Cara Membuat Flowchart di Google Docs, Mudah dan Cepat

Posted in: Edukasi Pelajar
Tagged: flowchart Google

Cara membuat flowchart di google docs, mudah dan cepat – Pernahkah kamu diminta untuk membuat flowchart oleh atasan atau rekan kerja? Jika flowchart dibuat dalam bentuk cetak dan bisa ditulis tangan, tentu proses pembuatannya lebih cepat. Namun, bagaimana jika kamu diminta untuk membuat flowchart di Google Docs? Cari tahu informasi pembuatannya berikut ini.

Cara Membuat Flowchart Melalui Google Docs

https://www.lucidchart.com/

Flowchart dalam suatu kegiatan dapat membantu seseorang memahami alur atau tahapan yang disajikan. Kamu bisa melihat penerapan flowchart dalam kehidupan sehari-hari, seperti pada sistem organisasi pabrik, susunan pemerintahan, bahasa pemrograman, dan sebagainya. Tugas membuat flowchart juga biasa diberikan pada siswa ataupun mahasiswa, sehingga sangat penting untuk mengetahui prinsip pembuatan flowchart dengan benar.

Sebelum membuat flowchart, baik melalui google docs atau media lainnya, pahami simbol-simbol yang digunakan. Sebab, simbol pada flowchart menggambarkan maksud tertentu dan tidak dibuat asal-asalan. Pada artikel ini Mamikos akan memberikan referensi terkait cara membuat flowchart dari Google Docs.

Langkah-Langkah Membuat Flowchart di Google Docs

Ikuti langkah berikut sebelum kamu membuat flowchart via Google Docs:

1. Membuat Akun Google

Belum mempunyai akun Google? Langkah pertama yang wajib kamu lakukan adalah membuat akun Google terlebih dahulu. Pembuatan akun Google tidak membutuhkan biaya apa pun alias gratis. Selain bisa mendapatkan akses ke Google Docs, kamu juga akan memperoleh akses ke layanan Google lainnya, seperti layanan penyimpanan Google Drive, layanan nonton video di YouTube, layanan email di Gmail, layanan peta di Google Maps, dan masih banyak lagi.

Link untuk membuat akun Google bisa diakses dari https://docs.google.com kemudian dilanjutkan pembuatan Google Docs. Persiapkan data-data yang diperlukan ketika mendaftar, seperti nama lengkap, alamat email, serta tanggal lahir pendaftar. Jangan lupa pula untuk mencermati “Kebijakan Privasi dan Ketentuan Layanan” secara saksama. Jika sudah menyetujui seluruh kebijakan dan ketentuan, klik “Agree” atau “Setuju”. Akun Google pun akan langsung kamu dapatkan dan bisa digunakan untuk membuat flowchart di Google Docs.

2. Membuka Google Docs

Langkah kedua yang perlu dilakukan adalah membuka Google Docs, baik melalui aplikasi via PlayStore maupun via PC. Alternatif cara lain untuk membuka Google Docs adalah sebagai berikut:

• Melalui laman https://docs.google.com
• Melalui aplikasi Google Docs di Appstore
• Melalui Google Drive dengan memilih “Documents” pada menu “My Drive”

3. Membuat Dokumen di Google Docs

https://docs.google.com

Kini saatnya kamu membuat flowchart via Google Docs. Ketika membuka laman https://docs.google.com di PC, akan ada beberapa pilihan dokumen yang bisa kamu buat. Terdapat template pembuatan resume, proposal bisnis, surat, resep, dan sebagainya. Masih ada pula referensi template lainnya yang terdapat pada Galeri Template. Apabila ingin membuat dokumen baru tanpa template, pilih “Blank” atau “Kosong”.

4. Mulai Membuat Dokumen

https://docs.google.com

Mulailah bekerja atau berkreasi membuat flowchart. Jika sebelumnya kamu sudah sering menggunakan Microsoft Word, kamu tidak akan terlalu kesulitan mengoperasikan Google Docs karena terbilang mirip, baik dari segi tampilan maupun menunya. Namun, dalam hal penyimpanan dokumen Google Docs berbeda karena bisa menyimpan dokumen dan pembaruan secara otomatis asalkan masih terhubung dengan internet, sehingga kamu tidak perlu khawatir jika tiba-tiba mati listrik atau laptop yang digunakan mati.

Keuntungan lainnya dengan menggunakan Google Docs adalah progress yang terukur. Di sebelah kanan menu “Bantuan” terdapat tulisan “Menyimpan” atau notifikasi waktu terakhir dokumen diubah. Bagi kamu yang sering lupa melakukan update dokumen atau pembaruan lainnya, notifikasi tersebut tentu sangat membantu.

5. Membuat Flowchart di Google Docs

https://docs.google.com

Google Docs memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengakses Google Drawings, sehingga proses pembuatan flowchart lebih mudah. Ikuti tahap berikut jika kamu akan membuat flowchart di Google Docs:

  1. Klik Insert -> Drawing -> +New atau Sisipkan -> Gambar -> +Baru
  2. Gunakan menu jika ingin membuat bentuk, teks, garis, dan sebagainya sebagai bagian flowchart
  3. Pilih “Save and Close” atau “Simpan dan Tutup” agar flowchart bisa diimpor ke dokumen milikmu
  4. Apabila kamu membuat flowchart dari Gambar, dapatkan di menu “Insert -> Drawing -> From Drive”

Kamu pun bisa memindahkan flowchart dan menyesuaikannya dengan halaman. Flowchart yang kamu buat tetap bisa diubah dengan mengekliknya dua kali atau mengeklik sekali sampai tombol “edit” muncul.

5. Membuat Flowchart di Google Docs dengan Add-On

https://www.lucidchart.com/

Ingin membuat flowchart dengan resolusi tinggi tanpa harus meninggalkan Google Docs? Gunakan add-on sebagai solusi. Mula-mula, kamu perlu mendownload Lucidchart add-on dan memberikan izin untuk mengakses Google Docs atau dokumenmu. Setelah itu, ikuti langkah berikut:

  1. Pilih Add-Ons
  2. Pilih “Lucidchart Diagrams”
  3. Pilih “Insert Diagram”
  4. Akan muncul beberapa pilihan diagram
  5. Klik “+.” Untuk memunculkan pratinjau diagram. Jika sudah yakin dengan diagram tersebut, klik “Insert”

Apabila ingin mengubah flowchart agar tetap update dan akurat, pilih menu Add-Ons -> Lucid Chart Diagrams -> Update Inserted Diagrams

6. Membuat Flowchart di Google Docs dengan Google Drawings

https://www.lucidchart.com/

Alternatif lain untuk membuat flowchart di Google Docs adalah dengan menggunakan Google Drawings. Meskipun tidak membutuhkan instalasi dan proses rumit, Google Drawings tidak dapat digunakan untuk membuat flowchart profesional. Untuk menggunakannya, ikuti langkah berikut:

  1. Buka Google Docs
  2. Pilih “Insert”
  3. Pilih “Drawing”
  4. Pilih “New”
  5. Gunakan ikon bentuk untuk menambahkan bagian flowchart beserta garis untuk menghubungkannya
  6. Klik “Save and Close” setelah selesai

Flowchart yang kamu buat tersebut memang sederhana, tetapi sudah bisa digunakan untuk menjelaskan hal-hal penting.

Keuntungan Membuat Flowchart di Google Docs

Membuat flowchart di Google Docs memberikan banyak keuntungan, diantaranya:

1. Dokumen dapat diakses siapa pun

Selama orang yang ingin kamu tunjukkan flowchart mempunyai link dokumen, orang tersebut bisa melihat hasil flowchart, bahkan mengeditnya. Cara membuat google docs agar bisa diakses semua orang juga mudah. Cukup mengubah pengaturan privasi, sehingga orang yang memiliki link bisa membuka dokumen hingga melakukan perubahan isi. Hal ini tentu sangat membantu bagi kamu yang mendapatkan penugasan dalam kelompok terkait flowchart, sehingga semua anggota kelompok dapat mengerjakan tepat waktu.

2. Mudah Dimodifikasi

Jika membuat flowchart menggunakan media cetak, kesalahan yang kamu buat akan memakan waktu untuk memperbaikinya, misalnya ketika salah menuliskan instruksi atau membuat bagan. Akan sangat melelahkan apabila kesalahan yang kamu buat cukup besar, padahal kondisi flowchart sudah hampir selesai, ditambah lagi jika flowchart tersebut cukup rumit dengan berbagai macam bagan. Dengan membuat flowchart via Google Docs, kesalahan ketik dan pemilihan simbol dapat langsung teratasi tanpa harus membuang kertas. Kamu bisa memindahkan bagan, garis, serta bagian lainnya sesuai keinginan.

3. Flowchart Lebih Bervariasi

Flowchart yang dibuat di Google Docs lebih mudah divariasikan, misalnya dengan menambah warna, mengubah jenis huruf, ukuran huruf, hingga menambah ilustrasi. Flowchart pun akan terlihat lebih menarik dan mudah dipahami. Setelah selesai membuat flowchart via Google Docs, hasil pembuatan flowchart dapat disimpan dalam bentuk file tertentu dan dapat dicetak dengan ukuran yang diinginkan.

4. Gratis

Google Docs tidak memberlakukan biaya apa pun bagi penggunanya, sehingga kamu bebas berkreasi. Maksimalkan fitur-fitur yang terdapat di Google Docs untuk membuat flowchart bersama rekan-rekanmu. Selagi ada koneksi internet, kamu dan teman-teman bisa mengedit file online dan real time.

Demikian informasi cara membuat flowchart di google docs, mudah dan cepat yang bisa kamu coba. Apakah kamu sudah memahami tahapan pembuatannya? Jika masih belum mengerti cara menggunakan Google Docs, gunakan panduan tutorial yang ada di internet untuk memahami dasar-dasarnya. Selain bisa membuat flowchart di Google Docs, ada banyak fitur lain yang bisa kamu manfaatkan. Selamat berkreasi!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta