Baca Info Penting Mengenai SNMPTN, UTBK & SBMPTN

Baca Info penting mengenai SNMPTN, UTBK & SBMPTN – ujian masuk PTN menjadi hal yang ditakuti para lulusan siswa sekolah menengah. Selain karena persaingannya cukup ketat, materi ujiannya pun berbeda dari ujian sekolah. Ujian masuk PTN bahkan dianggap menentukan karier seseorang kedepannya.

Tidak jarang perjuangan masuk PTN dilakukan dengan keras. Banyak siswa yang mengambil pelajaran tambahan di bimbel atau mengikuti kursus privat. Sambil berusaha mendapatkan nilai terbaik, kamu pun perlu mengetahui informasi penting tentang ujian masuk PTN. Berikut ini adalah informasi yang akan membantumu masuk PTN melalui jalur SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN.

Baca Info Penting Mengenai SNMPTN, UTBK & SBMPTN

Perbedaan SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN

Bagi kamu yang belum mengenal dan belum bisa membedakan jalur masuk perguruan tinggi, Mamikos akan menjabarkannya. SNMPTN adalah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Tidak semua siswa bisa mengikuti seleksi ini karena pelaksanaannya diatur oleh sekolah masing-masing. UTBK adalah Ujian Tulis Berbasis Komputer. SBMPTN adalah Seleksi Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri.

Persyaratan yang ditetapkan untuk mengikuti masing-masing jalur masuk PTN tersebut pun bervariasi. Jika ingin mengikuti SNMPTN, pastikan bahwa nilai rapor pada semester 1-5 di sekolah cukup bagus. SNMPTN merupakan seleksi yang prosesnya perlu direkomendasikan oleh pihak sekolah. Lain halnya dengan SBMPTN yang prosesnya mandiri dan tidak melibatkan pihak sekolah.

Pendaftaran SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN

Tanggal pendaftaran SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN tidak sama. Saat ini, jadwal pelaksanaan SNMPTN tahun 2022 belum diumumkan. Namun, kamu bisa melihat jadwal di tahun 2021 sebagai acuan.

Pendaftaran SNMPTN

Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS)

  1. PDSS merupakan basis data yang berisikan rekam jejak kinerja sekolah dan nilai rapor siswa yang eligible mendaftar.
  2. PDSS mengakomodasi Kurikulum Nasional 2006 KTSP dan Kurikulum 2013 (Sistem Paket dan SKS). Sekolah yang tidak menggunakan kurikulum nasional tidak diperbolehkan mendaftar PDSS.
  3. Untuk tahun ajaran dan tingkat yang sama, PDSS mengakomodasi perbedaan kurikulum antara semester ganjil dan genap.
  4. Pengisian PDSS dilakukan oleh sekolah dan kebenaran data yang diisikan menjadi tanggung jawab Kepala Sekolah.

Persyaratan Sekolah

  1. SMA/MA/SMK yang mempunyai NPSN.
  2. Ketentuan Akreditasi:
    1. Akreditasi A: 40 % terbaik di sekolahnya
    2. Akreditasi B: 25 % terbaik di sekolahnya
    3. Akreditasi C dan lainnya: 5% terbaik di sekolahnya
  3. Mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Data siswa yang diisikan hanya yang eligibel sesuai dengan ketentuan.

Persyaratan Peserta

Siswa SMA/MA/SMK kelas terakhir (kelas 12) pada tahun 2022 yang memiliki prestasi unggul:

  1. Memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTN
  2. Memiliki NISN dan terdaftar di PDSS
  3. Memiliki nilai rapor semester 1 s.d. 5 yang telah diisikan di PDSS
  4. Peserta yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah Portofolio.

Pilihan Program Studi

  1. Setiap siswa dapat memilih dua program studi dari satu PTN atau dua PTN
  2. Jika memilih dua program studi, salah satu harus berada di PTN pada provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asalnya. Jika memilih satu program studi, dapat memilih PTN yang berada di provinsi mana pun
  3. Disarankan tidak lintas minat (tergantung ketentuan PTN yang dituju)

Tahapan Pendaftaran

*) Pengumuman Kuota – 28 Desember 2021
Layanan masa sanggah tentang Kuota paling lambat Jum’at  17 Januari 2022, pukul 15.00 WIB

Ketentuan Pemeringkatan Siswa oleh Sekolah

  1. Pemeringkatan siswa dilakukan oleh sekolah yang pada dasarnya memperhitungkan nilai mata pelajaran sebagai berikut.
    • Jurusan IPA: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi.
    • Jurusan IPS: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi.
    • Jurusan Bahasa: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu Bahasa Asing.
    • SMK : Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Keahlian.
  2. Sekolah dapat menambahkan kriteria lain berupa prestasi akademik dalam menentukan peringkat siswa bila ada nilai yang sama. 
  3. Jumlah siswa yang masuk dalam pemeringkatan sesuai dengan ketentuan kuota akreditasi sekolah

Jadwal SNMPTN 2022

A. Pembuatan Akun LTMPT : 04 Januari – 15 Februari 2022

B. PDSS dan SNMPTN

  1. Sosialisasi PDSS : 01 Desember 2021 – 08 Februari 2022
  2. Sosialisasi SNMPTN : 01 Desember 2021 – 28 Februari 2022
  3. Launching Kegiatan PMB : 04 Januari 2022
  4. Penetapan Siswa Eligible 04 Januari – 08 Februari 2022
  5. Pengisian PDSS : 08 Januari – 08 Februari 2022
  6. Pendaftaran SNMPTN : 14 – 28 Februari 2022
  7. Pengumuman Hasil SNMPTN : 29 Maret 2022

*) Seluruh kegiatan pada hari yang sudah ditentukan akan diakhiri pada 15.00 WIB 

Pendaftaran UTBK-SBMPTN

Jadwal pelaksanaan UTBK SBMPTN tahun 2022 memang belum dirilis. Namun, tidak ada salahnya jika kamu menggunakan referensi jadwal UTBK SBMPTN yang sudah dilaksanakan tahun 2021 dengan beberapa kali penyesuaian sebagai berikut.

  • Registrasi akun LTMPT bagi pendaftar UTBK SBMPTN: Februari – Maret
  • Pendaftaran UTBK SBMPTN: Maret – April
  • Pelaksanaan UTBK Gelombang Pertama: April
  • Pelaksanaan UTBK Gelombang Kedua: April – Mei
  • Pengumuman hasil SBMPTN: Juni

Informasi Penting SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN

Terdapat perbedaan yang cukup signifikan terkait ketiga macam tes masuk PTN. Penerimaan mahasiswa baru kini dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Simak baik-baik ya informasi berikut:

1. Perubahan Daya Tampung

Tahun ini, daya tampung dari jalur masuk PTN melalui tes mengalami perubahan. Kuota yang dialokasikan untuk jalur SNMPTN minimal adalah 20 persen. Lain halnya dengan kuota yang dialokasikan untuk jalur SBMPTN minimal 40 persen. Masih ada jalur seleksi mandiri di PTN yang mengalokasikan kuota maksimal 30 persen.

2. Kuota Pendaftaran SNMPTN untuk Sekolah

Masing-masing sekolah berpeluang mendaftarkan siswa-siswinya yang berprestasi. Namun, kuota yang dialokasikan bagi sekolah tidak sama karena didasarkan pada sistem akreditasi. Sekolah dengan akreditasi A memiliki porsi terbesar dalam mengirimkan 40% siswa-siswinya. Sekolah dengan akreditasi B bisa mengirim 25 persen siswanya, sedangkan sekolah dengan akreditasi C bisa mengirim 5 persen.

3. Siswa Hanya Bisa Mengikuti UTBK Satu Kali

Jika tahun lalu siswa bisa mengikuti UTBK dua kali, tahun ini perubahan kebijakan telah diterapkan. Tahun ini siswa yang hendak mengikuti UTBK hanya diberikan kesempatan satu kali saja. Alasannya, terdapat evaluasi tahun lalu yang menggambarkan bahwa tidak ada perbedaan signifikan dari hasil tes pertama dan kedua. Bahkan, ada yang malah mengalami penurunan nilai pada tes kedua.

4. Bisa Mengambil Tes Campuran di UTBK

Tes ini biasanya diambil oleh siswa yang berasal dari jurusan IPA yang berminat kuliah di jurusan IPS. Materi Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kemampuan Akademik (TKA) pun sama. Hanya saja, TKA yang diberikan pada tes campuran baru bisa dilakukan setelah mengambil TPS dan TKA Saintek serta TKA Soshum.

5. Pihak Sekolah Wajib Mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS)

Sebelum mendaftarkan siswa untuk maju ke SNMPTN, pihak sekolah harus mengisi PDSS. Data yang telah terisi kemudian akan diverifikasi siswa dan dikirimkan. Siswa pun harus memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan. Tidak jauh berbeda dari syarat SNMPTN tahun 2021, tahun 2022 ini nilai rapor semester 1-5 perlu disertakan. Selain itu, siswa juga harus memiliki prestasi akademik serta mengunggah portofolio bagi yang ingin masuk bidang seni atau olahraga.

6. Sistem Single Sign On (SSO)

Mungkin sebagian dari kamu ada yang masih asing dengan istilah sistem Single Sign On atau SSO. Sistem ini sebenarnya ditujukan bagi sekolah untuk meminimalisir penyimpangan. Biasanya, kecurangan ketika memberikan peringkat pada peserta didik sering terjadi. Ada peserta didik yang seharusnya tidak masuk seleksi SNMPTN namun diikutkan oleh sekolah. SSO akan dicek ulang oleh pihak LTMPT. Apabila ditemukan data yang mencurigakan atau aneh, pihak LTMPT akan melakukan kroscek ulang.

7. Wajib Memiliki Akun LTMPT

Konsekuensi dari adanya SSO adalah perlu dibuatnya akun LTMPT. Seluruh calon peserta yang akan mengikuti ujian tes masuk SNMPTN, UTBK, serta SNMPTN harus membuat akun LTMPT. Kamu bisa membuka website portal.ltmpt.ac.id pada waktu yang sudah ditentukan.

8. Bisa Mengajukan Keringanan Biaya Kuliah

Calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu masih bisa mengajukan keringanan. Bantuan biaya pendidikan yang dinamakan bidikmisi akan terintegrasi dengan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah. Namun, calon penerima bantuan harus mempelajari syarat dan ketentuan yang diberikan melalui kip-kuliah.kemdikbud.go.id dan adik.kemdikbud.go.id. Setelah semua syarat terpenuhi, pendaftaran bisa dilanjutkan ke website kip-kuliah.kemdikbud.go.id. Kemudahan yang akan didapatkan tidak hanya bisa diterima ketika kuliah saja. Pendaftaran UTBK bagi calon peserta yang menerima KIP Kuliah serta ADik pun bisa dilakukan secara gratis. Langsung saja masukkan NISN dan NPSN yang sudah dimiliki.

Setelah baca info penting mengenai SNMPTN, UTBK & SBMPT, persiapkanlah diri sebaik mungkin. Apabila ingin memilih kampus yang jauh dari tempat tinggal, gunakan aplikasi pencari kost terbaik Mamikos untuk memudahkan pencarian. Kamu tidak perlu datang langsung ke lokasi untuk survey harga dan fasilitas.
Aplikasi Mamikos memungkinkanmu untuk mencari hunian kost sekalipun jauh dari rumah. Bahkan, ada fasilitas room tour dan booking kost secara online. Dengan kemudahan tersebut, studimu di kampus favorit tidak akan mengalami kendala. Segera download aplikasi Mamikos di ponsel kesayanganmu dan dapatkan seluruh kemudahannya.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta