6 Contoh Karangan Cerita Liburan Sekolah Singkat yang Berkesan dan Menarik

6 Contoh Karangan Cerita Liburan Sekolah Singkat yang Berkesan dan Menarik – Liburan sekolah telah usai, kini siswa-siswi akan memasuki hari pertama sekolah di tahun ajaran baru.

Nah, biasanya ketika hari pertama sekolah, kamu akan diminta untuk membuat teks cerita menarik tentang pengalaman liburannya.

Kamu pun bisa menuliskan cerita saat kamu berlibur ke rumah nenek, pergi ke tempat rekreasi, melakukan kegiatan seru, dan lain sebagainya.

Berikut Deretan Contoh Karangan Cerita Liburan Sekolah Singkat Untuk Inspirasi

unsplash.com/lilartsy

Biasanya, guru akan meminta kamu untuk menulis cerita pengalaman liburan yang inspiratif. Agar lebih menarik, kamu juga bisa menambahkan unsur-unsur dramatis di dalam cerita kamu.

Dengan menulis cerita tersebut, diharapkan orang lain bisa terinspirasi dan mengambil nilai-nilai positif dari cerita yang kamu tulis.

Oh ya, sebelum membuat cerita, ada baiknya jika kamu memerhatikan tata cara penulisannya terlebih dahulu, ya.

Bagi kamu yang sudah mendapatkan tugas menulis cerita liburan sekolahmu dari guru di sekolah, yuk simak beberapa contoh cerita liburan sekolah singkat yang Mamikos kutip dari berbagai sumber berikut ini.

Contoh 1 Cerita Liburan Sekolah

Bebas dari semua pelajaran adalah kata pertama yang muncul di benakku. Hampir tiga minggu lebih aku menghabiskan waktuku di rumah. Kesempatan ini tidak mungkin aku sia-siakan. Aku menghabiskan waktu liburanku dengan berbagai hal yang pastinya sangat berguna bagi kesehatan otakku.

Aku pergi ke rumah Siska dan Ratih. Di sana kami main bersama mencoba untuk melupakan pelajaran sejenak. Ratih adalah tipe orang yang bisa membuat orang tertawa dengan berbagai candaannya. Pada saat aku dan Sisca berada di rumahnya, kami semua selalu tertawa dibuatnya.

Selain itu aku pergi ke warnet untuk memeriksa email ku yang belum lama ini aku buat bersama teman-temanku. Menurutku cara ini sangat efektif untuk menambah teman dan wawasan yang sangat berguna bagiku. Waktu liburan aku juga cukup banyak menghabiskan waktuku di rumah.

Di rumah aku membereskan semua buku-buku yang sudah tidak aku pakai lagi dan mengemasi buku yang masih berguna untuk kelas XII nanti. Aku cukup sibuk pada saat harus menyiapkan peralatan sekolah. Aku, mama, dan beserta adikku pergi ke toko buku dan toko seragam.

Di rumah kebanyakan aku hanya bermain PS bersama adikku. Kadang kami bertengkar hanya untuk berebut giliran siapa yang akan bermain berikutnya. Liburan ini sangat aku manfaatkan untuk menenangkan otakku yang sudah selama setahun dipacu untuk selalu belajar. Tapi ini semua aku lakukan juga untuk persiapan masuk sekolah nanti.

(Sumber: kumparan.com)

Contoh 2 Cerita Liburan Sekolah

Pada suatu hari yang cerah saat liburan akhir tahun lalu, aku dan teman-teman memutuskan untuk menyambut tahun baru dengan cara yang beda. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yang biasanya cuma di rumah atau berkunjung ke rumah nenek, kali ini kami memutuskan untuk pergi ke pantai.

Sebagai seorang anak SD yang masih kecil, kami pergi dengan sepeda. Untungnya, sepedaku dan teman-teman memiliki keranjang di bagian depannya. Desain demikian membuatku lebih mudah untuk membawa sesuatu. Setelah kurang lebih 2 jam bersepeda, kami tiba di Pantai Parangtritis.

Sesampainya, kami langsung disambut dengan ombak yang berdebur ke tepian dengan keras. Selain itu, pasir putih yang lembut agaknya mengundang kami untuk duduk. Aku langsung merasa tidak sabar untuk duduk dan melepas penat.

Setelah memilih spot yang pas, kami langsung melemparkan tikar di pantai. Cuaca yang tidak begitu terik, diselingi dengan angin sepoi-sepoi membuat suasana begitu nyaman. Kami mulai menyantap bekal yang kami bawa: nasi kotak, cemilan favorit, dan tentunya minuman dingin.

Setelah makan, kami memutuskan untuk bermain voli pantai. Meskipun skill voli kami jauh dari profesional, tetapi yang terpenting adalah kesenangannya, bukan? Kami tertawa sambil bersenda gurau dengan begitu asyiknya.

Waktu menjelang senja, langit berubah warna jingga dan merah muda. Kami pun merapat ke pinggir air untuk menikmati matahari terbenam yang indah. Suara ombak yang menghantam pantai menjadi latar yang sempurna.

Detik-detik pergantian tahun pun tiba. Kami berdiri melingkari kembang api yang menyala di langit malam. Suara tawa dan tepuk tangan pun bergema di sepanjang pantai.

Rasanya begitu spesial merayakan tahun baru di tempat yang begitu alami dan indah. Setelah kembang api meredup, kami duduk kembali di tikar, saling bercerita tentang tahun 2023 dan 2024 yang sudah tiba.

Liburan tahun baru di pantai ini benar-benar meninggalkan kenangan yang tak terlupakan. Senangnya bisa bersama teman-teman terbaik di bawah langit bintang, sambil mendengarkan riak ombak. Selamat tahun baru, semoga tahun ini penuh dengan kebahagiaan dan petualangan seru.

(Sumber: detik.com)

Contoh 3 Cerita Liburan Sekolah

Libur sekolah adalah waktu yang paling kutunggu karena aku bisa bersantai tanpa harus memikirkan tugas sekolah. Selain itu, aku jadi memiliki waktu yang banyak untuk berkumpul dengan keluarga tercinta.

Selama liburan ini, kegiatan yang paling berkesan adalah ketika aku menghabiskan waktu bersama ibu. Biasanya, kesibukan ibu di kantor membuat interaksi kami terbatas, tetapi liburan ini memungkinkan kami untuk saling berbagi cerita dan tawa.

Ibu dan aku melakukan banyak kegiatan bersama. Salah satunya adalah masak-memasak. Aku membantu ibu memasak beberapa hidangan favorit keluarga dan juga membuat pancake kesukaanku.

Selain itu, kami menonton film-film bersama. Saat menonton, ibu sering bercerita tentang kejadian lucu atau menyentuh di masa lalu. Kami tertawa bersama dan merasakan kebersamaan yang lama tidak terasa.

Liburan bersama ibu membawa banyak kebahagiaan dan kenangan yang akan kusimpan. Meski tidak pergi ke tempat-tempat jauh, tetapi momen-momen sederhana bersama ibu di rumah membuat liburan kali ini menjadi salah satu yang paling berkesan.

(Sumber: cnnindonesia.com)

Contoh 4 Cerita Liburan Sekolah

Liburan sekolah tahun lalu menjadi momen yang tak terlupakan saat keluargaku dan aku memutuskan untuk menjelajahi keajaiban sejarah di sebuah kota tua yang tersembunyi. Berjalan-jalan di antara bangunan bersejarah dengan arsitektur yang megah, aku merasa seolah-olah melangkah ke dalam lembaran sejarah yang hidup.

Menjelajahi lorong-lorong kecil yang dipenuhi toko-toko unik dan pasar tradisional yang berisik, aku merasakan kehidupan dan budaya yang berdenyut di setiap sudut kota tua ini. Liburan ini membuka mataku pada kekayaan sejarah dan budaya yang terkadang terabaikan di era modern.

(Sumber: kumparan.com)

Contoh 5 Cerita Liburan Sekolah

Semasa liburan sekolah kemarin, aku dan keluarga pergi berkunjung ke Kebun Binatang Ragunan. Aku sangat menyukai hewan karena itu aku sangat senang ketika ayah mengajak saya ke kebun binatang esok harinya.

Esok paginya, aku sudah siap-siap untuk pergi. Ibu pun menyiapkan bekal dan cemilan untuk disantap di sana jika lapar. Kami berangkat sejak pagi supaya sesampainya di sana belum terlalu panas dan masih sedikit sepi. Dari rumah, kira-kira perlu waktu sekitar 1 jam perjalanan karena banyak sekali menemui lampu merah.

Sesampainya di depan kebun binatang, ayah pergi ke loket untuk membeli tiket masuk. Kemudian kami pun masuk ke dalam kebun binatang. Di sana, aku melihat banyak jenis hewan yang ada di dalam kandang. Aku juga melihat akuarium berisi ikan-ikan unik berukuran jumbo. Belum lagi di kandang juga ada beberapa hewan buas seperti buaya. Rasanya seram sekali tapi menyenangkan.

Aku juga melihat badak yang sedang membuka mulutnya. Mulut badak tersebut sangat besar. Para pengunjung pun dilarang untuk berada terlalu dekat dengan pagar kandang. Meski setiap pagar telah menggunakan pagar besi kuat, namun tentunya demi keselamatan para pengunjung harus berada pada jarak yang aman.

Ketika hari mulai siang, udara pun semakin panas dan matahari mulai terik. Aku dan keluargaku kemudian beristirahat sambil menikmati cemilan yang dibuatkan ibu. Kami pulang sekitar pukul 1 siang. Rasanya sangat menyenangkan. Aku ingin kembali berkunjung ke kebun binatang berikutnya.

(Sumber: brainacademy.id)

Contoh 6 Cerita Liburan Sekolah

Selama liburan sekolah, keluarga saya memutuskan untuk menghabiskan waktu bersama dengan melakukan kegiatan piknik. Ayah dan ibu memutuskan untuk membawa kami ke taman di dekat rumah.

Pagi itu, kami berkumpul di depan rumah dengan membawa bekal dan perlengkapan piknik. Semua anggota keluarga sangat bersemangat, termasuk adik-adik saya yang selalu senang bermain di alam terbuka. Kami menaiki mobil bersama-sama, bersemangat menanti petualangan yang akan datang.

Sesampainya di taman, kami disambut oleh hijaunya hamparan rumput dan pepohonan rindang. Kami menemukan spot piknik yang nyaman di bawah pohon besar, kemudian ayah segera membentangkan tikar piknik.

Ibu telah menyiapkan berbagai makanan lezat, mulai dari buah-buahan segar, hingga kue-kue yang enak. Kami duduk bersama, berbagi cerita, dan menikmati hidangan lezat di tengah alam yang indah. Setelah makan siang, ayah mengajak kami untuk menjelajahi sekitar.

Piknik bersama keluarga di taman benar-benar menjadi momen yang tak terlupakan. Kami menghabiskan waktu liburan dengan bermain-main, berfoto bersama, dan menikmati kebersamaan.

(Sumber: cnnindonesia.com)

Nah, di atas tadi merupakan informasi terkait deretan contoh karangan cerita liburan sekolah singkat yang bisa Mamikos bagikan.

Semoga contoh-contoh cerita pengalaman liburan sekolah di dalam artikel ini bisa kamu jadikan sebagai referensi dalam menulis cerita kamu sendiri, ya.

Buat kamu yang ingin mengulik lebih banyak lagi tentang informasi edukasi menarik lainnya, seperti Contoh Karangan Deskripsi tentang Liburan Sekolah hingga Contoh Cerita Liburan Sekolah 2 3 4 Paragraf, kamu bisa kunjungi situs blog Mamikos dan temukan informasinya di sana.

FAQ

Apa yang kamu lakukan selama liburan sekolah?

Beberapa contoh kegiatan selama libur sekolah antara lain piknik, berkunjung ke museum, membuat karya seni, berkemah, berkebun, menonton film, dan lain sebagainya.

Apa saja kegiatan di rumah selama liburan sekolah?

Aktivitas seru untuk dilakukan di rumah seperti berolahraga, memasak, menata ulang kamar tidur, berkemah di halaman rumah, melakukan berbagai eksperimen sains, dan lainnya.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu: