Pendaftaran PPDB Palembang 2021 [palembang.siap-ppdb.com]

Pendaftaran PPDB Palembang 2021 [palembang.siap-ppdb.com] -Sebuah situs yang beralamatkan di ppdbpalembang menjadi situs yang berisikan pusat informasi pendaftaran peserta didik baru yang dilakukan secara online. Perkembangan dalam bidang teknologi serta adanya kondisi pandemi covid 19 membuat seluruh prosedur Pendaftaran PPDB Palembang 2021 kini dialihkan secara online. 

Pendaftaran PPDB Palembang

tribunnews.com

Semua proses yang dilakukan dalam pendaftaran dari mulai sesi pendaftaran online, seleksi serta pengumuman kelulusan seleksi akan dilakukan secara online melalui situs ini. Untuk saat ini, jenjang pendidikan yang pendaftarannya dilakukan secara online adalah jenjang SD dan SMP. 

Jalur, Syarat dan Cara Membuat Akun Pendaftaran Peserta Didik Online

Ke depannya, pemerintah kabupaten Palembang akan membuat pengembangan situs yang mana akan bisa melayani pendaftaran peserta didik secara online untuk jenjang yang lebih tinggi. Lalu apa saja proses yang harus dilalui dalam pendaftaran peserta didik secara online ini? Berikut ulasannya hanya untuk Anda. 

 1. Jalur pendaftaran online

Secara umum jalur Pendaftaran PPDB Palembang 2021 yang dilakukan secara online terbagi menjadi 4 jalur. Yaitu jalur zonasi, afirmasi, prestasi dan pindah tugas orang tua. Untuk jalur zonasi diberlakukan untuk siswa yang tinggal dalam zona yang sama dalam kurun waktu minimal 1 tahun lamanya. 

Sedangkan untuk jalur afirmasi secara khusus diperuntukkan untuk mereka yang memiliki kondisi perekonomian yang terbatas. Lalu untuk jalur prestasi hanya bisa diikuti oleh mereka yang memiliki prestasi akademik dan non akademik. 

Untuk jalur yang terakhir bisa digunakan oleh peserta didik yang harus mengikuti kemana orang tua mereka dipindah tugaskan. 

2. Syarat untuk mendaftar

Adapun syarat yang harus dipenuhi sebelum mendaftar menjadi peserta didik diantaranya harus memenuhi beberapa kriteria tertentu. Yaitu syarat usia misalnya, untuk jenjang SMP memiliki usia paling tinggi 15 tahun tertanggal 1 Juli 2021 yang bisa dibuktikan dengan keberadaan akta lahir atau surat keterangan lahir resmi. 

Persyaratan lainnya adalah bahwa peserta didik diakui secara tertulis sebagai siswa SD kelas 6 dan sudah menyelesaikan pendidikan kelas 6 atau MI dengan ketentuan yang berlaku. 

Kemudian peserta didik yang mengajukan pendaftaran harus mengisi formulir pendaftaran yang harus ditanda tangani kedua belah pihak. Peserta didik juga wajib menjamin apa yang diisikan dalam formulir pendaftaran online adalah benar adanya. 

Jika terjadi pemalsuan data atau berkas maka pihak penyelenggara pendaftaran online bisa melaporkannya dan mengenakan sanksi seusai dengan ketentuan yang berlaku dalam prosedur Pendaftaran PPDB Palembang 2021. 

 3. Cara membuat akun pendaftaran

Untuk membuat akun pendaftaran peserta didik yang dilakukan secara online Anda bisa mengunjungi situs yang beralamat di https://ppdbpalembang.id/. Setelah itu akan muncul di laman yang Anda buka opsi Daftar Sekarang atau Login disini jika Anda sudah mempunyai akun pendaftaran. Jika Anda belum memiliki akun pendaftaran, pilih opsi Daftar Sekarang. Setelah itu Anda harus mengisikan nama Anda, alamat email, nomor HP dan password untuk akun Anda. 

Segera setelah Anda mengisikan data tersebut di atas, Anda akan melihat tampilan layar situs yang berisi laman tentang info pendaftaran, bagaimana prosedur pendaftaran, data siswa, data sekolah, info Pendaftaran PPDB Palembang 2021 dan jadwal lengkapnya, data zonasi, daya tampung, pendaftar jenjang SD, pendaftar jenjang SMP serta profil yang dimiliki oleh sekolah yang membuka pendaftaran peserta didik baru. 

Anda bisa melakukan klik pada salah satu menu jika ingin mengetahui informasi tersebut lebih lanjut. Selanjutnya untuk bisa mendaftar secara online bisa dilakukan dengan cara melakukan klik pada menu Daftar Online yang tersedia di laman tersebut. 

Jika sudah mendaftar maka Anda hanya perlu melakukan log in dengan menggunakan username dan password yang sebelumnya telah Anda buat. Yang perlu Anda lakukan adalah dengan mengisikan alamat email dan password yang dimiliki. Lalu pilih opsi menu dimana menunjukkan status Anda login akun pendaftaran sebagai apa. Apakah sebagai pihak dari admin sekolah, sebagai orang tua atau siswa hingga sebagai perwakilan dari dinas pendidikan. 

Kemudian klik login dan pilih opsi Daftar Online. Pilih jenjang pendidikan yang diinginkan dan jalur pendaftaran yang akan Anda lalui. Kemudian bisa mengisi data yang diperlukan sebagai berikut. Isikan data secara lengkap berupa data pribadi calon siswa, data pribadi kedua orang tua siswa, jalur pendaftaran yang dipilih serta daerah asal, alamat pendaftar dan sekolah yang diminati. 

Setelah itu cek seluruh isi data dan pastikan Anda sudah menginput data Anda dengan benar. Lalu klik Simpan Data. Selanjutnya Anda bisa mengupload file pendukung. Ada batasan maksimal file yang bisa diupload yaitu maksimal 5 MB maka sebaiknya kompress terlebih dahulu file yang akan diupload sehingga memiliki ukuran yang tak terlalu besar. 

Adapun jenis file yang harus diupload diantaranya adalah Akta kelahiran dan KK, pas foto calon peserta didik dengan ukuran 3×4 berwarna, surat keterangan tempat tinggal, KTP kedua orang tua dan kartu pelajar siswa yang mendaftar. 

Upload juga piagam penghargaan, khusus untuk pendaftar yang ikut jalur prestasi. Sedangkan untuk jalur afirmasi bisa dibuktikan dengan memiliki Kartu Indonesia Pintar atau KIP. Dan untuk jalur ikut pindah kerja orang tua bisa dibuktikan dengan adanya surat kepindahan kerja yang dimiliki oleh orang tua. 

Anda juga harus melakukan cetak surat pernyataan tentang data yang diisikan adalah benar disertai dengan materai senilai 6 ribu rupiah kemudian menguploadnya ke berkas pendukung. Untuk jalur prestasi, peserta didik juga harus melakukan entry nilai kemudian isikan datanya. Setelah semua data terupload dan terkirim ke pihak panitia, selanjutnya data akan diverifikasi oleh pihak PPDB. 

Simak Hal Penting Dalam Proses Pendaftaran Online

Jika Anda akan melakukan pendaftaran peserta didik baru dengan prosedur Pendaftaran PPDB Palembang 2021 online maka sebaiknya perhatikan beberapa hal penting berikut ini. 

Hal penting yang pertama adalah bahwa satu akun pendaftaran bisa digunakan untuk semua atau banyak siswa. Jadi Anda tak perlu membuat banyak akun pendaftaran untuk mendaftarkan murid Anda misalnya. 

Hal penting yang kedua adalah bahwa setelah melakukan pendaftaran via jalur zonasi, berikutnya Anda bisa memilih untuk mengikuti jalur afirmasi atau prestasi sesuai dengan kemampuan Anda. Kemudian untuk bisa menggunakan semua jalur pendaftaran yang ada, dibutuhkan verifikasi data yang baik, benar dan valid yang dilakukan dengan bantuan pihak sekolah. 

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui seputar pendaftaran online khusus untuk jenjang SD dan SMP yang dilakukan di kabupaten Palembang. Setelah itu Anda tinggal menunggu jadwal dilakukannya sosialisasi PPDB, prosedur pendaftaran dan verifikasi pendaftaran serta pengumuman hasil seleksi PPDB. 

Untuk melihat hasil seleksi Anda bisa berkunjung ke situs kemudian cari menu hasil seleksi terbaru. Kemudian Anda akan diminta untuk memasukkan beberapa data seperti jenis jalur pendaftaran yang digunakan, kecamatan dan kabupaten asal, nama sekolah dan secara otomatis akan muncul nama peserta didik yang dimaksud. 

Setiap informasi baru akan diupload melalui situs, sehingga secara berkala buka dan kunjungi situs untuk mendapatkan info yang paling update terkait prosedur pendaftaran online yang Anda lakukan. Semoga Anda berhasil dan lolos seleksi di tempat yang Anda idamkan melalui prosedur Pendaftaran PPDB Palembang 2021.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta