Apa yang Perlu Diperhatikan Dalam Penyusunan Rencana Anggaran Proposal?

Apa yang perlu diperhatikan dalam penyusunan rencana anggaran proposal? Untuk menjawab pertanyaan ini kamu harus tahu bahwa proposal merupakan dokumen yang digunakan untuk mengusulkan atau menawarkan suatu rencana kerja. Sehingga rencana anggaran yang diusulkan harus jelas, detail, dan lengkap.

Pihak penerima proposal tentunya akan mempertimbangkan dengan sangat hati-hati tentang bagian anggaran ini. Apakah anggaran tersebut sesuai, wajar, dan akurat?

Nah, berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penyusunan anggaran dalam sebuah proposal kegiatan!

Kelengkapan

Dalam menyusun sebuah anggaran proposal, haruslah dilakukan secara komprehensif, menyeluruh, dan lengkap. Artinya perencanaan anggaran yang disusun ini harus disesuaikan mulai dari pra acara, waktu acara, hingga selesai acara.

Dengan perencanaan yang lengkap dan menyeluruh ini, pastinya semua pihak akan lebih jelas dalam melihat gambaran kerja yang akan dilakukan. Baik dari pengusul proposal sendiri, maupun pihak yang menerima penawaran atau usulan tersebut.

Seperti rencana anggaran proposal penelitian yang harus lengkap dan detail. Dari mulai sebelum penelitian hingga selesai.

Keakuratan

Akurat disini berarti apa yang dituliskan dalam perencanaan anggaran tersebut sesuai dengan standar biaya yang berlaku. Perkiraan atau estimasi biaya yang dibebankan dalam beberapa item berdasarkan harga yang ada di pasaran. Mulai dari harga per item, hingga total anggaran yang didapatkan.

Meski diakui biasanya estimasi anggaran tidak selalu sama dengan kondisi saat sebuah kegiatan berjalan. Namun, perencanaan anggaran ini bisa menjadi pedoman dalam setiap menjalankan kegiatan tersebut.

Detail

Jangan sampai setiap pembiayaan terlewat. Setiap detail rencana kegiatan harus dirinci satu per satu.

Contohnya dalam menghitung sebuah anggaran biaya dalam acara. Bagaimana proses dalam penyusunan anggaran tersebut? Beberapa hal yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut:

1. Biaya perlengkapan.
2. Sewa gedung.
3. Daftar panitia dan setiap pekerjaannya.
4. Tamu undangan, baik yang tamu khusus maupun tamu biasa.
5. Jenis konsumsi, dari mulai makanan, minuman, jajan, dan lain sebagainya.

Itulah apa yang perlu diperhatikan dalam penyusunan rencana anggaran proposal. Anggaran rencana ini harus akurat, lengkap, jelas, dan detail. Penyusunan rencana anggaran ini juga sangat mempengaruhi keputusan penerima proposal.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah