Cara Agar Lulus Pemeringkatan Siswa SNMPTN 2021 oleh Sekolah

Posted in: Pendidikan SNMPTN

Cara Agar Lulus Pemeringkatan Siswa SNMPTN 2021 oleh Sekolah- SNMPTN dikenal sebagai salah satu jalur untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri usai lulus SMA. Jalur ini turut melibatkan pihak sekolah untuk mengakomodir data-data siswa dengan nilai akademik terbaik. Dengan kata lain, siswa yang diterima lewat jalur SNMPTN tidak perlu lagi ikut serta dalam ujian tertulis atau UTBK. Selain itu, seleksi SNMPTN juga bersifat gratis alias tidak dipungut biaya.

Tips Lulus Pemeringkatan SNMPTN 2021

ltmpt.ac.id

Belum lama ini, LTMPT selaku pihak penyelenggara seleksi masuk PTN merilis informasi resmi terkait kuota sekolah untuk SNMPTN 2021. Informasi ini tentu sangat ditunggu-tunggu oleh sekolah maupun siswa kelas 12 yang ingin menyandang status sebagai mahasiwa di perguruan tinggi negeri. Apabila kamu adalah murid SMA atau sederajat, khususnya siswa kelas 12, apakah kamu sudah benar-benar paham mengenai pelaksanaan serta pemeringkatan SNMPTN 2021 ini?

Alur Pendaftaran SNMPTN 2021

LTMPT selaku pihak penyelenggaran SNMPTN 2021 sudah resmi merilis jadwal pelaksanaan seleksi PTN jalur ini sejak akhir tahun 2020. Untuk memahami alur pendaftaran SNMPTN 2021, kamu tentu wajib mengetahui tanggal-tanggal pentingnya. Berikut agenda kegiatan SNMPTN 2021.

  1. 4 Januari 2021: Peluncuran Sistem PMB 2021
  2. 04 Januari 2021- 01 Februari 2021: Registrasi akun LTMPT
  3. 04 Januari 2021- 08 Februari 2021: Penetapan siswa yang eligible oleh pihak sekolah
  4. 11 Januari 2021- 08 Februari 2021: Pengisian PDSS
  5. 15-24 Februari 2021: Pendaftaran SNMPTN 2021
  6. 22 Maret 2021: Pengumuman Hasil SNMPTN 2021
  7. Pendaftaran Ulang Peserta yang diterima PTN lewat jalur SNMPTN: Jadwal dapat dilihat di laman resmi PTN penerima

Apabila berkaca pada jadwal kegiatan di atas, maka alur pendaftaran SNMPTN 2021 meliputi:

  1. Pengumuman Kuota oleh LTMPT
  2. Registrasi akun LTMPT oleh sekolah dengan menggunakan
  3. Registrasi akun LTMPT oleh siswa
  4. Sekolah melakukan pemeringkatan alias menentukan siswa yang eligible berdasarkan kuota LTMPT
  5. Sekolah mengisikan data PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa) bagi para siswa yang dinyatakan eligible oleh pihak sekolah
  6. Pendaftaran SNMPTN 2021, siswa memilih PTN dan Program Studi, termasuk mengunggah portofolio untuk program studi tertentu seperti seni dan olahraga
  7. Seleksi SNMPTN oleh PTN penerima berdasarkan data yang dihimpun dari LTMPT
  8. Pengumuman hasil SNMPTN
  9. Pendaftaran ulang di masing-masing PTN penerima

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Agar Lulus Pemeringkatan Siswa SNMPTN 2021

Dalam penyelenggaraan SNMPTN, pihak sekolah bisa dibilang memiliki kewenangan penuh untuk menentukan siapa saja siswa yang layak didaftarkan dalam sistem SNMPTN 2021. Dari sisi siswa, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan apabila ingin lolos dalam pemeringkatan.

1. Memahami konsep eligible  

Secara sederhana, siswa eligible adalah siswa unggulan yang dinilai layak secara akademik untuk dapat didaftarkan dalam sistem SNMPTN. Penilaian akademik ini didasarkan pada nilai rapor siswa dari semester 1 sampai 5. Data-data ini kemudian akan diinput ke sistem PDSS. Selain berisi nilai rapor siswa, PDSS juga berisi rekam jejak sekolah kamu.

Banyaknya siswa yang dinyatakan eligible dapat saja berbeda, tergantung kuota masing-masing sekolah dan perbandingan jumlah seluruh siswa SMA atau sederajat dari masing-masing jurusan. Kuota sekolah ditentukan LTMPT berdasarkan nilai akreditasi sekolah. Sekolah dengan nilai akreditasi A berhak mendapat kuota sebesar 40%. Sementara, sekolah yang terakreditasi B akan mendapat kuota sebesar 25%. Untuk sekolah yang memiliki nilai akreditasi C dan lainnya akan mendapat jatah kuota sebesar 5%.

Sebagai gambaran, misalnya saja SMA ASD memiliki nilai akreditasi B atau mendapat kuota 25%. Anggap saja SMA ASD memiliki total 80 siswa yang terdiri dari 40 siswa jurusan IPA dan 40 siswa jurusan IPS. Berdasarkan jatah kuota tadi, maka siswa SMA ASD yang boleh mendaftar jalur SNMPTN adalah 10 orang peringkat teratas dari jurusan IPA dan 10 orang peringkat teratas dari jurusan IPS. Artinya, jika misalnya kamu sekolah di SMA ASD, kamu harus masuk peringkat 10 besar nilai terbaik di jurusan IPA atau 10 besar terbaik jurusan IPS.     

2. Ketahui Mata Pelajaran yang Menjadi Dasar Pemeringkatan dalam SNMPTN 2021

Seperti yang sudah disampaikan, pemeringkatan siswa dilakukan berdasarkan nilai akademik atau nilai rapor. Nilai-nilai yang dimaksud tentu disesuaikan dengan mata pelajaran utama yang ada pada jurusan masing-masing siswa. Berikut rincian mata pelajaran yang dimaksud.

  1. Jurusan IPA: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika, Kimia, dan Biologi
  2. Jurusan IPS: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi
  3. Jurusan Bahasa: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, ditambah salah satu bahasa asing pilihan
  4. SMK: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, serta kompetensi keahlian yang ada di SMK tersebut

3.Kumpulkan Sertifikat-Sertifikat yang Kamu Punya     

Selain penilaian berdasarkan nilai mata pelajaran, prestasi siswa juga turut menjadi pertimbangan pemeringkatan SNMPTN. Untuk itu, bagi kamu yang punya prestasi di luar nilai akademik,kamu bisa mulai mengumpulkan bukti-bukti berupa sertifikat. Prestasi semacam ini dapat menjadi nilai tambah ketika ternyata ada siswa yang memiliki total nilai akademik sama. Misalnya saja, kamu punya prestasi di bidang seni atau olah raga sehingga pernah menjadi perwakilan sekolah untuk mengikuti sebuah kompetisi atau lomba. Atau mungkin, kamu pernah mengikuti lomba penulisan karya ilmiah dan mendapat juara?

Pertimbangkan Pemilihan Jurusan dengan Matang

Sebagai informasi tambahan, pemilihan jurusan untuk SNMPTN 2021 harus benar-benar kamu lakukan secara matang. Artinya, kamu tidak boleh asal memilih jurusan hanya agar dapat diterima di perguruan tinggi negeri. Ketika kamu memilih jurusan secara sembarangan, kemudian lolos SNMPTN namun tidak melakukan daftar ulang di PTN terkait, secara otomatis kamu tidak diperbolehkan untuk mengikuti seleksi UTBK untuk SBMPTN. Dengan demikian, kamu menutup peluangmu untuk dapat berkuliah di PTN. Apalagi, beberapa PTN juga turut menggunakan nilai UTBK sebagai bahan pertimbangan seleksi mandiri.

Itu dari berbagai cara yang bisa dilakukan apabila kamu ingin lolos dalam pemeringkatan SNMPTN 2021. Jika kamu merupakan siswa kelas 12 dan merasa belum sanggup memenuhi cara-cara di atas, kamu masih punya kesempatan untuk masuk SNMPTN dengan jalur UTBK-SBMPTN serta Seleksi Mandiri, kok. Buat kamu yang masih kelas 10 dan 11, kamu bisa mulai berusaha meningkatkan nilai akademik serta ikut serta dalam kegiatan berprestasi lainnya di luar pembelajaran sekolah.

Apabila kamu tertarik untuk kuliah di PTN namun belum yakin dengan program studi yang akan kamu pilih, kamu bisa coba simak beragam artikel terkait perkuliahan di website Mamikos . Selain itu, kamu juga bisa mendapat informasi terkini seputar kost di lokasi dekat kampus idamanmu dengan download dan install Aplikasi Mamikos di smartphone kamu.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta