Cara Hitung Diskon dengan Mudah dan Praktis + Contoh Pembahasan

Cara Hitung Diskon dengan Mudah dan Praktis + Contoh Pembahasan – Berbelanja adalah hal yang mengasyikan bagi sebagian besar orang, apalagi kalau mendapat diskon, bukan begitu? Selain dapat menghemat pengeluaran, diskon juga memberi kesenangan tersendiri bagi orang-orang yang berbelanja. 

Hitung Diskon dengan Mudah

pixabay.com

Diskon bukanlah hal yang sulit didapatkan terutama pada musim-musim tertentu, contohnya momen Bulan Ramadhan menjelang Hari Raya Idul Fitri seperti sekarang ini. Berbagai toko, baik di pusat perbelanjaan maupun toko online di marketplace juga menawarkan banyak diskon untuk produk-produk yang ditawarkan. 

Namun, ternyata ada orang yang skeptis dan tidak tergiur dengan diskon. Loh, kok bisa? Ya, menurut mereka tidak semua diskon benar-benar memberikan keuntungan bagi pembeli. Diskon 50%, Diskon 70% terlihat sangat menarik, tapi bisa jadi kamu membayar dengan harga yang tidak jauh berbeda dengan harga normalnya. 

Nah, untuk itu jangan mudah tergiur dengan diskon-diskon besar. Ketika menginginkan suatu barang diskon, sebaiknya kamu hitung dulu agar benar-benar memberi keuntungan. Bagaimana cara hitung diskon? Yuk, belajar bersama Mamikos. 

Apa itu Diskon?

Buat kamu yang masih belum memahami sebenarnya apa yang dimaksud atau disebut dengan diskon, maka Mamikos akan coba mengulasnya di awal artikel kita. Jadi, sederhananya diskon merupakan sebuah potongan harga yang diberikan penjual supaya pembeli semakin tertarik untuk melirik dan membeli produk mereka.

Untuk diskon yang diberikan para penjual pun bermacam-macam dan biasanya akan mengikuti situasi atau momen yang sedang berlangsung saat itu. Diskon juga bisa diartikan sebagai pengurangan harga suatu produk atau layanan spesial dari harga umum.

Biasanya diskon akan diberikan dengan mengurangi harga asli dari suatu produk setelah sebelumnya penjual memotong dari harga kotornya atau total keseluruhan. Hingga kemudian pembeli yang hanya akan membayar produk tersebut dengan harga bersih setelah pemotongan harga.

Penjelasan Diskon Menurut Para Pakar

Berikut ini adalah beberapa penjelasan diskon menurut beberapa pakar yang perlu kamu tahu diantaranya adalah:

Menurut Tjiptono

Tjiptono menerangkan bahwa sesungguhnya diskon merupakan suatu potongan harga yang akan diberikan oleh pihak penjual pada pembeli sebagai bentuk penghargaan sebab telah melakukan aktivitas tertentu yang dilakukan pembeli dan dapat menguntungkan atau menyenangkan pihak penjual.

Menurut Suhardi Sigit

Sementara diskon menurut Suhardi Sigit merupakan suatu pengurangan harga yang telah ditetapkan sebab pihak pembeli mampu untuk memenuhi beberapa syarat tertentu yang telah ditetapkan oleh pihak penjual.

Menurut Kotler

Kemudian menurut Kotler diskon adalah suatu penyesuaian harga dasar untuk memberikan sebuah penghargaan kepada pelanggan atau sebuah reaksi tertentu seperti jika pelanggan melakukan pembayaran tagihan lebih awal, melakukan pembelian jumlah tertentu, dan lain sebagainya.

Beberapa Keuntungan Dari Diskon atau Potongan Harga

Diskon pun mengandung beberapa keuntungan yang pastinya akan membuat customer atau pelanggan berbahagia. Apa saja keuntungan yang akan dirasakan oleh pelanggan tersebut? Penjelasan dari keuntungan diskon tersebut sudah Mamikos rangkum sebagai berikut.

1. Menarik Minat Pelanggan

Keuntungan atau keunggulan diskon yang pertama adalah dapat menarik lebih banyak interest atau minat pelanggan pada produk yang dijual. Hal tersebut dikarenakan ada kecenderungan seseorang akan melihat-lihat terlebih dahulu sebelum membeli suatu produk. Makanya mereka akan jadi tertarik untuk bertanya mengenai produk tersebut dan tak sabar untuk membelinya.

2. Membantu Mengurangi Penyimpanan Produk di Gudang

Bagi beberapa penjual, barang yang belum terjual biasanya akan mereka simpan dalam ruang penyimpanan. Jika mereka memberikan diskon, otomatis penyimpanan tersebut akan jauh lebih luas.

Sebab beberapa produk yang kena diskon akan maju disimpan di etalase depan dan dipajang. Maka dengan demikian, ruang penyimpanan jadi lebih luas dan semakin kosong. Hal ini menguntungkan apalagi jika produk itu tidak akan dijual lagi.

3. Meningkatkan Reputasi Bisnis

Bisnis yang berani menawarkan sebuah potongan harga alias diskon akan dengan mudah meningkatkan reputasinya. Hal tersebut dikarenakan bisnis tersebut akan menolong orang yang tengah kesulitan keuangan sehingga lebih mudah untuk membeli produk atau barang yang sedang dibutuhkan.

Dengan adanya diskon tersebut, maka dapat membuat semacam citra bahwa suatu bisnis atau toko tersebut tengah membantu perekonomian.

4. Meningkatkan Penjualan

Dengan adanya diskon maka dapat menarik lebih banyak orang untuk membeli. Sederhananya, toko tersebut akan mempunyai lebih banyak pembeli. Hal tersebut juga mengandung pertanda bahwa jika semula orang hanya hendak melihat-lihat maka kini mereka ingin ikut membeli. Maka penjualan pun bisa meningkat.

5. Dapat Memenuhi Target Penjualan

Di setiap bisnis ada yang namanya target penjualan. Entah secara harian, per minggu, per bulan, trimester, semester hingga target tahunan. Oleh sebab itu jika suatu bisnis atau toko menawarkan sebuah potongan harga alias diskon, maka bisa membantu bisnis semakin berkembang dan bahkan memenuhi target penjualan yang sudah dirancang.

1. Cara Hitung Diskon Paling Umum

Misalnya, sebuah toko perlengkapan alat masak memberi diskon 30% untuk barang-barang yang dimulai dengan harga Rp.150.000. Berapa biaya yang harus kamu bayarkan jika harga satu set piring yang kamu beli adalah Rp300.000?

Pertama, kamu harus menghitung 30% dari Rp300.000
=30% x 300.000
= 30/100 x 300.000
= 90.000

Kedua, Kurangi harga barang dengan potongan yang diberikan
= 300.000 – 90.000
= 210.000

Jadi, biaya yang harus kamu keluarkan untuk membeli satu set piring adalah Rp210.000. Cara hitung diskon di atas cukup mudah untuk besaran besaran harga yang mudah seperti  Rp100.000, Rp200.000, dan sebagainya. Namun, untuk besaran harga yang sedikit komplek, cara diatas cukup panjang untuk dilakukan. Kita lanjut ke cara yang lebih mudah, yuk. 

2. Cara Hitung Diskon Mudah dan Praktis

Masih menggunakan contoh kasus diatas, berapa biaya yang harus kamu bayarkan jika harga satu set piring yang kamu beli adalah Rp300.000? Cara berikut akan lebih cepat:

Pertama, kurang 100% dengan diskon yang ditawarkan:
Berarti, 100% – 30% = 70%

Kemudian kalikan dengan harga:
= 70% x 300.000
= 70/100 x 300.000
= 210,000

Bagaimana, teman-teman? Cara hitung diskon ini lebih mudah, bukan? Kamu tidak perlu mengalikan sampai dua kali. Masih ada cara lainnya, lanjut belajar lagi, ya. 

3. Cara Hitung Diskon Ganda

Apa itu diskon ganda? Contoh diskon ganda adalah 50%+20%. Namun, bukan berarti satu set piring yang akan kamu beli adakan diskon 70%, ya. Piring yang kamu beli akan di diskon 50% terlebih dahulu, kemudian, hasilnya akan di diskon lagi sebesar 20%. 

Kita hitung diskon ini dengan cara kedua di atas agar lebih cepat

1. 50/100 x 300.000 = 150.000
2. 20/100 x 300.000 = 60.000

Selesai

Jadi, biaya yang harus kamu bayarkan untuk membeli satu set piring dengan diskon 50%+20% adalah Rp90.000

4. Cara Hitung Diskon Up to

Biasanya banyak orang yang mudah tergiur dengan diskon up to, nih. Diskon up 80%, berarti barang-barang yang dijual pada suatu toko memiliki diskon yang bervariasi, ada yang 20%, 30%, 50%, dan yang paling tinggi adalah 800%.  

Dalam hal ini kamu harus hati-hati dan benar-benar memastikan diskon barang yang ingin kamu beli. Biasanya barang yang mendapat disko terbesar adalah tidak banyak. Sekali lagi, diskon adalah cara untuk menarik pembeli. Cara hitung diskon up to sama saja dengan cara yang sudah dijelaskan diatas, kok. 

5. Cara Menghitung Buy…Get…

Promo yang satu ini cukup mudah untuk dihitung. Caranya, kamu hanya perlu mengalikan harga barang dengan jumlah barang yang didapat. Kemudian, hasilnya dikurangi dengan harga yang wajib dibayar. 

Misalnya, Kamu mendapat diskon buy 1 get 1 free untuk pembelian jaket denim. Harga yang harus kamu bayarkan adalah Rp200.000 untuk promosi tersebut. 

Cara hitung diskon promo ini adalah 200.000 (harga barang)x2(jumlah barang)= 400.000.Jadi diskon yang didapat adalah 400.000-200.000=200,000 atau 50% dari total harga 2 jaket denim.

Bagaimana dengan promo Buy  2 Get 1 Free?  Nah, cara hitung diskon ini sama saja. Misalnya, Biaya yang harus kamu bayarkan untuk membeli jaket denim dengan promo Buy  2 Get 1 Free adalah Rp500,000. Ini sama saja kamu membeli 3 jaket denim dengan total harga Rp500,000.

Cara hitung diskon promo ini adalah 500.000(harga barang)x3(jumlah barang)=1.500.000. Keuntungan yang kamu adalah 1.500.000-500.000=1.000.000 atau 66,67%. Kurang enak juga, bukan kalau menuliskan diskon 66,67%di banner depan toko. Itulah sebabnya, penulisan promo atau diskon buy…get… lebih digunakan dalam kasus seperti ini. 

6. Cara Menghitung Cashback Mudah

Jangan Mudah tergiur dengan promo cashback, ya. Perhitungan keuntungannya baik-baik agar kamu tidak kecewa. Jangan pikir bahwa kamu akan memperoleh uang tunai dengan promo ini. Promo cashback lebih sering diberikan dalam bentuk voucher belanja atau poin di online shop. 

Keuntungan cashback tidak dapat kamu substitusikan untuk kebutuhan yang lain karena tidak diberikan dalam bentuk uang tunai. Berbeda dengan diskon lainnya, kamu bisa belikan keuntungan beli jaket denim untuk membeli  es boba atau kopi. Tapi, tidak begitu dengan promo cashback. Keuntungannya harus kamu belanjakan lagi dengan produk dari toko yang sama. 

Tapi, siapa yang ingin membelanjakan voucher atau poinnya sekaligus, kecuali memang benar-benar membutuhkan? Sayangnya, promo cashback memiliki batas waktu sehingga promo-promo seperti ini sering kali dianggap tidak adil untuk konsumen. 

7. Cara Hitung Diskon Untuk Pembelian Berikutnya

Besaran diskon untuk pembelian berikutnya tergantung kebijakan setiap toko. Misalnya, pada pembelian pertama kamu membeli celana jeans biru dengan harga Rp250.000. Kemudian, kamu mendapat diskon sebesar 50% untuk pembelian berikutnya. Pada pembelian kedua, kamu membeli celana jeans lagi berwarna hitam dengan harga yang sama, yaitu Rp250.000.

Lumayan, ya mendapat diskon 50% untuk dua celana. Eits, tunggu dulu. Kamu tidak benar-benar mendapat diskon 50%, loh. Begini perhitungannya:

Pembelian pertama= 250.000

Pembelian kedua= 50/100×250.000= 125.000

Total biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan 2 celana jeans adalah 250.000+125.000=375.000 Setelah dihitung baru diketahui bahwa sebenarnya kamu mendapat diskon 25% untuk dua celana jeans. 

8. Cara Menghitung Harga Setelah Diskon dan Sebelum Diskon

Harga sebelum diskon sendiri merupakan harga barang asli sebelum mendapat potongan dari besar diskon yang diberikan. Untuk Mendapatkan harga sebelum diskon kamu dapat menggunakan rumus 100 dibagi 100 yang dikurangi dengan persentase diskon kemudian dikalikan dengan harga setelah diskon. Lebih jelasnya sebagai berikut:

Contohnya, Kamu membeli sepasang sepatu dengan harga Rp560.000 karena mendapat diskon 30%. Berapa harga sepatu sebelum diskon?

Gunakan rumus diatas untuk mendapatkan hasilnya.

=100/(100-30)x560.000
=100/70×560.000
= 800.000

Jadi, harga sepasang sepatu sebelum diskon 30% adalah Rp800.000.

9. Cara Menghitung Diskon Baju

Apabila kamu sedang melintas di depan toko atau mal dan menemukan adanya banner diskon sekian % (persen) atau bertuliskan diskon sekian % (persen) off kira-kira bagaimana ya mekanisme perhitungannya.

Perkara diskon ini memang kadang agak sulit dihitung secara cepat dan tepat padahal maksud perhitungan tersebut adalah untuk mengetahui perbandingan mana saja penawaran yang jauh lebih menguntungkan bagi kamu sebagai seorang konsumen.

Soalnya tidak sedikit yang memberikan penawaran yang seolah terlihat wah, tapi setelah dihitung, sebenarnya tidak ada keunggulan yang menguntungan bagi konsumen.

Oleh sebab itu, menghitung diskon ini memang butuh keterampilan dan rumus yang sudah kamu hafal di luar kepala. Disini lah Mamikos akan memberikan informasi mengenai bagaimana cara menghitung diskon baju dengan tepat sekaligus akurat.

Begini caranya: Berapa harga diskon : dibagi 100 X harga. Mari langsung latihan cara menghitung diskonnya dengan benar. Kita umpamakan ada sebuah sweater yang kamu inginkan dan sedang diskon sekitar 10 persen atau 10 persen off.

Seandainya harga sweater tersebut adalah sebesar Rp 500.000 – (10 persen X 500) = Rp 450.000. Maka diskon yang berhasil kamu dapatkan adalah sebesar Rp 50.000.

Lalu bagaimana jika ada tulisan dalam banner Diskons sekian % + sekian %? Sudah diskon tambah diskon juga. Sepertinya untung besar dan kamu bisa menghemat pengeluaran lebih banyak. Sebelum menyimpulkan ke sana, mari kita kenali dahulu sistematis perhitungannya dengan benar dan akurat.

Biasanya format yang sering ditemui adalah diskon produk dari 50 persen plus 10. Tapi hasil akhir dari perhitungannya nanti bukan 60 persen lho. Sebab produk tersebut akan kena diskon sebesar 50 persen terlebih dahulu baru setelah itu kembali mendapatkan diskon sebesar 10 persen.

Jadi ingin tahu berapa persen uang yang berhasil disimpan jika membeli produk dengan label diskon double tersebut? Mari kita coba belajar menghitungnya. Jadi, apabila produk sweater yang kamu inginkan di atas seharga Rp 500.000, maka kalau mendapatkan label diskon sebanyak 50 persen plus 10 persen, maka rincian perhitungannya adalah seperti berikut ini:

Pertama kita hitung terlebih dahulu diskon pertamanya sebesar 50 persen X 500 ribu = 250 ribu. Lalu diskon kedua sebanyak 10 persen. Maka hitung lagi diskon keduanya dari angka yang sudah dihasilkan tadi yaitu 25 ribu.

Maka total diskon yang kemudian kamu dapatkan adalah sebesar Rp 250 ribu + Rp 25 ribu = Rp 275 ribu. Oleh karena itu harga yang perlu kamu bayarkan di kasir adalah Rp 500 ribu – Rp 275 ribu = Rp 225 ribu. Jadi, kesimpulannya kamu cukup membayar sweater yang semula harga Rp 500.000 hanya Rp 225.000 saja. Cukup hemat.

10. Contoh Hitung Diskon Baju

Selanjutnya Mamikos akan merekomendasikan bagaimana cara menghitung diskon baju yang benar dan sangat mudah. Mungkin saat hendak checkout keranjang di online shop atau datang ke sebuah toko kamu menyadari bahwa produk incaran kamu sedang didiskon.

Misalnya tas yang kamu incar ternyata terdapat label diskon sebesar 10 persen di mana harga semula adalah sebesar Rp 200.000. Bagaimana cara cepat untuk menghitungnya? Kamu perlu mengetahui dua cara yang bisa kamu coba sekarang.

A. Cara lama menghitung diskon

Mencari 10% dari 200.000 yaitu

200.000×10/100 = 20.000

Langkah selanjutnya kamu bisa mengurangi harga awal tadi ditambah dengan nominal diskon yang berlaku.

200.000-20.000=180.000

Maka kesimpulan akhir dari harga tas yang kamu incar dan sedang diskon 10% tadi adalah dari harga Rp 200.000 menjadi Rp 180.000 saja.

Akan tetapi, cara yang Mamikos jabarkan di atas itu sudah lumayan usang. Sebab kamu perlu menghitungnya dua kali dari berapa persen harga awal lalu dikurangi harga awal.

Pertanyaannya, apakah selama ini kamu menggunakan cara di atas tadi? Jika iya, ini mungkin saatnya kamu mulai meninggalkan cara itu. Sebab ada cara lain untuk menghitung diskon yang kedua dengan jauh lebih praktis dan pastinya cepat.

B. Cara baru menghitung diskon

Setelah cara lama tadi, maka kini saatnya kamu mengetahui cara baru untuk menghitung diskon dengan jauh lebih mudah dan praktis. Begini caranya:

Pertama kurangi berapa diskon tersebut dengan 100%

100%-10%= 90%

Lalu, kamu bisa kalikan dengan harga awal produk

90/100×200.000=180.000

Bagaimana? Cara tersebut jauh lebih mudah dan hemat waktu bukan? Kamu bahkan bisa melakukannya dengan cepat tanpa bantuan kalkulator sama sekali. Menghitung diskon dengan cara seperti tadi dijamin lebih nyaman dan praktis. Kamu juga jauh lebih leluasa saat berbelanja sebab tidak pusing memikirkan hitungan diskon dengan cara lama.

Wah, ternyata begitu, ya cara hitung diskon dalam berbagai bentuk penawaran. Teman-teman Mamikos pasti sudah paham cara hitung diskon, tapi masih ada yang belum bisa membayangkan bahwa tidak semua diskon benar-benar memberi keuntungan seperti yang terlihat di banner atau brosur toko. 

Demikian informasi dan sedikit edukasi yang dapat Mamikos bagikan untukmu. Terus ikuti artikel Mamikos lainnya yang pasti akan memberi banyak pengetahuan baru. 


Klik dan dapatkan info kost di dekat mu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah