Cek Status Pengumuman Kelulusan SBMPTN di pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id

Posted in: SBMPTN

Cek Status Pengumuman Kelulusan SBMPTN di pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id – Pada tahun akademik baru 2021/2022, Perguruan Tinggi Negeri kembali membuka peluang bagi lulusan SMA/MA/SMK/sederajat dan paket C tahun 2019, 2020, dan 2021 untuk dapat mengikuti seleksi masuk. Terdapat beberapa jalur yang dapat diikuti oleh calon mahasiswa baru, salah satunya yaitu melalui SBMPTN. Bagi yang mengikuti jalur SBMPTN, saat ini ada yang telah selesai melaksanakan UTBK Gelombang I dan beberapa sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti UTBK Gelombang II. Setelah UTBK selesai dilaksanakan, para peserta SBMPTN nantinya akan menunggu pengumuman hasil seleksi yang akan dilaksanakan pada 14 Juni 2021 melalui laman resmi yang disediakan oleh LTMPT.

Tata Cara Cek Pengumuman Kelulusan SBMPTN

unsplash.com

Pada saat tanggal 14 Juni 2021 mendatang, bagi kamu yang sudah mengikuti proses tahapan SBMPTN hingga UTBK selesai dapat melihat hasil pengumuman melalui laman resmi dari LTMPT. Para peserta dapat mengakses website untuk melihat pengumuman hasil kelulusan mulai pada sekitar pukul 14.00 WIB. Agar dapat melihat hasilnya, peserta perlu untuk memiliki data pribadi seperti nomor pendaftaran peserta SBMPTN dan tanggal lahir untuk dimasukkan pada kolom yang telah disediakan. Oleh karena itu, penting untuk mempersiapkan kedua data tersebut sebelum membukanya agar akses dapat berjalan dengan lancar.

Tahapan untuk mengecek status pengumuman kelulusan SBMPTN diantaranya:

  1. Membuka halaman untuk melihat pengumuman pada website pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id.
  2. Masukkan nomor pendaftaran peserta SBMPTN yang terdiri dari 10 digit angka pada kolom yang telah tersedia.
  3. Ketik tanggal lahir pada kolom yang terletak pada website tersebut dengan benar.
  4. Setelah diisi dengan benar, klik pada menu Lihat Hasil yang ada.
  5. Pengumuman hasil kelulusan SBMPTN akan muncul pada layar perangkat elektronik yang digunakan.

Bagi peserta yang lulus SBMPTN, pada layar akan muncul pengumuman berwarna hijau dengan tulisan, “Selamat Anda dinyatakan lulus SBMPTN”. Tulisan ucapan selamat tersebut biasanya akan diikuti dengan program studi serta Perguruan Tinggi Negeri yang dituju. Pengumuman yang didapatkan biasanya akan berwarna hijau terang.

Dalam pengumuman tersebut juga akan muncul pemberitahuan terkait dengan proses registrasi ulang yang harus dilakukan pada PTN masing-masing. Peserta yang lulus dapat mengunduh SK kelulusan untuk digunakan sebagai persyaratan daftar ulang pada PTN tersebut.

Bagi peserta SBMPTN yang belum lulus, maka akan muncul tulisan belum dinyatakan lulus dari PTN serta program studi yang dituju. Namun, peserta masih dapat mengunduh hasil nilai UTBK yang menjadi persyaratan untuk dapat mendaftarkan diri pada PTN lain melalui berbagai jalur.

Laman Lain untuk Mengecek Status Pengumuman SBMPTN

Banyaknya peserta SBMPTN yang ingin melihat pengumuman hasil kelulusan mereka pada waktu yang bersamaan dapat mendatangkan traffic yang cukup besar pada website pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id. ‘Hal ini dapat menyebabkan website menjadi sulit untuk diakses atau bahkan juga tidak dapat diakses untuk beberapa waktu. Oleh karena itu, LTMPT menyediakan 12 link alternatif lainnya yang dapat digunakan oleh peserta untuk melihat pengumuman SBMPTN. Cara mengakses pengumuman melalui link ini juga sama seperti yang ada pada website LTMPT.

Berikut ini 12 link alternatif yang dapat digunakan oleh peserta SBMPTN dalam melihat pengumuman kelulusan, diantaranya:

  1. http://sbmptn.ui.ac.id
  2. http://sbmptn.itb.ac.id
  3. http://sbmptn.its.ac.id
  4. http://sbmptn.ugm.ac.id
  5. http://sbmptn.unsyiah.ac.id
  6. http://sbmptn.untan.ac.id
  7. http://sbmptn.unsri.ac.id
  8. http://sbmptn.unhas.ac.id
  9. http://sbmptn.unand.ac.id
  10. http://sbmptn.unair.ac.id
  11. http://sbmptn.undip.ac.id
  12. http://sbmptn.ipb.ac.id

Daftar Ulang Calon Mahasiswa Baru Lulus SBMPTN

Para peserta yang berhasil lolos SBMPTN dan diterima di PTN yang dituju, langkah selanjutnya yang perlu untuk dilakukan yaitu menyelesaikan proses daftar ulang. Hal ini sifatnya wajib untuk dilakukan karena jika terlewatkan, maka PTN akan menganggap peserta telah mengundurkan diri. Oleh karena itu, akan lebih baik jika pendaftaran ulang segera diselesaikan sesuai dengan jadwal dari masing-masing universitas. Biasanya setiap universitas memiliki ketentuan dan jadwalnya sendiri yang dapat diakses melalui website resmi mereka.

Berkas Persyaratan Saat Daftar Ulang

Saat melakukan daftar ulang, terdapat berkas dokumen yang perlu untuk diserahkan kepada petugas pendaftaran ulang di setiap Universitas. Biasanya, dokumen ini nantinya akan diserahkan secara langsung sebagai syarat verifikasi data mahasiswa baru. Dokumen yang perlu untuk disiapkan diantaranya:

  1. Kartu peserta SBMPTN yang telah dicetak.
  2. Formulir registrasi ulang yang telah dicetak dan diisi dengan benar.
  3. Lembar pernyataan yang telah disediakan oleh tiap Universitas dan telah diisi.
  4. Pas foto dengan ukuran 2×3, 3×4, dan 4×6 dengan ketentuan background sesuai dengan yang telah diberikan oleh Universitas.
  5. Ijazah asli serta yang telah difotokopi, atau juga dapat menggunakan surat keterangan lulus yang dikeluarkan oleh sekolah asal.
  6. SKHUN atau surat sejenis yang dikeluarkan oleh sekolah asal.
  7. Kartu Keluarga yang telah difotokopi.
  8. Materai senilai Rp 6.000,00.
  9. Surat keterangan sehat bebas dari narkoba.
  10. Bukti pembayaran UKT semester pertama.
  11. Bukti slip gaji orang tua atau surat keterangan sejenis yang dikeluarkan oleh kelurahan tempat tinggal asal.
  12. Bukti pembayaran listrik selama tiga bulan terakhir.

Beberapa Universitas mewajibkan untuk membawa seluruh dokumen yang telah disebutkan di atas. Namun, ada pula yang hanya membutuhkan sebagian dokumen saja dengan ketentuan yang berbeda. Persyaratan lebih lanjut biasanya akan diumumkan melalui website masing-masing Universitas beserta dengan jadwal pendaftaran ulang secara lengkap.

Tahapan Pendaftaran Ulang PTN untuk Mahasiswa Baru

Calon mahasiswa baru yang membutuhkan penyelesaian proses daftar ulang biasanya akan perlu melewati beberapa tahapan. Hal utama yang perlu untuk diperhatikan yaitu menyiapkan berkas persyaratan yang diminta oleh pihak Universitas untuk diserahkan sesegera mungkin. Selain itu, calon mahasiswa baru perlu untuk melewati beberapa langkah, diantaranya:

  1. Melakukan pengisian formulir pendaftaran ulang secara lengkap dan berdasarkan data yang akurat serta benar adanya. Formulir ini biasanya akan tersedia dalam bentuk soft file yang kemudian dapat diisi dan dicetak oleh calon mahasiswa baru. Formulir ini wajib untuk dibawa saat penyerahan berkas data diri kepada panitia penerimaan mahasiswa baru di tiap Universitas.
  2. Pembayaran UKT untuk semester pertama biasanya akan dilakukan setelah selesai mengisi formulir dengan benar. Informasi yang diperlukan untuk keperluan pembayaran, misalnya seperti kode pembayaran akan diberikan setelah proses pengisian formulir. Pembayaran UKT ini dapat dilakukan pada berbagai bank yang telah bekerja sama dengan pihak Universitas.
  3. Calon mahasiswa baru akan diminta untuk menyerahkan berkas data diri secara langsung kepada panitia yang berada di Universitas masing-masing. 
  4. Setelah semua proses selesai dilakukan, calon mahasiswa baru dapat mengikuti proses sebelum memasuki perkuliahan. Biasanya akan terdapat pengenalan kampus agar mahasiswa baru dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik sebelum perkuliahan dimulai.

Pengumuman hasil kelulusan SBMPTN nantinya akan dapat diakses pada 14 Juni 2021 melalui website resmi yang telah disediakan oleh LTMPT. Mamikos mengucapkan selamat bagi para peserta yang berhasil lolos dan diterima di Perguruan Tinggi Negeri yang dituju. Jangan lupa untuk menyelesaikan proses registrasi ulang dan mencari tempat kost dengan mudah melalui Mamikos. Bagi yang belum lolos, tetap semangat karena masih banyak jalur yang dapat ditempuh untuk dapat masuk ke PTN yang diinginkan.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta