Jalan Cerita atau Isi Cerita Pada Sebuah Teks Nonfiksi Disebut?

Jadi, apa itu nonfiksi? Definisi nonfiksi adalah tulisan yang bertujuan menyampaikan kebenaran atau informasi tentang peristiwa aktual kepada audiens.

Nonfiksi bisa datang dalam berbagai bentuk termasuk tulisan tentang sejarah, biografi dan otobiografi, opini, jurnalisme, esai dan kritik akademis.

Namun, kendala dalam penulisan sebuah teks fiksi adalah mengetahui apa itu jalan cerita atau isi cerita pada sebuah teks nonfiksi disebut sebagai plot.

Sebagai penulis teks nonfiksi, kamu mungkin tidak tahu bahwa membuat struktur plot naratif nonfiksi adalah kunci berikan bacaan yang baik.

Karena bila kamu tidak mengetahui plot yang akan kamu tuliskan maka pembaca akan kebingungan dengan maksud teks nonfiksi kamu.

Intinya plot berfungsi agar cerita kamu lebih kronologis.

Nah, disini Mamikos akan memberikan informasi tentang jalan cerita atau isi cerita sebagai plot ini. 

1. Pengenalan

Pada tahap ini kamu memperkenalkan protagonis yang merupakan karakter utama dari peristiwa yang akan kamu ceritakan.

Kemudian kamu menjelaskan waktu dan juga tempat peristiwa tersebut agar dapat dengan jelas menceritakan peristiwa yang terjadi.

2. Isi

Bagian isi dari cerita biasanya merupakan bagian terpanjang, yang seluruhnya terdiri dari setengah dari naskah.

Di sinilah penulis memulai perjalanan cerita dan juga segala bentuk dari informasi ataupun konflik yang terjadi dan menghadapi rintangan di sepanjang jalan.

Kamu juga akan menceritakan karakter lain yang tidak selalu harus manusia seperti teknologi misalnya. Selain itu perlu diangkat peristiwa terkait kesalahan dalam mengambil keputusan yang akhirnya menciptakan bencana. 

Jangan lupa teks nonfiksi adalah berdasarkan fakta, sehingga penulis perlu berhati-hati agar tak menambahkan unsur di luar kenyataan di sini.

3. Penutup

Di dalam bab ini kamu akan menuliskan tentang akhir dari peristiwa yang kamu ceritakan. Bagian ini merupakan titik penyelesaian baik dalam hal konflik ataupun kejadian.

Dalam teks nonfiksi, penulis mengungkapkan tentang peristiwa dan keadaan dalam kehidupan nyata.

Nah, disini kita mengetahui bahwa plot berfungsi agar cerita kamu lebih kronologis.

Informasi Mamikos di atas adalah panduan awal kamu agar dapat lebih memahami jalan cerita atau isi cerita pada sebuah teks nonfiksi disebut plot ini.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah