Cara Jawab Pertanyaan Kelebihan Dan Kekurangan Diri Saat Interview Kerja

 Posted on Kamis, September 12th, 2019  Posted in Tips Loker  karin

Cara Jawab Pertanyaan Kelebihan Dan Kekurangan Diri Saat Interview Kerja – Wawancara kerja biasanya menjadi sesi yang mendebarkan bagi banyak kandidat. Sebab, apabila jawaban yang diberikan dirasa kurang pas oleh pihak perusahaan, bisa jadi kandidat tersebut akan gagal memperoleh pekerjaan impian. Nah, salah satu pertanyaan yang kerap ditanyakan saat wawancara kerja adalah “Apa kelemaha dan Anda?.” Pertanyaan ini pun seringkali membingungkan para pelamar kerja.

Cara Jawab Pertanyaan Kelebihan Dan Kekurangan Diri Saat Interview Kerja

Bila saat wawancara kerja, pewawancara menanyakan pertanyaan seputar kelebihan ataupun kelemahan, ada baiknya pelamar atau kandidat harus berhati-hati dalam memilih jawaban. Berikut ada beberapa tips yang bisa diterapkan:

1. Jangan ungkapkan kekurangan yang dampaknya fatal

Ungkapkan kelemahan yang memang masih bisa ditolerir, misalnya masalah kesehatan ringan seperti penyakit maag. Jangan sekali-kali mengatakan bahwa diri sendiri adalah orang yang malas, selalu bangun siang, tidak bisa bekerja sama dengan tim atau seorang yang pemarah.

2. Tetap jawab setiap pertanyaan

Jangan pernah merasa terlalu rendah diri atau arogan ketika berbicara tentang kekuatan dan kemampuan yang dimiliki. Begitu pun sebaliknya, jangan pernah merasa malu ketika berbicara tentang kelemahan yang masih bisa ditolerir.

3. Jangan menyalahkan orang lain

Ketika membahas tentang apa saja kelemahan yang dimiliki, jangan pernah menggunakan orang lain untuk disalahkan atas kekurangan tersebut. Sebagai kandidat harus bisa menjawab apa saja kelemahan yang dimiliki diri sendiri tersebut dengan penuh tanggung jawab.

4. Pilih jawaban yang benar dan jangan gegabah

Dalam memilih jawaban pertanyaan tersebut, lihat lagi lowongan pekerjaan yang telah dilamar. Fokus kepada kekuatan yang dipunya dan relevan terhadap lowongan pekerjaan. Selain itu, juga harus memikirkan kelemahan diri sendiri yang sekiranya membawa dampak tidak terlalu berarti terhadap lowongan pekerjaan tersebut.

5. Buat daftar kelebihan

Buat daftar apa saja kelebihan dan kemampuan yang dimiliki. Pastikan kelebihanmu tersebut dapat dipakai langsung di dunia kerja. Tambahkan beberapa pengalaman yang pernah dialami ketika menjawab pertanyaan ini. Berikut beberapa contoh kelebihan yang bisa digunakan untuk menjawab:

  • Percaya diri
  • Komitmen tinggi terhadap pekerjaan
  • Penuh semangat
  • Rapi
  • Kemampuan komunikasi yang baik
  • Kemampuan interpersonal yang baik
  • Dapat bekerja dalam tim