Alur Pendaftaran SSCN Kedinasan PKN STAN 2020/2021

Alur Pendaftaran SSCN Kedinasan PKN Stan 2020/2021 – Seperti yang sudah diketahui bahwa Politeknik Keuangan Negara STAN adalah sekolah tinggi kedinasan yang sebelumnya lebih kita kenal dengan nama nama Sekolah Tinggi Akuntansi Negara atau STAN. Bukan sebuah rahasia juga jika Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN memang memiliki peminat dalam jumlah yang besar setiap tahunnya. Transformasi tersebut tentu saja menjadikan PKN STAN semakin berkembang dan mampu bersaing dengan universitas terkemuka lainnya baik dalam maupun luar negeri. Tidak terlalu mengherankan juga jika setiap tahunnya selalu ada yang mencari perihal atau informasi tentang alur pendaftaran Sistem Seleksi CPNS Nasional Kedinasan PKN STAN 2020/2021 ini.

Cara Pendaftaran SSCN Kedinasan PKN STAN

Informasi yang akan Mamikos sampaikan di dalam artikel ini meliputi alur pendaftaran SSCN Kedinasan PKN STAN 2020/2021, lalu ada jadwal pendaftaran pkn stan 2020, jadwal pendaftaran pkn stan 2019, kemudian tak ketinggalan juga tanggal pendaftaran stan 2019, hingga syarat masuk STAN 2020. Jadi bukan hanya alur pendaftaran stan 2020/2021 saja yang bisa kamu dapatkan di sini.

Mamikos juga tidak ingin melewatkan untuk membagikan informasi penting seputar alur pendaftaran SSCN Kedinasan Politeknik Keuangan Negara STAN 2020/2021. Seluruh informasi yang terlampir di dalma artikel ini tentu akan sangat berguna untuk kamu yang memang mengidamkan untuk bisa mendaftar dan mengikuti sistem seleksi masuk PKN STAN tersebut. Sudah tidak sabar bukan untuk mengetahui apa saja alur pendaftaran SSCN Kedinasan PKN STAN 2020/2021 tersebut? Langsung simak penjelasan informasi selengkapnya mengenai alur pendaftaran SSCN Kedinasan PKN STAN 2020/2021 di bawah ini:

Hasil gambar untuk PKN STAN"

1. Pendaftaran SCCN Kedinasan PKN STAN

PENDAFTARAN dapat dilakukan via REGISTRASI ONLINE loh, yang terpusat pada satu portal saja yakni sscasn.bkn.go.id. Kemudian untuk pendaftaran SPMB PKN STAN, alur pendaftarannya tertera sebagai berikut:

• Registrasi langsung di portal BKN di alamat sscasn.bkn.go.id
• Isi formulir kamu di laman spmb.pknstan.ac.id
• Kemudian kunci data dan catat kode MVA (mandiri virtual account, nomer rekening tujuan pembayaran)
• Setelah selesai, langsung lakukan pembayaran via Bank Mandiri
• Usai pembayaran selesai, segera cetak kartu ujian dengan mengakses portal sscasn.bkn.go.id

Nantinya kamu hanya boleh mendaftar pada satu sekolah kedinasan pada Kementerian/Lembaga. Jadi sangat tidak diperkenankan mendaftar lebih dari satu, ya. Jika kamu ingin mendaftar dan mengetahui alur pendaftaran SSCN PKN STAN 2020/2021 maka sebaiknya baca sampai habis. Jika nanti kamu ketahuan melamar atau mendaftar lebih dari satu sekolah kedinasan pada Kementerian/Lembaga, maka besar kemungkinan kamu akan didiskualifikasi alias langsung dinyatakan gugur. Jadi misalkan kamu sudah mendaftar di PKN STAN, tapi kamu juga mendaftar di STIS, maka otomatis kamu dinyatakan gugur. Jadi pastikan, kamu memang hanya mendaftar di salah satu dari 8 sekolah kedinasan yang tertera tersebut, atau hanya mendaftar di Politeknik Keuangan Negara (PKN) saja, ya.

2. Jurusan Politeknik Keuangan Negara

Politeknik Keuangan Negara (PKN) mempunya 4 jurusan yang bisa kamu pertimbangkan salah satunya. Jurusan-jurusan tersebut diantaranya adalah:

1. Jurusan Akuntansi
2. Jurusan Pajak
3. Jurusan Kepabeanan dan Cukai
4. Jurusan Manajemen Keuangan

Masing-masing jurusan dipimpin oleh Ketua Jurusan. Nama-nama ketua jurusan tersebut juga berhasil Mamikos dapatkan. Ketua Jurusan Akuntansi dipiimpin oleh Yuniarto Hadiwibowo. Lalu Fadlil Usman bertugas sebagai Ketua Jurusan Pajak. Kemudian Agung Budi Laksono sebagai Ketua Jurusan Kepabenan dan Cukai dan yang terakhir Agus Sunarya Sulaeman sebagai Ketua Jurusan Manajemen Keuangan. Jadi jika kamu ingin mengikuti alur pendaftaran SSCN Kedinasan PKN STAN 2020/2021, maka informasi tersebut pasti akan sangat berguna bagimu.

Di tahun 2019, ada 8 kementerian/lembaga yang membuka penerimaan mahasiswa/mahasiswi baru yang diantaranya:

1. Kementerian Keuangan (PKN STAN) 3.000 formasi,
2. Kementerian Dalam Negeri (IPDN) sebanyak 1.700 formasi,
3. Badan Siber dan Sandi Negara (STSN) 100 formasi,
4. Kementerian Hukum dan HAM (Poltekip dan Poltekim) 600 formasi,
5. Badan Intelijen Negara (STIN) 250 formasi,
6. Badan Pusat Statistik (Politeknik Statistika STIS) 600 formasi,
7. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG) 250 formasi, dan
8. Kementerian Perhubungan dengan 11 Sekolah Tinggi, Poltek, dan Akademi yang membuka 2.676 formasi.

3. Persyaratan Pendaftaran Peserta SPMB PKN STAN

1. Pastikan kamu lulusan tahun 2019 dan atau sebelumnya, atau calon lulusan di tahun 2020, di semua sekolah menengah atas atau yang sederajat. Jadi jika kamu peserta Paket C kamu juga bisa mendaftar PKN STAN 2020/2021.
2. Persyaratan nilai (bukan hasil pembulatan) bagi kamu calon pendaftar adalah:

  •  Untuk lulusan tahun 2019 dan sebelumnya, kamu harus rata-rata nilai ujian yang tertulis pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00; atau
  • Bagi kamu calon lulusan tahun 2020, kamu harus punya nilai rata-rata rapor untuk komponen pengetahuan pada 5 semester (semester gasal dan genap untuk kelas X dan XI serta semester gasal kelas Xli) tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00 atau 2,80 dengan skala 4,00, dengan ketentuan pada saat pendaftaran ulang, kamu sudah dinyatakan lulus dan memiliki rata-rata nilai ujian yang tertulis pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00.

3. Usia kamu maksimal pada tanggal 1 September 2020 adalah 20 tahun, dalam pengertian calon peserta yang lahir sebelum tanggal 1 September 2000 belum bisa diperkenankan untuk ikut mendaftar. Usia minimal pada tanggal september 2020 adalah 17 tahun bagi peserta yang memilih Spesialisasi Diploma I, dan 15 tahun bagi peserta yang memilih Spesialisasi Diploma III.
4. Kamu harus memiliki kondisi tubuh yang sehat dan bebas dari napza (narkoba, psikotropika dan zat adiktif lainnya). Yang dimaksud dengan kondisi tubuh atau badan yang sehat yaitu;

  • mampu melihat, mendengar, dan berbicara dengan baik;
  • mampu melakukan tugas seperti menganalisa, mengetik, menyampaikan buah pikiran, dan berdiskusi; dan
  • mampu bergerak tanpa menggunakan alat bantu berjalan atau dengan menggunakan alat bantu berjalan seiain kursi roda.
  • tidak memiliki masalah kejiwaan yang dinyatakan dengan memenuhi persyaratan lulus pada Psikotes Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru PKN STAN Tahun 2019

5. Belum/ tidak menikah serta bersedia untuk tidak menikah selama mengikuti pendidikan.
6. Jika kamu memilih Spesialisasi Kepabeanan dan Cukai kamu harus mengetahui ada tambahan syarat yaitu:

a. Jenis kelamin dan tinggi badan:

1) Spesialisasi Diploma I:
– Laki-laki minimal memiliki tinggi badan yaitu 165 cm;
– Perempuan minimal memiliki tinggi badan 155 cm;
2) Spesialisasi Diploma III:
– Berjenis kelamin laki-laki dengan tinggi badan nya minimal 165cm;

b. Tidak cacat badan;
c. Tidak buta warna;dan
d. Untuk pengguna kacamata / lensa kontak minus (rabun jauh) dan / atau plus (rabun dekat) dan/atau silindrls dapat diberikan toleransi maksimal sampai ukuran 2 dioptri.

7. Untuk kamu yang memilih Program Afirmasi juga mendapat syarat tambahan sebagai berikut :

  • telah menyelesaikan SD atau yang sederajat, SMP/SLTP atau yang sederajat di wilayah Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara TImur atau memiliki garis keturunan orang tua (ayah atau ibu kandung) asli wilayah Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur.
  • memiliki garis keturunan orang tua (ayah atau ibu kandung) asli provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur.

8. Kemudian kamu harus menyetor biaya pendaftarannya sebesar Rp 300.000,00 (tiga ratus ribu rupiah). Biaya tersebut sudah termasuk biaya pelaksanaan Seleksi Kemampuan Dasar berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 63 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Badan Kepegawaian Negara.

9. Kamu yang sudah pernah lulus pada pengumuman kelulusan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru PKN STAN atau Sekolah Tinggi Akuntansi Negara pada tahun-tahun sebelumnya, maka tidak bisa lagi mengikuti persyaratan ini.

Semua persyaratan di atas, wajib kamu patuhi, ya. Banyak pertanyaan terkait poin nomer 2, yaitu berkenaan dengan nilai ijazah. Apakah diharuskan untuk semua mata pelajaran atau tidak? Jawabannya, YA, untuk semua mata pelajaran. Jadi saat kamu sudah mengetahui dari alur pendaftaran SSCN PKN STAN 2020/2021, maka kamu harus mempersiapkan diri sebaik-baiknya.

Apabila kamu butuh ringkasan atau intisari atas segala yang sudah tercantum di atas tadi, atau apa saja dokumen yang harus disiapkan agar bisa mendaftar di portal sscn.bkn.go.id, maka Mamikos akan sertakan rangkumannya di bawah:

  1. Kartu Identitas diri yaitu bisa KTP / kartu keluarga / surat keterangan pengganti KTP
  2. Pas Foto, yaitu Pas foto berlatar belakang merah, mengenakan kemeja putih polos, dan bagi perempuan yang berjilbab untuk menggunakan jilbab putih polos. Jangan berwarna lain.
  3. Ijazah / Rapor, yaitu Bagi lulusan tahun 2019 atau sebelumnya wajib menggunakan ijazah. Untuk kamu calon lulusan tahun 2020, sementara dapat menggunakan nilai rapor pada semester 1 s.d. 5.
  4. Dokumen Tambahan, yakni jika kamu pendaftar Program Afirmasi, dokumen tambahan berupa KTP orang tua, ijazah SD dan SMP, akta kelahiran, dan kartu keluarga atau surat keterangan hubungan keluarga.

4. Pengisian Formulis Portal PKN STAN

Setelah dokumen yang kamu siapkan sudah lengkap, maka kamu bisa mulai melakukan pengisian data formulirnya. Nah berikut ini adalah tata cara Pengisian Formulir Portal PKN STAN yang sudah Mamikos rangkum secara lengkap untuk kamu, ya.

  1. Segera registrasi di portal BKN, yaitu dengan Mendaftarkan akun, mengisi formulir pendaftaran, dan mengunggah dokumen yang dimaksud.
  2. Langsung mengisi formulir, yakni mengisi data kesehatan, pilihan spesialisasi, menyimpan data, mengunci data, dan mendapatkan kode MVA.
  3. Segera lakukan pembayaran, yaitu melakukan pembayaran dan mengecek status pembayaran.
  4. Kamu sudah bisa mencetak kartu ujian kamu. Mencetaknya tentu saja kamu harus mengakses portal BKN, ya. Karena kamu hanya bisa mengunduh dokumen kartu ujian kamu dari sana.

Pemilihan Spesialisasi Atau Jurusan Pada Portal PKN STAN 

  1. Kamu akan diberikan 3 pilihan spesialisasi nantinya. Tentu saja itu wajib untuk kamu isi sesuai dengan prioritas kamu.
  2. Kemudian isi data kesediaan kamu untuk ditempatkan di luar pilihan spesialisasi.
  3. Jangan lupa untuk isi juga data kesediaan kamu untuk ditempatkan di Spesialisasi Kepabeanan dan Cukai.
    Pendaftaran ini hanya bisa kamu lakukan saat sudah keluar pengumuman resmi dari pemerintah langsung. Biasanya, pengumuman resmi akan keluar sekitar bulan Maret 2020. Apa yang dituliskan disini, bersumber dari pengumuman resmi pada tahun 2019. Jadi dipastikan tidak akan terlalu jauh perubahannya.

5. Timeline Pendaftaran SPMB PKN STAN

No Tanggal Kegiatan
1 9- 30 April  Pendaftaran online
2 9- 30 April  Pembayaran biaya pendaftaran
3 27 Mei  Pengumuman jadwal dan lokasi Ujian Tertulis
4 3-13 Juli  Ujian Tertulis
5 26 Juli  Pengumuman jadwal dan lokasi Ujian Kesehatan dan  Kebugaran
6 3- 8 Agustus  Psikotes
7 4- 9 Agustus  Ujian Kesehatan dan Kebugaran
8 23 Agustus  Pengumuman kelulusan SPMB PKN STAN
9 28 – 30 Agustus  Pendaftaran Ulang
10 9 September  Mulai pendidikan di PKN STAN

 

6. Jadwal Ujian Tertulis

Selanjutnya informasi yang wajib kamu ketahui adalah tentang jadwal ujian tertulis yang juga akan kamu ikuti nanti. Ujian tertulisnya nanti akan menggunakan computer assisted test (CAT) dan akan diselenggarakan sekitar tanggal 3-13 Juli 2020 di 30 lokasi. Catat baik-baik, siapa tahu ada kotamu.

1. Jakarta,
2. Banda Aceh,
3. Medan,
4. Padang,
5. Pekanbaru,
6. Batam,
7. Jambi,
8. Bengkulu,
9. Palembang,
10. Bandar Lampung,
11. Cimahi,
12. Semarang,
13. Yogyakarta,
14. Surabaya
15. Malang
16. Denpasar
17. Mataram
18. Kupang
19. Pontianak
20. Banjarmasin
21. Balikpapan
22. Manado
23. Palu
24. Makassar
25. Ambon
26. Sorong
27. Jayapura
28. Tual
29. Ternate
30. Merauke

Setelah mengecek apakah kotamu termasuk dimana diadakan ujian tertulisnya, kamu pun perlu mengetahui ujian tertulis itu meliputi apa saja sih? Nah daftar lengkapnya ada di bawah ini:
1. Seleksi Kompetensi Dasar(SKD) meliputi:

• Tes Karakteristik Pribadi;
• Tes Intelegensi Umum; dan
• Tes Wawasan Kebangsaan.

2. Tes Potensi Akademik(TPA),dan
3. Tes Bahasa Inggris (TBI).

7. Motivasi Atau Alasan Masuk PKN STAN

1. Kuliah Dengan Biaya Gratis

Siapa juga yang tidak mau kuliah cuma-cuma alias gratis? Dan bukan hanya untuk awal saja. Tapi dari awal masuk hingga kamu selesai kuliah di PKN STAN, kamu akan dibebaskan dari biaya kuliah. Tentu saja hal tersebut menjadi salah satu motivasi paling kuat dan sering dipikirkan para calon mahasiswa saat hendak mendaftarkan diri di PKN STAN. Maka dari itu, tidak mengherankan juga jika banyak yang mengidamkan berkuliah di PKN STAN.

2. Jaminan Kerja

Saat ini, banyak orang yang menyadari bahwa memperoleh pendapatan yang berbanding lurus dengan pekerjaan semakin sulit didapat. Akan tetapi jika kamu bisa masuk dan berkuliah di PKN STAN, kamu sudah punya peluang cukup besar untuk bisa bekerja di Kementerian Keuangan. Sebut saja di Ditjen Pajak, Ditjen Bea Cukai, Badan Kebijakan Fiskal, Ditjen Anggaran, BPPK, atau unit lainnya termasuk Badan Pemeriksa Keuangan. Tentu saja hal tersebut membuat kamu paling tidak damai secara finansial. Bayangkan saja seandainya kamu bekerja di Ditjen Pajak sebagai lulusan baru saja, bayaran kamu berkisar 7 hingga 10 juta per bulannya. Sampai dengan saat ini, setahu Mamikos juga, sebagian besar lulusan atau alumni STAN banyak dan sudah ditempatkan di instansi-instansi yang disebutkan tadi.

3. Materi Kuliah yang Spesifik

Alasan atau motivasi masuk PKN STAN selanjutnya ialah sebab ilmu yang dipelajari di kampus PKN STAN akan sangat penting bagi kelangsungan negara kita sendiri. Ilmu akuntansi pemerintahan yang didapat nanti tentu bisa kamu terapkan di pemerintahan kita, baik di kementerian maupun lembaga tinggi lainnya. Bahkan pemerintah daerah pun menggunakan akuntansi pemerintahan. Sederet ilmu dan pengetahuan tersebut tentu akan kamu pelajari lebih mendalam dan secara spesifik hanya di kampus PKN STAN.

4. Diakui di Dunia Kerja

Tidak bisa dipungkiri jika hal lain yang bisa memotivasi untuk kamu masyk STAN yakni lulusannya akan sangat diakui di dunia kerja. Selama ini lulusan PKN STAN ditempatkan di berbagai instansi Kementerian Keuangan. Lulusan STAN yang bekerja di instansi-instansi tersebut juga dikenal memiliki integritas, profesionalisme, kredibilitas, kemampuan kerja yang mumpuni, dan bisa mencapai prestasi. Tidak hanya itu, bagi alumni PKN STAN yang mengundurkan diri dari Kementerian Keuangan juga dipastikan tidak akan bingung mencari pekerjaan lain. Sebab akan sangat banyak perusahaan besar yang mencari lulusan dan menerima lulusan PKN STAN tersebut. Masih terbukti sampai sekarang. Bahkan beberapa lulusan PKN STAN telah mencapai level posisi direktur atau pimpinan di perusahaan swasta, bahkan sampai Menteri. Sebut saja Helmy Yahya dan Ito Warsito.

5. Tawaran Beasiswa

Setelah kamu kuliah di PKN STAN, kemudian berkeinginan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi, berita ini tentu akan sangat membahagiakan. Sebab ada banyak tawaran beasiswa untuk lanjut S2 atau S3, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Setelah lulus dari program diploma III, memang disarankan untuk kamu agar tidak berhenti dan terus melanjutkan kuliah. Jangan karena merasa sudah cukup dengan penghasilan yang tinggi, lalu kamu merasa berpasrah diri. Sebaliknya kamu harus tambah bersemangat untuk bisa melanjutkan kuliah dengan gratis di program Diploma IV, S2 baik di dalam maupun luar negeri secara gratis, sampai dengan S3. Kuncinya hanya satu. Jadilah murid berprestasi dan giat belajar.

Setelah kamu membaca alur pendaftaran Kedinasan PKN STAN 2020/2021 dan mulai merasa yakin serta percaya diri untuk mendaftar, maka segera siapkan dokumen-dokumen yang diperlukan seperti yang telah Mamikos cantumkan di atas. Jika kamu sudah mendaftar hingga diterima di PKN STAN, jangan lupa untuk mengakses Mamikos dan aplikasi cari kost terpercaya Mamikos saat mencari hunian. Baik kost STAN Tangerang Selatan murah atau apartemen Tangerang Selatan murah, bisa kamu temukan dengan mudah hanya dengan mengunjungi laman resmi mamikos.com atau membuka aplikasi pencari kost terbaiknya di ponsel pintarmu sekarang. Best of luck untuk ujian masuk PKN STAN-nya!

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: