Biaya Kuliah Universitas Negeri Semarang (UNNES) 2020/2021

 Mamikos | Sab, 04 Jan 2020

Biaya Kuliah UNNES – Setelah lulus SMA, beberapa siswa merasa bingung apakah harus lanjut kuliah atau tidak. Karena sudah banyak opini diluar sana yang menyatakan bahwa kesuksesan tidak mengharuskan kita kuliah. Padahal dengan kuliah kamu akan dilatih untuk berpikir lebih kritis terhadap suatu hal yang nantinya akan berguna ketika kamu sudah memasuki dunia kerja.

Dengan melanjutkan pendidikan ke jenjang kuliah, kamu juga akan dibekali ilmu untuk menjalani usaha, baik dari segi perencanaan, pelaksanaan, hingga hitung-hitungan keuntungan. Setelah mengetahui seberapa pentingnya kuliah, kini kamu tak perlu ragu lagi bukan untuk melanjutkan pendidikanmu ke jenjang perguruan tinggi?

Biaya Kuliah Universitas Negeri Semarang (UNNES) 2020/2021

Perguruan Tinggi sendiri dibagi menjadi 2 yakni Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Di antara Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS), memang Perguruan Tinggi Negeri (PTN) lah yang paling mendominasi dipilih oleh siswa-siswa lulusan SMA yang ingin melanjutkan pendidikannya.

Banyak calon mahasiswa yang memutuskan untuk memilih masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ketimbang Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dikarenakan masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) lebih bergengsi dibanding Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Hal yang mendasari bahwa PTN lebih bergengsi dari PTS adalah dari segi proses masuk dan proses seleksi yang begitu susah dan ketat.

Bagi para pejuang yang pernah mengikuti proses masuk dan seleksi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pasti merasakan betapa susahnya untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) itu. Dimulai dengan mengikuti jalur SNMPTN, kalau gagal berlanjut dengan mengikuti proses SBMPTN, dan jika SNMPTN dan SBMPTN masih gagal pilihan untuk tetap bisa masuk PTN adalah mengikuti jalur mandiri, serta jika semua jalur gagal keputusan terakhirnya adalah ikut lagi di tahun depan.

Masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) itu susah karena calon peserta didiknya banyak dan bangku peserta yang diterima sangatlah terbatas. Dengan begitu mereka berbondong-bondong untuk merebut kursi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang tersedia. Yang berhasil masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) termasuk orang hebat, keren, dan beruntung.

Biaya Kuliah UNNES

Diantara sekian banyak Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang ada di Indonesia, Universitas Negeri Semarang atau yang biasa disapa UNNES ternyata juga cukup banyak peminatnya. Memiliki kampus utama yang berlokasi di Jl. Taman Siswa, Sekaran, Gunung Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah, Universitas Negeri Semarang (UNNES) dulunya sering disebut dengan nama IKIP Semarang. Perguruan tinggi yang satu ini juga disebut-sebut sebagai pelopor lembaga pendidikan tinggi di Provinsi Jawa Tengah setara dengan beberapa kampus yang juga ada di Provinsi tersebut yakni Universitas Sebelas Maret dan Universitas Diponegoro.

Sampai saat ini, Universitas Negeri Semarang (UNNES) telah menyelenggarakan sembilan fakultas antara lain Fakultas Ekonomi, Fakultas Pendidikan, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Bahasa dan Seni, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Matematika dan IPA, Fakultas Hukum dan Program Pascasarjana.

Sebelum menjadi Universitas Negeri Semarang, Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang menduduki peringkat ke-22 sebagai Universitas terbaik di Indonesia ini dulunya merupakan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Semarang. Status perubahan dari IKIP Semarang menjadi UNNES ini terjadi pada tahun 1999 dengan diterbitkannya Keputusan Presiden Nomor 124 tahun 1999 tentang perubahan IKIP Semarang.

Hingga saat ini, Universitas Negeri Semarang (UNNES) memiliki 4 gedung kampus di lokasi yang berbeda-beda. Sebelum kamu mendaftarkan diri sebagai mahasiswa baru di kampus ini, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu lokasi kampus-kampus Universitas Negeri Semarang (UNNES) ini. Berikut Mamikos berikan info lebih jelasnya.

Kampus UNNES Sekaran

Kampus UNNES yang berada di wilayah Sekaran ini merupakan kampus utama, terletak di Kelurahan Sekaran, Gunungpati, Kota Semarang. Kampus ini dipergunakan untuk kegiatan belajar mengajar jenjang D3 dan S1 (kecuali program studi PGSD yang diselenggarakan di kampus Ngaliyan dan Tegal).

Perpustakaan Pusat Universitas Negeri Semarang (UNNES) juga terletak di sini. Selain itu terdapat pula berbagai fasilitas lain seperti Pusat Administrasi Universitas, Pusat Kegiatan Mahasiswa, gymnasium, stadion, asrama, dan lain-lain.

Kampus UNNES Bendan Ngisor

Kampus Bendan Ngisor terletak di Sampangan, Gajahmungkur merupakan kampus untuk program pascasarjana.

Kampus UNNES Ngaliyan

Kampus Ngaliyan terletak di Karanganyar, Ngaliyan merupakan kampus khusus prodi PGSD. Kampus ini diperuntukkan untuk mahasiswa PGSD yang berasal dari wilayah Jawa Tengah bagian timur.

Kampus UNNES Tegal

Kampus Tegal terletak di Kemandungan, kota Tegal merupakan kampus khusus program studi PGSD. Kampus ini diperuntukkan untuk mahasiswa PGSD yang berasal dari wilayah Jawa Tengah bagian barat.

agi kamu yang ingin mendaftarkan diri sebagai calon mahasiswa di Universitas Negeri Semarang (UNNES), perlu kamu ketahui bahwa ada 2 jalur seleksi yang bisa kamu ikuti. Kedua jalur seleksi ini yakni jalur seleksi nasional dan jalur seleksi mandiri.

Untuk jalur seleksi nasional sendiri terdiri dari jalur SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dan SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Sedangkan, untuk jalur mandiri UNNES diperuntukkan bagi jenjang D3, S1, S2, S2, Profesi, dan mahasiswa transfer.

Apabila kamu sudah mendaftarkan diri di Universitas Negeri Semarang (UNNES) melalui salah satu jalur yang disebutkan sebelumnya, kini kamu tinggal menunggu pengumuman kelulusan. Ketika pengumuman kelulusan telah tiba, kamu bisa mengecek hasilnya di situs resmi Universitas Negeri Semarang (UNNES).

Dan apabila kamu sudah dinyatakan lulus sebagai calon mahasiswa Universitas Negeri Semarang (UNNES), selanjutnya kamu harus melakukan pendaftaran ulang. Ketika melakukan pendaftaran ulang, nantinya ada beberapa data yang harus kamu isi. Salah satunya yang terpenting adalah penghasilan dari orang tua.

Mengapa data penghasilan orang tua ini bisa dikategorikan sebagai data yang penting? Hal ini dikarenakan data inilah yang akan menentukan besaran biaya kuliah UNNES yang harus kamu bayarkan nantinya. Perlu diketahui bahwa biaya kuliah UNNES ini telah menggunakan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) sama seperti Perguruan Tinggi Negeri lainnya.

Ini berarti besaran biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang harus dibayar oleh setiap calon mahasiswa akan berdasarkan pada tingkat kemampuan penghasilan dari calon mahasiswa terkait bukan dilihat berdasarkan jalur masuk Universitas Negeri Jakarta. Jika penghasilan orang tua kamu tergolong cukup besar, maka nantinya Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang harus kamu bayarkan pun nominalnya cukup besar pula. Dan sebaliknya, jika penghasilan orang tua kamu tergolong rendah maka besaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang kamu bayarkan nantinya juga cukup kecil pula.

Jika kamu berasal dari keluarga yang kurang mampu dari segi ekonomi, maka kamu bisa mengajukan diri untuk mengikuti seleksi Bidikmisi. Nantinya ketika kamu diterima melalui jalur Bidikmisi, baik itu Bidikmisi jalur SNMPTN, Bidikmisi jalur SBMPTN, atau Bidikmisi jalur mandiri, maka nantinya biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) akan ditanggung sepenuhnya oleh Pemerintah selama masa studi normal.

Perlu diketahui bahwa Uang Kuliah Tunggal (UKT) di Universitas Negeri Semarang (UNNES) sendiri mencakup seluruh biaya kegiatan akademik selama mahasiswa tersebut menempuh masa studi, yakni Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Praktik Kerja Lapangan (PKL), Kuliah Kerja Nyata (KKN), dan wisuda.

Jadi, kamu pun tidak perlu menambah biaya lainnya untuk kegiatan-kegiatan yang sudah disebutkan sebelumnya. Berikut Mamikos berikan daftar Uang Kuliah Tunggal (UKT) Universitas Negeri Semarang (UNNES) Tahun Ajaran 2020/2021 dari yang terendah hingga tertinggi.

Jika dilihat dari tabel Uang Kuliah Tunggal (UKT) diatas, perlu diketahui bahwa Biaya kuliah Unnes UKT I hanya diperuntukkan bagi mahasiswa penerima program Bidikmisi. Kemudian untuk Biaya kuliah Unnes UKT II diperuntukkan bagi mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu yang tidak menerima program Bidikmisi. Dan untuk Biaya kuliah Unnes Uang Kuliah Tunggal (UKT) lainnya diperuntukkan bagi mahasiswa yang berasal dari keluarga mampu dengan variasi jumlah penghasilan.

Apabila kamu merasa bahwa Biaya kuliah Unnes Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang kamu terima begitu besar dan tidak sesuai dengan keadaan ekonomi keluarga kamu, maka kamu pun dapat mengajukan penurunan Bidikmisi. Untuk informasi lebih jelasnya lagi, kamu bisa datang langsung ke bagian kemahasiswaan Universitas Negeri Semarang (UNNES).

Setelah mengetahui dari tabel Biaya kuliah Unnes Uang Kuliah Tunggal (UKT) terendah hingga tertinggi, berikut Mamikos juga berikan informasi terkait biaya kuliah UNNES Tahun Ajaran 2020/2021 sesuai dengan pilihan program studi yang diambil.

Sebagai informasi tambahan, apabila kamu gagal dalam mengikuti SNMPTN 2020 maka kamu masih bisa mengikuti SBMPTN 2020 untuk bisa masuk ke Universitas Negeri Semarang (UNNES). Akan tetapi jika kamu gagal dalam SNMPTN 2020 dan SBMPTN 2020 tak perlu terlalu bersedih karena kamu pun masih bisa memilih untuk mengikuti jalur mandiri agar bisa mengenyam pendidikan di Universitas Negeri Semarang (UNNES).

Seleksi Jalur Mandiri di Universitas Negeri Semarang (UNNES) secara umum telah ditentukan oleh pihak kampus sendiri, mengenai standar calon mahasiswa yang akan diterima atau ditolak, tentunya juga berbeda dibanding dengan jalur seleksi seperti SNMPTN dan SBMPTN. Untuk mengikuti seleksi masuk jalur mandiri ini calon mahasiswa Universitas Negeri Semarang (UNNES) bisa mendaftarkan diri melalui laman website resmi Universitas Negeri Semarang (UNNES) di http://penerimaan.unnes.ac.id/.

Nah, itu tadi adalah ulasan sepuar biaya pendidikan yang harus kamu bayarkan bagi seluruh calon mahasiswa baru Universitas Negeri Semarang (UNNES) tahun ajaran 2020/2021. Demikian informasi yang dapat Mamikos berikan tentang biaya kuliah Universitas Negeri Semarang (UNNES), semoga informasi tersebut bermanfaat bagi kamu yang akan kuliah di Universitas Negeri Semarang (UNNES).

Jangan lupa untuk sekalian mencari referensi kost dekat UNNES Semarang Murah, kost Semarang Murah, sewa apartemen di Semarang murah sebegai referensi hunian sementara ketika kamu sudah resmi akan merantau dan mengenyam pendidikan di Universitas Negeri Semarang (UNNES). Dan untuk informasi lebihnya lagi kamu bisa berkunjung ke situs Mamikos untuk mendapatkan informasi ter-update dan informasi menarik lainnya. Dan jangan lupa pula download aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih praktis lagi. Temukan pula informasi seputar lowongan kerja, kost-kostan, serta sewa apartemen hanya di Mamikos.