3 Bagian Rangka Manusia dan Fungsinya [Gambar]

Posted in: Edukasi
Tagged: Rangka Manusia

3 Bagian Rangka Manusia dan Fungsinya [Gambar] — Menurut Mamikos dengan mengetahui bagian rangka manusia dan mengenal apa saja fungsinya akan membuat kita lebih peduli pada diri sendiri. Makanya info dalam artikel ini akan sangat kamu perlukan.

Jadi, apabila kamu ingin memperoleh informasi mengenai bagian rangka manusia serta fungsi dan ingin tahu gambarnya kamu perlu membaca artikel Mamikos kali ini sampai habis. Yuk langsung simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Penjelasan Bagian Rangka Manusia Serta Fungsi dan Gambarnya

kompas.com

Sudah Mamikos singgung sedikit di atas bahwa pada kesempatan kali ini, Mamikos akan memberikan info menarik dan penting mengenai penjelasan bagian rangka manusia beserta fungsi dan gambarnya. Jadi jika kamu penasaran simak terus artikel ini sampai habis.

Sistem rangka merupakan sebuah sistem organ yang akan memberikan dukungan fisik pada makhluk hidup. Secara umum, tulang manusia dikelompokkan dalam dua jenis yakni tulang-tulang aksial (sumbu tubuh) dan tulang-tulang apendikular.

Tulang-tulang aksial terdiri dari cranium (tengkorak), columna vertebral (ruas-ruas tulang belakang), costae (iga) dan sternum (tulang dada).

1. Fungsi Rangka Manusia

Setelah mengenal sedikit pengertian dari rangka manusia seperti yang sudah Mamikos sampaikan di atas, maka kamu perlu mengetahui apa saja sih fungsi dari rangka manusia tersebut. Nah, berikut ini sudah Mamikos rangkum apa saja fungsi dari rangka manusia yang bisa kamu simak.

a. Membentuk tubuh

Fungsi rangka yang pertama adalah memberikan bentuk pada tubuh. Dengan adanya rangka ini manusia jadi dapat memiliki bentuk yang luar biasa sempurna. Pernah membayangkan tidak jika sampai kita tidak memiliki rangka akan seperti apa bentuk manusia?

b. Tempat melekatnya otot

Fungsi rangka manusia selanjutnya adalah tempat melekatnya otot-otot dalam tubuh. Tulang dan otot tersebut bersama-sama memungkinkan terjadinya pergerakan pada manusia.

c. Pergerakan

Pergerakan pada hewan bertulang belakang (vertebrae) sangat bergantung kepada otot rangka yang melekat pada rangka tulang. Jadi dengan kata lain rangka juga menjadi bagian penting dari pergerakan tubuh manusia.

d. Sistem kekebalan tubuh

Fungsi berikutnya dari rangka manusia adalah jadi sistem kekebalan tubuh. Perlu diketahui bahwa sumsum tulang akan menghasilkan beberapa sel-sel imunitas.

Contohnya adalah limfosit B yang membentuk antibodi. Nah, rangka manusia juga berfungsi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

e. Perlindungan

Fungsi selanjutnya adalah sebagai perlindungan. Rangka tubuh melindungi beberapa organ vital dalam tubuh manusia diantaranya:

  1. Tulang tengkorak akan melindungi otak, mata, telinga bagian tengah dan dalam.
  2. Tulang belakang akan melindungi sumsum tulang belakang.
  3. Tulang rusuk, tulang belakang, dan tulang dada akan melindungi paru-paru dan jantung
  4. Tulang usus dan tulang belakang akan melindungi sistem ekskresi, sistem pencernaan, dan pinggul
  5. Tulang belikat dan tulang selangka akan melindungi bahu
  6. Tulang tempurung lutut dan tulang hasta akan melindungi lutut dan siku.
  7. Tulang pergelangan tangan dan pergelangan kaki akan melindungi pergelangan tangan dan pergelangan kaki.

f. Produksi sel darah

Rangka tubuh juga menjadi tempat terjadinya haematopoiesis, yakni tempat pembentukan sel darah. Sumsum tulang adalah tempat pembentukan sel darah pada tubuh manusia.

g. Penyimpanan kalsium

Matriks tulang bisa menyimpan kalsium dan terlibat dalam metabolisme kalsium. Sumsum tulang tentu saja mampu menyimpan zat besi dalam bentuk ferritin dan terlibat dalam metabolisme zat besi tersebut.

2. Bagian Pada Rangka Manusia

Kamu tentu menyadari bahwa sebagai manusia kita bisa melakukan berbagai aktivitas. Misalnya saja seperti duduk, berdiri, dan berbaring hingga bergerak bebas dan acak pun dikarenakan dalam tubuh ini terdapat rangka tubuh.

Tak hanya sampai disitu saja, manusia juga dianugerahi alat indera untuk mengamati lingkungan sekitar, mencium aroma dan sebagainya. Melansir dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, tulang membantu melindungi bagian-bagian tertentu pada tubuh kita.

Rangka aksial meliputi 80 tulang pada manusia, sementara kerangka apendikular terdiri dari 126 tulang. Contohnya bagian yang lunak dan organ dalam penting seperti hati, jantung, paru-paru, dan ginjal.

Seperti yang telah Mamikos jelaskan pada poin fungsi kerangka, tulang menjadi kerangka tubuh yang berfungsi untuk menahan dan menjaga bentuk tubuh. Jika tidak ada tulang dalam rangka tubuh manusia, maka tubuh akan jatuh dan terkulai dan tidak memiliki kesanggupan berdiri.

Antar tulang juga dihubungkan dengan adanya sendi. Di mana sendi-sendi tersebut menjadikan tulang terikat kuat pada tempatnya. Bukan hanya itu saja, otot akan berfungsi untuk menggerakkan rangka.

Berikut ini adalah penjelasan dari bagian-bagian rangka manusia:

1. Rangka kepala

sehatq.com

Rangka kepala atau tengkorak meliputi tulang-tulang tengkorak wajah dan tulang pelindung otak. Tulang tengkorak wajah terdiri atas:

  1. Dua tulang hidung
  2. Dua tulang pipi
  3. Dua tulang rahang atas dan tulang rahang bawah
  4. Dua tulang air mata
  5. Tulang langit-langit
  6. Tulang pisau luku
  7. Satu tulang lidah

Sementara untuk tulang pelindung otak terdiri atas:

  1. Tulang dahi
  2. Tulang belakang kepala
  3. Dua tulang pelipis
  4. Dua tulang ubun-ubun
  5. Dua tulang baji
  6. Dua tulang tapis

2. Rangka badan

slideplayer.info

Perlu diketahui bagian dari rangka badan terdiri atas:

a. Tulang belakang

Tulang belakang terdiri dari beberapa bagian diantaranya:

  1. Tujuh ruas tulang leher
  2. 12 ruas tulang punggung
  3. Lima ruas tulang pinggang
  4. Lima ruas tulang kelangkang
  5. Empat ruas tulang ekor

b. Tulang rusuk

Untuk tulang rusuk juga terdiri dari beberapa bagian diantaranya adalah:

  1. Tujuh pasang tulang rusuk sejati
  2. Tiga pasang tulang rusuk palsu
  3. Dua pasang tulang rusuk melayang

c. Tulang dada

Tulang dada adalah tempat melekatnya tulang rusuk bagian depan. Tulang rusuk dan tulang dada akan membentuk rongga dada.

d. Tulang gelang bahu

Tulang gelang bahu adalah pembentuk rangka bahu. Tulang ini tersusun dari sepasang tulang belikat dan sepasang tulang selangka.

e. Tulang gelang panggul

Tulang gelang panggul adalah pembentuk rangka panggul, dimana tulang gelang panggul dibentuk oleh dua tulang usus, dua tulang duduk, dan dua tulang kemaluan.

3. Rangka anggota gerak

slideplayer.info

Bagian rangka yang perlu kamu tahu selanjutnya adalah rangka anggota gerak. Seseorang yang sedang mengalami patah tulang tentu akan sulit bergerak bebas. Apabila dipaksa, maka akan terasa luar biasa sakit.

Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa rangka manusia berfungsi untuk membantu tubuh untuk bergerak. Jari-jari, tangan, dan kaki dapat bergerak lincah karena ditopang oleh tulang.

Selain akan membantu manusia agar bebas bergerak, rangka kaki juga berfungsi menopang berat tubuh. Rangka anggota gerak terdiri dari:

a. Tulang-tulang anggota gerak atas (tangan)

Tulang-tulang ini terdiri atas:

  1. Tulang lengan atas
  2. Tulang hasta
  3. Tulang pengumpil
  4. Tulang pergelangan tangan
  5. Tulang telapak tangan
  6. Tulang ruas-ruas jari

b. Tulang-tulang anggota gerak bawah (tungkai)

Tulang-tulang ini terdiri atas:

  1. Tulang paha
  2. Tulang kering
  3. Tulang betis
  4. Tulang tempurung lutut
  5. Tulang telapak kaki
  6. Tulang pergelangan kaki
  7. Tulang ruas-ruas jari

b. Tulang-tulang anggota gerak bawah (tungkai)

Tulang-tulang ini terdiri atas:

  1. Tulang paha
  2. Tulang kering
  3. Tulang betis
  4. Tulang tempurung lutut
  5. Tulang telapak kaki
  6. Tulang pergelangan kaki
  7. Tulang ruas-ruas jari

Semoga saja apa yang sudah Mamikos informasikan terkait bagian rangka manusia serta fungsinya dalam artikel kali ini dapat membantu kamu dalam mengenal tubuh kamu dengan lebih baik. Demikian artikel Mamikos pada kesempatan kali ini.

Untuk mendapatkan informasi hunian kos kamu bisa mengakses aplikasi pencari kos Mamikos yang memudahkan kamu mendapatkan info hunian kos dengan lebih lengkap dan terpercaya. Unduh sekarang juga aplikasinya via IOS dan Android, gratis!


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah