Penting! Begini 4 Cara Mengatasi Penghuni Kos yang Bermasalah

Penting! Begini 4 Cara Mengatasi Penghuni Kos yang Bermasalah – Dalam mengelola bisnis kos, Anda akan bertemu dengan beragam karakter penghuni yang berbeda-beda. 



Mungkin saja Anda akan berhadapan dengan penghuni yang sering telat bayar sewa, penghuni jorok, tidak kondusif, hingga penghuni yang melakukan pencurian.

Menjadi pemilik kos yang harus mengatasi segala permasalahan penyewaan memang tidak mudah. Namun, Anda bisa melakukan beberapa cara berikut ini. Yuk, simak!


1. Mengatasi Penghuni Kos yang Sering Telat Bayar Tagihan Sewa

Masalah pertama yang paling sering dihadapi oleh pemilik kos adalah penghuni kos yang sering telat bayar tagihan sewa.

Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa melakukan teguran lisan dengan baik agar penghuni segera membayar tagihan kos. 

Namun, apabila penghuni terus mengulur pembayaran sewa maka cara terakhirnya adalah memberikan ultimatum atau peringatan akhir bahwa jika telat lebih dari sekian hari maka akan dikenakan denda dan jika tidak mengimbau peringatan tersebut maka harus segera melakukan check-out sesuai perjanjian di awal.



Tips: Ada baiknya Anda membuat perjanjian sewa tertulis disertai dengan tanda tangan bermaterai untuk memperkuat legalitas.

Hal ini perlu dilakukan karena jika Anda tidak membuat perjanjian sewa di awal masa kontrak, penghuni kos bisa saja akan menganggap enteng pembayaran kos.

Perjanjian pembayaran kos memuat:



  • Tanggal jatuh tempo.
  • Pengingat pembayaran sewa H-5 dan H-2 tanggal jatuh tempo.
  • Batas kelonggaran waktu untuk melunasi tagihan kos (misalnya jika terlambat lebih dari 1 minggu maka dikenakan denda sebesar 10% dari biaya sewa.)
  • Batas kapan harus check-out jika tidak membayar biaya sewa.

Atau jika Anda ingin mengelola tagihan sewa kos dengan lebih mudah, Anda bisa memanfaatkan fitur Billing Management dari Mamikos.

Di dalam fitur tersebut, Anda bisa mengecek tanggal jatuh tempo tagihan sewa berakhir, kapan sewa berakhir, dan ada reminder tagihan otomatis yang ditujukan kepada penghuni.

2. Mengatasi Penghuni Kos yang Jorok

Masalah yang kedua ini juga tak kalah sering terjadi, bahkan tak jarang menimbulkan konflik internal dengan penghuni kos lain, yaitu adanya penghuni kos yang jorok.

Misalnya penghuni kos yang suka merokok di dalam kamar padahal sudah ada peraturan tidak boleh merokok.



Penghuni kos yang suka merokok tentunya memberikan dampak buruk pada kondisi kos, seperti AC menjadi cepat rusak karena asap yang menutupi filter dan sprei, bantal, serta springbed yang menjadi bolong akibat puntung rokok. Lantas, bagaimana solusinya?

Karena penghuni kos sudah lalai terhadap tanggung jawabnya untuk merawat fasilitas kos maka Ia harus membayar biaya perbaikan atas kerusakan yang ada.

Selain itu, mungkin Anda juga akan menghadapi masalah penghuni kos yang jarang membersihkan kos dan tidak mencuci peralatan dapur setelah selesai dipakai. 

Untuk mengatasi hal ini, Anda perlu menegur penghuni tersebut. Diperlukan juga aturan kos yang tertulis dengan baik, terutama tentang kebersihan kos, misalnya:



  • Wajib mencuci peralatan dapur setelah selesai digunakan.
  • Dilarang merokok di dalam ruangan tertutup.
  • Denda apabila terjadi kerusakan fasilitas kos.

Tips: Anda juga bisa mulai menerapkan sistem DP di awal kontrak sebagai jaminan jika ditemukan kerusakan pada fasilitas kos.

3. Mengatasi Penghuni yang Tidak Kondusif

Anda juga mungkin akan berhadapan dengan masalah penghuni yang mencuri barang milik penghuni lain.

Solusi untuk mengatasi hal ini adalah segera memberikan sanksi berupa harus check-out dari kos Anda demi keamanan dan ketenangan penghuni kos lain. 

Pencurian adalah suatu tindakan di luar batas dan melanggar hukum sehingga memang dibutuhkan tindakan yang tegas.



Jika pencuriannya tergolong berat dan penghuni tersebut kabur, Anda harus segera meminta bantuan pihak berwajib untuk menyelesaikan masalah ini.

Tips: Maksimalkan keamanan kos dengan memasang CCTV agar ada bukti telah terjadi tindak kriminalitas.

4. Menghadapi Penghuni Kos yang Suka Curhat

Kasus ini cukup berbeda dengan beberapa kasus sebelumnya, yaitu terkait masalah yang menimpa pribadi penghuni kos. 

Karakter penghuni kos yang menceritakan masalah yang menimpa mereka bisa saja Anda temui, misalnya ketika Ia menjadi korban penipuan online shop atau jenis penipuan lainnya.



Sebagai pemilik, Anda bisa menempatkan diri sebagai pendengar yang baik serta memberikan solusi yang bijak apabila bisa dan diperlukan. 

Tak dapat dipungkiri bahwa penghuni kos tersebut membutuhkan pendampingan dan hal ini juga mencegah terjadinya hal-hal yang tak diinginkan.

Sosok pemilik kos yang perhatian dan selalu ramah adalah idaman semua anak kos dan tentunya membuat anak kos semakin betah dan merasa sedang berada di rumahnya sendiri.

Itulah 4 cara untuk mengatasi penghuni kos yang bermasalah. Apapun masalah yang timbul, hadapilah dengan bijak. Semoga bermanfaat.



Temukan banyak informasi menarik lainnya seputar layanan terbaik dan seputar kos di Mamikos, dengan mengunjungi situs Mamikos, atau download dan install aplikasi Mamikos di HP Anda.