Pendaftaran Bidikmisi jalur SBMPTN 2019/2020

 Mamikos | Sel, 29 Mei 2018

Pendaftaran Bidikmisi jalur SBMPTN 2019/2020 – Jika sebelumnya Mamikos telah membahas seputar pendaftaran Bidikmisi jalur SNMPTN tahun ajaran 2019/2020. Nah, kali ini untuk melengkapi informasi seputar Bidikmisi, Mamikos juga akan membahas seputar pendaftaran Bidikmisi jalur SBMPTN tahun ajaran 2019/2020. Seperti yang kita ketahui bahwa Bidikmisi merupakan bantuan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik baik untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi pada program studi unggulan sampai lulus tepat waktu.

Bidikmisi ini sendiri diberikan kepada calon mahasiswa kost Jogja murah yang ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri ataupun Perguruan Tinggi Swasta. Untuk bisa menjadi salah satu calon mahasiswa yang mendapatkan Bidikmisi, umumnya kalian harus memiliki prestasi yang cemerlang.

Meskipun demikian, syarat prestasi pada Bidikmisi ditujukan untuk menjamin bahwa penerima Bidikmisi terseleksi dari yang benar-benar mempunyai potensi dan kemauan untuk menyelesaikan pendidikan tinggi meskipun harus merantau dan tinggal di kost Malang murah. Dengan adanya Bidikmisi ini diharapkan dapat meringankan beban biaya pendidikan dan biaya hidup dari seorang mahasiswa dari keluarga yang kurang mampu.

Dan untuk calon mahasiswa kost Surabaya murah yang kurang mampu tetapi memiliki kemampuan dibidang akademik pun tidak perlu berpikir ulang lagi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi dikarenakan adanya bantuan beasiswa pendidikan Bidikmisi ini. Karena biasanya kekurangaan dari segi ekonomi inilah yang membuat seorang anak berpikir ulang untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

Pendaftaran Bidikmisi jalur SBMPTN 2019/2020

Pendaftaran Bidikmisi jalur SBMPTN 2019/2020
 

Jalur penyaluran beasiswa Bidikmisi ini cukup banyak, antara lain ada melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, PMDK-PN, Jalur Mandiri PTN/PTS, Bidikmisi Kampus Keagamaan, dan lain sebagainya. Namun, dalam kesempatan kali ini Mamikos hanya memfokuskan untuk membahas seputar jalur penyaluran beasiswa Bidikmisi melalui jalur SBMPTN saja.

Nah, apasih Bidikmisi Jalur SBMPTN ini? Perlu kamu ketahui bahwa Bidikmisi Jalur SBMPTN ini merupakan Bidikmisi yang hanya diperuntukkan bagi calon peserta SBMPTN yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi saja. Ini berarti dapat disimpulkan bahwa calon peserta yang mendaftar Bidikmisi jalur SBMPTN ini harus benar-benar berasal dari keluarga yang kurang mampu dan memilih jaliur SBMPTN sebagai jalur seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Bagi kalian yang berminat dan ingin mendaftarkan diri mengikuti seleksi Bidikmisi jalur SBMPTN Tahun Ajaran 2019/2020, tentu saja kalian harus memenuhi beberapa persyaratan pendaftaran Bidikmisi dan juga persyaratan pendaftaran SBMPTN terlebih dahulu. Untuk informasi lebih jelasnya lagi, baca informasinya dibawah ini.

• Persyaratan Pendaftaran Bidikmisi Tahun Ajaran 2019/2020

1. Siswa SMA/SMK/MA/MAK atau yang sederajat yang akan lulus pada tahun 2019
2. Lulusan tahun 2018 yang bukan penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di masing-masing perguruan tinggi
3. Usia maksimal saat mendaftar adalah 21 tahun
4. Tidak mampu secara ekonomi dengan kriteria:

  • Siswa penerima Beasiswa Siswa Miskin (BSM) atau Pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan sejenisnya, atau
  • Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali (suami istri) maksimal sebesar Rp3.000.000 per bulan dan atau pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp750.000 setiap bulannya.

5. Pendidikan orangtua/wali setinggi-tingginya S1 (strata 1) atau Diploma 4
6. Memiliki potensi akademik yang baik berdasarkan rekomendasi obyektif dan akurat dari Kepala Sekolah
7. Pendaftar difasilitasi untuk memilih salah satu diantara perguruan tinggi negeri (PTN) atau perguruan tinggi swasta (PTS) dengan ketentuan:

  • Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dengan pilihan seleksi masuk: Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tunggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri PTN.
  • Politeknik, UT, dan ISI
  • PTS sesuai dengan pilihan seleksi masuk

• Persyaratan Pendaftaran dan Penerimaan SBMPTN Tahun Ajaran 2019/2020

a) Pendaftaran

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat atau Paket C tahun 2017 dan 2018 harus memiliki ijazah.
  3. Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat atau Paket C tahun 2019 minimal harus memiliki Surat Keterangan
  4. Lulus (SKL) yang sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang dibubuhi cap/stempel yang sah. Pada proses pendaftaran online, SKL belum diperlukan; tetapi pada saat mengikuti ujian tulis, peserta wajib membawa SKL.
  5. Peserta seleksi memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran pembelajaran di program studinya.

b) Penerimaan
Peserta seleksi lulus pendidikan SMA/SMK/MA atau sederajat atau Paket C, lulus SBMPTN 2019, sehat, dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima.

• Tahapan Pendaftaran Bidikmisi jalur SBMPTN Tahun Ajaran 2019/2020

  • Buka laman http://daftar.bidikmisi.dikti.go.id atau http://bidikmisi.dikti.go.id
  • Pilih menu siswa
  • Login (masukkan nomor pendaftaran dan kode akses, bisa didapatkan dari sekolah yang sudah merekomendasikan)
  • Pilih menu seleksi
  • Pilih tombol Ikuti Seleksi pada kolom SBMPTN (Jika Anda pendaftar SNMPTN, Anda tidak dapat memilih tombol ini sebelum pengumuman SNMPTN)
  • Anda akan mendapatkan KAP dan PIN yang dapat Anda gunakan pada laman pendaftaran SBMPTN di http://sbmptn.or.id
  • Ikuti proses pendaftaran yang ada hingga Anda mencetak kartu peserta SBMPTN.

• Alur Pendaftaran Bidikmisi jalur SBMPTN Tahun Ajaran 2019/2020

  1. Rekomendasi Kepala Sekolah untuk calon peserta Bidikmisi Calon peserta mendaftar Bidikmisi
  2. Calon peserta mendaftar SBMPTN dan mengkonfirmasi sebagai peserta Bidikmisi
  3. Calon peserta mengikuti ujian seleksi SBMPTN, kemudian melihat pengumuman kelulusan
  4. Apabila kamu dinyatakan lulus SBMPTN, maka kamu dapat mengikuti proses berikutnya
  5. Pengumuman kelulusan Bidikmisi jalur SBMPTN dapat dilihat di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tujuan.

• Ketentuan Tambahan Pendaftaran Bidikmisi Jalur SBMPTN Tahun Ajaran 2019/2020

  1. Pendaftaran Bidikmisi dilakukan secara online melalui bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id
  2. Calon peserta penerima Bidikmisi yang dinyatakan memenuhi persyaratan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Personal Indentification Number (PIN) untuk mendaftar SBMPTN 2019 dan tidak harus membayar biaya seleksi.
  3. Calon peserta penerima Bidikmisi yang dinyatakan tidak diterima melalui SNMTPN 2019, dapat menggunakan KAP dan PIN (yang diperoleh dari Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti) untuk mendaftar SBMPTN 2019 tanpa harus membayar biaya seleksi.
  4. Calon peserta penerima Bidikmisi yang telah dinyatakan lulus melalui SNMPTN 2019 dan berkeinginan untuk mendaftar SBMPTN 2019, maka calon peserta harus memperoleh KAP dan PIN baru melalui laman pendaftaran.sbmptn.ac.id. Selanjutnya, calon peserta harus mendaftar SBMPTN 2019 melalui laman pendaftaran.sbmptn.ac.id dengan menggunakan KAP dan PIN baru untuk memperoleh slip pembayaran guna membayar.

Demikian informasi yang bisa Mamikos berikan kepada kalian seputar pendaftaran Bidikmisi jalur SBMPTN Tahun Ajaran 2019/2020. Bagi kalian yang turut mendaftarkan diri mengikuti Bidikmisi jalur SBMPTN tahun ini, Mamikos doakan semoga nanti kalian mendapatkan hasil yang terbaik ya agar kalian bisa melanjutkan pendidikan kalian ke jenjang perguruan tinggi.

Untuk mendapatkan informasi lebih banyak lagi terkait Bidikmisi dan SBMPTN, kalian bisa kunjungi situs Mamikos. Dan download aplikasi Mamikos di Play Store untuk mendapatkan informasi paling updatenya ya!

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: