Biaya Poltekkes Bandung 2019/2020 Terlengkap

 Mamikos | Kam, 18 Okt 2018

Biaya Poltekkes Bandung 2019/2020 – Bandung memiliki banyak hal yang menjadi daya tariknya tersendiri. Sudah rahasia umum kalau perguruan tinggi di Bandung itu keren-keren. ITB, Unpad, UPI adalah perguruan tinggi negeri sekaligus pabrik yang paling banyak mencetak orang-orang penting di negeri ini. Tapi jangan salah. Universitas Swasta juga tidak kalah keren dengan yang Negei. Telkom, Unikom, Unisba, Unpar, Unpas, ISBI dan masih banyak perguruan tinggi lainnya di Bandung yang meluluskan orang-orang hebat.

Kota di Indonesia yang iklimnya sejuk memang tidak hanya satu. Tapi di Bandung bukan saja kotanya yang sejuk, tapi orang-orangnya yang ramah membuat hati ikutan menjadi sejuk. Mungkin karena alasan itu M.A.W Brouwer menyebutkan bahwa bumi Pasundan lahir ketika Tuhan sedang tersenyum. Kota Bandung dapat dikatakan sebagai kota yang melahirkan banyak industri kreatif.

Hal tersebut pula yang kemudian membuat Bandung menjadi kota yang selalu dijadikan tujuan berwisata bahkan menempuh pendidikan. Kali ini kita akan membahas tentang Poltekkes Bandung. Politeknik Kesehatan Kemenkes Bandung (Poltekkes Bandung) adalah salah satu institusi pendidikan tinggi kesehatan negeri yang merupakan Unit Pelayanan Teknis di bawah Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan (PPSDMKes) Kementerian Kesehatan RI.

Poltekkes Bandung merupakan penggabungan dari 12  akademi Kesehatan di Jawa Barat, yaitu: Akademi Analis Kesehatan (AAK) Cimahi, Akademi Gizi (AKZI) Cimahi, Akademi Kebidanan (AKBID) Bandung, Akademi Kebidanan (AKBID) Bogor, Akademi Kebidanan (AKBID) Karawang,  Akademi Kebidanan (AKBID) Rangkasbitung, Akademi Kesehatan Gigi (AKG) Bandung, Akademi Kesehatan Lingkungan (AKL) Bandung, Akademi Keperawatan (AKPER) Otten Bandung, Akademi Keperawatan (AKPER) Pajajaran Bandung, Akademi Keperawatan (AKPER) Bogor dan Akademi Keperawatan (AKPER) Tangerang.

Kemudian melalui Surat Keputusan Menteri Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial RI Nomor: 298/MENKES-KESSOS/SK/IV/2001 tanggal 16 April 2001, kedua belas akademi kesehatan tadi menjadi Politeknik Kesehatan Depkes Bandung, yang terdiri dari Jurusan Analis Kesehatan Cimahi, Jurusan Gizi Cimahi, Jurusan Kebidanan Bandung, Jurusan Kebidanan Bogor, Jurusan Kebidanan Karawang, Jurusan Kebidanan Rangkasbitung, Jurusan Kesehatan Gigi Bandung, Jurusan Keperawatan Bandung (gabungan Akademi Keperawatan (AKPER) Otten Bandung dan Akademi Keperawatan (AKPER) Pajajaran Bandung), Jurusan Keperawatan Bogor, Jurusan Keperawatan Tangerang, Jurusan Kesehatan Lingkungan. Operasional pelaksanaan pendidikan tinggi Politeknik Kesehatan Depkes Bandung secara resmi setelah Direktur Poltekkes Bandung drg. Sri Artini, M.Pd dilantik pada tanggal 4 Maret 2002 melalui Surat Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor : KP.04.04.4.2.876 tanggal 27 Februari 2002. Hari Jadi Politeknik Kesehatan Bandung ditetapkan pada tanggal 4 Bulan Maret Tahun 2002 sesuai dengan Surat Keputusan Direktur Politeknik Kesehatan Bandung No. H.K.02.03.1.1.1491 tanggal 31 Desember 2002. Kantor Pengelola Direktorat berlokasi di Jalan Prof. Eyckman No. 24 Bandung.

Pada tahun 2009 melalui Surat Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 499/KMK.05/2009 tentang Penetapan Politeknik Kesehatan Bandung pada Departemen Kesehatan sebagai Instansi Pemerintah yang menerapkan Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum, maka Poltekkes Depkes Bandung menyelenggarakan layanan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan pendekatan pengelolaan keuangan BLU. Kemudian seiring dengan perubahan nama kelembagaan dari Departemen Kesehatan menjadi Kementerian Kesehatan, melalui surat Sekretariat Jenderal Kementerian Kesehatan RI Nomor TU 05.02/II/II/1535/2010, tanggal 18 Februari 2010 tentang Perubahan Nomenklatur Departemen Kesehatan RI menjadi Kementerian Kesehatan RI, maka Politeknik Kesehatan Bandung mengalami perubahan menjadi Politeknik Kesehatan Kemenkes Bandung.

Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 1988/MENKES/PER/IX/2011 tanggal 27 September 2011 tentang Perubahan Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Kesehatan, yang menetakan bahwa Prodi Keperawatan Tangerang, Prodi Kebidanan Rangkasbitung dan Prodi Analis Tangerang berubah menjadi Poltekkes Kemenkes Banten. Pada tahun yang sama, Poltekkes Kemenkes Bandung mendirikan Jurusan Farmasi, sehingga jumlah seluruh jurusan menjadi tujuh (7) dengan tiga belas (13) program studi. Mulai tahun 2012, Direktorat Poltekkes Kemenkes Bandung pindah menempati gedung baru di Jalan Pajajaran Nomor 56 Bandung di area seluas 12.170 m2.

Politeknik Kesehatan Kemenkes Bandung melalui Surat Keputusan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 355/E/O/2012 Tanggal 10 Oktober 2012 tentang Alih Bina Penyelenggaraan Program Studi pada Politeknik Kesehatan dari Kemenkes ke Kemendikbud, dalam menyelenggarakan pendidikan tinggi di Politeknik Kesehatan Kemenkes Bandung mengacu pada peraturan yang berlaku di Perguruan Tinggi secara nasional, dengan pembinaan secara teknis akademik berada di bawah Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi.

Pada tahun 2016, melalui Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor : 7/KPT/I/2016 tanggal 19 Januari 2016 dibuka Program Studi Promosi Kesehatan Diploma 4 pada Politeknik Kesehatan Kemenkes Bandung di Kota Bandung, sehingga Jurusan di Politeknik Kemenkes Bandung menjadi delapan.

Saat ini, pengelola di Direktorat Politeknik Kesehatan Kemenkes Bandung adalah Direktur, Pembantu Direktur I, II, III, Kasubbag Administrasi Umum, Keuangan dan Kepegawaian, Kasubbag Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan, Satuan Pengawas Internal, Unit Penjaminan Mutu, Unit Perencanaan dan Evaluasi, Unit Penelitian & Pengabdian Masyarakat, Unit Perpustakaan, Unit Pengembangan Pendidikan Profesi Kesehatan (P3K), Unit Bisnis, Unit Asrama, Unit Sistem Informasi / IT, Unit Laboratorium, Unit Layanan & Pengadaan, Urusan Administrasi Akademik, Urusan Administrasi Kemahasiswaan, Urusan Umum, Pemeliharaan & Perbaikan, Urusan Keuangan, urusan Kepegawaian, Urusan Barang Milik Negara (BMN).

Politeknik Kesehatan Kemenkes Bandung alias Poltekkes Bandung merupakan salah satu perguruan tinggi kesehatan negeri yang berada di bawah naungan Kementerian Kesehatan RI. Poltekkes Bandung sendiri adalah gabungan dari 12 akademi kesehatan di kawasan Jawa Barat yang diresmikan sejak tahun 2001 silam. Poltekkes Bandung memiliki beragam pilihan jurusan mulai dari Analis Kesehatan Cimahi, Gizi Cimahi, Kebidanan Bandung, Kebidanan Bogor, Kebidanan Karawang, Kebidanan Rangkasbitung, Kesehatan Gigi Bandung, Keperawatan Bandung, Keperawatan Bogor, Keperawatan Tangerang, Kesehatan Lingkungan, hingga yang baru dibuka tahun 2016 lalu adalah program studi Promosi Kesehatan.

Jenjang pendidikan yang ditawarkan di Poltekkes Bandung pun bervariasi, terdiri dari Diploma III (D3) dan Diploma IV (D4). Untuk biaya kuliahnya, nominalnya berbeda untuk setiap program studi dan juga jenjangnya. Di tahun akademik 2018/2019, Poltekkes belum memberikan informasi terbaru mengenai biayanya. Sebagai gambaran, berikut akan disajikan rincian biaya tahun sebelumnya.

Related image

Biaya Poltekkes Bandung 2019/2020 Terlengkap

Program Studi Jenjang Biaya Kuliah Per Semester
Biaya Poltekkes Bandung – Analis Kesehatan Diploma III Rp 4.400.000
Diploma IV Rp 4.420.000
Biaya Poltekkes Bandung – Gizi Diploma III Rp 4.400.000
Diploma IV Rp 5.500.000
Biaya Poltekkes Bandung – Kesehatan Lingkungan Diploma III Rp 3.175.000
Diploma IV Rp 3.700.000
Biaya Poltekkes Bandung – Keperawatan Bandung Diploma III Rp 4.600.000
Biaya Poltekkes Bandung – Keperawatan Bogor Diploma III Rp 4.600.000
Biaya Poltekkes Bandung – Kebidanan Bandung Diploma III Rp 6.170.000
Biaya Poltekkes Bandung – Kebidanan Karawang Diploma III Rp 6.170.000
Biaya Poltekkes Bandung – Keperawatan Gigi Diploma III Rp 3.500.000
Biaya Poltekkes Bandung – Farmasi Diploma III Rp 4.400.000
Biaya Poltekkes Bandung – Promosi Kesehatan Diploma IV *Biaya ditentukan kemudian

 

Jurusan Yang Bisa Diambil jalur PMDP Poltekkes Bandung

Pada tahun 2017 ini untuk informasi yang dapat mengikuti pendaftaran PMDP ini yaitu dari SMA jurusan IPA, MA/SMA Aliyah dan mata pelajaran yang akan dinilai adalah Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan Biologi, pendaftaran pemilihan jurusan yang tersedia untuk pendaftaran jalur PMDP ini di Politeknik Kesehatan Bandung adalah jurusan sebagai berikut:

1. Diploma III (D-III)

  1. Analis Kesehatan Bandung
  2. Farmasi Bandung
  3. Gizi Bandung
  4. Kebidanan Karawang
  5. Kebidanan Bogor
  6. Keperawatan Bogor, Keperawatan Bandung
  7. Keperawatan Gigi Bandung 
  8. Kesehatan Lingkungan Bandung

2. Diploma IV (D-IV)

  1. Analis Kesehatan Bandung
  2. Gizi Bandung
  3. Kesehatan Lingkungan Bandung
  4. Promosi Kesehatan

 

Syarat Pendaftaran Poltekkes Bandung

  1. Membayar uang pendaftaran sebesar Rp 100.000 melalui teller, ATM, atau internet banking BNI.
  2. Berbadan sehat dan tidak buta warna.
  3. Siswa/siswi yang akan lulus di tahun 2018.
  4. Jalur PMDP khusus untuk SMA dan MA.
  5. Tinggi minimal laki-laki 150 cm dan perempuan 145 cm.
  6. Khusus peminat jurusan Kebidanan tinggi minimal perempuan 150 cm.
  7. Khusus peminat jurusan Keperawatan tinggi minimal laki-laki 155 cm dan perempuan 150 cm.
  8. Nilai rapor SMA dari semester 1 sampai 5 dengan nilai lebih dari atau sama dengan 75.
  9. Nilai 4 mata pelajaran (Matematika, Biologi, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris) wajib lebih dari atau sama dengan 75.

Visi & Misi

Visi

Menjadi Perguruan Tinggi Kesehatan yang Berorientasi pada Keunggulan Lulusan di Indonesia Tahun 2020.

Misi

Guna mewujudkan pencapaian visi Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Bandung, dijabarkan dalam misi Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Bandung tahun 2015 – 2019 sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan, pembelajaran dan kemahasiswaan yang berkualitas dengan memanfaatkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) bidang kesehatan.
  2. Menyelenggarakan penelitian terapan bidang kesehatan dan pengabdian pada masyarakat dengan meningkatkan kerjasama dengan pemerintah, industri dan Perguruan Tinggi baik nasional maupun internasional.
  3. Meningkatkan kualitas sumberdaya dan manajemen perguruan tinggi berdasarkan prinsip tata kelola yang baik.
  4. Mengembangkan program studi dalam rangka memenuhi tuntutan perkembangan pelayanan kesehatan.

Politeknik Kesehatan Kemenkes Bandung

Jl. Pajajaran No. 56, Bandung, 40171, Jawa Barat
Telp: (022) 4231627
Fax: (022) 4231640
Email: [email protected]

Jangan lupa, jika sudah menentukan akan kuliah dimana, kamu juga bisa segera mencari tempat tinggal berupa kos rumah tinggal. Mamikos punya banyak sekali informasi mengenai kos, apartemen atau rumah tinggal yang disewakan dan bisa kamu pilih salah satunya. Soal harga, fasilitas dan lain halnya silakan dipertimbangkan sesuai keinginan.

*Untuk informasi selengkapnya kamu bisa menelusuri laman resmi dari Poltekkes Kemenkes Bandung dan mengetahui pembaruan terkini.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Biaya Poltekkes Bandung

Biaya Poltekkes Bandung