Cara Mengerjakan Soal Deret Angka dengan Cepat dan Benar

Posted in: CPNS Karyawan
Tagged: Soal CPNS

Bagi kalian yang ingin mendaftarkan diri kalian sebagai salah satu peserta CPNS pasti akan sanggat sibuk mempersiapkan banyak hal. Termasuk juga mempersiapkan diri untuk menghadapi serangkaian tes yang harus dilakukan nantinya. Kalian harus mengingat kembali semua hal yang pernah dipelajari sejak kalian berada di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP), sampai Sekolah Menengah Akhir (SMA). 

Soal Deret Angka

detik.com

Hal tersebut pastinya akan sangat menyita waktu kalian untuk mengingat sesuatu yang sudah lama tidak kalian pikirkan. Atau bahkan mungkin ada di antara kalian yang benar-benar sudah tidak punya apa pun yang tersisa di otak kalian mengenai semua mata pelajaran saking sudah lamanya lulus sekolah. 

Namun, kalian tetap harus mempersiapkan diri kalian dengan baik. Apalagi jika kalian ingin bisa lulus dalam tes CPNS. Salah satu hal yang bisa kalian lakukan adalah dengan mulai mempelajari kembali mengenai Ilmu pengetahuan umum yang akan diujikan. Kali ini kita akan membahas mengenai cara mengerjakan soal deret angka.

Apa itu Deret Angka dan Bagaimana?

Kalian pasti sudah mengenal apa itu deret angka sejak kalian berada di sekolah menengah pertama. Deret angka merupakan salah satu operasi bilangan matematika yang berbentuk angka yang berjejer dengan pola yang teratur. Biasanya dalam soal deret angka kita diharuskan untuk melengkapi deret yang rumpang atau deret selanjutnya. 

Hal itu sebenarnya mudah saja dilakukan hanya jika kita sudah mengetahui cara mengerjakan soal deret angka dengan baik. Dalam deret angka, pola yang diberlakukan bisa didapatkan dari pengurangan, penjumlahan, pembagian, maupun kelipatan bilangan tertentu dari satu angka ke angka yang lain. 

Mengapa Ada Beberapa Soal Mengenai Deret Angka dalam Tes SKD CPNS?

Tujuan dari adanya beberapa soal mengenai deret angka yang kalau dilihat secara sekilas tidak ada tujuan yang khusus dalam hal ini. Mungkin sebagian dari kalian berpikir bahwa pemerintah hanya ingin menguji seberapa cerdas kalian. Memang benar itu alasan secara generalnya, tapi kenapa harus matematika? Kenapa harus deret angka? 

Jadi, dengan mengerjakan deret angka, kita bisa tahu sejauh mana kemampuan kita dalam menganalisa suatu masalah. Masalah tidak akan selesai kalau kita tidak tahu seluk beluk permasalahan itu sendiri bukan?

Sama halnya dengan mengerjakan deret angka. Kalian harus mencoba cara mengerjakan soal deret angka dengan melakukan perhitungan dari bilangan-bilangan tersebut untuk menemukan polanya. Butuh ketelitian, kesabaran, dan ketangkasan untuk bisa menemukan dengan mudah dan benar pola yang diterapkan dalam setiap deret angka, karena tentunya akan berbeda dari masing-masing soal. 

Maka dari itu, di sini kita akan membahas cara untuk mengerjakan deret angka dengan cepat dan tepat. Namun sebelum itu, terlebih dahulu kita harus mengetahui bentuk-bentuk deret angka itu sendiri.

Bentuk-Bentuk Deret Angka

  1. Menentukan angka terakhir dalam kumpulan atau deret angka yang disediakan.
  2. Menentukan angka yang hilang dalam deret
  3. Menentukan angka yang hilang dalam deret yang tidak beraturan

Cara Mengerjakan Soal Deret Angka dengan Cepat dan Tepat

Untuk dapat menggunakan waktu sebaik mungkin dan bisa mendapatkan score yang diinginkan, maka salah satunya kita harus mengetahui cara mengerjakan soal deret angka dengan baik dan benar. Di antaranya yang harus kita lakukan jika kita dihadapkan dengan soal mengenai deret angka yaitu: 

Mencari pola dari deret angka itu sendiri. 

Dalam pencarian pola memang diperlukan ketelitian dan kesabaran yang ekstra. Dalam deret angka biasanya kita jumpai pola yang sederhana seperti penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian, pengakaran, dan penguadratan. 

Namun demikian, jika operasi sederhana tersebut sudah dicoba dan belum juga bisa menemukan polanya, maka itu berarti soal tersebut biasanya menggunakan pola bertingkat atau pola meloncat.

Jangan terpaku hanya pada bilangan yang terletak di depan

Fokuslah untuk mencari pola. Sehingga, semua angka yang disajikan dalam deret tersebut bisa kalian lihat dan analisis bentuk polanya. Karena dalam deret angka, kalian mungkin akan menemukan lebih dari satu pola. Misalnya, dalam deret angka berikut ini, 4, 9, 6, 11, 8.

Dalam pola tersebut kalian menemukan deret angka yang kalau dilihat secara sekilas pasti sangat membingungkan. Namun deret angka tersebut sebenarnya memiliki pola yang teratur, yaitu dengan pola +5, -3, dan tetap begitu seterusnya. 

Jangan mudah terkecoh!

Dalam pencarian pola yang diterapkan dalam suatu deret, kita benar-benar harus memastikan bahwa pola yang sudah kita temukan ini bisa diterapkan atau tidak untuk angka-angka selanjutnya yang berada di deretan tersebut. Jangan sampai kita menentukan angka yang salah karena sudah terlalu percaya diri dengan satu pola yang sudah ditemukan. 

Misalnya saja dengan contoh di atas tadi (point 2). Jika yang harus kalian cari adalah bilangan 6 yang berada di sana, dan kalian dengan PD nya menyimpulkan bahwa deret tersebut memiliki pola +5, kalian pasti akan menjawab 14 setelah angka 9. Padahal bukan itu jawabannya. 

Maka dari itu, pastikan terlebih dahulu apakah pola yang kalian temukan sudah bisa diterapkan untuk deretan angka yang selanjutnya atau belum. Konsistensi! Karena sesuatu bisa disebut pola jika dia mempunyai sesuatu yang konsisten. 

Contoh Soal-Soal Deret Angka 

1. Tentukan bilangan selanjutnya dari deret angka berikut ini. 2, 10, 18, 26, ….?

Penyelesaian: 

Pada deret angka di atas kita harus menemukan polanya terlebih dahulu untuk bisa menentukan angka yang ditanyakan. 

Bilangan awal adalah 2 dan selanjutnya adalah 10, berarti selisih dari keduanya adalah +8, selanjutnya apakah masih tetap sama? Mari kita lihat dari bilangan 10 ke 18, selisihnya juga +8, begitu juga dari bilangan 18 ke 26. sehingga bisa kita simpulkan bahwa pola deret angka tersebut adalah +8, berarti bilangan selanjutnya adalah 34. 

2. Tentukan bilangan selanjutnya dari deret angka berikut ini. 3, 9, 27, 81…?

Penyelesaian: 

Mari kita coba dari operasi yang termudah, penjumlahan dan pengurangan tidak akan mungkin melihat deret bilangan yang perbedaannya jauh antara satu dengan yang lainnya. Jadi mari kita coba dengan menggunakan pola perkalian. 

3  9  27  81  ?

3  3  3   3

Dengan pola tersebut berarti pola dalam deret angka ini adalah x3. sehingga, bilangan selanjutnya dari deret angka tersebut adalah 243. 

Note: jika operasi yang mudah seperti yang sudah disebutkan di awal dan seperti yang ada dicontoh tidak bisa dilakukan, kalian bisa menggunakan pola bertingkat atau meloncat (misalnya, bilangan pertama dengan bilang ketiga, kedua dengan keempat, dan seterusnya). 

Nah itu dia tadi beberapa cara mengerjakan soal deret angka dengan cepat dan tepat dengan contohnya juga. Semoga bisa membantu dan kalian bisa mengerjakan soal deret angka dengan mudah agar dapat lolos seleksi CPNS 2021. 


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah