20 Oleh-Oleh Khas Tangerang yang Harus Kamu Beli Saat Wisata ke Tangerang

Posted on Posted in Wisata Kuliner

6. Tas Khas Baduy

Tas khas Baduy merupakan cidera mata yang juga cocok dijadikan oleh-oleh khas Tangerang. Tas tradisional yang masih sering digunakan oleh penduduk Baduy. Tas dengan bagan anyaman ini dapat dibuat dengan aneka desain dan aneka warna. Bentuknya yang unik dan tidak biasa ini membuatnya diminati oleh banyak wisatawan yang berkunjung ke Tangerang. Sovenir khas Tangerang ini sekarang sudah mudah ditemui di toko oleh-oleh Tangerang dan pusat souvenir di Tangerang.

 

7. Kue Gipang

Salah satu camilan khas Tangerang adalah kue gipang. Kue ini bentuknya kecil dan teksturnya renyah. Rasa dari camilan ini manis dan ada sedikit tekstur lengket di luarnya. Kue ini terbuat dari campuran ketan dan air gula. Meski bahan pembuatannya sederhana, rasa kue ini sangat nikmat dan cocok dinikmati di sore hari sambil ngeteh atau minum kopi. Karena sudah menjadi jajanan khas Tangerang dan kerap kali dijadikan oleh-oleh khas Tangerang, kini kue ini sudah dibuat dengan banyak varian rasa, termasuk rasa gula merah dan rasa pandan.

Baca juga :  50 Tempat Wisata di Jakarta Paling Seru dan Wajib Dikunjungi Wisatawan

8. Ceplis

Selain kue gipang, masih ada banyak lagi camilan yang bisa dijadikan oleh-oleh khas Tangerang, salah satunya adalah ceplis. Ceplis merupakan makanan camilan semacam emping. Bahan dasarnya sama yaitu melinjo. Namun, ceplis lebih tipis dan gurih. Ceplis banyak ditemukan di toko oleh-oleh di Tangerang, biasanya, ceplis yang digunakan untuk oleh-oleh adalah yang mentah (belum digoreng). Meski demikian, ada juga ceplis yang tersedia dalam bentuk siap makan.

 

9. Sirup Rosella

Sirup rosella saat ini tengah naik daun sebagai oleh-oleh khas Tangerang. Banyak UKM di Tangerang yang kini memproduksi sirup dengan bahan dasar bunga rosela ini. Sirup rosella rasanya segar, nikmat, dan sudah manis mesti tanpa tambahan gula. Warna merah segar dari sirup ini juga merupakan warna alami, tanpa pewarna buatan. Selain itu, sirup rosella juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh seperti mengurangi kekentalan darah, sebagai detox alami tubuh, dan mencegah peradangan saluran ginjal. Tak heran jika saat ini minuman rosella jadi minuman khas Tangerang yang wajib dicoba.

 

10. Sate Bandeng

Kamu belum ke Tangerang kalau belum cicipin sate bandeng. Yap, sate bandeng emang salah satu kuliner yang khas Tangerang banget. Selain asyik dimakan saat wisata kuliner di Tangerang, sate bandeng juga cocok dijadikan oleh-oleh khas Tangerang, tertama kalau jarak daerah asalmu ke Tangerang gak begitu jauh. Sate Bandeng memiliki rasa dan tekstur yang unik. Bahan baku pembuatnnya adalah ikan bandeng yang dibumbui dengan berbagai rempah dan ditusuk pada sebatang tusuk bambu. Setelah dibakar, sate bandeng siap disajikan. Sajian ini memiliki cita rasa yang luar biasa nikmat. Kalau sebagai oleh-oleh, sate bandeng biasanya dijual dalam bentuk mentah (belum dibakar), tapi banyak juga yang sudah dibakar. Harganya biasanya sekitar Rp. 25.000 hingga Rp. 30.000 per bungkusnya.