Tips Pakaian Elegan untuk Kamu Mahasiswa Magang

Tips Pakaian Elegan untuk Kamu Mahasiswa Magang – Menjalani magang menjadi pengalaman yang mengesankan dan tidak terlupakan, apalagi jika magang yang kamu lakukan lokasinya berada di tempat yang disukai. Tips magang mahasiswa, selain perlu menyiapkan proposal yang harus diajukan sebelum melaksanakan magang, kamu pun perlu menyiapkan pakaian yang cocok untuk digunakan setiap hari, apalagi jika magang yang dilakukan akan memakan waktu berbulan-bulan. Berikut ini terdapat tips pakaian magang bagi kamu yang masih bingung memilih baju magang kuliah. Adanya variasi model baju magang serta pakaian saat magang akan membuat penampilanmu kian menarik. Berikut ini adalah Tips Pakaian Elegan untuk Kamu Mahasiswa Magang untuk kamu sebagai alternatif:

Tips Pakaian Elegan untuk Kamu Mahasiswa Magang

  • Atasan putih dan bawahan hitam

Pakaian magang dengan atasan putih adalah pakaian standar yang biasa digunakan oleh mahasiswa. Tujuannya sederhana, untuk membedakan antara mahasiswa magang dengan karyawan yang sudah lama bekerja. Jika lokasi tempat magangmu mengharuskan mahasiswanya untuk menggunakan pakaian atasan putih dan bawahan hitam, sebaiknya kamu membeli lebih dari 1 stel pakaian untuk mengantisipasi pakaianmu dicuci dan menunggu kering. Jangan sampai kamu menggunakan pakaian yang sama selama seminggu berturut-turut.

Agar tidak bosan, gunakan variasi atasan kemeja putih atau blouse putih polos. Kamu juga bisa memadukannya dengan rok hitam atau celana panjang hitam yang tentunya tidak ketat. Bagi laki-laki, ada pula perusahaan yang mengharuskan mahasiswa magangnya untuk menggunakan dasi serta ikat pinggang. Siapkan jauh-jauh hari ya agar tidak mengalami kendala ketika harus magang.

  • Blouse polos dengan rok

Bagi wanita, menggunakan blouse untuk magang bukan hal yang aneh lagi. Kamu bisa mencari jenis blouse yang bahannya nyaman dipakai serta tidak membuat gerah. Apabila di lokasi kerja tidak diizinkan untuk menggunakan pakaian bermotif, gunakan blouse polos yang diberi aksen tertentu, seperti potongan kain atau kancing unik. Hindari pakaian dengan aksesoris berlebihan agar tidak mendapatkan penilaian buruk.

Jika menggunakan kerudung, pastikan bahwa bawahan (rok atau celana) yang kamu pilih tidak ketat. Gunakan pula kerudung yang membuatmu tidak kesulitan ketika harus banyak beraktivitas. Padukan dengan warna senada baju atau bawahan agar tetap cantik. Kamu yang tidak berhijab pun tetap bisa tampil gaya dengan menggunakan rok di bawah lutut.

  • Kemeja lengan panjang

Kemeja memang tidak akan pernah terlihat kuno jika dipakai untuk kegiatan magang. Kamu bisa mencari ukuran kemeja yang sesuai, kemudian memilih motif yang disuka. Saat ini sudah banyak tersedia toko pakaian online, sehingga kamu tidak perlu bersusah payah mengeluarkan tenaga dan waktu untuk keluar dari lokasi kost atau rumah. Selain itu, kamu pun bisa lebih bebas memilih pakaian yang disukai.

Kemeja lengan panjang cocok untuk dipadukan bersama bawahan rok atau celana bahan. Pilihan motif kemeja beserta warnanya pun bisa kamu sesuaikan dengan bentuk tubuh agar terlihat cantik. Bagi laki-laki, kemeja panjang yang dipilih sebaiknya memiliki lengan yang tidak terlalu panjang atau kebesaran agar tidak menyulitkan aktivitas. Selain itu, kamu juga bisa melengkapinya dengan membeli dasi hitam atau dasi dengan warna senada.

  • Baju batik

Rekomendasi selanjutnya dari artikel Tips Pakaian Elegan untuk Kamu Mahasiswa Magang adalah baju batik. Kekayaan budaya Indonesia yang sangat beragam bisa kamu lihat dengan adanya berbagai macam jenis pakaian beserta motifnya, tidak terkecuali batik. Saat ini batik tidak hanya terbatas pada kain berwarna cokelat yang digunakan oleh orang tua saja, tetapi sudah merambah hingga motif lainnya yang semakin menarik. Modelnya pun tidak membosankan. Beberapa contoh pakaian batik yang dapat menjadi referensi ketika magang diantaranya adalah:

Padukan pakaian batik dengan bawahan yang senada atau dengan bawahan berwarna hitam polos. Apabila kamu bosan dengan bawahan polos, maka kamu bisa menyesuaikannya dengan memilih batik bermotif yang tidak terlalu ramai, sehingga pakaian yang akan kamu gunakan tetap terlihat pantas. Bagi laki-laki, kamu bisa memilih baju batik lengan panjang atau baju batik dengan lengan pendek. Pastikan bahwa pakaian yang kamu gunakan memang sudah sesuai dengan kegiatan atau aktivitas yang akan dilakukan di lokasi magang.

Selain pakaian magang di atas, kamu pun bisa menggunakan pakaian lainnya asalkan tetap sopan. Tambahkan pula jas di bagian luar atau outer yang membuat penampilan terlihat semi formal. Berikut ini terdapat beberapa tips berpakaian yang dapat diberikan Mamikos:

  • Gunakan pakaian yang rapi

Pakaian untuk magang di bank maupun di perusahaan lainnya perlu kamu perhatikan. Apapun pakaian yang digunakan jangan lupa untuk memastikan bahwa pakaian tersebut memang sudah rapi karena disetrika. Apabila kamu datang dengan penampilan kusut, maka penilaian orang-orang terhadapmu akan menjadi buruk. Sebagai pelajar atau mahasiswa yang kerap lupa membawa setrika, salah satu solusi yang bisa kamu lakukan adalah langsung melipat pakaian yang sudah kering kemudian menumpuknya dengan pakaian lain.

  • Gunakan pakaian yang wangi

Tips Pakaian Elegan untuk Kamu Mahasiswa Magang selanjutnya adalah gunakan pakaian yang wangi. Ketika magang, carilah pakaian yang sudah wangi atau semprotkan sedikit parfum. Hal ini sangat penting untuk kamu lakukan, apalagi jika cuaca sedang mendung dan pakaianmu belum kering. Kamu yang tidak sempat menyemprotkan parfum bisa juga mengantisipasinya dengan cara langsung menyimpan pakaian setelah kering agar tidak terlalu lama berada di bawah terik matahari.

  • Siapkan cadangan pakaian

Sekilas tips memiliki lebih dari satu pakaian adalah hal yang sepele, padahal hal tersebut juga tidak kalah penting. Apabila lokasi tempat magangmu mengharuskan penggunaan pakaian atasan putih dan bawahan putih, tidak mungkin jika kamu akan menggunakan baju yang sama setiap hari. Oleh karena itu, tidak ada salahnya membeli pakaian cadangan untuk mengantisipasi apabila pakaian yang kamu gunakan saat itu tidak sempat dicuci karena sudah pulang terlalu sore.

  • Membawa pakaian ganti ketika magang

Jika waktu magangmu berlangsung sejak pagi hingga sore hari, sebaiknya kamu membawa pakaian ganti. Cara ini juga perlu dilakukan apabila pada pagi hari sebelum magang terdapat agenda olahraga yang harus diikuti. Selain perlu membawa pakaian ganti, jangan lupa pula untuk membawa sepatu cadangan seperti sepatu kets dan sepatu pantofel.

  • Gunakan pakaian yang sesuai dengan budaya perusahaan

Banyak yang merasa bahwa budaya perusahaan hanya terbatas pada cara berinteraksi dengan orang-orang saja, padahal lebih dari itu, gaya berpakaian pun terkadang menjadi budaya sebuah perusahaan. Apabila kamu bekerja di perusahaan yang menjunjung tinggi kerapihan, maka kamu perlu belajar menyesuaikan diri. Jangan menggunakan pakaian minim atau pakaian non formal. Bertanyalah etika pengunaan seragam pada teman-teman yang sudah lebih dulu bekerja karena bagaimanapun juga kamu perlu belajar beradaptasi.

Sekian informasi mengenai tips pakaian elegan untuk mahasiswa magang dari Mamikos. Pastikan bahwa pakaian yang kamu pilih memang sesuai dengan selera beserta budgetmu. Sebenarnya, kamu bisa juga mencari pakaian dengan harga terjangkau di bazaar, tempat promo, atau sosial media untuk mencari barang prelove. Tidak semua pakaian bekas kualitasnya buruk. Selagi kamu bisa memilah dan memilih, kamu tetap bisa mendapatkan pakaian berkualitas. Jangan lupa untuk mengaplikasikan Tips Pakaian Elegan untuk Kamu Mahasiswa Magang di atas saat kamu mencari pakaian yang cocok untuk magang.

Bisa dilihat juga lowongan kerja di :