Biaya Kuliah UNEJ (Universitas Jember) 2019/2020

Posted on Posted in Biaya Kuliah Masuk Universitas

Biaya Kuliah UNEJ (Universitas Jember) 2018/2019 – Cikal bakal Universitas Jember berasal dari gagasan dr. R. Achmad bersama-sama dengan R. Th. Soengedi dan R. M. Soerachman yang bercita-cita mendirikan perguruan tinggi di Jember. Untuk mewujudkan cita-cita tersebut pada tanggal 1 April 1957, ketiganya membentuk panitia yang diberi nama Panitia Triumviraat dengan komposisi Ketua dr. R. Achmad; Penulis R. Th. Soengedi, dan Bendahara R. M. Soerachman. Selanjutnya Panitia Triumviraat ini pada tanggal 5 Oktober 1957 membentuk yayasan dengan nama Yayasan Universitas Tawang Alun (disahkan dengan Akta Notaris tanggal 8 Maret 1958 Nomor 13 di Jember). Yayasan Universitas Tawang Alun inilah yang kemudian mendirikan universitas swasta di Jember dengan nama Universitas Tawang Alun yang kemudian disingkat UNITA.

Dalam perjalanannya, ketiga tokoh tersebut mendapatkan dukungan penuh Bupati Jember saat itu, R. Soedjarwo. Berdasarkan Surat Keputusan Menteri PTIP No. 151 Tahun 1964 tanggal 9 Nopember 1964, tentang didirikannya Universitas Negeri di Jember. Usaha tanpa kenal lelah sejak tahun 1957 itu akhirnya berhasil menjadi kenyataan, Universitas Negeri Djember berdiri ! Pada awal berdirinya pada tahun 1964, Universitas Negeri Djember yang disingkat UNED, memiliki lima fakultas, terdiri dari Fakultas Hukum di Jember, dengan cabangnya di Banyuwangi, Fakultas Sosial dan Politik dan Fakultas Pertanian di Jember, Fakultas Ekonomi dan Fakultas Sastra di Banyuwangi. Dengan rektor pertama dijabat oleh dr. R. Achmad. Kepemimpinan dr. R. Achmad dilanjutkan oleh Letkol. Soedi Harjohoedojo (1967-1969), Letkol. Soetardjo, SH (1969-1978) dan Kol. Drs. H. R. Warsito (1978-1986).

Baru semenjak tahun 1986, rektor Universitas Jember dijabat oleh sivitas akademika-nya sendiri, yakni oleh Prof. Dr. Simanhadi Widyaprakosa (1986-1995), Prof. Dr. Kabul Santoso, MS (1995-2003), Dr. Ir. T. Sutikto, MSc (2003-2011) dan Drs. Moh. Hasan, Msc Ph.D (2012 sampai sekarang).

Universitas Jember mempunyai tugas pokok yaitu menyelenggarakan pendidikan tinggi dan memberikan pendidikan berdasarkan kebudayaan bangsa Indonesia dengan cara ilmiah yang meliputi pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat untuk mengembangkan kemampuan serta meningkatkan mutu kehidupan dan martabat manusia Indonesia dalam upaya mewujudkan tujuan nasional.

Para pendahulu Universitas Jember telah memberikan landasan filosofi  dalam pengembangan lembaga berupa sesanti “ KARYA RINARAS AMBUKA BUDHI, GAPURA MANGESTI ARUMING BAWANA”

Sesanti tersebut bermakana :

KARYA RINARAS AMBUKA BUDHI merupakan tekad Universitas Jember untuk menata diri, selalu kerja selaras, serasi, dan seimbang yang dilandasi iman dan taqwa untuk menerima perkembangan IPTEKS.

GAPURA MANGESTI ARUMING BAWANA merupakan sasaran kinerja Universitas Jember untuk menghasilkan sarjana yang sujana sebagai manusia seutuhnya yang pengabdiannya di masyarakat selalu membawa keharuman bangsa dan Negara, kemakmuran, kesejahteraan, dan perdamaian umat manusia

Selain sesanti tersebut dalam rangka memberikan arah untuk meningkatkan kualitas masukan, proses, dan keluaran secara berkelanjutan, UNEJ telah merumuskan kebijakan mutu akademik. Intisari dari kebijakan mutu akademik tersebut adalah UNEJ akan selalu mengutamakan kualitas (Quality First).

Universitas Jember Kampus Bondowoso resmi memulai perkuliahan pada tahun akademik 2017/2018. Mahasiswa angkatan pertama sebanyak 243 orang yang sebagian besar berasal dari Bondowoso dan daerah sekitarnya. Menempati kampus seluas 9,6 hektar di areal Education Development Center (EDC), Universitas Jember Kampus Bondowoso terus berbenah dengan dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten Bondowoso. Dukungan ini dibuktikan dengan pembangunan gedung perkuliahan tiga lantai dan infrastruktur pendukung lainya. Rencananya, Pemerintah Kabupaten Bondowoso dan daerah sekitarnya sebagai wilayah pendidikan dalam Rencana Tata/Ruang Wilayah (RT/RW) Bondowoso. Pemerintah Kabupaten Bondowoso juga memberikan beasiswa bagi mahasiswa asal Bondowoso yang kuliah diberbagai perguruan tinggi, termasuk Universitas Jember.

Program studi yang dibuka di Universitas Jember Kampus Bondowoso adalah:

  1. Program Studi Agribisnis
  2. Program Studi Ilmu Pertanian Konsentrasi Perkebunan
  3. Program Studi Ekonomi Syariah
  4. Program Studi Akuntansi
  5. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
  6. Program Studi Pendidikan Matematika
  7. Program Studi Peternakan
  8. Program Studi Ilmu Gizi

Image result for kenapa harus masuk Universitas Jember

Biaya Kuliah UNEJ (Universitas Jember) 2018/2019

Biaya Kuliah UKT UNEJ

 

Biaya kuliah Unej – Beasiswa

Pada Semester Gasal Tahun Akademik 2017/2018 jumlah mahasiswa Program Diploma dan Program Strata Satu penerima beasiswa adalah 7.253 (Tujuh Ribu Dua Ratus Lima Puluh Tiga) mahasiswa dengan total dana sebesar Rp. 74.583.300.000,00 (Tujuh Puluh Empat Milyar Lima Ratus Delapan Puluh Tiga Juta Tiga Ratus Ribu Rupiah) yang tersebar pada beasiswa sebagai berikut:

  • Biaya Kuliah UNEJ – Beasiswa PPA
  • Biaya Kuliah UNEJ – Program Bidikmisi
  • Biaya Kuliah UNEJ – Program ADik Papua, Papua Barat, dan Daerah 3T
  • Biaya Kuliah UNEJ- Beasiswa Program Banyuwangi Cerdas
  • Biaya Kuliah UNEJ – Beasiswa Situbondo Unggul
  • Biaya Kuliah UNEJ – Beasiswa Afirmasi Bondowoso
  • Biaya Kuliah UNEJ – Beasiswa Pemkab Jember
  • Biaya Kuliah UNEJ – Beasiswa Kader Surau
  • Biaya Kuliah UNEJ – Beasiswa Bank Indonesia
  • Biaya Kuliah UNEJ – Beasiswa Djarum
  • Biaya Kuliah UNEJ – Beasiswa Mahasiswa Berkarya
  • Biaya Kuliah UNEJ – Beasiswa Fungsionaris

Program Kegiatan

Program Kegiatan Bidang Kemahasiswaan Universitas Jember Tahin 2016

Minat Bakat

  • Peningkatan Kualitas Pembinaan Kegiatan Seni Mahasiswa
  • Peningkatan Kualitas Pembinaan Kegiatan Olahraga Mahasiswa
  • Peningkatan Kualitas Pembinaan Kegiatan Kerohanian
  • Pelatihan Pengelolaan Administrasi UKM / Ormawa
  • Pelatihan Manajemen Pembina UKM / Ormawa
  • Pemilihan Duta Kampus
  • LKMM TD

Penalaran

  • Program Kreativitas Mahasiswa (5 Bidang, AI dan GT)
  • Program Hibah Bina Desa
  • Olimpiade MIPA
  • Lomba Debat Bahasa Inggris (NUDC)
  • Pekan Ilmiah Mahasiswa
  • Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (MAWAPRES)
  • Lomba Karta Tulis Ilmiah
  • Kompetisi Mobil Listrik
  • Kontes Mobil Hemat Energi
  • Pengembangan Teknologi Kendaraan Masa Depan

Program Mahasiswa Wirausaha (PMW)

  • Pelatihan Wirausaha
  • Magang
  • Modal Usaha
  • Pendampingan Wirausaha

Jika kamu sudah menentukan pilihanmu untuk berkuliah di Universitas Jember, tentunya kamu harus mengetahui fakta-fakta lain yang pasti semakin menguatkan tekadmu untuk berkuliah di sana. Apa saja sih Mi fakta yang harus diketahui jika kamu nantinya memilih Universitas Jember sebagai tempat menuntut ilmu? Simak di bawah sini, ya.

Tak Perlu Khawatir Soal Biaya Hidup dan Biaya kuliah Unej

Kabupaten Jember merupakan kabupaten yang terletak di timur Pulau Jawa, tepatnya sebelah barat Kabupaten Banyuwangi. Jika dibandingkan dengan kota lain di Jawa Timur—bahkan di Indonesia—, biaya hidup dan Biaya kuliah Unej di Jember masih tergolong lebih murah. Jember menempati posisi ke-9 sebagai kota dengan biaya hidup dan Biaya kuliah Unej termurah. Lantas, apa contohnya? Nasi kucing di Jember hanya dijual seharga Rp4.000– Rp6.000, sedangkan ayam krispi sejenis kentucky hanya dijual seharga Rp5.000–Rp7.500/porsi.

Tak hanya itu saja, harga sewa kost juga terbilang murah, hanya Rp200.000–Rp300.000/bulan, sudah lengkap dengan fasilitas wi-fi. Terjangkau, bukan? Untuk informasi mengenai kos-kosan atau rumah tinggal, tentunya kamu bisa mencari tahu melalui laman Mamikos. Di sana ada banyak pilihan yang bisa membantumu.

Jika kalian ingin segera berkunjung ke Jember untuk melihat Universitas Jember, kalian bisa memilih tempat penginapan sejenis hotel atau homestay. Urusan harga, kalian tak perlu khawatir karena di Jember ada banyak penginapan dengan harga terjangkau, mulai Rp50.000–Rp190.000/malam untuk kelas menengah ke bawah.

Lantas bagaimana ya dengan kualitasnya? Untuk urusan kualitas, tak perlu diragukan. Meski harganya murah, kualitasnya masih sangat baik.

Tempat Orang Kreatif Berkreasi

Sebagai kota terbaik ketiga se-Provinsi Jawa Timur—setelah Surabaya dan Malang—, ternyata Jember memiliki segudang insan kreatif. Apa saja ya hasil kreativitas mahasiswa Universitas Jember?

– SINOSI

Pada tahun 2013, Mahasiswa Teknik Universitas Jember berhasil menciptakan mobil listrik yang diberi nama SINOSI atau Sing Nomer Siji (yang nomor satu). Artinya, para penciptanya berharap jika mobil tersebut bisa jadi nomor satu di hadapan masyarakat. Di awal peluncurannya, mobil listrik ini memiliki kecepatan 20 km/jam. Saat ini masih dikembangkan lagi agar kecepatan SINOSI bisa meningkat jadi 50 km/jam.

Jika diisi daya penuh, SINOSI dapat berkeliling sejauh 35 km. Menarik, bukan? Karya mahasiswa Teknik Mesin dan Elektro ini berhasil membuktikan bahwa insan Universitas Jember layak bersaing dengan insan-insan dari kampus lain di Indonesia.

– BOKAR

Apakah kamu pernah mendengar istilah JFC atau Jember Fashion Carnaval? Karnaval akbar tahunan itu rutin digelar oleh pemerintah Jember sebagai salah satu ajang pameran budaya khususnya fashion terbesar di Jawa Timur atau bahkan di Indonesia. JFC selalu menyuguhkan tampilan yang apik, unik, dan kreatif sehingga tak mengherankan jika pameran ini terkenal seantero Indonesia bahkan Internasional.

Hal itu dibuktikan dengan banyaknya wisatawan lokal maupun Internasional yang datang saat pameran berlangsung, bahkan sampai fashion designer. Bertolak dari JFC, beberapa mahasiswa Universitas Jember berhasil membuat BOKAR (boneka karnaval). Produk ini adalah boneka miniatur yang dirancang menyerupai model-model JFC, sehingga desain konstumnya mirip dengan kostum model JFC. Jelaslah jika BOKAR dinobatkan sebagai salah satu produk kewirausahaan mahasiswa yang bernilai jual tinggi. Kamu punya jiwa seni dan kreatifitas tinggi? Perlu mencobanya bukan?

– Beras Cadas

Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Jember berhasil menciptakan beras tiruan dari ketela. Beras tersebut diberi nama beras cadas. Beras cadas memiliki banyak keuntungan sebagai pengganti nasi, seperti kandungan bahan di dalamnya bisa dikombinasikan dengan bahan lain agar memiliki daya guna yang lebih optimal. Cara memasaknya pun cukup mudah. Hanya dengan menggunakan penanak nasi elektrik atau manual. Penggunaan ketela sebagai beras tiruan tentu memiliki tingkat kreativitas yang tinggi dan itu dapat kalian temukan di kampusnya insan kreatif, Universitas Jember.

– Titen GX-6

Satu lagi hasil kreativitas mahasiswa Universitas Jember yang harus kamu tahu, yaitu mobil listrik bernama Titen (Tikus Teknik). Mobil listrik ini berhasil menjadi juara umum dalam kontes Mobil Listrik Indonesia ke-6 di Kota Bandung. Mobil ini memiliki desain yang unik, berbeda dengan mobil listrik sebelumnya atau SINOSI.

Pesona Wisata yang Mengundang Datang

Selain biaya hidupnya dan Biaya kuliah Unej  murah dan orang-orangnya yang kreatif, satu lagi  hal yang dapat membius kamu terhadap Jember adalah wisata di Kota Jember yang sangat indah. Sebut saja Papuma, Watu Ulo, Puncak Rembangan, dan Pantai Puger. Di antara keempat tempat wisata tersebut, Rembangan merupakan salah satu tempat wisata yang lokasinya paling dekat dengan Universitas Jember.

Rembangan adalah puncak yang dilengkapi dengan wahana pemandian. Tempat wisata ini hanya berjarak 2 km dari Universitas Jember, sehingga dapat menjadi obat di kala penat. Di sana, kamu tentu dapat menikmati agrowisata perkebunan kopi milik PTPN XII. Jika haus, disediakan pula minuman hasil sapi perah, yaitu susu. Perpaduan antara wisata dan edukasi akan kamu temukan di Puncak Rembangan ini.

Dari tiga paparan di atas, sudah jelas bukan mengapa kamu wajib memilih Universitas Jember sebagai tempat kuliah? Selain menimba ilmu, Jember bisa dijadikan tempat untuk mengeksplorasi keindahan yang sudah Sang Pencipta suguhkan.

Baca juga :  18 Tempat Wisata di Solo Kekinian dan Sedang Hits

Jangan lupa, jika sudah menentukan akan kuliah dimana, kamu juga bisa segera mencari tempat tinggal berupa kos rumah tinggal. Mamikos punya banyak sekali informasi mengenai kos, apartemen atau rumah tinggal yang disewakan dan bisa kamu pilih salah satunya. Soal harga, fasilitas dan lain halnya silakan dipertimbangkan sesuai keinginan.

*Untuk informasi selengkapnya kamu bisa menelusuri laman resmi dari Universitas Jember tersebut dan mengetahui pembaruan terkini.

Baca juga :  10 Universitas Terbaik di Semarang Jawa Tengah

 

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Biaya Kuliah UNEJ

Biaya Kuliah UNEJ