Biaya Kuliah UMY 2020/2021 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

 Mamikos | Ming, 08 Mar 2020

Biaya Kuliah Universitas Muhammadiyah Yogyakarta 2020/2021 – Universitas Muhammadiyah Yogyakarta memiliki filosofis dalam mengenai lambang dari kampusnya. Lambang UMY Berbentuk gambar matahari dengan dua belas sinar yang memancar ke segenap penjuru, dengan warna kuning keemasan, diambil dari lambang Persyarikatan Muhammadiyah. Di tengah-tengah matahari tertulis Muhammadiyah, dengan huruf arab yang berarti pengikut Nabi Muhammad SAW.

Pada lingkaran luar sebelah atas tertulis syahadat tauhid dengan huruf arab: “Asyhadu Anlaa ilaaha illa Allah”, yang artinya “Saya bersaksi bahwasanya tiada Tuhan selain Allah”. Pada lingkaran luar sebelah bawah tertulis syahadat rasul dengan huruf arab: “wa Asyahadu anna Muhammadan Rasulullah”, yang artinya “dan saya bersaksi bahwasanya Muhammad SAW adalah utusan Allah”.

Gambar matahari melambangkan daya vitalitas dan dinamika yang memancar dari dalam dirinya sendiri, yang memberikan kehidupan kepada lainnya. Muhammadiyah mentamsilkan dirinya sebagaimana matahari yang akan memancarkan sinar kehidupan rohani, yang intinya terletak dalam dua kalimat syahadat kepada siapapun yang di temuinya (Al-Anfal:24). Dua belas sinar matahari melambangkan semangat kaum Hawary, yaitu dua belas sahabat Nabi Isa AS yang senantiasa siap berjuang demi kemuliaan Agama Islam. Muhammadiyah mentamsilkan dirinya sebagai kaum Hawary yang memiliki semangat juang yang sangat tinggi untuk melaksanakan dakwah Islam Amar ma’ruf nahi munkar di mana dan kapanpun juga dengan dilandasi motivasi semata-mata mencari keridlaan Allah SWT (As-Shaff:14).

Berikut Biaya Kuliah Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Image result for muhammadiyah yogyakarta

Lambang Matahari dijadikan inti lambang Universitas sekaligus memberikan penegasan bahwa UMY merupakan salah satu amal usaha Muhammadiya berdiri dibawah panji-panji Persyarikatan Muhammadiyah dan oleh karena itu seluruh nafas, gerak dan aktifitasnya senantiasa wajib diselaraskan dengan keyakinan dan cita-cita hidup Muhammadiyah. Padi dan kapas yang melingkari matahari melambangkan kesejahteraan dan kemakmuran. UMY merupakan lembaga pendidikan tinggi yang didirikan oleh Persyarikatan Muhammadiyah, bertujuan untuk terwujudnya sarjana muslim berakhalq mulia, yaitu cendikiawan yang siap mengemban misi selaku khalifah Allah di atas bumi, yang tugas utamanya mengupayakan terwujudnya kehidupan masyarakat yang makmur sejahtera.

Lima kelopak bunga yang melingkar melambangkan Pancasila sebagai dasar dan falsafah negara Republik Indonesia. dan sekaligus melambangkan dinul islam yang ditegakkan di atas lima prinsip. Diluar padi dan kapas tertulis secara melingkar Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Seluruh lambang berada di atas warna dasar hijau daun, melambangkan sifat kesabaran, ketelitian dan keihlasan, artinya bahwa dalam melaksanakan tugas utamanya seluruh unsur yang terlibat di dalam universitas harus dilandasi dengan prinsip kesabaran, ketelitian dan keihlasan semata-mata mencari Ridla Allah SWT.

1. Tujuan Umum

  1. Menguasai, mengembangkan dan mengamalkan ilmu pengetahuan dan Teknologi yang dijiwai oleh nilai kemanusiaan, akhlakul karimah dan etika yang bersumber pada ajaran Islam serta memupuk ke-Ikhlasan, melaksanakan amar ma’ruf nahi munkar yang relevan dengan kebutuhan pembangunan bangsa.
  2. Menghasilkan penelitian dan karya ilmiah yang menjadi rujukan pada tingkat nasional dan internasional.
  3. Menghasilkan penelitian dan karya Ilmiah yang menjadi rujuan pada tingkat nasional dan internasional.
  4. Mengembangkan kehidupan masyarakat akademik yang ditopang oleh nilai-nilai Islam yang menjunjung tinggi kebenaran, keadilan, kejujuran, kesungguhan dan tanggap terhaddap perubahan.
  5. Menciptakan iklim akademik yang dapat menumbuhkan pemikiran-pemikiran terbuka, kritis-konstruktif dan inovatif.
  6. Menyediakan sistem layanan yang memuaskan bagi pemangku kepentingan/stakeholders.
  7. Menyediakan Sumberdaya dan potensi universitas yang dapat diakses oleh pergururan tinggi, lembaga-lembaga pemerintah swasta, industri, dan masyarakat luas untuk mendudkung upaya-upaya pengembangan bidang agama Islam, sosial, ekonomi, politik, hukum, teknologi, kesehatan dan budaya di Indonesia.
  8. Mengembangkan jaringan kerjasama dengan berbagai institusi nasional maupun internasional untuk memajukan pendidikan, penelitian, manajemen dan pelayanan.
  9. Menghasilkan lulusan yang memiliki integritas kepribadian dan moralitas yang islami dalam konteks kehidupan individual maupun sosial.

Untuk yang sedang mencari info mengenai biaya dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, dan ingin tahu apa saja rincian dan pritilan yang dibutuhkan, maka tepat rasanya kamu membaca isi artikel satu ini. Semoga dapat menjawab rasa penasaranmu, ya.

2. Biaya Kuliah

*Dilansir dari https://www.umy.ac.id/pendaftaran/biaya-kuliah

3. Deskripsi Beasiswa Jalur Prestasi

Beasiswa Jalur Prestasi adalah suatu program bantuan biaya pendidikan yang diberikan oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta kepada calon mahasiswa baru yang diterima melalui Jalur Penerimaan Berdasar Minat dan Kemampuan (PMDK), Jalur Penerimaan Siswa Berprestasi (PSB), dan Jalur Penerimaan Bibit Unggul Persyarikatan (PBUP). Beasiswa Jalur Prestasi akan diberikan kepada calon mahasiswa baru yang lulus seleksi dengan peringkat 1, 2, dan 3 dengan rincian sebagai berikut :

Peringkat 1 :

  1. Bebas Dana Pengembangan Pendidikan (DPP) Tahun Pertama
  2. Bebas Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan (SPP) tetap dan variabel Tahun Pertama

Peringkat 2 :

  1. Bebas Dana Pengembangan Pendidikan (DPP) Semester Pertama
  2. Bebas Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan (SPP) tetap dan variabel Semester Pertama

Peringkat 3 :  

Bebas Dana Pengembangan Pendidikan (DPP) Semester Pertama

4. Program Studi  Beasiswa Jalur Prestasi

Beasiswa Jalur Prestasi diberikan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta per tahun yang dibagi ke dalam tiga tahap sesuai dengan jadwal penerimaan mahasiswa baru. Beasiswa ini diperuntukan untuk program studi :

  1. Teknik Sipil (S1)
  2. Teknik Elektro (S1)
  3. Teknik Mesin (S1)
  4. Teknologi Informasi (S1)
  5. Agroteknologi (S1)
  6. Agribisnis (S1)
  7. Manajemen (S1)
  8. Akuntansi (S1)
  9. Ilmu Ekonomi (S1)
  10. Ilmu Hubungan Internasional (S1)
  11. Ilmu Pemerintahan (S1)
  12. Ilmu Komunikasi (S1)
  13. Ilmu Hukum (S1)
  14. Komunikasi dan Konseling Islam (S1)
  15. Pendidikan Agama Islam (S1)
  16. Ekonomi dan Perbankan Islam (S1)
  17. Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
  18. Pendidikan Bahasa Arab (S1)
  19. Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
  20. Teknik Elektromedik (D3)
  21. Teknik Mesin Otomotif (D3)
  22. Akuntansi Terapan (D3)

5. Persyaratan Pendaftaran

  1. Siswa SMA/SMK/MA/MAK dan sederajat yang lulus pada tahun 2020
  2. Mengisi formulir pendaftaran dengan lengkap
  3. Melengkapi formulir dengan melampirkan :
  • Fotocopy raport SMA/SMK/MA/MAK kelas X – XII (semester 1 s/d 5) yang dilegalisir (khusus Jalur PMDK, PSB, PBUP)
  • Pas foto hitam putih ukuran 3×4 sebanyak 1 lembar (ditempelkan pada formulir)
  • Fotocopy sertifikat bukti prestasi non akademik
  • Surat rekomendasi Pimpinan Muhammadiyah setempat (khusus Jalur PBUP)
  • Surat keterangan aktif sebagai pengurus dari pimpinan organisasi (khusus Jalur PBUP)
  • Fotocopy kartu anggota organisasi (khusus Jalur PBUP)
  1. Formulir pendaftaran bisa didownload di situs resmi UMY.
  2. Berkas dikirm ke Biro Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Yogyakarta secara langsung atau via pos (perorangan / kolektif)

6. Deskripsi Beasiswa Bidikmisi

Beasiswa Bidikmisi merupakan bantuan biaya pendidikan dari pemerintah Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan bekerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta bagi calon mahasiswa yang tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik yang baik. Program ini diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sejak tahun 2012.

Bantuan biaya pendidikan diberikan sejak calon mahasiswa dinyatakan diterima di perguruan tinggi selama 8 semester untuk program sarjana (S1). Beasiswa ini berupa pembebasan dari seluruh biaya pendidikan selama di perguruan tinggi. Selain itu, mahasiswa penerima beasiswa juga menerima bantuan uang saku untuk biaya hidup yang diterimanya setiap 3 bulan sekali.

Persyaratan Calon Penerima

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Siswa SMA/SMK/MA/MAK dan sederajat lulus pada tahun ajaran 2020/2021 dan 2019/2020
  3. Belum pernah ditetapkan sebagai penerima beasiswa Bidikmisi di Perguruan Tinggi penyelengara Bidikmisi di tahun ajaran sebelumnya.
  4. Usia paling tinggi pada saat mendaftar adalah 21 tahun
  5. Pendaftar memilih salah satu program studi di UMY yang masuk dalam kuota Bidikmisi
  6. Tidak mampu secara ekonomi dengan kriteria sebagai berikut :
  • Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali (suami istri) sebesar-besarnya Rp 4.000.000,- per bulan. Pendapatan yang dimaksud meliputi seluruh penghasilan yang diperoleh. Untuk pekerjaan non formal/informal pendapatan yang dimaksud adalah rata-rata penghasilan per bulan dalam satu tahun terakhir.
  • Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga sebesar-besarnya Rp 750.000,-setiap bulannya.
  1. Pendidikan orangtua/wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4
  2. Berpotensi akademik baik, yaitu direkomendasikan sekolah.

Setelah dinyatakan lolos seleksi berkas, yang bersangkutan datang ke Kampus Terpadu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Jl. Lingkar Selatan Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta dengan membawa berkas yang diminta.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: