7 Cara Ampuh Hidup Hemat Ala Anak Kost di Perantauan. Kamu Wajib Tahu!

Posted on Posted in Info Kost, Mahasiswa, Seputar Anak Kost, Seputar Mahasiswa

7 Cara Ampuh Hidup Hemat Ala Anak Kost di Perantauan. Kamu Wajib Tahu! – Baru mulai merantau? Atau sudah lama jadi anak rantau tapi uang selalu sudah habis di pertengahan bulan? Maka dari itu kamu butuh inspirasi cara hidup hemat anak kost atau perantauan.  Harus diakui bahwa merantau bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, tapi tidak perlu diambil pusing juga karena ada banyak sekali cara supaya kamu bisa bertahan tinggal di perantauan. Bagi yang baru belajar hidup jauh dari orang tua,  mungkin akan sedikit kaget karena segala yang akan kamu lakukan kini mulai serba sendiri. Kalau biasanya di rumah banyak yang bisa kamu lakukan dan kerjakan,  kini di kost hanya beberapa kegiatan yang bisa dikerjakan.  Kamu juga tidak bisa selalu mengandalkan orang tua maupun saudara serumah lagi.

7 Cara Ampuh Hidup Hemat Ala Anak Kost di Perantauan. Kamu Wajib Tahu!

Merantau keluar daerah juga bisa jadi tantangan tersendiri.  Santai dan dibuat semenyenangkan mungkin saja. Bayangkan kamu akan mempunyai teman-teman baru dan juga pengalaman-pengalaman seru.  Tapi kini kamu juga harus mulai mencari cara hidup hemat anak kost atau perantauan ala kamu sendiri.

Sekarang anak kost terlihat lebih mandiri dan dewasa, ini bisa menjadi poin plus kalau nanti kamu ketemu calon mertua atau saat akan mencari pekerjaan lho.  Tapi tahukah kamu kalau mengatur keuangan saat kuliah jauh dari orang tua adalah hal yang sulit? Kalau tidak mau membuat orang tua repot,  kamu harus belajar mengatur keuangan sebaik mungkin.  Meski tinggal di kota metropolitan seperti jakarta dengan gaya hidup yang modern dan cukup mahal,  tetap saja keuangan harus kamu atur sehemat mungkin. Begitu pula dengan di daerah-daeraj yang biaya hidupnya sangat murah. Akan lebih bagus lagi jika kamu bisa mencari lowongan kerja freelance atau lowongan kerja part time untuk menambah pemasukan.  Sudah ada info terbaru seputar lowongan kerja di situs mamikos, yuk langsung buka saja.

Cara Menghemat Uang Ala Anak Kost

Sebagai anak rantau biasanya kita selalu kalap mata dan tergiur dengan jajanan,  diskon dan barang-barang yang ada di minimarket. Padahal nanti kalau di akhir bulan pasti bingung cara memutar uang sebelum dapat kiriman.  Akhirnya harus minta orang tua juga.  Wah,  masa kamu mau bergantung terus sih sama orang tua?  Daripada terus jadi beban,  kamu bisa kok memanfaatkan sebaik mungkin uang yang dikirim orang tua.  Oke,  kali ini kita akan membahas cara menabung dan cara hemat ala anak kost. Yuk, langsung disimak!

 

  • Buat Daftar Belanja Bulanan

Sekarang kamu sudah mulai tinggal sendiri, jadi barang yang akan kamu beli juga untuk diri kamu sendiri, tidak dibagi dengan satu keluarga. Biasanya pasti mama yang beli dan kamu tinggal pakai, begitu seterusnya. Tapi di tempat kost? Tidak mungkin ibu kost mau beliin kamu barang untuk kebutuhan sehari-hari kan? Ayo, mulai belajar untuk mengatr barang yang kamu butuhkan sehari-hari. Setiap awal bulan atau akhir bulan, coba pikirkan barang-barang yang memang kamu perlukan. Sebelum belanja buatlah daftar belanjaan setiap bulan sebut saja jadi daftar belanja bulana anak kost. Ingat, barang yang harus kamu beli hanya yang ada dicatatan saja ya. Kemudian usahakan tidak usah bawa trolly yang besar karena takutnya kamu malah kalap mata dan masukin semua yang menurut kamu menarik padahal nggak butuh banget.

Ya, pisahkan barang yang benar-benar penting. Kalau bisa cari yang beli satu gratis satu atau diskon. Eits, bukan berarti semua barang diskonan harus kamu beli ya. Kalau pengen beli yang nggak penting tapi lucu gimana? Masukin ke wish list dulu saja, nanti kalau sudah dapat uang kiriman dan ternyata uang bulan kemarin masih barulah dibeli. Belajar hidup prihatin dulu nggak papa ya.

  • Buat Tabel Pengeluaran Anak Kost

Hmm cara ini juga terbukti ampuh untuk menghemat pengeluaran kamu setiap bulan lho. Dengan begini kamu jadi lebih mudah dalam menggunakan uang. Baik untuk belanja bulanan, untuk makan maupun untuk jalan sama teman-teman. Kamu juga bisa melihat untuk apa uang yang kamu keluarkan dalam sebulan ini. Apakah untuk hal yang penting atau tidak, jadi kamu bisa koreksi pengeluaran setiap bulan. Kebanyakan anak rantau yang sudah lama merantau tidak pernah memikirkan cara ini, jadi uang cepat habis karena selalu mengalir keluar. Jangan sampai kamu begini!

  • Punya Sahabat yang Bukan Anak Kost

Carila sahabat yang memang rumahnya ada di daerah kamu tinggal, bukan anak perantauan juga. Bukan maksudnya pilih-pilih teman, tapi kalau punya sahabat seperti ini kamu juga bisa hemat makan atau ongkos transportasi. Pertama kamu bisa sesekali minta makan sama dia atau nebeng ke kantor dan ke kampus kan kalau uang lagi mepet? Kamu juga bisa minta bantuan ke dia kalau kamu butuh sesuatu yang mendesak atau sedang kesepian saat semua teman kost pulang kampung. Namun, jangan jadi merepotkan juga. Artinya kalau tidak benar-benar mendesak ya tidak perlu menyusahkan atau minta bantuan dia. Sahabat itu baik kok, jadi tanpa kamu minta kalau dia tahu kamu anak kost yang kelaparan pasti dikasih makan. Hehe!

  • Beli bahan Makan Sendiri

Usahakan untuk tidak selalu beli makanan dari luar karena ini akan membuat pengeluaran jadi membengkak. Coba hitung berapa kali kamu makan dalam sehari? Tiga kali? Sekali makan pasti lebih dari 5ribu? Duh, jadi dalam sehari kamu sudah mengeluarkan lebih dari 25ribu untuk makan. Sayang banget kan kalau padahal kamu bisa menyiasatinya dengan memasak sendiri di kost. Kalau tidak ada dapur ya minimal kamu bawa magic com supaya bisa masak nasi sendiri. Lumayan juga untuk masak mie di tengah malam saat lapar. Bisa berhemat dan lebih praktis itu mudah kan?

  • Cari Barang yang Minimalis

Cara hidup hemat anak kost atau perantauan yang perlu kamu lakukan selanjutnya adalah membeli barang-barang yang minimalis. Seperti shampoo sachet, sabun batangan, deodorant sachet dan sebagainya. Dengan begini kamu tidak akan menggunakannya terlalu banyak karena takut akan cepat habis. Harganya juga lebih murah dan biasanya banyak promo untuk kebutuhan-kebutuhan seperti ini. Kalau punya teman sekamar bisa juga join beberapa barang atau patungan untuk membeli perlengkapan sehari-hari. Lebih hemat!

  • Sering-sering Jalan Kaki

Nah, kalau mau hemat kamu bisa jalan kaki kalau ada keperluan ke tempat yang dekat. Selain lebih sehat kamu juga tidak perlu keluar ongkos untuk transportasi. Bisa juga dengan mencari kost yang letaknya dekat dengan kampus, atau cari teman kost yang searah biar bisa nebeng. Lumayan kalau setiap minggu kamu bisa hemat bayar transportasi minimal 15ribu bisa buat makan atau menabung. Atau kamu bisa bawa sepeda ontel supaya tidak memerlukan uang bensin.

  • Nabung Awal Bulan

Ini sangat penting ya! Berusahalah untuk menyisihkan uang bulanan setelah mendapat gaji atau kiriman dari orang tua. Kenapa di awal bulan? Biasanya di awal bulan kamu akan merasa kaya lalu kadang beli banyak barang, makanya uang selalu habis sebelum gajian atau dapat kiriman lagi. Ini cara untuk menyiasatinya, selain itu kalau di akhir bulan kamu memerlukan uang untuk kebutuhan mendesak kamu tidak perlu lagi bingung dan harus minta orang tua. Kalau memang hobi belanja, kamu bisa belanja di akhir bulan. Enak juga yah kalau di akhir bulan bisa belanja banyak barang?

  • Bekerja Paruh Waktu

Kalau semua cara sudah kamu coba tapi masih belum berhasil, cobalah untuk mencari lowongan kerja freelance atau kerja part time. Kalau kamu sudah bekerja ya coba saja untuk cari kerja freelance yang bisa kamu kerjakan dari kost dan tidak terpacu oleh waktu bekerja. Sekarang kan banyak lowongan kerja freelance Jakarta, lowongan kerja part time malang, lowongan kerja freelance jogja dan juga daerah-daerah lainnya. Kerja paruh waktu bisa nambah uang jajan dan nggak bikin kamu kekeringan saat akhir bulan karena punya banyak tabungan dan dapat pemasukan dari pihak lain. Syukur-syukur bisa bantu bayar kuliah, jadi lebih meringankan beban orang tua.

Oke, itu tadi adalah beberapa cara hidup hemat anak kost ala mamikos. Semoga bisa membantu kamu dalam mengatur keuangan selama kamu merantau jauh dari keluarga tersayang. Pastolan juga kamu akan melakukannya setiap bulan supaya bisa hidup super hemat ala kamu sendiri. Untuk info dan tips menarik seputar anak kost, anak mahasiswa atau lowongan kerja bisa langsung dibuka saja website Mamikos atau download dari google playstore.

Baca juga :  10 Lowongan Kerja Bekasi Berikut Wajib Kamu Ketahui

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

7  Cara Ampuh Hidup Hemat Ala Anak Kost di Perantauan. Kamu Wajib Tahu!

7  Cara Ampuh Hidup Hemat Ala Anak Kost di Perantauan. Kamu Wajib Tahu!