Lebih Baik Bangun Rumah Kos Satu Lantai Atau Dua Lantai? Ini Jawabannya

Posted in: Bisnis Kost Mitra Kos

Lebih Baik Bangun Rumah Kos Satu Lantai Atau Dua Lantai? Ini Jawabannya -Ingin mulai berbisnis rumah kos dengan segera membangun rumah kos? Biasanya Anda akan bingung ingin membangun rumah kos satu lantai saja, atau langsung dua lantai. Sebenarnya, membangun rumah kos satu lantai ataupun dua lantai sama-sama baik, tergantung dari anggaran dan kemampuan yang Anda miliki. Baik rumah kos satu lantai maupun rumah kos dua lantai memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang bisa Anda simak berikut ini, sebagai acuan Anda saat akan membangun rumah kos. 

Kelebihan Rumah Kos Satu Lantai 

  1. Biaya konstruksi yang Anda keluarkan nantinya tidak mahal karena bahan bangunan yang digunakan saat proses pembangunan tidak sebanyak rumah kos dua lantai.
  2. Lebih mudah dalam proses pembersihan dan perawatan karena ukuran rumah kos satu lantai yang tidak seluas rumah kos dua lantai. 
  3. Anda pun dapat menghemat biaya listrik hingga air, serta efisiensi energi yang lebih besar (hemat energi) karena tidak banyak lampu atau alat elektronik yang dinyalakan nantinya sebab tidak banyak penghuni kos. 

Kekurangan Rumah Kos Satu Lantai

  1. Anda hanya akan dapat membangun jumlah kamar kos yang lebih sedikit dibanding rumah kos dua lantai. 
  2. Anda akan kesulitan bila akan melakukan ekspansi usaha. Misalnya, bila Anda ingin menambah jumlah kamar, yang otomatis harus menjadikan bangunan rumah kos Anda menjadi dua lantai, sehingga biaya yang dikeluarkan untuk renovasi pun juga besar. 

Kelebihan Rumah Kos Dua Lantai 

  1. Kesempatan untuk meningkatkan okupansi semakin besar karena dengan rumah kos dua lantai, otomatis jumlah kamar kos yang bisa Anda sewakan akan lebih banyak pula. Lebih mudah pula bila Anda ingin melakukan ekspansi bisnis kos. 
  2. Terdapat banyak ruang yang bisa dimanfaatkan karena ukuran rumah kos dua lantai yang luas, sehingga Anda bisa menambahkan banyak ruang seperti dapur, ruang TV bersama, ruang istirahat, mushola, dan lain sebagainya. 
  3. Risiko pencurian menjadi rendah, karena ukuran rumah kos dua lantai yang lebih luas dan cukup tinggi akan membuat barang berharga milik penyewa kos menjadi lebih aman dan sulit ditemukan.

Kekurangan Rumah Kos Dua Lantai 

  1. Biaya konstruksi yang Anda keluarkan nantinya cukup mahal karena bahan bangunan yang digunakan saat proses pembangunan otomatis akan lebih banyak dibanding rumah kos satu lantai lantai.
  2. Risiko kecelakaan yang tinggi karena memiliki rumah kos dua lantai tentu akan dilengkapi dengan tangga. Tangga ini akan membahayakan jika tidak didesain dengan baik. 
  3. Potensi tingkat kebisingan yang lebih tinggi karena biasanya penyewa kos akan seringkali mendengar kebisingan dari lantai dua seperti suara orang berjalan atau aktivitas-aktivitas lainnya. 

Sudah menentukan akan membangun rumah kos satu lantai atau dua lantai? Temukan banyak informasi menarik lainnya seputar layanan terbaik Mamikos, aplikasi pencarian kos nomor 1 di Indonesia, dengan mengunjungi situs Mamikos, atau download dan install aplikasi Mamikos di smartphone milik Anda. Jangan lupa untuk selalu meningkatkan kualitas kos Anda dengan menggunakan layanan dari Mamikos, ya!