Pengumuman Jadwal SKD Poltekim Poltekip 2021/2022

Pengumuman Jadwal SKD Poltekim Poltekip 2021/2022 – Sekolah Kedinasan menjadi salah satu primadona oleh berbagai lulusan SMA/MA/SMK/sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan mereka ke jenjang yang lebih tinggi. Termasuk juga Poltekim Poltekip yang berada di bawah naungan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). Agar dapat lulus menjadi taruna/taruni baru dari Sekolah Kedinasan ini, perlu untuk melewati berbagai tahapan seleksi yang menjadi syarat utama. Poltekim Poltekip sebentar lagi akan memberikan informasi terkait dengan jadwal untuk melakukan SKD sebagai tahapan pertama untuk memasuki sekolah ini.

Penting! Jadwal Penerimaan Calon Taruna/Taruni Poltekim Poltekip 2021/2022

catar.kemenkumham.go.id

Dalam melakukan pendaftaran dan mengikuti serangkaian tahapan yang perlu untuk dilakukan, ada beberapa hal yang perlu untuk menjadi perhatian. Salah satunya yaitu berkaitan dengan jadwal dari setiap tahapan yang sudah ditentukan oleh penyelenggara seleksi dari Poltekim dan Poltekip. Maka dari itu, penting untuk mengetahui hal ini secara pasti agar dapat mengikutinya dengan tepat waktu dan sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya keterlambatan atau kelewatan satu tahap yang dapat membuat peserta menjadi gugur.

Berikut ini merupakan jadwal yang perlu untuk diperhatikan yang berkaitan dengan seleksi penerimaan calon taruna/taruni dari Sekolah Kedinasan Poltekim dan Poltekip, diantaranya:

  1. Pendaftaran dan proses unggah dokumen penting yang dilakukan secara online pada tanggal 9 hingga 30 April 2021.
  2. Pengumuman peserta yang lolos dari seleksi administrasi dilakukan pada tanggal 21 Mei 2021.
  3. Pengumuman terkait dengan pelaksanaan SKD untuk setiap peserta akan diumumkan pada bulan Juni 2021.
  4. Pelaksanaan SKD yang berupa ujian CAT akan dilaksanakan pada bulan Juni 2021.
  5. Pengumuman hasil dari pelaksanaan SKD akan diberikan pada bulan Juli 2021.
  6. Pengumuman terkait jadwal untuk dilakukan Tes Kesehatan bagi peserta yang lolos tahap SKD akan diberikan pada bulan Juli 2021.
  7. Pelaksanaan Tes Kesehatan akan dilakukan pada bulan Agustus 2021.
  8. Pengumuman bagi peserta yang lolos Tes Kesehatan akan diberikan pada bulan Agustus 2021.
  9. Pelaksanaan Tes Kesamaptaan akan dilakukan pada bulan Agustus 2021.
  10. Hasil Tes Kesamaptaan akan diberikan pada bulan Agustus 2021.
  11. Jadwal ujian psikotes akan diumumkan pada bulan Agustus 2021.
  12. Ujian psikotes yang terdiri dari ujian tertulis dan wawancara akan dilaksanakan pada bulan September 2021.
  13. Hasil dari ujian psikotes akan diumumkan pada bulan September 2021.
  14. Bagi peserta yang lolos ujian psikotes akan mengikuti tes wawancara pengamatan fisik dan keterampilan yang akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2021.
  15. Pengumuman dari hasil kelulusan akhir akan diberikan pada bulan Oktober 2021.

Nilai Ambang Batas Ujian SKD Poltekim Poltekip Tahun 2021

Proses penerimaan calon taruna/taruni dari Poltekim dan Poltekip ini dilakukan dengan menggunakan sistem yang sudah terintegrasi. Sistem ini sendiri berada dibawah pengawasan dari panitia yang berasal dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan sekaligus menjadi penentu dari nilai ambang batas yang digunakan. Nilai ini akan digunakan untuk menentukan kelulusan dari peserta yang mengikuti seleksi tahap pertama, yaitu Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang menggunakan ujian CAT.

Pada tahap SKD, terdapat 3 (tiga) jenis tes yang akan dihadapi oleh peserta, diantaranya:

  1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) yang berfungsi untuk menguji pemahaman dan penguasaan peserta terhadap nilai kebangsaan. Tes ini nantinya akan terdiri dari total 30 soal dengan jawaban benar akan mendapatkan 5 poin dan jawaban salah 0 poin.
  2. Tes Intelegensi Umum (TIU) yang digunakan untuk melihat kemampuan peserta secara verbal. Tes ini nantinya terdiri dari total sebanyak 35 soal. Untuk jawaban yang benar akan mendapatkan sebesar 5 poin dan jawaban salah 0 poin.
  3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP) yang digunakan untuk melihat sikap peserta dalam melaksanakan pelayanan publik dan juga profesionalitas serta kemampuan berkomunikasi dalam diri mereka. Tes ini terdiri dari 35 soal yang setiap jawaban yang dipilih akan mendapatkan angka skor sebesar 1 hingga 5 poin.

Nilai Ambang Batas SKD Tahun 2019

Pada tahun 2019, SKD yang dilaksanakan juga memiliki nilai ambang batas yang ditetapkan berdasarkan Peraturan Menteri. Nilai tersebut untuk setiap tes yang ada diantaranya:

  1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) sebesar 75.
  2. Tes Intelegensi Umum (TIU) sebesar 80.
  3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP) sebesar 143.

Nilai Ambang Batas SKD Tahun 2020

Pada tahun 2020, ditentukan pula nilai ambang batas yang harus diraih oleh peserta agar dapat lolos dalam tahap SKD. Sama seperti tahun sebelumnya yaitu 2019, angka ini juga ditetapkan berdasarkan keputusan yang dikeluarkan melalui Peraturan Menteri. Rincian dari nilai ambang batas pada SKD diantaranya:

  1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) sebesar 65.
  2. Tes Intelegensi Umum (TIU) sebesar 80.
  3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP) sebesar 126.

Pada pelaksanaan SKD tahun 2021 ini, nantinya juga akan ditetapkan nilai ambang batas yang harus berhasil untuk dicapai para peserta. Nilai ini biasanya akan diumumkan secara resmi oleh perwakilan dari BKN.

Kuota Formasi Taruna/Taruni Baru Poltekim Poltekip 2021

Pada tahun 2021, telah ditetapkan kuota formasi yang digunakan pada penerimaan calon taruna/taruni baru pada Poltekim dan Poltekip. Untuk jalur umum terdapat kuota sebanyak 600 orang dan untuk pegawai sebanyak 50 orang. Kuota ini ditetapkan berdasarkan Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor: B/301/M.SM.01.00/2021 Tanggal 9 Maret 2021.

Rincian penerimaan kuota formasi calon taruna/taruni untuk Poltekim dan Poltekip tahun 2021 diantaranya:

  1. Poltekim menerima sebanyak 300 taruna/taruni yang terdiri dari untuk umum yaitu sebanyak 219 taruna dan 71 taruni. Jalur khusus putra/putri Papua sebanyak 3 taruna dan 2 taruni. Jalur khusus untuk putra/putri Papua Barat sebanyak 3 taruna dan 2 taruni.
  2. Poltekip menerima sebanyak 300 taruna/taruni. Untuk pendaftaran melalui jalur umum, akan diterima sebanyak 262 taruna dan 28 taruni. Melalui jalur khusus putra/putri Papua akan diterima sebanyak 4 taruna dan 1 taruni. Sementara melalui jalur khusus putra/putri Papua Barat akan diterima sebanyak 4 taruna dan 1 taruni.

Proses penerimaan calon taruna/taruni baru melalui Poltekim dan Poltekip untuk tahun akademik baru 2021/2022 saat ini tengah berjalan. Peserta perlu untuk dapat lolos pada tiap tahapan seleksinya agar dapat menjadi taruna/taruni baru pada Sekolah Kedinasan yang berada di bawah naungan Kemenkumham ini. Catat berbagai informasi penting seperti jadwal pelaksanaan untuk setiap tahapannya agar tidak terlewat dan dianggap gugur atau mengundurkan diri. Siapkan dirimu dengan sebaik mungkin untuk dapat melewati tiap tahapan tes yang perlu dilakukan dengan sebaik mungkin.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta