20 Oleh-oleh Khas Medan yang Populer dan Paling diminati Wisatawan

 Posted on Kamis, November 2nd, 2017  Posted in Wisata Kuliner  Mamikos

Oleh-oleh Khas Medan – Medan memiliki banyak destinasi wisata yang menarik. Tidak hanya dikenal oleh wisatawan lokal, wisatawan mancanegara sudah mengenal cukup banyak beberapa tempat wisata di Medan yang mengundang perhatian. Apalagi sudah menjadi rahasia umum jika kota wisata atau daerah di Indonesia memiliki kuliner khas dan oleh-oleh lain untuk dibawa pulang saat pulang.

Begitu juga saat berwisata ke Medan, jangan sampai lupa untuk membawa oleh-oleh khas Medan untuk keluarga, teman atau koleksi pribadi. Jika Anda bingung mau bawa oleh-oleh apa, simak 20 oleh-oleh yang sangat terkenal di Medan.

1. Bika Ambon

Oleh-oleh Khas Medan - Bika Ambon
Oleh-oleh Khas Medan – Bika Ambon

Ada yang sempat menyangkan gak bahwa oleh-oleh yang satu ini berasal dari Ambon? tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa Bika Ambon berasal dari Ambon karena namanya. Tapi ternyata, makanan yang lezat satu ini berasal dari Kota Medan. Bika Ambon memiliki tekstur berserat dengan rasa legit terbuat dari tepung tapioka, gula, santan, telur dan air nira.

Tempat yang sangat populer di Medan untuk mendapatkan Bika Ambon ada di Bika Ambon Zulaikha yang letaknya di Jalan Mojopahit No. 62 dan 96 DEF. Ada beberapa varian rasa mulai dari original, pandan, hingga keju. Oleh-oleh Medan ini bisa bertahan hingga empat hari.

2. Bolu Meranti Medan

Oleh-oleh Khas Medan - Bolu Meranti Medan
Oleh-oleh Khas Medan – Bolu Meranti Medan

Siapa yang tidak mengenal Bolu Meranti? memiliki tekstur yang lembut serta rasa legit, kue bulung Bomu Merantai Medan menjadi oleh-oleh yang wajib Anda bawa ketika berkunjung ke Medan. Ada beragam varian rasa seperti keju, nanas, mocca, strawberry, kacang hingga bluberry. Bolu Meranti hanya bertahan tiga hari, tapi jika ingin bertahan lebih lama maksimal 7 hari bisa didiamkan di mesin pendingin.

Bolu Meranti awalnya merupakan resep percobaan Nyonya Ai Ling yang kemudian dititipkan untuk dijual di toko saudaranya yang berada di Jalan Meranti. Namun tidak disangka, ternyatapercobaannya membuahkan hasil manis, banyak pesanan sana-sini yang ahirnya Nyonya Ai Ling membuka toko sendiri bernama Bolu Meranti beralamat di Jalan Kuring 2K dan Jalan Sisingamangaraja No. 19B. Toko ini mulai buka pukul 09.00 – 16.00 setiap hari.

3. Pancake Durian Medan

Oleh-oleh Khas Medan - Pancake Durian Medan
Oleh-oleh Khas Medan – Pancake Durian Medan

Ada yang suka buah durian? cobalah konsumsi dengan sajian berbeda pada sebuah pancake. Pancake Durian Medan sangat terkenal dan menjadi oleh-oleh favorit para pecinta durian. Berbedan dengan bentuk pancake pada umumnya, Pancake Durian Medan berbentuk seperti dadar gulung terbuat dari kulit adonan tepung diisi dengan daging durian yang rasanya luar biasa.

Bahkan, ada banyak varian rasa yang dihasilkan mulai dari mocca, original, coklat hingga pandan. Untuk mendapatkan oleh-oleh ini sangatlah mudah, namun yang cukup terkenal berada di Durian House beralamat di Jalan Sekip No.67 H, Medan Petisah. Pembuatannya pun dihasilkan dari durian dengan kualitas terbaik, karenanya saat mencicipi pancake langsung lumer di mulut.

4. Durian Ucok

Oleh-oleh Khas Medan - Durian Ucok
Oleh-oleh Khas Medan – Durian Ucok

Tidak hanya olahan duriannya saja yang bisa dibawah sebagai oleh-oleh khas Medan, buah asli Durian Medan pun bisa Anda dapatkan dengan mudah karena di sana sangatlah tersedia melimpah. Salah satu tempat terkenal yang menjual durian di Medan ialah Durian Ucok. Kedai Bang Ucok berada di Jalan Wahid Hasyim dan tidak pernah kehabisan stok meskipun ramai oleh pembeli. Selain membeli buahnya, para pembeli bisa menyantap langsung durian di tempat.

Anda tidak perlu khawatir saat membawanya sebagai oleh-oleh karena durian akan dikemas dengan rapi dalam kotak yang rapat dilengkapi daun pandan juga kopi hingga aromanya tersamarkan.

5. Kain Ulos

Oleh-oleh Khas Medan - Kain Ulos
Oleh-oleh Khas Medan – Kain Ulos

Cari oleh-oleh khas Medan yang tahan lama? belilah Kain Ulos yang sangat terkenal. Tidak hanya Yogyakarta saja yang memiliki oleh-oleh pakaian khas berupa batik, Medan pun miliki kain ulos yang merupakan kebanggaan masyarakat Sumatera Utara. Di Medan, kain ulos wajib dikenakan dalam berbagai macam ritual mulai dari upacara pernikaha, penyambutan tamu hingga pemakaman.

Kain Ulos ini berbentuk selendang panjang yang biasa digunakan dengan cara diselempangkan di badan atau sebagai ikat kepala. Ada banyak tempat yang menjual kain ulos dan Anda tidak perlu sulit mencarinya, namun salah satu tempat terkenal di Medan adalah Pajak Central yang berada di Jalan MT. Haryono.

6. Sirup Buah Markisa

Oleh-oleh Khas Medan - Sirup Buah Markisa
Oleh-oleh Khas Medan – Sirup Buah Markisa

Oleh-oleh khas Medan satu ini bisa bertahan cukup lama. Tidak hanya durian saja yang bisa diolah menjadi pancake, Anda juga bisa mencicipi buah markisa Medan dalam sajian sirup yang segar. Sirup Buah Markisa sangat cocok diminum saat siang hari ditengah udara kota Medan yang panas.

Sirup ini dipercaya mengandung banyak vitamin C dan antioksidan yang baik untuk tubuh. Ada banyak penjual sirup buah markisa, khususnya di pusat oleh-oleh khas Medan.

7. Teri Medan

Oleh-oleh Khas Medan - Teri Medan
Oleh-oleh Khas Medan – Teri Medan

Rasa Teri Medan berbeda dengan teri di daerah lain pada umumnya. Meskipun bentuknya kecil, namun banyak sekali penggemarnya. Teri Medan yang berwarna putih dimasak dengan sambal kacang yang rasanya menggugah selera apalagi dinikmati bersama nasih putih hangat, lidah dan perut terpuaskan sempurna.

Tidak hanya yang sudah siap saji, Teri Medan pun dijual mentah serta dikemas dalam berbagai ukuran dan harga mulai dari Rp. 70.000 @kg. Untuk mendapatkannya sebenarnya sangat mudah, namun satu kawasan yang selalu ramai pembeli ialah di Jalan Majapahit.

8. Kopi Sidikalang

Oleh-oleh Khas Medan - Kopi Sidikalang
Oleh-oleh Khas Medan – Kopi Sidikalang

Sidikalang merupakan daerah pegunungan dengan ketinggian mencapai 1472 meter di atas permukaan laut dan dengan tanah yang subur itulah kopi tumbuh subur dan menghasilkan biji kopi berkualitas terbaik.

Jika mencari oleh-oleh khas Medan berupa minuman lain selain sirup buah markisa, ambillah kopi sidakalang sebagai oleh-oleh lain khususnya para pecinta kopi. Kandungan kafein pada kopi sidakalang cukup tinggi dan kuat sehingga wajar kalau disebut sebagai rajanya kopi Sumatera bahkan menjadi pesaing berat kopi Brazil yang sangat populer.

9. Kacang Sihobuk

Oleh-oleh Khas Medan - Kacang Sihobuk
Oleh-oleh Khas Medan – Kacang Sihobuk

Oleh-oleh khas Medan yang wajib Anda bawa selanjutnya adalah Kacang Sihobuk yang berasal dari Desa Sihobuk, Tarutung, Tapanuli Utara yang memiliki rasa manis dan gurih. Teksturnya yang renyah dan garing membuat Anda tidak bisa berhenti mengunyah.

Kacang Sihobuk dipilih dari kacang dengan kualitas terbaik sehingga rasanya tidak bisa diragukan lagi. Kacang ini dimasak mengunakan pasir sehingga menghasilkan rasa yang khas. Anda bisa mendapatkan oleh-oleh ini di berbagai toko oleh-oleh khas Medan.

10. Manisan Jambu

Oleh-oleh Khas Medan - Manisan Jambu
Oleh-oleh Khas Medan – Manisan Jambu

Makanan khas Medan yang menjadi andalan oleh-oleh wisatawan lainnya yaitu manisan jambu. Jambu biji yang biasa kita makan mentah langsung atau dengan cara di jus, ternyata bisa dibuat manisan juga lho bahkan rasanya menjadi lebih nikmat dan cocok dinikmati saat siang hari. Jenis jambu yang digunakan untuk manisan ini adalah jambu bangkok yang berukuran besar.

Anda bisa membawanya sebagai oleh-oleh dan sebaiknya beli manisan yang masih bulat karena mampu bertahan hingga 3 hari. Bagi penderita DBD, manisan jambu sangat direkomendasikan mengingat hasiatnya yang baik untuk menaikkan trombosit. Anda bisa dapatkan manisan jambu di salah satu tempat yang beralamat di Jalan Kruing 3D.

11. Medan Napoleon

Oleh-oleh Khas Medan - Medan Napoleon
Oleh-oleh Khas Medan – Medan Napoleon

Selain Bolu Meranti Medan, bolu gulung yang bisa Anda bawa sebagai oleh-oleh khas Medan lain yaitu Medan Napoleon milik artis Irwansyah yang telah berlabel halal dari MUI.

Terbuat dari tiga lapisan pastry yang diberi olesan selain kemudian luarnya ditutup dengan bolu dan topping yang beraneka ragam. Rasa patry yang renyah serta lembutnya bolu dibalut selai menjadi perpaduan yang sangat lezat.

Tersedia beragam rasa yang tentu memanjakan lidah seperti green tea, keju, durian, dan red velvet yang cukup mahal harganya. Harga satu kotak Medan Napoleon mulai dari 65 ribu. Anda bisa dapatkan oleh-oleh ini di Jalan K.H. Wahid Hasyim No. 46/35, Babura.

12. Risol Spesial Gogo

Oleh-oleh Khas Medan - Risol Spesial Gogo
Oleh-oleh Khas Medan – Risol Spesial Gogo

Risol atau biasa disebut dengan risoles adalah makanan yang terbuat dari kulit pastry diisi dengan sayuran atau daging cincang dan luarnya dibalut oleh tepung panir serta kocokan telur ayam.

Medan memiliki makanan risoles khas yang rasanya nikmat bahkan berdiri sejak tahun 1981 bernama Risol Spesial Gogo dari Juliani Chandra. Kelebihan Risol ini terdapat pada kulitnya yang tipis serta tepung panir yang lebih halus dibanding tepung pada umumnya serta adanya krim dan susu yang sangat lembut.

Untuk mendapatkan Risol dengan harga lebih murah dan masih hangat, langsung data ke tempat pembuatnya di Jalan Mojopahit No. 53, Petisah Tengah. Untuk isian risoles, ada dua jenis isi yang diusung oleh Risol Spesial Gogo yaitu isi sayuran yang diiris halus ditambah dengan potongan telur dadar dan isi yang menggunakan cincangan daging ayam.

13. Pia Tamiang

Oleh-oleh Khas Medan - Pia Tamiang
Oleh-oleh Khas Medan – Pia Tamiang

Pia meripakan kue kering yang terbuat dari tepung, minyak dan air yang kemudian ditambah dengan isian tertentu. Pembuatannya, setelah adonan semua dicampur kemudian dimasukkan de dalam cetakan dengan besar seperti teluar ayam. Adonan tersebut kemudian di panggang ke dalam oven sehingga tidak akan mudah berbau tengik atau basi.

Salah satu produk pia di Medan yang populer sejak 40 tahun lalu adalah Pia Tamian yang dulunya bernama Pia Hou Chen dan dipopulerkan oleh Gwe Yen Huat, seorang turunan Tionghoa. Anda bisa dapatkan pia Tamian sebagai makanan kering khas Medan di Jalan Tamiang No. 16.

14. Tempe Medan

Oleh-oleh Khas Medan - Tempe Medan
Oleh-oleh Khas Medan – Tempe Medan

Ternyata Medan memiliki olahan kacang kedelai menjadi tempe yang berbeda dari tempat biasa pada umumnya. Berbentuk lebih tembem dengan kedelai yang lebih besar serta warnanya yang kuning, saat dimasak menghasilkan cita rasa yang renyah dan sangat gurih. Bahkan, presiden terdahulu, Susilo Bambang Yudhoyono sering mencicipi tempe ini saat ke Medan. Anda bisa dapatkan Tempe Medan di Jalan Setia Luur, Hanafi.

15. Ikan Sale

Oleh-oleh Khas Medan - Ikan Sale
Oleh-oleh Khas Medan – Ikan Sale

Jika pada umumnya di daerah Jawa sale itu terbuat dari pisang, di Medan ikan pun bisa di sale. Ikan Sale Medan adalah ikan yang dimasak dengan cara diasapi atau dijemur serta ikan yang dibutuhkan adalah ikan lele Limbat. Ikan sale ini bisa diolah menjadi gulai khas Mandailing atau hanya digoreng dengan irisan bawang dan cabai.

Untuk mendapatkan ikan sale bisa langsung ke Jalan MT Haryono yang berada di pusar central belakang Medan Mall dan siapkan dompet sebesar 40 ribu, atau Anda bisa membelinya di resotran-restoran tapi harganya lebih mahal.

16. Lemang

Oleh-oleh Khas Medan - Lemang
Oleh-oleh Khas Medan – Lemang

Lemang adalah makanan khas Medan yang bentuknya seperti lontong dengan bahan-bahan terbuat dari santan, ketan putih, garam, serta daun pisang untuk membungkus dan membakar lemang. Lemang bisa dikonsumsi langsung di tempat penjual lemang. Makanan tradisional ini wajib Anda nikmati.

Cara memasaknya pun ada yang dimasukkan kedalam bambu baru dimasak dengan api. Soal rasa, tak diragukan lagi, lemang memiliki rasa khas gurih dan lezat.

Di Medan, lemang menjadi santapan wajib saat berbuka puasa dan sahur karena dengan adanya ketan yang mengandung karboidrat sangat cocok untuk mengganjal perut. Harga satu porsi lemang rata-rata sekitar 25 ribu dan Anda bisa mendapatkan langsung di salah satu penjual Lemang Flamboyan miliki Pak Nur beralamat di Jalan Flamboyan.

17. Roti Ganda Medan

Oleh-oleh Khas Medan - Roti Ganda
Oleh-oleh Khas Medan – Roti Ganda

Roti Ganda, sesuai dengan namanya dipotong menjadi dua bagian isi diisi oleh meses cokelat dan selai. Meskipun bukan asli dari Medan melainkan dari Pematang Siantar dan berada di sana, tapi tidak ada salahnya Anda mmbawa Roti Ganda dan mencicipi nikmatnya olesan meses cokelat serta selai. Dapatkan langsung di Jalan Sutomo No. 89. Toko ini dibuka sejak tajun 1979 menawarkan harga 16 ribu untuk satu porsi besar.

18. Kaos Medan

Jika Anda cari oleh oleh khas Medan online selain makanan bisa pilih Kaos dengan banyak brand. Kaos khas Medan pertama yaitu Medan Bah! dengan berbagai macam motif kekinian dan Medan banget. Adapun motif-motif yang dibuat biasanya yaitu ikon kota Medan yang tidak ada di kota lain dilengkapi kata-kata.

Ada banyak jenis kaos dengan desain menarik seperti salah satu pahlawan bernama Sisingamangaraja, kemudian Sudako yang merupakan angkutan khas Medan, dan lain-lain.

Harga satu kaos dibandrol mulai dari 80 ribu. Anda juga bisa mendapatkan souvenir khas Medan seperti gantungan kunci, gelas, stiker dan lainnya.

Selain kaos Medan Bah! ada lagi kaos dengan merek Punya Medan yang dirintis oleh anak muda bernama Vito Sinaga. Kaos ini memiliki kata-kata yang unik sehingga ini menjadi daya tarik tersendiri.

Harga kaos dibandrol mulai dari 75 ribu dan dapat dibeli melalui website resmi jika Anda ingin oleh oleh khas medan online atau berkunjung langsung ke Jalan Periuk No 11 Auntuk melihat langsung koleksinya.

19. Batik Medan

Oleh-oleh Khas Medan -Batik Medan

Tidak hanya daerah di Jawa saja yang memiliki batik khas dan bisa dijadikan sebagai oleh-oleh, Medan pun memiliki oleh-oleh khas berupa batik. Meskipun batik Medan tergolong baru karena suku asli mereka adalh Batak yang tidak lain bukan budaya mereka, namun karena peminat batik kini semakin meningkat ahirnya Medan pun berkesampatan untuk berkarya dengan motif khas batak.

Bahkan, saat ini di setiap daerah memiliki jenis-jenis batik yang berbeda seperti Toba, Mandailing, Tanapuli, dan lain-lain.

Perbedaan yang mencolok antara batik Medan dengan batik Jawa adalah batik Medan condong memiliki motif suku batak dengan kain Ulos. Sedangkan batik Jawa cenderung iberi motir hiasan tumbuhan maupun hewan dengan warna yang gelap.

20. Lapis Legit

Oleh-oleh Khas Medan – Lapis Legit

Lapis legit merupakan jenis kue tradisional yang mendapat pengaruh kebudayaan Belanda jadi bukan asli Indonesia. Meskipun saat ini kerap sekali kita temukan di berbagai daerah bahkan luar kota Medan, namun cemilan yang satu ini sangat digemari siapapun baik anak-anak maupun orang tua.

Di Medan, terdapat produsen lapis legit bernama Affinois Medan yang memberik tambahan keju dan menghasilkan rasa yang nikmat. Belum lagi dengan adanya topping di bagian atas membuatnya semakin mempesona. Anda bisa dapatkan di Jalan Mojopahit No. 12 E Medan.

Itulah 20 Oleh-oleh Khas Medan yang Populer dan Paling diminati Wisatawan. Temukan informasi menarik lain serta info kost terbaru menggunakan Aplikasi Mamikos.

Oleh-oleh Khas Medan

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Kunjungi mamikos.com untuk dapatkan Info Kost terupdate di berbagai kota di IndonesiaCari Info Kost , Pakai mamikos.com - kost jogja, kost jakarta, kost surabaya, kost bandung

Download Aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah disini

Aplikasi Kost