Begini Cara Mendapatkan Beasiswa dari Mulai SMP sampai Kuliah

 Mamikos | Rab, 03 Okt 2018

Begini Cara Mendapatkan Beasiswa dari Mulai SMP sampai Kuliah – Sekolah adalah hal yang penting. Dimana sekolah adalah tempat yang nantinya akan menjadi tempat kita menimba ilmu, mengembangkan potensi dan bertumbuh menjadi pribadi yang membanggakan. Akan tetapi saat ini biaya pendidikan seakan menjadi hal yang menakutkan bagi orang tua dan pelajar itu sendiri. Semakin melambungnya biaya pendidikan jadi hal yang dikhawatirkan mereka. Apakah kamu salah satu yang mengkhawatirkan akan tingginya biaya pendidikan saat ini?

Namun sekarang kita tidak perlu lagi khawatir karena ada yang akan meringankan biaya pendidikan kita. Jadi kita tidak perlu lagi takut tidak bisa sekolah atau putus pendidikannya sebab dengan hal ini, maka kita masih bisa melanjutkan mimpi. Yup, beasiswa. Beasiswa membantu kamu yang ingin meringankan beban pendidikan yang semakin tinggi tanpa harus memutus jenjang pendidikan yang ingin kamu tempuh.

Saat ini sudah banyak institusi yang menyediakan program beasiswa bagi kamu yang memiliki potensi juga berprestasi. Asal mengikuti tata cara sesuai prosedur, jalanmu untuk memperoleh pendidikan baik dan berkualitas akan lebih terbuka kok. Jadi, untuk adik-adik yang sedang mencari informasi bagaimana caranya mendapatkan beasiswa, maka informasi ini patut kamu baca sampai habis.

Begini Cara Mendapatkan Beasiswa dari Mulai SMP sampai Kuliah

1. ASEAN Scholarship for Indonesia.

Image result for asean scholarship for indonesia

Program beasiswa ASEAN Scholarship for Indonesia adalah sebuah lembaga beasiswa yang nantinya akan memberikan beasiswa ke negara singapura untuk para pelajar yang menuju jenjang SMP dan SMA.

Program beasiswa ASEAN Scholarship for Indonesia ini sudah berjalan selama 4 tahun lebih yang berarti juga sudah diakui dan erprospek bagus, dan dibuktikan dengan diraihnya sertifikat penghargaan dari Singapore-Cambridge General Certificate of Education Advanced (GCE A) Level.

Para pelajar dari Indonesia yang berminat untuk mengikuti program beasiswa ini dipersilahkan untuk membuat permohonan kepada Pihak ASEAN  Scholarship for Indonesia, jika kamu sesuai dan dapat memenuhi kriteria seperti yang disebutkan di bawah ini :

  1. Calon penerima beasiswa merupakan Warga Negara Indonesia
  2. Lahir antara tahun 2001-2003
  3. Mengikuti UAN (SMP Kelas 3) tahun 2017
  4. Memiliki record yang baik di sekolah
  5. Kemahiran dalam berbahasa Inggris. Dan berikut ulasan lebih jauh terkait beasiswa penuh  SMP & SMA di Singapura.

Beasiswa yang dikhususkan untuk para pelajar asal Indonesia Ini berasal dari Kementrian pendidikan negara Singapura, perlu kamu ketahui sifat dari beasiswa ini adalah penuh alias memfasilitasi semua yang kamu butuhkan selama melanjutkan pendidikan, selain mendapatkan sejumlah dana, pelajar jenjang SMP dan Pre-University (SMA) dapat melanjutkan pendidikan di sekolah yang memiliki reputasi bagus yang tentunya akan memberikan pelayanan dan juga fasilitas yang sangat memadai.

Dan beberapa tahapan dalam proses seleksi beasiswa ini yang pertama adalah umur dan kategori yang diantaranya adalah :.

  1. Pada umur 6 – 13+ tahun, putra/putri akan menempuh Primary school I s/d VI
  2. Pada umur 12 – 18+ tahun, putra/putri akan menempuh Secondary school I s/d V
  3. Pada umur 16 – 19+ tahun, putra/putri akan menempuh Pre-University I s/d Pre-University III

Terkait dengan penjelasan jenjang diatas, program beasiswa ini akan diberikan untuk periode studi dari  Secondary school sampai Pre-University II, di Indoesia sendiri istilah Secondary school III adlah sejenjag dengan tigkat kelas IX SMP, dan Untuk istilah Pre-University II adalah setingkat jenjang SMA.

Selain itu, dalam masa pembelajaran 4 tahun, beasiswa Full yang diberikan oleh ASEAN Scholarship akan meliputi beberapa macam Tunjangan dan pembiayaan seperti yang dijelaskan di bawah ini:

  1. Fasilitas asrama selama studi
  2. Tanggungan biaya sekolah secara penuh, kecuali beberapa biaya tambahan lainnya
  3. Tunjangan tahunan untuk pre-university student sebesar S$ 2.400 dan secondary student sebesar S$ 2200.
  4. Biaya ujian GCE O-level and A-level untuk 1 kali
  5. Subsidi layanan dan fasilitas kesehatan berikut dengan asuransi kecelakaan
  6. Tiket pesawat dengan kelas Ekonomi
  7. Tunjangan penyesuaian S$ 400 yang diberikan sekali ketika siswa pertama kali tiba di Singapura

Persyaratan Umum

Jika Anda dan putri/putra anda berminat untuk mengikuti beasiswa dan berencana menaftarkan diri pada program ini berikut beberapa persyaratan yang jarus dimiliki oleh pendaftar, yang diantaranya adalah :

  1. Pendaftar adalah warga negara Indonesia (WNI)
  2. Pendaftar termasuk dalam tahun lahir 2000 s/d 2002
  3. Pendaftar dapat dan lancar berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris serta aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler di sekolah asal
  4. Pendaftar merupakan siswa yang berprestasi di sekolah asal
  5. Pendaftar / pelajar yang mendaftar telah menempuh Ujian Akhir Nasional SMP di tahun beasiswa dikeluarkan

Jika tahapan pengajuan aplikasi dan pengiriman berkas sudah dilakukan, jangka waktu 1 bulan setelah pengajuan, pihak penyelenggara akan melakukan prosesi seleksi dimana pada tahapan ini nantinya para pelajar akan dierikan tes untuk mengerjakan soal pelajaran matematika, bahasa Inggris dan Uji kemampuan Umum. Dan peserta yag lolos dalam tahapan ini kemudian akan mengikuti tahapan seleksi wawancara, biasanya diadakan beberapa bulan setelah prosesi tes uji pengetahuan, para pelamar nantinya akan mendapatkan pemberitahuan yang menyatakan bahwasanya telah berhasil lolos dan berhak sebagai penerima beasiswa. Untuk informasi selengkapnya kamu bisa cek melalui website resminya https://www.moe.gov.sg/ .

2. Beasiswa Pertamina

Related image

Sudah menjadi komintmen Pertamina turut dalam membagun Indonesia melalui pendidikan, maka saat ini Pertamina memberikan beasiswa kepada ribuan pelajar Indonesia yang berprestasi. Untuk besaran biaya juga bisa dibilang sebuah angka yang fantastis. Seperti yang kita sama-sama tahu bahwa Pertamina merupakan salah satu perusahaan terbesar di Indonesia. Sudah kama Pertamina menjadi bagian penting dalam memberikan perubahan untuk wajah pendidikan Indonesia. Dengan cara memberikan program beasiswa kepada putra-putri terbaik Pertamina.

Setiap tahun melalui cabang pertamina yang ada di daerah setempat setelah sebelumnya melakukan sosialisasi mengenai apa itu beasiswa Pertamina dengan harapan mereka dapat mengerti bagaimana agar bisa mendapatkan Beasiswa Pertamina tersebut. Sebab perlu diketahui bahwa Pertamina menetapkan seleksi yang sangat ketat untuk menyaring calon penerima dengan berbagai macam prosedur pendaftaran.

Tidak sedikit juga beasiswa diberikan dengan tertutup bahkan hanya ada di situs resmi Pertamina yang memberikan informasi mengenai beasiswa ini. Salah satu penerima beasiswa Pertamina akan mendapat sebutan Anak Pertamina. Dikarenakan selama mengeyam pendidikannya, PT Pertamina Persero telah menyanggupi untuk memberikan dana pendidikan 100 persen bagi mereka yang berprestasi.

  • Beasiswa Pertamina Sobat Bumi.

Beasiswa Sobat Bumi merupakan salah satu jenis beasiswa yang diberikan Pertamina kepada anak Indonesia melalui Pertamina Foundation dengan beberapa ketentuan yang ada menciptakan generasi penerus yang peduli terhadap lingkungan dan menjadi pelopor bumi hijau dan Indonesia bersih harapanya bisa melestarikan lingkungan semakin lama semaki rusak. Sekaligus Pertamina bekerjasama dengan beberapa perguruan tinggi ternama di Indonesia untuk mewujudkan hal tersebut untuk pendaftaran dilakukan melalui situs resmi pertaminafoundation.org.

  • Beasiswa Pertamina OSN PTN.

Beasiswa OSN PTI adalah program beasiswa yang diberikan Pertamina untuk peraih juara olimpiade sains nasional perguruan tinggi Indonesia dengan kata lain beasiswa ini diperuntukan bagi mereka yang berprestasi melalui beasiswa ini si penerima diharapkan dapat mengembangkan prestasi dalam bidang sains dan menungjang prestasi yang didapat agar bisa dipertahankan. Pendaftaran dilakukan melalui situs resmi www.osnpertamina.com.

  • Pertamina Scholarship Beasiswa Pertamina.

Beasiswa pertamina ini Diberikan kepada 1.450 Siswa di Jabodetabek, 300 mahasiswa diploma di Padang, Palembang, dan Solo, Beasiswa S-2 untuk 25 PNS Non-Dosen, dan 25 pegawai DESDM, Beasiswa 10 Siswa terbaik untuk menempuh pendidikan tinggi di ITB, S2 Luar Negeri, dan Beasiswa untuk 100 Siswa Madrasah. Melalui perguruan tinggi, sekolah yang bekerjasama dengan pertamina langsung. Untuk pendaftaran kandidat penerima beasiswa silahkan kunjungi www.pertamina.com.

  • Beasiswa Pertamina Youth Program – PYP (Edukasi Stakeholder muda)

Beasiswa pemuda pelopor yang diberikan oleh pertamina untuk pelajar Indoensia melalui Program edukasi dan pengenalan bisnis migas sekaligus motivasi generasi muda untuk peningkatan awareness yang baik terhadap energy, cinta produk dan asset bangsa, serta bisnis akrab lingkungan yang berkelanjutan. PYP 2009 dilaksanakan di Cilacap, Balikpapan dan Manado. Meski begitu beasiswa ini tidak bisa dilakukna oleh seluruh wilayah yang ada di Indonesia hanya beberapa wilayah yang disebutkan saja. Pendaftaran dilaksanakan melalui situs resmi www.pertamina.com.

  • Beasiswa Pertamina Goes To Campus – PGTC (Edukasi kalangan akademis)

Beasiswa PGTC adalah beasiswa yang diberikan oleh Pertamina melalui perguruan tinggi yang ada di seluruh Indonesia dengan datang langsung ke kampus dan berdiskusi dengan membuat semaca seminar dan memberikan beasiswa kepada mahasiswa terbaik yang ada di Kampus, seluruh Perguruan tinggi yang ada di indonesia akan mendapatkan giliran untuk didatangi oleh kampus tunggu dan saksesikan Beasiswa Pertamina Goes To Campus di kota kamu tahun ini. Info dapat dilihat melalui www.pertamina.com.

  • Beasiswa Pertamina Competision.

Melalui beasiswa ini pertamina bekerjasama menyelenggarakan Olimpiade Sains Nasional dengan beberapa universitas nantinya pemenang berhakak mendapatkan Program kompetisi ilmiah sebagai wahana untuk mengasah dan mengaktualisasikan peningkatan mutu mahasiswa terhadap ilmu pengetahuan dan penelitian. Program ini dilaksanakan melalui Olimpiade Sains Nasional – perguruan Tinggi Indoensia (OSN-PTI), yang berlangsung di 33 Propinsi seluruh tanah air. OSN-PTI Pertamina ditujukan untuk melahirkan generasi cerdas dan berdaya saing, baik di dalam negeri, maupun skala internasional.Pendaftaran dilakukan melalui www.pertamina.com.

  • Beasiswa Pertamina Peduli Pendidikan.

Sebagai salah satu bentuk kepedulian dan kontribusi pertamina dalam memajukan pendidikan yang ada di Indonesia PT Pertamina Persero memberikan beasiswa kepada penerima yang terpilih dari beberapa jalur beasiswa yang diberikan selama berapa tahun untuk pendidikan gunanya untuk kemajuan pendidikan dan meningkatkan prestasi penerima beasiswa dan meraih prestasi setinggi-tinggi anda bisa langsung mengakses info pendaftaran melalui situs resmi www.pertamina.com.

  • Beasiswa Universitas Pertamina.

Telah dibuka untuk kampus Universitas Pertamina pembukaan kampus ini dilaksanakan secara terbuka untuk mahasiswa umum ada dua beasiswa yang diberikan kampus ini Beasiswa ekonomi dan Beasiswa Prestasi persyaratan untuk mendaftaran beasiswa ini harus manjadi mahasiswa Universitas Pertamina terlebih dahulu.

Dari beberapa informasi mengenai Beasiswa diatas dapat disimpulkan pendaftaran dilakukan melalui situs resmi dengan memilih dan mengikuti jalur masuk yang tersedia dan melakukan prosedur pendaftaran sesuai dengan yang sudah dijelaskan, hanya saja tidak semua Beasiswa diberikan kepada seluruh Indonesia dengan mengikuti seleksi dan lulus kamu baru bisa menerima beasiswa Pertamina.

Diatas adalah contoh dari lembaga-lembaga yang menyediakan beasiswa mulai dari SD hingga perguruan tinggi. Cara agar kamu mendapatkan beasiswa tersebut adalah dengan tak berhenti berusaha, belajar, dan haus akan pengetahuan. Setiap anak tidak dilahirkan dengan kecerdasan yang sama. Dengan kenyataan itulah kamu bisa mengetahui potensi sebenarnya kamu dalam bidang tertentu dan minatmu pada ilmu tertetu. Sebab beasiswa bukan ditujukan hanya untuk yang beprestasi sejak lahir. Namun dia yang mau berusaha untuk menjadi insan berpendidikan dan dapat turut membangun negerinya menjadi lebih berkembang.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Begini Cara Mendapatkan Beasiswa dari Mulai SMP sampai Kuliah

Begini Cara Mendapatkan Beasiswa dari Mulai SMP sampai Kuliah