Bisnis Potensial yang Paling Pas Untuk Ditekuni Mahasiswa

 Mamikos | Rab, 11 Apr 2018

Bisnis Untuk Mahasiswa – Sebagai seorang mahasiswa, apalagi mahasiswa rantau tentu Anda dituntut harus kreatif agar bisa mandiri dan tidak hanya mengandalkan uang jajan dari orangtua saja. Mungkin di pikiran Anda sempat terlintas mengenai bagaimana caranya Anda bisa bisnis mahasiswa tanpa modal tetapi tetap menjalankan kuliah supaya dapat memenuhi kebutuhan Anda yang semakin banyak.

Meskipun Anda masih menjadi tanggungan orangtua dan belum berkeluarga, bukan berarti memiliki penghasilan tambahan adalah sesuatu yang tak bisa diraih. Perlu Anda ketahui bahwa menjalankan sebuah bisnis untuk mahasiswa pemula semasa kuliah tidak hanya dapat menambah uang jajan saja, tetapi juga sebagai modal awal dan pengalaman yang dapat Anda manfaatkan ketika ingin melamar pekerjaan.

Saat ini negara kita memang tengah mengalami bonus demografi, dimana negara kita tengah didominasi oleh banyaknya usia-usia muda. Salah satu usia muda yang mendominasi ini adalah mahasiswa. Bagaimana pun juga Anda harus mengakui bahwa masa depan negara kita ada di tangan para mahasiswa sehingga Anda yang berstatus mahasiswa harus benar-benar memiliki kesiapan yang matang untuk menghadapi masa depan.

Untuk itu Anda tidak hanya harus fokus belajar saja tetapi juga mengembangkan diri di berbagai bidang seperti berwirausaha. Ada banyak contoh bisnis untuk mahasiswa yang bisa potensial dan cocok untuk Anda tekuni. Penasaran? Berikut contoh-contohnya.

Bisnis Untuk Mahasiswa

Bisnis Untuk Mahasiswa
Bisnis Untuk Mahasiswa

Peluang bisnis bagi mahasiswa masih terbuka lebar untuk Anda, terutama jika Anda cermati dengan baik. Meskipun ada banyak bisnis untuk mahasiswa yang menguntungkan, namun Anda harus fokus pada salah satu saja misalnya bisnis online untuk mahasiswa atau bisnis rumahan untuk mahasiswa. Kedua contoh tersebut hanya contoh bisnis kreatif mahasiswa yang mudah untuk Anda tekuni. Masih bingung untuk menentukan bisnis yang cocok dan potensial bagi Anda? Berikut ada beberapa contoh bisnis potensial yang cocok untuk ditekuni oleh mahasiswa.

1. Bisnis Online Shop

Anda boleh cukup bersyukur karena hidup di era serba digital, karena kemajuan ini membawa keuntungan cukup banyak bagi Anda salah satunya untuk urusan berbisnis. Menjalankan bisnis online shop cukup populer ditekuni oleh para mahasiswa yang ingin mejalankan bisnis mahasiswa tanpa modal. Bisnis ini juga dikategorikan sebagai bisnis untuk mahasiswa pemula dan bisnis anak kuliah modal kecil.

Dengan membuka online shop, Anda bisa menjual berbagai macam produk seperti pakaian, makanan, minuman, jasa, dan lainnya. Anda pun bisa memanfaatkan sejumlah forum jual beli online yang menawarkan Anda kemudahan untuk melakukan transaksi di dunia maya.

Jika Anda mencari bisnis online untuk mahasiswa tanpa modal, Anda bisa membuka online shop dengan menjadi seorang dropship. Bisnis menjadi seorang dropship ini cukup dikenal sebagai bisnis untuk mahasiswa yang menguntungkan dan merupakan salah satu contoh bisnis kreatif mahasiswa.

Tak hanya menjadi dropship saja, Anda juga bisa menjadi seorang reseller atau pun lainnya. Namun perlu diingat, bahwa menjadi seorang reseller membutuhkan modal karena Anda diharuskan memiliki barang atau produk yang nyata untuk diperjual-belikan kepada konsumen.

2. Bisnis Kursus Private


Menjalankan bisnis kursus private bisa menjadi salah satu pilihan Anda mencari uang jajan tambahan. Selain tidak memerlukan modal yang besar, menjalankan bisnis ini juga dapat membantu Anda untuk mengasah otak dan keterampilan khusus yang Anda miliki. Sebagai contoh, jika Anda mahir berbahasa Inggris maka Anda bisa mencari siswa untuk les privat di rumah.

Biasanya les private di rumah ini lebih diminati oleh para siswa taman kanak-kanak hingga siswa yang duduk di bangku SMA. Untuk manajemen les privat juga tidak begitu rumit karena Anda hanya berhubungan langsung dengan orangtua siswa saja.

Anda bisa bertanya kepada teman yang telah memiliki pengalaman sebelumnya menjadi guru les private terkait cara membuka les privat bahasa inggris. Umumnya untuk membuka les private ini Anda tidak membutuhkan proposal usaha les privat, melainkan Anda butuh mencari cara promosi les privat saja.

Perlu Anda ketahui bahwa les private Bahasa Inggris memang paling banyak dominan dicaria oleh para orang tua siswa. Sehingga Anda pun tak perlu khawatir lagi untuk mencari siswa yang akan Anda berikan private nantinya.

3. Bisnis Catering untuk Mahasiswa


Kehidupan mahasiswa di kampus tentu tidak akan terlepas dari belenggu tugas, presentasi, ujian, dan kegiatan organisasi. Anda pun bisa mengambil peluang kesibukan ini untuk membuka suatu bisnis yang menjanjikan untuk Anda. Salah satu bisnis yang bisa Anda jalankan dengan adanya peluang ini adalah dengan membuka bisnis atau usaha katering. Keuntungan usaha catering nantinya tentu bisa menambah uang saku dan Anda pun bisa membeli beragam kebutuhan Anda yang sempat tertunda.

Anda pun bisa memulai bisnis Anda dengan menjalankan bisnis catering makan siang, usaha catering box atau usaha catering rantangan. Tak hanya itu saja, Anda pun bisa menawarkan usaha catering kantoran bagi para dosen yang bekerja di kampus Anda. Namun perlu diingat bahwa menjalankan bisnis catering ini juga ada tantangannya. Apa saja tantangannya? Tantangan usaha catering yang paling pertama harus Anda hadapi adalah menciptakan menu-menu sehat yang berbeda di setiap harinya agar pelanggan Anda tidak bosan.

4. Bisnis Tiketing Online untuk Mahasiswa


Mungkin bisnis untuk mahasiswa yang menguntungkan selanjutnya ini sudah cukup sering Anda dengar yakni menjual tiket secara online. Anda bisa mendaftarkan diri di berbagai website jual-beli tiket seperti tiket pesawat, tiket kereta api untuk memulai bisnis mahasiswa tanpa modal. Nantinya Anda pun bisa menjual tiket tersebut via online atau membuka sebuah kantor travel (biro perjalanan) kecil.

Bisnis ticketing online ini merupakan salah satu usaha yang cocok bagi mahasiswa dan contoh bisnis kreatif mahasiswa. Selain menjual tiket pesawat atau kereta api, Anda juga bisa menjalankan bisnis untuk mahasiswa pemula yang satu ini dengan menjual pulsa listrik, token PLN, atau pulsa PDAM.

5. Bisnis Jual Beli Barang Bekas untuk Mahasiswa


Anda memiliki barang-barang yang sudah tidak digunakan di kosan atau rumah Anda? Jika iya, mungkin barang-barang tersebut bisa Anda manfaatkan untuk memulai bisnis baru Anda. Bisnis jual beli barang bekas ini termasuk bisnis mahasiswa tanpa modal serta bisnis online untuk mahasiswa. Anda bisa menjual barang-barang bekas tersebut di beberapa situs jual-beli online terpercaya.

Salah satu contoh bisnis kreatif mahasiswa yang satu ini bisa Anda terapkan kapan pun, asalkan barang-barang bekas yang Anda miliki masih memiliki kualitas bagus dan ada harganya. Barang-barang bekas ini bisa berbentuk pakaian bekas, sepatu bekas, handphone bekas, laptop bekas, tas bekas, buku-buku bekas, televisi bekas, dan barang-barang lainnya yang masih bisa digunakan atau difungsikan dengan baik.

6. Bisnis Membuat Website untuk Mahasiswa


Bagi Anda yang kuliah di bidang informatika, membuat sebuah website bukanlah suatu hal yang sulit bukan? Anda bisa memanfaatkan kemampuan Anda ini untuk membuka bisnis mahasiswa tanpa modal. Bagaimana caranya? Anda bisa menawarkan jasa pembuatan website kepada beberapa pihak yang membutuhkan.

Usaha sampingan mahasiswa yang satu ini cukup menjanjikan dan terbilang bisnis untuk mahasiswa yang menguntungkan karena ada banyak perorangan hingga perusahaan yang kerap mencari jasa pembuatan website instansi dan organisasi mereka.

Apabila Anda memiliki kemampuan untuk membuat sebuah toko online, maka itu akan lebih menjanjikan lagi dan akan menjadi bisnis online untuk mahasiswa yang sangat menjanjikan. Untuk masalah bayaran tak perlu khawatir karena nominalnya tentu terbilang cukup besar. Jika tertarik, Anda bisa mencari klien di ads.id, fjb.kaskus.co.id dan forum-forum lainnya yang ada di internet.

7. Bisnis Jasa Printing untuk Mahasiswa


Bisnis untuk mahasiswa yang menguntungkan selanjutnya adalah dengan membuka jasa printing. Bisnis ini sangat cocok untuk Anda yang sedang mencari bisnis untuk mahasiswa pemula. Hanya dengan bermodalkan sebuah printer (Rp300.000-Rp1.000.000) saja, Anda sudah bisa membuka jasa printing di dekat kost-kostan atau pun kampus Anda. Bisnis rumahan untuk mahasiswa yang satu ini cukup menjanjikan mengingat ada banyak mahasiswa di luar sana yang setiap harinya membutuhkan mesin print untuk mencetak semua tugas mereka.

8. Bisnis Install Ulang untuk Mahasiswa

Anda memiliki keahlian di bidang software? Manfaatkan keahlian Anda tersebut untuk membuka sebuah bisnis untuk mahasiswa yang menguntungkan. Anda bisa membuka bisnis install ulang laptop bagi mereka yang bermasalah dengan laptopnya. Contoh bisnis kreatif mahasiswa yang satu ini termasuk dalam kategori bisnis mahasiswa tanpa modal, Anda hanya membutuhkan beberapa software yang ada di internet, CD, dan driver laptop. Kebanyakan pengguna jasa install ulang ini adalah para mahasiswa yang tidak mau repot otak-atik laptop atau pun komputernya.

Bagaimana? Ada banyak pilihan bukan untuk Anda mendapatkan uang jajan tambahan? Berbisnis ternyata tidak harus memiliki modal uang saja, dengan memiliki modal skill Anda pun sudah dapat membuka sebua bisnis yang menguntungkan. Itu tadi ada 8 pilihan bisnis potensial yang paling pas untuk ditekuni oleh mahasiswa. Jangan lupa untuk selalu berkunjung ke situs Mamikos untuk mendapatkan informasi ter-update dan informasi menarik lainnya, dan download aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih praktis lagi. Temukan pula informasi seputar lowongan kerja, kost-kostan, serta sewa apartemen hanya di Mamikos.

Klik dan dapatkan info yang Anda butuhkan hanya di Mamikos:

Kunjungi mamikos.com untuk mendapatkan informasi lowongan kerja terbaru di seluruh kota di Indonesia

kost-apartemen-jual-beli-online-lowongan-kerja

Download Aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah disini