Besok 24 Februari 2021 Terakhir Pendaftaran SNMPTN, Cek Cara dan Timeline Pendaftarannya di Sini

Posted in: Pendidikan SNMPTN
Tagged: snmptn

Besok 24 Februari 2021 Terakhir Pendaftaran SNMPTN, Cek Cara dan Timeline Pendaftarannya di Sini – Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2021 akan segera ditutup. Apakah kamu sudah menyelesaikan tata cara pendaftarannya? Jika belum, segera selesaikan pendaftaran agar bisa mengikuti seleksi.

Deadline Pendaftaran SNMPTN 2021

https://www.ltmpt.ac.id/

Persiapan untuk mendaftar SNMPTN 2021 tidak dapat kamu lakukan dalam waktu yang singkat. Selain ada dokumen yang perlu dipersiapkan, ada pula data-data dan formulir yang harus diisi. Sebagai jalur seleksi yang tidak dapat dipilih semua siswa karena ditentukan oleh sekolah, persiangan jalur SNMPTN sangat ketat. Pendaftar perlu mempertimbangkan nilai rapor dan portofolionya sebelum melakukan pendaftaran pada suatu program studi.

Bagaimana cara agar diterima SNMPTN 2021? Ada banyak hal yang perlu dilakukan pendaftar. Persiapan dokumen hingga pemilihan program studi secara tepat akan meningkatkan peluang diterima. Perlu kamu ketahui pula persyaratan khusus yang diterapkan masing-masing program studi. Pada artikel ini Mamikos akan memberikan informasi terkait cara dan timeline pendaftaran SNMPTN 2021 update.

Informasi SNMPTN 2021

Seleksi jalur SNMPTN 2021 memungkinkan calon mahasiswa yang mendaftar pada kampus yang terdaftar dalam SNMPTN 2021 tidak datang langsung ke kampus. Sebaliknya, proses pendaftaran dilakukan secara online dengan sistem seleksi nasional serta serentak. Pendaftar diharapkan menyelesaikan pendaftaran sebelum batas waktu, yaitu tanggal 24 Februari 2021.

Terdapat program studi yang mewajibkan pendaftarnya untuk mengumpulkan portofolio sebagai salah satu jenis seleksi. Jika kamu mendaftar program studi berkaitan dengan kesenian atau program studi di bidang olahraga, sangat penting untuk mencantumkan portofolio sesuai format yang diminta agar peluang kelulusan semakin tinggi. Persyaratan ini dapat dilihat pada masing-masing website resmi PTN tujuanmu.

Cara Mendaftar SNMPTN 2021

Pahami tata cara pendaftaran SNMPTN 2021 agar tidak gugur pada salah satu tahapannya. Saat ini seleksi SNMPTN 2021 sudah ada pada tahap pendaftaran yang dimulai tanggal 15 Februari 2021 hingga 24 Februari 2021 pukul 15.00 WIB.

Bagaimana cara mendaftar SNMPTN 2021? Tentunya seleksi ini memudahkan pendaftar karena tidak harus datang langsung ke kampus tujuan. Seluruh proses dapat dilakukan secara online melalui website LTMPT di laman https://portal.ltmpt.ac.id. Pendaftaran juga dapat dilakukan melalui website https://snmptn.ltmpt.ac.id.

Cara untuk mendaftar SNMPTN 2021 adalah sebagai berikut:

  1. Siswa yang sudah dinyatakan eligible atau layak mendaftar oleh pihak sekolah melakukan login pada laman pendaftaran atau portal LTMPT
  2. Siswa memasukkan alamat email dan password yang sudah terdaftar
  3. Siswa mengisi “kelengkapan data orang tua” yang terdapat pada halaman PROFIL
  4. Siswa melakukan pendaftaran SNMPTN dengan mengisi pilihan program studi pada halaman PILIHAN. Pastikan bahwa siswa sudah mencari tahu program studi atau jurusan yang akan dipilih di kampus tujuan.
  5. Siswa mengisi portofolio pada halaman PORTOFOLIO. Apabila program studi yang dipilih tidak mewajibkan syarat portofolio bagi pendaftar, siswa tidak perlu mengisinya. Adapun program studi yang mewajibkan pendaftarnya mengisi portofolio perlu mengisi datanya berdasarkan format yang sudah ditentukan pada laman LTMPT atau sesuai format yang berlaku.
  6. Siswa mengisi prestasi pada halaman PRESTASI. Isian prestasi siswa pada halaman ini sifatnya tidak wajib, sehingga siswa yang tidak memiliki prestasi boleh mengosonginya. Apabila siswa memiliki prestasi yang ingin ditambahkan, isikan prestasi sesuai bidang dan tingkat prestasi yang disyaratkan masing-masing pilihan pada kolom.
  7. Siswa melakukan finalisasi data pada halaman FINALISASI. Apabila siswa sudah memeriksa data-data yang diisikan dan sudah yakin bahwa data tersebut benar, siswa bisa melakukan finalisasi.
  8. Setelah finalisasi dilakukan, data yang sudah terdaftar tidak dapat diubah dan dibatalkan dengan alasan apa pun.
  9. Siswa mengunduh bukti kartu registrasi dan mencetaknya.

Timeline Pendaftaran SNMPTN 2021

Jadwal kegiatan SNMPTN tahun 2021 perlu kamu ketahui agar tidak tertinggal proses pendaftarannya. Berdasarkan data yang terdapat pada laman LTMPT, jadwal kegiatan SNMPTN 2021 adalah sebagai berikut:

• Pengumuman pembukaan pendaftaran SNMPTN tahun 2021
• Layanan masa sanggah kuota SNMPTN 2021 oleh pihak sekolah
• 4 Januari 2021 – 1 Februari 2021: Registrasi akun LTMPT
• 4 Januari 2021 – 8 Februari 2021: Penetapan siswa yang eligible mendaftar SNMPTN yang ditentukan oleh sekolah
• 11 Januari 2021 – 8 Februari 2021: Pengisian data PDSS
• 15 Februari 2021 – 24 Februari 2021: Pendaftaran SNMPTN 2021
• 22 Maret 2021: Pengumuman resmi hasil SNMPTN

Seluruh kegiatan pada jadwal SNMPTN di atas akan diakhiri pukul 15.00 WIB. Persiapkan dokumen yang diperlukan pada setiap tahapan agar bisa memeriksanya sebelum batas waktu pengumpulan. Perlu kamu ketahui pula bahwa tanggal penting SNMPTN 2021 tersebut sangat mungkin mengalami perubahan dan menyesuaikan kondisi terkini.

Misalnya untuk membuka kembali masa registrasi akun LTMPT karena setelah dievaluasi masih ada lebih dari 90 ribu siswa yang belum memiliki akun LTMPT. Oleh karena itu, perpanjangan waktu untuk melakukan registrasi akun dan membuat akun permanen akun LTMPT masih diberikan mulai tanggal 7 Februari 2021 – 23 Februari 2021. Meskipun demikian, kamu tidak akan ketinggalan informasi karena seluruh update tanggal akan disampaikan melalui website resmi LTMPT dan media sosial terkait.

Hal Penting Ketika Mendaftar SNMPTN 2021

Hal penting yang perlu diketahui pendaftar adalah siswa yang bisa mendaftar jalur SNMPTN adalah siswa yang sudah mempunyai akun LTMPT. Pembuatan akun tersebut dilakukan secara online. Selain itu, akun LTMPT siswa yang diikutkan dalam seleksi SNMPTN juga harus permanen. Pastikan bahwa siswa sudah dinyatakan eligible atau layak oleh pihak sekolah dan sudah memiliki nilai lengkap pada PDSS.

Pertimbangkan pemilihan program studi atau jurusan tujuan pada saat melakukan pengisian kampus. Gunakan referensi passing grade dan keketatan persaingan program studi untuk meningkatkan peluang diterima. Jangan lupa untuk memeriksa dokumen seleksi SNMPTN dan memastikan bahwa akun LTMPT sudah dibuat permanen. Pemilihan program studi saat SNMPTN 2021 disarankan untuk tidak lintas minat. Selain itu, pendaftar juga diimbau untuk tidak mendaftar pada saat hari terakhir penutupan pendaftaran.

Setelah membaca artikel batas terakhir pendaftaran SNMPTN beserta cara dan timeline pendaftarannya, apakah kamu sudah siap? Lakukan pendaftaran sehari atau dua hari sebelum batas waktu untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Isilah waktu selagi menunggu pengumuman SNMPTN 2021 dengan kegiatan bermanfaat, seperti belajar materi SBMPTN sebagai langkah antisipasi jika belum diterima pada seleksi jalur SNMPTN. Kamu juga bisa memulai pencarian tempat tinggal dekat kampus dengan memanfaatkan aplikasi pencari kost Mamikos yang dapat didownload secara gratis melalui aplikasi android atau ios. Tanpa harus datang ke dekat kampus, kamu sudah bisa menemukan tempat tinggal idaman. Sangat mudah dan praktis, bukan?


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta