Apa yang dimaksud Fakultas MIPA?

Posted on Posted in Uncategorized

Apa yang dimaksud Fakultas MIPA? – Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam atau biasa dikenal dengan istilah fakultas MIPA adalah salah satu fakultas di perguruan tinggi yang mempelajari mengenai ilmu pasti dan ilmu alam. Menjadi mahasiswa di fakultas ini sangat menyenangkan, apalagi mereka yang menyukai ilmu alam menjadi wadah untuk mengembangkan passion yang dimiliki.

Di fakultas MIPA tersedia banyak jurusan yang sesuai dengan minat dan kemauan belajar kamu. Setiap perguruan tinggi memiliki bidang studi yang berbeda-beda. Namun pada umumnya beberapa jurusan ini yang masuk dalam fakultas MIPA, yaitu:

Apa yang dimaksud Fakultas MIPA?

1. Matematika

Fakultas MIPA

Mahasiswa fakultas MIPA yang mengambil jurusan Matematika mempalajari ilmu matematika murni seperti analisis matematika, aljabar, geometri dan sebagainya. Bahkan mereka memiliki peluang untuk mempelajari komputasi, riset operasi, logika hingga statistika. Di dalam Matematika tidak hanya mempelajari matematika, melainkan banyak hal seperti pola, diagram dan lain-lain.

Meskipun peminat jurusan matematika masih sedikit namun prosepek karir kedepannya sangat luas. Anda bisa menjadi seorang tenaga pengajar, korporat analisis, ahli statistika, ahli keuangan hingga astronom.

2. Fisika

Fakultas MIPA

Semua orang pasti sudah familiar dengan jurusan yang ada di fakultas MIPA ini. Bidan studi fisika mengajarkan mahasiswa untuk mempelajari gejala alam atau materi dalam ruang atau waktu. Mereka juga akan mendapatkan pelajaran mengenai perilaku serta sifat materi dalam bidang. Ilmu fisika sangat dibutuhkan dalam mendukung perkembangan teknologi, komunikasi inudstri, kimia hingga kedokteran.

Ada banyak mata kuliah jurusan fisika yang akan kamu tempuh mulai dari kimia dasar, mekanika, fisika modern dan sebagainya. Mahasiswa lulusan bidang Fisika bisa mempersiapkan dirinya untuk menjadi seorang insinyur, ilmuwan, atau tenaga pengajar.

3. Kimia

Fakultas MIPA

Apa itu Kimia? Jurusan kuliah ini akan mempelajari komposisi, strukutr hingga sifat materi dalam atom dan senyawa lain yang saling berinteraksi. Mereka yang menekuni bidang ini memang cukup sedikit dan hanya yang berminat saja yang melakukannya. Pilihan profesi untuk kedepannya cukup beragam mulai dari industri kosmetik, kesehatan, makanan dan sebagainya.

4. Biologi

Fakultas MIPA

Kamu suka mempelajari ilmu tentang makhluk hidup? Jurusan Biologi menjadi pilihan yang cocok untuk kamu. Adapun beberapa bidang yang dipelajari di antaranya genetika, fisiologi, ekologi, anatomi organisme, dan lainnya yang terkait. Beberapa mata kuliah yang akan ditempuh seperti struktur hewan, tumbuhan, manusia, genetika, dll.

Untuk prospek karir ke depan, tidak perlu khawatir karena jurusan ini sangat beraneka ragam. Ilmu Biologi akan semakin berkembang, ada beberapa profesi yang bisa ditekuni seperti tenaga pendidik, peneliti, analis, hingga ahli hewan.

5. Statistika

Fakultas MIPA

Mahasiswa lulusan statistika sangat luas. Karenanya tidak perlu kahwatir untuk karir yang akan dijalani. Bahkan hampir kebanyakan perusahaan atau kantor pemerintahan memerlukan lulusan bidang statistika. Seperti perbankan, manufaktur, BPS, BAPPENAS dan sebagainya.

Apa saja yang akan dipelajari? Disana kamu akan mendapatkan pelajaran mengenai proses pengolahan data hingga mempresentasikannya menjadi sebuah informasi. Tanpa analisis yang kuat, sebuah keputusan tidak dapat dinyatakan kebenarannya. Ada beberapa mata kuliah yang diajarkan mulai dari metode statistika, numerik, aljabar dll hingga analisis data katagorik.

Baca juga :  Jurusan Kuliah Paling Cepat Lulus Dari Kampus Dan Banyak Diidamkan

6. Astronomi

Fakultas MIPA

Meskipun di Indonesia jurusan ini terbilang langka, namun mahasiswa lulusan Astronomi memiliki karir kerja yang cukup luas. Mereka bisa menjadi astronomer yang bekerja di Observatorium atau lembaga antariksa lain. Apa saja yang akan dipelajari?

Ilmu Astronomi akan memberikan pengetahuan mengenai benda-benda langit. Adapun bidang studi ini dibagi menjadi tiga ahli yaitu Galaksi, Fisika Bintang dan Tatasurya. Beberapa mata kuliah yang akan ditempuah biasanya matematika, kimia dasar, mekanika, astonomi komputasi hingga fisika galaksi.

7. Bioteknologi

Fakultas MIPA

Jurusan yang ada di Fakultas MIPA lainnya adalah Bioteknologi. Sebenarnya ini merupakan cabang Ilmu Biologi yang tidak lain mempelajari tentang pemanfaatan makhluk hidup. Ada banyak hal yang dipelajari dalam bidang ini seperti teknik fermentasi, analisa DNA, separasi dan pemurnian produk biologis, rekayasa genetika dan sebagainya.

Bagaimana dengan prospek karir ke depan? Jangan khawatir karena ada masa depan yang cerah dari jurusan Bioteknologi misalnya sebagai analis dan peneliti BPOM, industri makanan, agrikultur hingga dunia kosmetik.

8. Geofisika

Fakultas MIPA

Kuliah di Fakultas MIPA memang sangat menyenangkan. Kamu bisa mempelajari semua hal yang ada didunia khususnya ilmu alam dan ilmu pasti. Geofisika misalnya, disini kamu akan mempelajari seluk belum bumi serta lingkungannya. Jurusan ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki minat terhadap ilmu bumi dan ingin mengkasji sesuatu didalamnya.

Jangan khawatir untuk karir masa depan, lulusan mahasiswa Geofisika bisa bekerja di perusahaan atau badan pemerintah. Beberapa di antaranya sebagai peneliti di LIPI, BMKG, industri minyak dan gas serta yang lainnya.

9. Meteorologi

Fakultas MIPA

Selain program studi Geofisika, untuk kamu yang ingin berkecimpung mempelajari bumi beserta gejalanya bisa masuk ke jurusan Meteorologi. Mahasiswa bidang studi ini akan mengetahui penyebab perubahan iklim terhadap kelangsungan hidup manusia. Dengan mempalajari semua ilmu di program studi ini kamu pun akan paham akan fenomena alam dan menganalisanya untuk lingkungan sekiatar.

Prospek karir ke depan kurang lebih sama seperti lulusan Geofisika. Kamu bisa bekerja di BMKG, BPPT, dan lembaga lain yang terkait. Untuk menjadi peneliti sekalipun sangat mendukung yang penting semua ilmu dalam Meteorologi kamu pahami lebih dalam.

10. Geografi

Fakultas MIPA

Bidang studi Geografi rasanya sudah dikenalkan sejak Sekolah Dasar. Memahami ilmu dasar, tentu kamu sudah mengetahui arah ilmu ini kemana. Geografi memepalajari mengetai tara ruang penggunaan hingga permukaan bumi. Mahasiswa lulusan Geografi mampu memecahkan masalah, memberikan solusi atas penelitan hingga memanfaatkan teknologi yang sedang berkembang.

Bagaimana dengan mata kuliah yang akan ditempuh? Biasanya kamu akan mendapat bidang ajar mulai dari fisika dasar, geologi, demografi, hidrologi, geografi pemasaran dan lain-lain hingga matematika dasar. Mahasiswa lulusan Geografi bisa menjadi seorang konsultasan lingkungan hingga tenaga pendidik.

11. Biokimia

Fakultas MIPA

Masih berkaitan dengan Bidang studi Kima, Biokimia ini mempelajari entang molekul dalam reaksi serta proses kimia. Biasanya Biokimia dipelajari juga di dunia kedokteran dan program studi kimia. Ketertarikan kamu terhadap reaksi biologis dan kimiawi menjadi modal awal agar proses perkuliahan dijalani dengan lancar.

Pada umumnya, lulusan mahasiswa Biokomia berkarir di bidang research and development di perusahaan farmasi, lembaga pemerintah, lembaga swasta dan sebagainya. Adapun beberapa mata kuliah yang biasanya tersedia di Biokimia terdiri dari matematika dasar, kalkulus, kolokium, kimia fisik, kimia analiti, metabolisme dan sebagainya.

12. Ilmu Pangan

Fakultas MIPA

Ada yang suka dengan dunia kuliner? Coba deh kembangkan ilmu yang ada di kampus dengan memilih jurusan Ilmu Pangan. Cari perguruan tinggi yang menyediakan jurusan ini. Selain mengetahui beragam pangan nusantara maupun luar negeri, kamu pun bisa mengetaui nilai gizi dari setiap pangan.

Itulah beberapa jurusan yang ada di fakultas MIPA (Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam)

Baca juga :  Jurusan Kuliah IPA yang Menjamin Masa Depan

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: