Biaya Kuliah IPB (Institut Pertanian Bogor) Tahun Ajaran 2020/2021

 Mamikos | Sel, 03 Mar 2020

Biaya Kuliah IPB (Institut Pertanian Bogor) Tahun Ajaran 2020/2021 – Pendidikan memang adalah sebuah gerbang menuju kehidupan yang lebih baik dan menjadi bekal untuk mengejar semua yang telah ditargetkan oleh seseorang di dalam kehidupannya. Tanpa pendidikan semua yang telah kamu impikan sebelumnya mungkin akan menjadi sangat sulit untuk dapat diwujudkan. Faktanya, memang tidak semua orang yang berpendidikan sukses dalam perjalanan hidupnya, tetapi jika dilakukan perbandingan maka orang yang berpendidikan tetap jauh lebih banyak yang bisa mengecap kesuksesan daripada orang yang tidak pernah mengecap pendidikan, baik pendidikan formal maupun non formal. Berdasarkan alasan tersebut, sebagian besar siswa-siswa SMA yang baru menyelesaikan Ujian Akhir Nasional (UAN) tengah sibuk mempersiapkan pendidikan mereka selanjutnya.

Daftar Biaya Kuliah IPB (Institut Pertanian Bogor) Terbaru

Menurut kamu, mana yang lebih baik Perguruan Tinggi Negeri (PTN) atau Perguruan Tinggi Swasta (PTS)? Seringkali banyak lulusan SMA yang menghadapi dilema seperti ini untuk memilih perguruan tinggi terbaik bagi mereka. Tidak jarang yang meyakini bahwa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pasti lebih baik dibandingkan dengan Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Hal ini tidak bisa dipungkiri karena memang pada kenyataannya banyak Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang hanya menjadi cadangan tempat mereka melanjutkan dunia pendidikannya.

Jika kamu memiliki keinginan untuk melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tentu saja kamu harus melalui beberapa tahapan, seperti SMNPTN (Seleksi Masuk Nasional Perguruan Tinggi Negeri), SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri), serta Jalur Mandiri.

Tentang IPB

Pandangan masyarakat bahwa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) lebih baik dibanding Perguruan Tinggi Swasta (PTS) hingga saat ini terus merajalela. Salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang menjadi tujuan para siswa-siswa lulusan SMA ini adalah Institut Pertanian Bogor atau yang biasa disingkat IPB. Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang satu ini memang berfokus pada studi pertanian, kelautan, serta biosains topika.

Berada tepatnya di Jl. Raya Dramaga, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, Institut Pertanian Bogor (IPB) memiliki berbagai prestasi baik ditingkat nasional maupun internasional. Tak hanya para mahasiswanya saja yang berprestasi, dosen-dosen di perguruan tinggi ini pun demikian.

Meskipun pada namanya terdapat kata pertanian, nyatanya Institut Pertanian Bogor (IPB) yang diresmikan pada 1963 ini kini memiliki 9 fakultas, 1 sekolah pascasarjana, 1 sekolah bisnis, dan 1 fakultas untuk program Diploma. Berikut Mamikos berikan informasi lebih rincinya lagi terkait fakultas dan program studi yang ada di Institut Pertanian Bogor (IPB).

1. Fakultas Pertanian

  1. Manajeman Sumberdaya Lahan
  2. Agronomi dan Hortikultura
  3. Proteksi Tanaman
  4. Arsitektur Lanskap

2. Fakultas Kedokteran Hewan

3. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan

  1. Teknologi dan Manajemen Perikanan Budidaya
  2. Manajemen Sumber Daya Perairan
  3. Teknologi Hasil Perairan
  4. Teknologi dan Manajemen Perikanan Tangkap
  5. Ilmu dan Teknologi Kelautan

4. Fakultas Peternakan

  1. Teknologi Produksi Ternak
  2. Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan
  3. Teknologi Hasil Ternak

5. Fakultas Kehutanan

  1. Manajemen Hutan
  2. Teknologi Hasil Hutan
  3. Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata
    Silvikultur

6. Fakultas Teknologi Pertanian

  1. Teknik Mesin dan Biosistem
  2. Teknologi Pangan
  3. Teknologi Industri Pertanian
  4. Teknik Sipil dan Lingkungan

7. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

  1. Statistik
  2. Meteorologi Terapan
  3. Biologi
  4. Kimia
  5. Matematika
  6. Ilmu Komputer
  7. Fisika
  8. Biokimia
  9. Aktuaria

8. Fakultas Ekonomi dan Manajemen

  1. Ekonomi dan Studi Pembangunan
  2. Ilmu Ekonomi Syariah
  3. Manajemen
  4. Agribisnis
  5. Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan

9. Fakultas Ekologi Manusia

  1. Ilmu Gizi
  2. Ilmu Keluarga dan Konsumen
  3. Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat

Dari informasi sebelumnya mungkin kamu semakin tertarik untuk bisa mengenyam pendidikan di Institut Pertanian Bogor (IPB). Apabila kamu ingin mendaftarkan diri sebagai calon mahasiswa baru di perguruan tinggi ini, kamu bisa memilih salah satu jalur pendaftaran yang dibuka oleh Institut Pertanian Bogor (IPB). Jalur pendaftaran Institut Pertanian Bogor (IPB) antara lain melalui SNMPTN, SBMPTN, UTMI (Ujian Talenta Masuk IPB), PIN (Prestasi Internasional), BUD (Beasiswa Utusan Daerah), dan sebagainya.

Masing-masing jalur tersebut memiliki kuota mahasiswa yang belum tentu sama. Jika kamu diterima melalui salah satu jalur tersebut, selanjutnya kamu pun diharuskan untuk melakukan pendaftaran ulang dan membayar biaya kuliah IPB, khususnya pada fakultas tempat mahasiswa diterima.

Biaya Kuliah IPB

Terkait dengan biaya kuliah IPB, perlu diketahui bahwa Institut Pertanian Bogor (IPB) juga menerapkan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) kepada para mahasiswanya. Institut Pertanian Bogor (IPB) sudah menggunakan sistem UKT ini sejak tahun 2013 lalu. Nantinya biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) ini akan ditentukan berdasarkan nominal pendapatan orang tua mahasiswa terkait per bulan.

Untuk kalangan mahasiswa yang mengambil program sarjana (S1), nominal biaya kuliah IPB ditentukan sesuai dengan levelnya. Sebagai contoh, untuk mahasiswa level I, UKT yang harus dibayarkan adalah Rp 500.000. Nominal tersebut berlaku untuk semua mahasiswa di setiap fakultas yang ada di IPB. Namun, untuk mahasiswa yang tergolong dari level II-V, nominal biaya antara mahasiswa suatu fakultas dengan fakultas lainnya belum tentu sama.

Jangan lupa untuk sekalian mencari referensi kost dekat IPB Bogor Murah, kost Bogor Murah serta sewa apartemen di Bogor murah sebagai gambaran mencari informasi hunian sementara ketika kamu sudah resmi akan merantau dan mengenyam pendidikan di Institut Pertanian Bogor (IPB).

Dan untuk informasi lebihnya lagi kamu bisa berkunjung ke situs Mamikos untuk mendapatkan informasi ter-update dan informasi menarik lainnya. Dan jangan lupa pula download aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih praktis lagi. Temukan pula informasi seputar lowongan kerja, kost-kostan, serta sewa apartemen hanya di Mamikos.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: