Biaya, Syarat & Jadwal SMUP Mandiri Unpad 2021/2022

Posted in: Pendaftaran PTN

Biaya, Syarat & Jadwal SMUP Mandiri Unpad 2021/2022 – Universitas Padjadjaran atau disingkat UNPAD merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang ada di Indonesia. Universitas ini sudah berdiri selama 64 tahun sejak tahun 1957. Sepanjang waktu waktu tersebut UNPAD berhasil menjadi salah satu universitas bergengsi yang diperhitungkan kualitasnya. Banyak siswa/siswi lulusan SMA/SMK dari berbagai daerah ingin melanjutkan pendidikan di universitas ini. Apakah kamu salah satunya?

SMUP Mandiri UNPAD 2021/2022

news.okezone.com

Seberapa besar keinginanmu untuk berkuliah di Universitas Padjadjaran? Seleksi masuk SMNPTN telah berlalu. Jika tidak lulus seleksi tersebut, kamu bisa mengikuti seleksi berikutnya, yaitu UTBK SBMPTN. Tidak hanya sampai disitu saja, Universitas yang memiliki 16 fakultas ini juga memberikan kesempatan kepada putra/putri Indonesia untuk bergabung menjadi bagian dari UNPAD melalui jalur mandiri yang lebih dikenal dengans sebutan SMUP. 

Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP) adalah jalur penerimaan mahasiswa baru yang diadakan secara mandiri oleh Universitas Padjadjaran (UNPAD) untuk menyeleksi calon mahasiswa baru. SMUP dapat disebut juga jalur mandiri UNPAD. Program yang dibuka melalui jalur SMUP Mandiri UNPAD 2021/2022 adalah program diploma, program sarjana, program pascasarjana,dan program spesialis dan profesi. 

Pada kesempatan kali ini Mamikos akan membagikan informasi terkait program sarjana (S1) secara lengkap di bawah ini. 

Persyaratan Pendaftaran SMUP Mandiri UNPAD 2021/2022 Untuk Program Sarjana

  1. Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Lulusan SMA/MA/SMK Tahun 2019, 2020, atau 2021.

Jadwal Pendaftaran SMUP mandiri  UNPAD 2021/2022

  1. Pengumuman pembukaan Jalur Mandiri: 15 Maret 2021
  2. Pendaftaran dan Pembayaran biaya seleksi: 5 Mei – 8 Juni 2021 (15.00 WIB)
  3. Masa isi data dan unggah dokumen:5 Mei – 8 Juni 2021 (15.00 WIB)
  4. Simulasi ujian: 24 Juni 2021 (jadwal lengkap akan disampaikan melalui SMS)
  5. Pelaksanaan ujian seleksi: 26 Juni 2021
  6. Pengumuman: 2 Juli 2021

Ketentuan Pendaftaran SMUP Mandiri UNPAD 2021/2022

  1. Pendaftar dapat memilih maksimal 2 (dua) program studi.
  2. Pendaftar hanya dapat memilih salah satu dari tiga skema pendaftaran dan seleksi, yaitu:
    • Skema 1: Peserta hanya menggunakan nilai ujian SMUP UNPAD (untuk siswa lulusan tahun 2019, 2020, 2021)
    • Skema 2: Peserta hanya menggunakan nilai UTBK 2021
    • Skema 3: Peserta menggunakan nilai UTBK 2021 dan nilai SMUP UNPAD (seleksi berdasarkan nilai tertinggi)
  3. Ujian SMUP UNPAD  akan dilaksanakan secara daring yang dapat diikuti dari rumah masing-masing peserta pada tanggal 26 Juni 2021.

Alur  Pendaftaran SMUP Mandiri UNPAD 2021/2022

  1. Peserta akses ke laman pendaftaran.unpad.ac.id untuk melakukan sign-up ke portal peserta SMUP. Data yang dibutuhkan adalah:
    1. Nama, nomor ponsel, alamat email, Nomor Induk Kependudukan (NIK), tanggal lahir, dan alamat domisili
    2. Mengisikan “Password” yang diinginkan untuk login ke portal peserta SMUP. (Password harap diingat, karena akan selalu digunakan untuk setiap mengakses/login ke laman portal peserta SMUP).
  2. Peserta login kembali ke laman pendaftaran(pendaftaran.unpad.ac.id)dengan menggunakan alamat email dan Password yang telah dibuat pada saat sign-up (Point 1).
  3. Melakukan pengisian form pendaftaran secara online. Untuk mempercepat proses pengisian Biodata online sebaiknya calon peserta sudah mempersiapkan: 
    1. Identitas pribadi
    2. Data keluarga
    3. Asal sekolah
    4. Data penghasilan orang tua
  4. Pengisian Biodata hanya diizinkan SATU KALI saja, dan tidak diberikan fasilitas untuk melakukan perubahan/perbaikan (EDIT) isian Biodata terhadap data yang sudah diisikan secara online.
  5. Peserta memilih jenjang pendaftaran.
  6. Peserta memilih kelompok ujian (soshum, saintek).
  7. Peserta memilih program studi yang diinginkan, dalam setiap kelompok ujian dapat memilih dua program studi.
  8. Peserta melakukan konfirmasi terhadap data yang telah diisikan.
  9. Peserta akan memperoleh nomor tagihan biaya seleksi SMUP. Klik tombol “Simpan/Print”, setelah mencetak nomor tagihan tersebut selanjutnya peserta membayar tagihan biaya seleksi ke bank yang ditunjuk. Proses pendaftaran dan memilih prodi dapat dilakukan setelah membayar biaya seleksi.
  10. Simpan dengan baik bukti pembayaran yang dimiliki.
  11. Mohon diperhatikan pada saat pembayaran di Bank melalui teller bank, jelaskan jenjang Sarjana (S1) yang dipilih pada Teller Bank. Periksa kembali jenjang yang dipilih pada bukti pembayaran dari Bank tersebut. Kesalahan dalam pembayaran biaya seleksi menjadi tanggung jawab calon peserta.
  12. Peserta akan mendapatkan tanggal, sesi dan ruang untuk pelaksanaan ujian.
  13. Peserta akan mendapatkan nomor dan kartu peserta ujian. Peserta diharuskan untuk:
    – Mencetak Biodata dan Pernyataan menggunakan kertas ukuran A4.
    – Melengkapi isian Biodata dan Pernyataan tersebut.

Biaya Pendaftaran SMUP Mandiri UNPAD 2021/2022

Peserta harus membayar biaya pendaftaran ke Bank yang ditunjuk UNPAD setelah mencetak nomor tagihan yang diperoleh pada saat pendaftaran online. Sebagai catatan, Uang pendaftaran yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali.

Biaya pendaftaran adalah sebagai berikut:

  1. Skema 1: sebesar Rp. 150.000,
  2. Skema 2: sebesar Rp. 100.000,-
  3. Skema 3: sebesar Rp. 250.000,-

Kriteria Penilaian Ujian SMUP Mandiri UNPAD 2021/2022

Kriteria penilaian untuk Jalur Mandiri UNPAD tahun ajaran 2021/2022, sebagai berikut:

  1. Seleksi terbagi menjadi 2 (dua) Kelompok Ujian, yaitu Sains dan Teknologi (Saintek) serta Sosiohumaniora (Soshum).
  2. Terdapat 2 (dua) tahap seleksi:
    1. Tahap Pertama adalah tahap yang diikuti oleh seluruh pendaftar, adalah ujian dengan sistem Mobile Assisted Testing (MAT) melalui perangkat Android. Tes ini terbagi menjadi dua ujian, yaitu:
      • Tes Kompetensi Skolastik (TKS) untuk menguji Kemampuan Penalaran Umum, Pengetahuan Kuantitatif, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, serta Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis
      • Tes Kompetensi Akademik (TKA) yang mengujikan mata pelajaran yang sesuai dengan kelompok ujian yang dipilih. Kelompok Ujian Saintek menguji mata pelajaran Matematika Saintek, Fisika, Kimia, dan Biologi, sedangkan Kelompok Ujian Soshum menguji mata pelajaran Matematika Soshum, Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi.
    2. Tahap Kedua adalah tahap yang diikuti oleh peserta yang lolos pada Tahap Pertama, di mana jumlah pesertanya hanya sejumlah dua kali dari daya tampung. Seleksi pada tahap ini adalah TOEFL-like dan tes wawancara dengan model Multiple Mini Interview (MMI). Selain itu, terdapat tes khusus yang dilakukan oleh beberapa fakultas tertentu, seperti tes Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMPI) untuk Prodi Kebidanan pada Fakultas Kedokteran serta Tes Kemampuan Berenang untuk Prodi Pariwisata Bahari pada Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK).

Materi Ujian TPS SMUP Mandiri UNPAD 2021/2022

TPS atau Tes Potensi Skolastik adalah tes yang akan digunakan untuk mengukur kemampuan kognitif peserta. Kemampuan kognitif terdiri dari kemampuan penalaran umum, pengetahuan dan pemahaman umum, kemampuan kognitif, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis. Kemampuan penalaran yang dimaksud tersebut adalah kemampuan yang berkembang melalui proses belajar dan transfer ilmu dari pengalaman-pengalaman yang telah didapatkan oleh peserta selama berada di sekolah maupun di luar sekolah.

Demikian informasi tentang pendaftaran SMUP Mandiri Unpad 2021 yang dapat Mamikos bagikan kepadamu. Jika keinginanmu untuk berkuliah di Universitas Padjajaran sangat besar, kamu harus terus berusaha dengan menjalani setiap kesempatan yang diberikan. Lakukan usaha semaksimal yang kamu bisa karena usaha tidak akan menghianati hasil. Selamat berjuang!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta