanian. Disini kamu akan mempelajari bisnis yang berbasis hasil pertanian. Mulai dari seluk beluk usaha hingga pengelolaan pertanian. Untuk kamu yang tertarik dengan program studi biologi dan ingin mendalaminya, program studi ini sangat tepat untuk dipilih.

Banyak hal yang akan kamu pelajari. Pokoknya materi IPA dan IPS ada disini. Industri pangan di Indonesia sangatlah luas dan agar semakin berkembang membutuhkan tenaga ahli di bidang ini seperti Kamu. Selain bekerja di sektor pertanian, mahasiswa lulusan Agribisnis bisa bekerja di bidang logistik, consumer goods sampai supply chain supermarket.

8. Agroekoteknologi

Jurusan Kuliah dan Prospek Kerjanya

Di Indonesia masih jarang menyediakan jurusan kuliah Agroekoteknologi. Padahal prospek kerjanya sangat luas. Disini kamu akan mempelajari dasar-dasar ilmiah dalam menemukan, menganalisa hingga memecahkan masalah. Kamu pun akan dibekali dengan kemampuan akademik dalam menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan.

Biasanya jurusan kuliah Agroekoteknologi lebih disenangi oleh mereka yang menyukai tumbuh-tumbuhan dan pelestarian lingkungan. Mahasiswa lulusan program studi ini sangat dibutuhkan di banyak dunia kerja. Beberapa di antaranya perkebunan, instansi pemerintah, lembaga swadaya masyarakat dan sebagainya.

9. Agronomi dan Hortikultura

Jurusan Kuliah dan Prospek Kerjanya

Ada yang pernah mendengan istilah Agronomi dan Hortikultura? Jurusan kuliah ini mempelajari banyak hal mengenai teknik pengelolaan tanaman pertanian. Agronomi sendiri merupakan ilmu yang mempelajari pengelolaan tanaman. Sedangkan Hortikultura adalah ilmu yang mempelajari budidaya tanaman.

Sektor pertanian bisa jadi kalah populer dibandingkan dengan komunikasi, bisnis, teknik ataupun hukum. Indonesia masih sangat membutuhkan tenaga ahli di bidang agrnomi dan hortikultura. Kalian bisa bergabung bersama instansi pemerintah ataupun perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan.

10. Aktuaria

Jurusan Kuliah dan Prospek Kerjanya

Untuk kamu yang hobi dengan pelajaran hitung menghitung, jurusan kuliah Aktuaria menjadi pilihan yang tepat. Biasanya Aktuaria disebut juga dengan istilah Matematika Asuransi yang merupakan ilmu mengenai asuransi. Semua mahasiswa yang ambil jurusan ini akan mendapatkan mata kuliah yang merupakan kombinasi antara ilmu peluang, metematika, keuangan, statistika dan IT.

Beberapa dasar karakteristik yang dibutuhkan sebagai tenaga profesional dari bidang aktuaria antara lain teliti, tekun, detil, kritis, rasional dan mampu memecahkan masalah. Pospek kerjanya tidak diragukan lagi dan berpenghasilan menarik. Kamu bisa bekerja di perusahaan asuransi atau instansi lain yang terkait.

11. Akuntansi Bisnis

Jurusan Kuliah dan Prospek Kerjanya

Cabang ilmu akuntansi memang luas. Kini perpaduan teknolgi dan bisnis membutuhkan tenaga profesional akuntan untuk meningkatkan perkembangan bisnis. Mahasiswa jurusan ini akan dibekali bidang akuntan dan mental yang lebih siap untuk menghadapi lingkungan bisnis. Beberapa jurusan yang terkait dengan akuntansi bisnis di antaranya akuntansi, manajemen aset, akuntansi pajak, manajemen bisnis dll.

Profesi karir di masa depan kamu bisa menjadi tenaga akuntan, auditor, credit control manager, akuntan publik, analis keuangan kuantitatif, perencana bisnis berkelanjutan di berbagai lembaga atau perusahaan.

12. Arkeologi

Jurusan Kuliah dan Prospek Kerjanya

Jurusan kuliah Arkeologi merupakan ilmu yang mempelajari pendekatan sejarah. Kamu akan mendapatkan pemahaman mengenai sejarah khususnya di masa kuno yang mana masyarakatnya belum mengenal angka dan huruf. Biasanya lulusan IPS yang lebih menyukai bidang studi ini. Tidak banyak perguruan tinggi yang menyediakan bidang studi Arkeologi padahal prospek kerjanya menjanjikan.

Mahasiswa lulusan Arkeologi bisa bekerja tetap sebegai arkeolog di instansi pemerintah. Bahkan selain profesi tersebut, kamu bisa menjadi sejarahwan, penulis perjalanan, teknisi musum dan konservator, juru arsip hingga antropologi.

13. Aristektur

Jurusan Kuliah dan Prospek Kerjanya

Salah satu jurusan kuliah yang populer di Indonesia adalah Arsitektur. Mahasiswa program studi ini mmpelajari beragan desain dan rancangan konstruksi bangunan. Mereka cenderung menuangkan ide, konsep serta desain di atas kertas. Selanjutnya untuk realisasi pembangunan dikerjakan oleh Teknik Sipil.

Profesi sebagai arsitek memiliki prospek yang bagus dan hampir semua perusahaan properti menggunakan jasa ini. Melihat infrastruktur di Indonesia semakin hari semakin berkembang, dengan begitu tidak perlu khawatir untuk karir di masa mendatang.

14. Astronomi

Jurusan Kuliah dan Prospek Kerjanya

Ingin mempelajari benda-benda langit? Pilihlah jurusan kuliah astronomi yang menitikberatkan penerapan ilmu fisika. Bidang studi Astronomi dibagi menjadi 3 keahlian yaitu Fisika Bintang dan Galaksi, TAtasurya dan Kosmologi. Menjadi seorang astronomer sangat menarik. Bukan hanya ilmu dan pengalaman, prospek kerja di masa yang akan datang cukup luas. Kamu bisa bekerja di observatorium atau lembaga antariksa lain.

15. Biologi

Jurusan Kuliah dan Prospek Kerjanya

Seperti halnya mata pelajaran sekolah, jurusan kuliah Biologi mempelajari hal tentang makhluk hidup mulai dari manusia, tumbuhan, hewan hingga mikroba. Di jurusan ini mengajarkanmu tenang seluk beluk makhluk hidup mulai dari unit terkecil hingga beragam spesies. Prospek kerja kedepannya sangat beragam dan akan terus berkembang. Kamu bisa menjadi seorang tenaga pendidik, peneliti labolatorium, dan sebagainya.

16. Bisnis Islam

Jurusan Kuliah dan Prospek Kerjanya

Ingin memahami ekonomi berbisnis namun bersyariat Islam? Salah satu pilihan tepatnya adalah jurusan kuliah bisnis Islam. Semua mahasiswa akan diajarkan bagaimana cara menganalisa, membuat keputusan bisnis keuangan yang berlandaskan syariat Agama Islam. Agama Islam mengatur semua etika saat berbisnis dan salah satunya adalah riba.

Penerapan kegiatan bisnis sangat dibutuhkan demi kelancaran berbisnis. Biasanya ada banyak mata kuliah yang wajib ditempuh mahasiswa seperti tasawuf dalam ekonomi Islam, akuntansi Islam, Ekonomi Keuangan Islam, Fiqh Muamalah dan sebagainya. Lulusan program studi Bisnis Islam bisa bekerja di berbagai perusahaan atau organisasi berlembaga syariah.

17. Farmasi

Jurusan Kuliah dan Prospek Kerjanya

Ingin kuliah di bidang kesehatan? Pilihlah salah satu jurusan kuliah Farmasi. Tidak harus menjadi dokter, program studi ini mengenalkanmu pada dunia medis khususna obat-obatan. Struktur senyawa obat serta cara sintesisnya menjadikan sebuah obat yang bisa dikonsumsi. Itulah yang akan kamu pelajari.

Di sisi lain, kamu akan mengetahui bagaimana penyebab serta mampu menganalisa sebuah obat yang tepat. Selain teori yang diajarkan, kamu pun akan mendapatkan kegiatan praktikum yang wajib diikuti. Bidang farmasi akan terus berkembang seiring waktu. Lulusan jurusan kuliah ini bisa melanjutkan pendidikan Apoterker atau langsung bekerja di rumah sakit, laboratorium atau klinik.

18. Hubungan Internasional

Jurusan Kuliah dan Prospek Kerjanya

Untuk kamu yang tertarik pada sesuatu yang berhubungan dengan interaksi internasional, jurusan kuliah Hubungan Internasional menjadi salah satu pilihannya. Program studi ini akan mengajarkanmu bagaimana berdiplomasi, memahami konflik sebuah negara, politik internasional dan sebagainya.

Beberapa profesi dan karir mahasiswa lulusan Hubungan Internasional bisa menjadi peneliti politik, penyiar berita, wartawan, konsultan imigrasi, diplomat, dan konsultan politik. Berbagai instansi atau lembaga-lembaga membutuhkan tenaga ahli Hubungan Internasional.

19. Ilmu Hukum

Jurusan Kuliah dan Prospek Kerjanya

Ilmu Hukum adalah salah satu jurusan kuliah yang mempelajari semua hal mengenai hukum baik praktik ataupun teori. Situasi hukum di Indonesia masih dalam kategori ideal. Jika kamu ingin memahami hukum di negeri sendiri misalnya, pilih lah jurusan ini. Setelah lulus nanti, kamu bisa memilih berkarir di banyak lembaga/organisasi atau instansi. Sperti notaris, hakim, jaksa, dan sebagainya.

20. Ilmu Komputer

Jurusan Kuliah dan Prospek Kerjanya

Ilmu Komputer merupakan salah satu ilmu yang mempelajari komputasi, hardware, software hingga jaringan kompuer. Ada banyak cabang ilmu yang bisa ditekuni. Salah satu pengetahuan dasar yang perlu kamu kuasa adalah bidang matematika. Seiring perkembangan zaman, jurusan kuliah ini selalu dibutuhkan di banyak instansi pemerintah maupun swasta hingga start-up yang semakin menjamur.

Prospek kerja di masa depan sangat mumpuni. Kamu bisa memiliki profesi seperti prgrammber, web developer atau IC Consultant. Seseorang yang berkarir di bidang komputer harus memilki pribadi yang teliti, detil, terstruktur, senang berhitung dan rasional.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

20+ Jurusan Kuliah dan Prospek Kerja Beserta Penjelasannya

20+ Jurusan Kuliah dan Prospek Kerja Beserta Penjelasannya