Pendaftaran Ujian Mandiri Ujian Talenta Masuk (UTM) IPB TA 2021/2022

Pendaftaran Ujian Mandiri Ujian Talenta Masuk UTM IPB – Mendekati momen tahun ajaran baru, kini banyak siswa yang juga telah mempersiapkan diri untuk menghadapi beragam seleksi jalur penerimaan mahasiswa baru di sejumlah perguruan tinggi. Jika kemarin SNMPTN 2021 beserta pengumumannya diumumkan, dan SBMPTN 2021 telah diadakan, kini para siswa tengah menanti hasil dari SBMPTN 2021.

Karena bagaimanpun pula masih banyak kalangan yang mengganggap bahwa masuk perguruan tinggi negeri adalah suatu kebanggaan tersendiri. Seleksi tulis nasional ini diselenggarakan bagi mereka yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN), selain SNMPTN dan SBMPTN masih ada satu jalur penerimaan mahasiswa baru lagi yang bisa kalian ikuti yakni jalur ujian mandiri.

Jenjang perguruan tinggi memang dianggap sebagian besar orang sebagai modal untuk mencari lowongan kerja freelance Jakarta nantinya. Dari sejumlah perguruan tinggi negeri yang ada di Indonesia, Institut Pertanian Bogor atau IPB masuk dalam jejeran perguraun tinggi negeri favorit tujuan para siswa-siswi di tanah air. Untuk itu, pada kesempatan kali ini Mamikos ingin memberikan sedikit informasi seputar pendaftaran ujian mandiri ujian talenta masuk UTM IPB tahun ajaran 2021/2022. Bagi kalian yang ingin menjadi mahasiswa dari kampus yang satu ini, simak informasinya baik-baik ya!

Pendaftaran Ujian Mandiri Ujian Talenta Masuk UTM IPB

Institut Pertanian Bogor atau yang biasa disingkat IPB. Perguruan Tinggi Negeri (PTN) memang menjadi salah satu perguruan tinggi negeri yang berfokus pada studi pertanian, kelautan, serta biosains topika. Berada tepatnya di Jl. Raya Dramaga, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, Institut Pertanian Bogor (IPB) memiliki berbagai prestasi baik ditingkat nasional maupun internasional.

Tak hanya para mahasiswanya saja yang berprestasi, dosen-dosen di perguruan tinggi ini pun demikian. Bagi kalian yang tertarik untuk merantau dan mengenyam pendidikan di Institut Pertanian Bogor, nantinya kalian bisa menjadikan kost dekat IPB Bogor murah dan kost Bogor murah sebagai hunian kalian.

Sebelum resmi berdiri sendiri, dulunya Institut Pertanian Bogor (IPB) hanyalah sebuah fakutas pertanian yang ada di Universitas Indonesia. Namun, semenjak tahun 1963 kampus yang satu ini sudah berhasil berdiri sendiri dan menjadi sebuah perguruan tinggi mandiri. Meskipun pada namanya terdapat kata pertanian, nyatanya Institut Pertanian Bogor (IPB) yang diresmikan pada 1963 ini kini memiliki 9 fakultas, 1 sekolah pascasarjana, 1 sekolah bisnis, dan 1 fakultas untuk program Diploma.

Berikut Mamikos berikan informasi lebih rincinya lagi terkait fakultas dan program studi yang ada di Institut Pertanian Bogor (IPB). Semoga dapat membantu kamu menentukan akan mengambil jurusan apa nantinya ketika mendaftarkan diri sebagai mahasiswa baru di Institut Pertanian Bogor.

Seperti yang telah disebutkan dalam Peraturan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 126 Tahun 2016, bahwasanya penerimaan mahasiswa baru program sarjana (S1) pada perguruan tinggi negeri, (PTN) selain dilakukan melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN, dapat juga dilakukan melalui Jalur Mandiri yang diselenggarakan oleh masing-masing perguruan tinggi. Institut Pertanian Bogot juga memberikan kesempatan kembali kepada calon mahasiswa baru untuk mengikuti seleksi mandiri melalui Ujian Talenta Masuk IPB (UTM IPB) Tahun Ajaran 2021/2022.

Ujian Talenta Masuk IPB (UTM IPB) adalah salah satu cara penerimaan mahasiswa program sarjana IPB yang berbasis kepemimpinan, kewirausahaan, dan cinta pertanian. Selama mengikuti pendidikan di IPB, mahasiswa yang masuk dari jalur UTM IPB akan mendapat muatan softskill khusus untuk meningkatkan kualitas personalnya dalam hal kepemimpinan dan kewirausahaan serta rasa cinta pertanian.

Penyelenggaraan Ujian Talenta Masuk IPB (UTM IPB) ini sendiri bertujuan untuk menjaring calon mahasiswa yang memiliki minat dan talenta yang tinggi dalam kepemimpinan dan kewirausahaan serta pertanian untuk ditempa menjadi sarjana-sarjana yang tangguh dan menjadi calon-calon pemimpin bangsa yang berwawasan pembangunan pertanian yang kuat.

Ada dua metode seleksi yang digunakan, yaitu melalui ujian tulis yang dilaksanakan oleh IPB atau melalui SBMPTN. Seorang calon mahasiswa harus memilih salah satu dari dua metode seleksi tersebut. Bagi yang tidak mengikuti SBMPTN atau tidak ingin menggunakan nilai (skor) SBMPTN, maka calon mahasiswa tersebut harus mengikuti ujian tulis. Jika ingin menggunakan nilai (skor) SBMPTN yang sudah diikutinya, maka calon mahasiswa tidak perlu mengikuti ujian tulis.

• Persyaratan Pendaftaran Ujian Talenta Masuk IPB (UTM IPB) Tahun Ajaran 2021/2022

1. Lulusan SMA/MA/SMK IPA Tahun 2019, 2020, atau 2021
2. Sehat jasmani dan rohani
• Materi Ujian Talenta Masuk IPB (UTM IPB) Tahun Ajaran 2021/2022
1. Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA) terdiri atas mata uji Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, TPA Verbal, TPA Numerikal, dan TPA Figural.
2. Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi ( TKD Saintek) terdiri atas uji Matematika IPA, Biologi, Kimia, dan Fisika.

• Jadwal Pendaftaran Ujian Talenta Masuk IPB (UTM IPB) Tahun Ajaran 2021/2022

Pendaftaran : 12 April – 16 Juni 2021

Skor UTBK

  1. Pengumuman penerimaan yang menggunakan skor UTBK : 5 Juli 2021
  2. Registrasi online : 5 – 9 Juli 2021
  3. Pembayaran UKT : 15 – 23 Juli 2021
  4. Awal perkuliahan : 16 Agustus 2021

UTMBK (ujian)

  1. Tes UTMBK (Online) : 27 Juni 2021
  2. Pengumuman penerimaan jalur tes UTMBK : 5 Juli 2021
  3. Registrasi online : 5 – 9 Juli 2021
  4. Pembayaran UKT : 15 – 23 Juli 2021
  5. Awal perkuliahan : 16 Agustus 2021
  6. *dapat berubah dengan pemberitahuan terlebih dahulu

Nah, itu tadi adalah informasi terkait pendaftaran ujian mandiri ujian talenta masuk (UTM) IPB Tahun ajaran 2021/2022. Bagi kalian yang memang dari awal memiliki cita-cita untuk dapat melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi negeri yang satu ini, segera daftarkan diri kalian di tanggal yang sudah Mamikos cantumkan diatas ya! Perlu diingat pula untuk lebih teliti dalam membaca persyaratan pendaftaran agar tidak ada dokumen yang tertinggal nantinya.

Jika masih ada informasi yang masih kurang jelas, silahkan kunjugi situs Mamikos dan jangan lupa pula untuk download aplikasi Mamikos di Play Store.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta