Tutorial Pendaftaran SNBT 2023/2024 Dibuka Maret, Daftar via Link Ini

Tagged: SNBT SNPMB

Tutorial Pendaftaran SNBT 2023/2024 Dibuka Maret, Daftar via Link Ini — Proses pendaftaran Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023 telah resmi dibuka pada 14 Februari 2023 kemarin.

Meski demikian, ada banyak siswa kelas terakhir yang justru tengah mempersiapkan diri untuk mengikuti pendaftaran Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT).

Jika benar demikian, kamu bisa melihat tutorial pendaftaran SNBT 2023 di ulasan Mamikos ini.

Simak Tutorial Daftar SNBT 2023/2023 yang Dibuka Maret di Sini

freepik.com/Freepik

Seperti yang sudah kamu tahu, pembukaan pendaftaran Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) akan dibuka usai pengumuman lolos Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dirilis secara nasional.

Pendaftaran SNBP berlangsung sejak 14 Februari 2023 hingga 28 Februari 2023. Pengumuman lolos para peserta yang mengikuti SNBP akan dirilis tepat pada 28 Maret 2023, atau satu bulan kemudian.

Meski banyak yang mengincar jalur SNBP, namun tak sedikit juga para camaba yang mengincar jalur SNBT-UTBK untuk bisa masuk ke jurusan favorit di kampus yang mereka inginkan.

Oleh karenanya, kamu memerlukan info dan tutorial pendaftaran SNBT 2023/2024 seperti yang sudah Mamikos rangkum dengan saksama pada artikel kali ini.

SNBT-UTBK 2023/2024 merupakan jalur seleksi bagi calon mahasiswa baru yang terbuka dan dapat diikuti oleh seluruh siswa yang lulus di tahun 2021, 2022, dan 2023.

Siswa yang boleh mendaftar SNBT-UTBK adalah mereka yang berasal dari pendidikan menengah mulai dari SMA/MA/SMK dan sederajat, dan lulusan Paket C tahun 2021, 2022, dan 2023 dan maksimal berusia 25 tahun per 1 Juli 2023.

Keikutsertaan dalam Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) adalah syarat utama yang perlu dipenuhi siswa yang bersangkutan apabila memilih mengikuti Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) pada PTN Akademik, PTN Vokasi, atau Perguruan Tinggi Keagamaan Agama Islam Negeri (PTKIN).

Persyaratan Untuk Mendaftar SNBT 2023/2024

Sebelum melakukan pendaftaran SNBT 2023/2024, kamu perlu tahu terlebih dulu apa saja persyaratan yang harus disiapkan.

Berikut ini sudah Mamikos rangkum dengan saksama apa saja syarat-syarat bagi peserta yang hendak mendaftar di jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) tersebut.

  • Sudah membuat dan memiliki akun SNPMB di alamat portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id.
  • Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) yang sudah punya Nomor Induk Kependudukan (NIK).
  • Pendaftar SNBT adalah siswa kelas 12/kelas terakhir di SMA/MA/SMK/sederajat atau calon lulusan tahun 2023 yang harus memiliki Surat Keterangan Siswa SMA/MA/SMK Kelas 12 atau peserta didik Paket C tahun 2023.
  • Berusia maksimal 25 tahun per 1 Juli 2023. Catatan penting: Surat Keterangan Siswa Kelas 12 harus disertai dengan foto terbaru dan berwarna, stempel basah/cap sekolah dan dibubuhi tanda tangan Kepala Sekolah.
  • Bagi siswa lulusan SMA/MA/SMK/sederajat tahun 2021 dan 2022 atau lulusan Paket C tahun 2021 dan 2022, harus memiliki ijazah dan berusia maksimal 25 tahun per 1 Juli 2023. Jika kamu adalah lulusan SMA sederajat dari luar negeri, maka harus memiliki ijazah yang disetarakan.
  • Tidak dinyatakan lulus jalur SNBP 2023 atau SNMPTN tahun 2021 atau tahun 2022.
  • Memiliki kesehatan memadai sehingga tidak akan mengganggu kelancaran selama mengikuti proses studi di PTN tujuan.
  • Apabila kamu adalah peserta yang memilih program studi di bidang Seni dan Olahraga, maka wajib untuk melampirkan dan mengunggah portofolio prestasi.
  • Jika kamu adalah peserta tuna netra, maka wajib melampirkan dan mengunggah Surat Pernyataan Tuna Netra dari rumah sakit.
  • Hasil UTBK 2023 hanya berlaku untuk mengikuti SNBT serta penerimaan mandiri PTN 2023.

Tahapan Pendaftaran SNBT-UTBK 2023/2024

Secara umum, terdapat beberapa tahapan pada proses pendaftaran SNBT-UTBK tersebut. Untuk penjelasan apa saja tahapannya, kamu bisa simak penjelasan sebagai berikut ini:

  • Meregistrasi Akun SNBT. Poin ini hukumnya wajib bagi seluruh calon pendaftar SNBT UTBK di mana mereka harus mendaftar menggunakan NISN, NPSN, dan Tanggal Lahir di laman resmi portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id.
  • Akses atau login menggunakan akun SNPMB di portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id ini.
  • Memilih menu Verifikasi dan Validasi Data, mengisi dan melengkapi biodata diri, mengunggah pas foto berwarna paling baru, dan memverifikasi biodata serta mengunduh dan mengunggah pernyataan tuna netra/low vision di situs tersebut.
  • Memilih menu Pendaftaran UTBK-SNBT, menentukan dan memilih jurusan/program studi, mengunggah portofolio (untuk jurusan/prodi tertentu), memilih pusat pelaksanaan UTBK PTN, dan memperoleh bukti/slip pembayaran biaya UTBK.
  • Membayar biaya pendaftaran yang diberlakukan yakni sebesar Rp 200.000.
  • Mencetak Kartu Peserta UTBK-SNBT (usai membayar biaya UTBK).
  • Login ulang ke laman portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id untuk memilih menu pendaftaran UTBK-SNBT agar bisa mengunduh Kartu Peserta UTBK yang sah.

Pelaksanaan dan Besaran Biaya UTBK

Kamu juga perlu tahu berapa lama pelaksanaan SNBT-UTBK tersebut nanti berlangsung. Jadi, pelaksanaan SNBT-UTBK akan berlangsung dalam 2 gelombang.

Satu gelombangnya akan memakan waktu selama 7 hari yaitu mulai dari hari Senin hingga Minggu. Untuk sesi yang dilaksanakan, setiap hari akan dilakukan 2 sesi yakni sesi pagi dan sesi siang.

Berbeda dengan pelaksanaan SNBP yang tak memungut biaya sama sekali. Pada pelaksanaan SNBT-UTBK terdapat besaran biaya UTBK yang harus dibayarkan lunas oleh calon peserta yang mengikuti seleksi SNBT tersebut.

Seluruh peserta yang ikut pelaksanaan SNBT 2023/2024 harus membayar biaya pelaksanaan UTBK sebagai syarat pendaftaran sebesar Rp 200.000 saat melakukan pendaftaran dirinya.

Jadwal Pelaksanaan SNBT-UTBK 2023/2024

Rangkaian pelaksanaan SNBT-UTBK akan dimulai usai pengumuman kelulusan peserta SNBP dirilis pada 28 Maret 2023.

Sebagai langkah persiapan dini, kamu bisa mempersiapkan segala hal yang berkaitan dengan pendaftaran diri kamu pada pelaksanaan SNBT dengan menyimak jadwalnya.

Berikut ini Mamikos sertakan juga jadwal pelaksanaan SNBT 2023/2024 yang akan berlangsung mulai Maret nanti.

  • Pembuatan Akun SNPMB sudah dapat dilakukan pada 16 Februari hingga 3 Maret 2023
  • Sosialisasi pelaksanaan UTBK-SNBT sejak 01 Desember 2022 hingga 14 April 2023
  • Pendaftaran UTBK-SNBT dimulai pada 23 Maret hingga 14 April 2023
  • Pelaksanaan UTBK Gelombang 1 akan dilaksanakan pada 08 hingga 14 Mei 2023
  • Pelaksanaan UTBK Gelombang 2 akan berlangsung mulai 22 Mei hingga 28 Mei 2023
  • Pengumuman Hasil Seleksi SNBT-UTBK 2023/2024 dirilis secara resmi pada 20 Juni 2023

*) Seluruh kegiatan pada hari dan jadwal yang sudah (tertera) ditentukan di atas, akan diakhiri pada pukul 15.00 WIB.

Cara Mengecek Daya Tampung dan Peminat di PTN Impian

Selain tutorial pendaftaran SNBT seperti di atas, Mamikos juga menambahkan satu informasi penting bagi kamu yang ingin mengecek info daya tampung dan jumlah peminat di PTN atau prodi incaran kamu.

Kamu dapat mengakses link Sidata di alamat resmi di sidata-ptn.ltmpt.ac.id/ptn_sn.php ini.

Ulasan mengenai tutorial pendaftaran SNBT 2023/2024 yang dibuka maret dan sudah Mamikos sampaikan di atas harus Mamikos sudahi sampai di sini.

Mamikos harap apa yang sudah kamu baca dan simak pada info tutorial pendaftaran SNBT 2023/2024 tersebut dapat menjadi bekal yang bermanfaat di kemudian hari.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta