Cara Melihat Pengumuman Hasil SPAN PTKIN 2021/2022

Posted in: IAIN Pendaftaran UIN

Cara Melihat Pengumuman Hasil SPAN PTKIN 2021/2022 — Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri atau yang juga dikenal dengan SPAN-PTKIN merupakan pola seleksi yang dapat diikuti oleh calon mahasiswa dari seluruh Indonesia.

Apabila kamu sudah mengikuti pola seleksi SPAN PTKIN tersebut dan penasaran dengan bagaimana pengumuman hasil ujian SPAN PTKIN kamu, maka kamu wajib membaca artikel Mamikos kali ini sampai habis.

Simak Cara Mengetahui Pengumuman Hasil SPAN PTKIN Terupdate

kompas.com

Bisa dibilang bahwa pola seleksi pada SPAN PTKIN tidak membedakan jenis kelamin, agama, ras, suku, kedudukan sosial, atau tingkat kemampuan ekonomi seseorang. Oleh karenanya, seleksi ini cocok untuk kamu yang ingin masuk ke UIN/IAIN/STAIN di seluruh Indonesia.

Sudah tidak sabar untuk mengetahui pengumuman hasil SPAN PTKIN? Maka kamu bisa membaca artikel Mamikos kali ini sampai habis. Namun sebelum itu, mari simak semua hal yang berkaitan dengan SPAN PTKIN yang pastinya kamu perlukan.

1. Sedikit Tentang SPAN PTKIN

SPAN-PTKIN adalah sebuah pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN dalam sebuah sistem terpadu dan diselenggarakan secara serentak.

Panitia Pelaksana telah ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia secara terpercaya. Untuk besaran biaya pelaksanaan SPAN-PTKIN nanti akan ditanggung sepenuhnya oleh pemerintah.

Jadi, nantinya kamu sebagai peserta tidak akan dipungut biaya pendaftaran sama sekali. Untuk pelaksanaan SPAN-PTKIN secara nasional dapat diikuti oleh seluruh PTKIN yang sudah memenuhi prinsip adil, transparan, dan tidak diskriminatif.

Lebih lanjut, hal tersebut harus tetap dengan memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan saat menuntut ilmu di PTKIN yang dituju.

Sebagai penyelenggara pendidikan setelah SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren Mu’adalah, PTKIN akan menerima calon mahasiswa yang berprestasi akademik tinggi.

Selain itu juga siswa dan siswi bersangkutan diprediksi akan berhasil menyelesaikan studi di PTKIN berdasarkan rekomendasi dari Kepala Sekolah/Madrasah asalnya.

Siswa yang memiliki berprestasi tinggi dan secara konsisten menunjukkan prestasinya tersebut maka layak mendapatkan kesempatan untuk menjadi calon mahasiswa di UIN/IAIN/STAIN melalui pola seleksi di SPAN PTKIN.

2. Peluang Diterima SPAN PTKIN

Sama seperti SNMPTN, peluang lulus pada SPAN PTKIN pun sulit diprediksi. Meskipun sistem penilaian sudah menggunakan nilai rapor dan prestasi-prestasi akademik lain.

Selain itu SPAN PTKIN memperhitungkan rekam jejak kinerja sekolah serta menggunakan rambu-rambu kriteria seleksi nasional dan kriteria yang ditetapkan oleh PTKIN secara adil dan transparan.

Oleh sebab itu, jangan terlalu berharap dan menggantungkan pada satu pintu saja. Siapkan diri untuk mengantisipasi apabila kamu tidak lolos dan mengikuti tes atau seleksi lainnya. UM PTKIN misalnya.

3. Lintas Jurusan di SPAN PTKIN

DI SPAN PTKIN apa bisa lintas jurusan? Berdasarkan info yang Mamikos dapatkan, apabila kamu siswa IPA maka diperbolehkan untuk mengambil program studi IPA dan IPS. Sementara jika kamu siswa IPS/Bahasa/Agama maka hanya boleh mengambil program studi IPS saja.

Jadi sederhananya anak IPS tidak diperkenankan untuk mengambil program studi IPA, misalnya Matematika, Biologi, Kimia dan lain sebagainya.

4. Persentase kuota SPAN PTKIN

Umumnya kuota lulusan SPAN PTKIN minimal sebanyak 20% dari total keseluruhan daya tampung dalam satu angkatan. Sementara presentasi yang akan diterima oleh jalur UM PTKIN minimal sebanyak 40% dan untuk jalur mandiri sebanyak 30%.

Tersisa 10% merupakan kebijakan masing-masing kampus apakah hendak menambah kuota pada jalur yang dikehendaki. Jadi kuota yang tertera di laman resmi span-ptkin.ac.id adalah info kuota SPAN PTKIN saja. Untuk jalur UM PTKIN atau mandiri kuotanya berbeda lagi.

5. Jadwal Seleksi SPAN PTKIN

  1. Pengisian PDSS akan dilaksanakan pada 19 Januari sampai 17 Februari 2021
  2. Verifikasi PDSS akan dilaksanakan pada 19 Januari sampai 17 Februari 2021
  3. Pendaftaran (siswa) akan dimulai pada 19 Februari hingga 27 Maret 2021
  4. Proses Seleksi I akan berlangsung mulai tanggal 01 sampai 05 April 2021
  5. Proses seleksi II akan berlangsung mulai tanggal 06 sampai 08 April 2021
  6. Pengumuman Hasil Seleksi akan diumumkan pada 12 April 2021
  7. Proses verifikasi dan/atau pendaftaran ulang di PTKIN masing-masing bagi yang lulus seleksi akan ditetapkan oleh masing-masing Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri.

6. Tata Cara Mengetahui Pengumuman SPAN PTKIN

Kamu pasti ingin segera mengetahui cara untuk mengecek pengumuman hasil SPAN PTKIN 2021/2022 bukan.

Nah, di bawah ini Mamikos sudah melampirkan tata cara untuk mengetahui pengumuman hasil SPAN PTKIN tersebut. Simaklah dengan saksama.

  1. Pertama kamu perlu mengakses laman resmi SPAN PTKIN di alamat http://pengumuman.span-ptkin.ac.id
  2. Kamu akan dibawa pada halaman pengumuman SPAN PTKIN di mana kamu bisa memasukkan ID Pendaftaran
  3. Isikan ID Pendaftaran kamu di kolom yang tersedia.
  4. Setelah itu klik Cek Kelulusan
  5. Nantinya sistem akan memberikan keterangan mengenai kelulusan kamu pada seleksi SPAN PTKIN tersebut. Bacalah dengan saksama info kelulusan yang tertera pada lampiran tersebut.

Info tambahan:

Apabila kamu kehilangan ID Pendaftaran, maka kamu bisa langsung menghubungi pihak sekolah untuk mencetak ulang login siswa di laman sekolah kamu.

Kamu harus pastikan laman atau website tidak error saat mengecek proses kelulusan. Apabila terjadi gangguan, diharap tunggu dahulu sambil terus dicoba secara berkala.

7. Belum Berhasil Lolos, Jangan Khawatir! Coba Jalur UM PTKIN

Setelah kamu mengecek pengumuman dan mengetahui hasilnya, maka ada dua hal yang akan terjadi. Pertama kamu bergembira karena berhasil lolos dan kedua sedih karena belum berhasil.

Mamikos sarankan jangan terlalu lama bersedih sebab ada jalur lain yang bisa kamu coba selain SPAN PTKIN. Yakni, UM PTKIN di mana jalur tersebut akan mengutamakan seleksi tertulis.

Pelaksanaan jalur tersebut biasanya akan berlangsung setelah pengumuman SNMPTN disiarkan. Kamu bisa mengecek info selengkapnya melalui laman resmi di alamat http://um-ptkin.ac.id secara daring.

8. Kendala yang Ditemui Saat Pengumuman SPAN PTKIN

Saat kamu hendak melihat pengumuman hasil SPAN PTKIN, biasanya terdapat beberapa kendala atau masalah yang akan dijumpai. Biasanya hal tersebut terjadi saat kamu hendak mengakses laman pengumuman SPAN PTKIN.

Wajar saja sebab hari itu server menjadi sibuk sebab yang melakukan pengecekan hasil pengumuman bukan kamu seorang. Jadi, saran Mamikos jangan menyerah dan cobalah sampai beberapa kali.

Apabila terjadi gangguan karena koneksi internet, cobalah memperbaiki tipe jaringan atau lokasi yang akses internetnya tidak sulit.

Demikianlah artikel Mamikos terkait cara melihat pengumuman hasil SPAN PTKIN yang dapat disampaikan pada kesempatan kali ini.

Semoga apa yang sudah Mamikos tuliskan di atas bermanfaat, dan Mamikos ucapkan selamat bagi kamu yang diterima oleh kampus idaman kamu. Buat yang belum berhasil, jangan putus asa dan tetap berjuang sampai sukses.

Mamikos ingatkan untuk mengakses aplikasi pencari kos Mamikos apabila kamu memerlukan info hunian kos paling update dan terpercaya. Aplikasinya mudah diunduh via Appstore dan Playstore dan pasti mudah untuk kamu gunakan.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta