[Terbaru] Contoh Pasfoto Pemberkasan CPNS 2021 yang Benar Sesuai Ketentuan

Posted in: Pendaftaran CPNS
Tagged: cpns

[Terbaru] Contoh Pasfoto Pemberkasan CPNS 2021 yang Benar Sesuai Ketentuan — Saat ini kamu sedang menyiapkan berbagai dokumen, persyaratan atau contoh pas foto pemberkasan CPNS 2021? Maka, artikel Mamikos kali ini adalah informasi yang kamu cari.



Di sini Mamikos akan memberikan berbagai informasi terutama contoh pas foto pemberkasan CPNS 2021, ketentuan pas foto sscasn, contoh foto CPNS latar merah yang baik dan benar. Karena persoalan melampirkan pas foto ini adalah hal yang sangat menentukan, maka kamu tidak bisa sembarangan.

Begini Penampakan Contoh Pasfoto Pemberkasan CPNS 2021

minews.id

Sebelum berlanjut pada pembahasan utama yakni contoh pasfoto pemberkasan CPNS, alangkah baiknya jika kamu mengenali dahulu apa kegunaan pasfoto tersebut hingga bagaimana cara mengambil pasfoto yang benar dan berkualitas baik.

Simak ulasannya sebagai berikut.

1. Pengertian Pasfoto?

Melansir dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, pasfoto mengandung arti foto kecil dari kepala sampai dada. Konon asal usul kata pasfoto bermula dari Belanda. Kata ‘pas’ pada pasfoto tersebut dimaksudkan untuk penggalan dari kata paspor.

Dalam bahasa Inggris, pasfoto juga dikenal dengan istilah ‘passport photo’. Namun di Belanda, pasfoto ini tidak selalu untuk mengurus paspor saja kok. Pasfoto juga menjadi salah satu syarat untuk membuat SIM atau kartu identitas diri lainnya.



2. Kegunaan Pasfoto

Apabila di Belanda pasfoto yang diambil berguna untuk membuat kartu identitas, tak jauh berbeda dengan di Indonesia. Pasfoto seringkali menjadi salah satu syarat untuk beberapa keperluan misalnya saja pembuatan KTP, SIM, foto ijazah, lampiran permohonan akta nikah hingga syarat untuk melamar pekerjaan. 

3. Cara Mengambil Pasfoto Berkualitas Baik

Ada beberapa langkah yang perlu kamu perhatikan apabila hendak mengambil pasfoto berkualitas. Salah satunya adalah posisi saat kamu hendak mengambil foto. Jangan mengangkat dagu kamu terlalu tinggi karena menjadikan hasil pasfotonya nanti jadi tidak natural.

Kemudian jangan pernah memiringkan kepala ke belakang. Posisi ini membuat hasil foto jadi terlihat tidak baik karena akan memperlihatkan apabila kamu memiliki lipatan dagu. Kamu bisa mencondongkan kepala ke depan dan menunduklah sedikit agar wajah kamu di kamera nanti terlihat lebih proporsional.



Cara mengambil pasfoto berkualitas baik lainnya adalah jangan mengernyitkan dahi. Kamu juga tidak perlu tersenyum terlalu lebar, cukup tunjukkan senyum simpul saja. Jangan lupa pakai make-up yang simpel dan natural look saja, tidak perlu berlebihan. Dan yang terakhir pakai baju rapi dan formal.

4. Contoh Pasfoto Pemberkasan CPNS Terbaru

Inilah saat yang kamu nantikan yaitu mengetahui contoh pasfoto pemberkasan CPNS yang benar sesuai ketentuan. Simak contohnya seperti yang Mamikos lampirkan di bawah ini. 

kompas.com

5. Alur Pemberkasan Pelamar CPNS 2021

Via laman media sosial resminya, Badan Kepegawaian Negara (BKN) sudah merilis alur pemberkasan bagi kamu pelamar CPNS yang kemudian dinyatakan lolos seleksi. Apa saja pemberkasannya, keterangannya bisa kamu baca di bawah ini:

  1. Sebagai peserta yang lulus, kamu dapat mengakses portal SSCN (https://sscn.bkn.go.id), melalui akun masing-masing;
  2. Mengisi Daftar Riwayat Hidup (DRH);
  3. Mencetak DRH;
  4. Mengunggah DRH dan dokumen pemberkasan lainnya.

Apa saja dokumen pemberkasan yang wajib diunggah di laman SSCN? Di bawah ini adalah daftar dokumen yang wajib untuk kamu unggah di sana:


  1. Pas foto terbaru 3 x 4 cm berlatar belakang merah sebanyak 12 (dua belas) lembar dengan menuliskan nama dan tanggal lahir di balik pas foto tersebut. Harap ditulis menggunakan tinta yang tidak mudah luntur. Peserta diwajibkan mengenakan pakaian formal;
  2. Ijazah asli untuk lulusan dalam negeri atau ijazah penyetaraan Dikti untuk lulusan dari luar negeri;
  3. Transkrip asli;
  4. Surat pernyataan lima poin, sesuai peraturan BKN No. 14 Th. 2018;
  5. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku saat pemberkasan;
  6. Surat keterangan sehat jasmani dan rohani dari dokter yang berstatus PNS atau dokter yang bekerja pada unit pelayanan kesehatan;
  7. Surat keterangan tidak mengkonsumsi atau menggunakan narkoba, psikotropika, serta zat-zat adiktif lainnya dari unit Pelayanan Kesehatan Pemerintah;
  8. Bukti pengalaman kerja yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang, apabila memiliki masa kerja;
  9. Daftar Riwayat Hidup yang sudah dibubuhi tandatangan.

6. Syarat Umum Untuk Mendaftar CPNS 2021

Usai mengetahui contoh pasfoto pemberkasan CPNS seperti yang tampak di poin sebelumnya, Mamikos tak lupa memberikan syarat umum apabila kamu hendak mendaftarkan diri pada seleksi CPNS 2021.

Sebelum terpilih menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), ada beberapa tahapan atau seleksi yang kamu harus lalui. Sebelumnya ada beberapa dokumen yang perlu kamu siapkan untuk bisa mendaftarkan diri. 

Sebanyak 7 tahapan seleksi harus kamu lalui pada setiap pendaftaran CPNS. Diantaranya adalah:

  1. Pendaftaran Online via laman SSCN BKN
  2. Seleksi Administrasi
  3. Verifikasi Berkas Asli
  4. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan Computer Assisted Test (CAT)
  5. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)
  6. Pengumuman Kelulusan
  7. Pemberkasan

Sebelum mendaftar ketahui dulu persyaratan umum mendaftar CPNS 2021 berikut ini:



  1. Kamu merupakan Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Ketika kamu mendaftar, diwajibkan kamu sudah berusia minimal 18 tahun dan maksimal berusia 35 tahun.
  3. Sama sekali tidak memiliki catatan pidana.
  4. Tidak pernah berhenti kerja atas permintaan sendiri ataupun karena dipecat sebagai PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, dan untuk pegawai swasta tidak boleh memiliki riwayat pernah dipecat.
  5. Kamu bukan seorang PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, atau anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia yang sudah terdaftar.
  6. Bukan anggota atau pengurus partai politik maupun terlibat politik praktis.
  7. Pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan yang akan dilamar.
  8. Sehat jasmani dan rohani.
  9. Harus bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh Instansi Pemerintah.
  10. Apabila kamu wanita tidak bertato
  11. Untuk laki-laki kamu tidak boleh bertindik
  12. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan
  13. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah di Indonesia
  14. Bagi lulusan dari luar negeri, ijazah harus disahkan dan dinilai setara dengan ijazah kesarjanaan/diploma Indonesia oleh Kementerian Pendidikan Tinggi
  15. Tidak sedang terlibat perkara pidana atau tidak pernah dipidana dengan pidana penjara sebelumnya.

7. Ini Langkah yang Benar Mendaftar CPNS 2021

Kamu pasti sudah tahu kalau untuk melakukan pendaftaran CPNS 2021 kamu bisa melakukannya dari mana saja. Sebab pendaftaran CPNS dapat dilakukan secara daring (online). Mamikos lampirkan serta cara mendaftar sekaligus berkas yang harus kamu siapkan.

Mempersiapkan dokumen persyaratan berupa:

  1. Scan pas foto berlatar belakang merah
  2. Scan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Asli;
  3. Scan Kartu Keluarga (KK);
  4. Swafoto (Selfie);
  5. Scan Ijasah Asli;
  6. Scan Transkrip Nilai Asli;
  7. Surat Lamaran;
  8. Surat Pernyataan;
  9. Dokumen lainnya yang sesuai dengan ketentuan instansi yang akan dilamar, tak terkecuali Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  10. Kunjungi portal SSCN di https://sscn.bkn.go.id
  11. Buat akun dengan klik menu Registrasi
  12. Masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (No. KK) atau NIK Kepala Keluarga (NIK KK)
  13. Lengkapi data diri yang diminta seperti nama tanpa gelar, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, e-mail, password, dan pertanyaan pengamanan
  14. Unggah pasfoto berlatar belakang merah
  15. Cetak Kartu Informasi Akun
  16. Pastikan untuk melakukan langkah-langkah yang diminta dengan mengisi informasi secara tepat dan jujur.

Itulah tadi informasi yang bisa Mamikos sampaikan terkait contoh pasfoto pemberkasan CPNS 2021 yang benar dan sesuai ketentuan. Semoga apa yang Mamikos sampaikan di atas tadi dapat memberikan kamu inspirasi dan sebuah informasi baru, terutama terkait contoh pasfoto pemberkasan.

Unduh aplikasi Mamikos apabila saat ini kamu sedang menelusuri hunian kos-kosan yang sesuai dengan impian atau kualifikasi ideal kamu. Cukup dengan satu aplikasi yang kamu bisa unduh via Appstore dan Playstore, kamu bisa mendapatkan informasi ribuan kos. Kamu sudah mengunduh aplikasinya?



Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah