Contoh Proposal Terbaru Untuk Kegiatan KKN Mahasiswa

Posted in: Seputar Mahasiswa

Contoh Proposal Terbaru Untuk Kegiatan KKN Mahasiswa – KKN atau yang juga biasa disebut sebagai Kuliah Kerja Nyata adalah salah satu kegiatan akademik yang bisa diikuti oleh mahasiswa libur semester. Secara formal, KKN merupakan bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu, yang berlangsungantara satu sampai dua bulan dan bertempat di daerah setingkat desa.

Contoh Proposal Terbaru Untuk Kegiatan KKN Mahasiswa Yang Wajib Dipelajari

Mahasiswa Rantau

Berikut adalah contoh proposal Kuliah Kerja Nyata atau KKN seperti yang dibuat oleh Syamsul Rijal Lengu.

Proposal Kuliah Kerja Nyata (KKN)

BAB I
PENDAHULUAN

I.1. Latar Belakang

Mahasiswa adalah bagian dari masyarakat intelektual yang ada dinegeri ini, diharapkan mampu memberi andil dalam pembangunan bangsa dan Negara. Pembangunan,disektor fisik yang terus malaju seiring dengan pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi perlu diimbangi dengan kemajuan masyarakat pada aspek nonfisik. Sejauh ini kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi masih menyisakan ketertinggalan masyarakat pada aspek nonfisik. Dunia pendidikan, kesehatan masyarakat, dan kesejahteraan masih jauh manjadi problem klasik yang butuh penanganan serius.
Kegiatan Kuliah Kerja Nyata adalah suatu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman empiris kepada mahasiswa untuk hidup ditengah-tengah masyarakat di luar kampus, dan secara langsung megajarkan kepada mahasiswa cara identifikasi masalah-masalah sosial kerakyata. Kuliah kerja nyata secara langsung akan menunjukan keterkaitan langsung antara dunia pendidikan dan upaya perwujudan kesejahteraan masyarakat.
Beberapa aspek yang diperhatikan dalam pelaksanaan kuliah kerja nyata adalah yang pertama keterpaduan pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi yang berupa pengajaran, penelitan, dan pengabdian pada masyarakat. Yang ke dua adalah pendekatan interdisipliner dan komprehensif yang artinya KKN bertolak dari permasalahan nyata masyarakat yang didekati menggunakan segala ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang susah, sedang, dan atau akan dipelajari. Yang ketiga adalah lintas sektoral, yang keempat dimensi dan luas dan pragmatis, yang kelima adalah ketelibatan masyarakat secara aktif, yang keenam adalah keberlanjutan dan pengembangan, dan yang ketujuh adalah bertumpu pada sumber daya lokal.
Dengan demikian pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata ini diharapkan mampu untuk mengikuti derap langkah pembangunan yang semakin dinamis untuk meningkatkan sumber daya manusia baik bagi mahasiswa maupun bagi masyarakat dalam pemamfaatan dan pengolahan sumber daya alam dan sumber daya manusia. Kuliah Kerja Nyara sebagai suatu studi yang dilakukan di tengah-tengah masyarakat guna mengimplementasikan keilmuan yang dimiliki oleh setiap mahasiswa dari berbagai disiplin ilmu yang untuk selanjutnya dapat diterapkan di tengah-tengah masyarakat.

I.2. Tujuan Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata

Tujuan dari pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata sebagai berikut:
a. Sebagai wujud dari oreantasi Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian pada masyarakat
b. Memberi pengalaman belajar tentang pembangunan masyarakat dan pengalaman kerja nyata pembangunan.
c. Memberi pengalaman kepada mahasiswa tentang kondisi yang terdapat pada masyarakat dan bagaimana hidup di tengah – tengah masyarakat dengan mengimplementasikan disiplin ilmu yang kita miliki.
d. Meningkatkan hubungan antara perguruan tinggi dengan Pemerintah Kecamatan, pemerintah Desa, dan masyarakat secara langsung.
e. Untuk belajar memahami karakteristik masyarakat pedesaan yang majemuk dengan segala pola hidup masing – masing.

I.3. Sasaran Kegiatan

Sasaran yang ingin dicapai dari pelaksanaan kegiatan ini adalah :
1. Menjalin kerjasama antara mahasiswa dengan masyarakat desa sebagai usaha pemecahan masalah dibidang sosial.
2. Mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu penelitian, pengembangan, dan pengabdian pada masyarakat khususnya masalah sosial .

I.4. Tema Kegiatan

Tema kegiatan ini adalah “Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Pengamalan Iman dan Taqwa”

I.5. Waktu Kegiatan

Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan Maret-Mei 2012

I.6. Tembat dan Lokasi Pelaksanaan

Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Bontoala Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa.

I.7. Penyelenggara

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Mahasiswa Peserta KKN Universitas Islam Negri Alauddin Makassar Angkatan 47 Tahun 2012.

I.8. Landasan Kegiatan

1. Landasan Ideal yakni Pancasila
2. Landasan Struktural yakni UUD 1945
3. Landasan Operasional yakni Tri Dharma Perguruan Tinggi.

I.9. Anggaran Kegiatan

Terlampir

I.10. Susunan Peserta

Terlampir

I.11 Sumber Dana

1. Kas Mahasiswa KKN UIN Alauddin angkatan 47 Tahun 2012
2. Pihak donatur yang tidak mengikat
3. Usaha lain yang bersifat halal.

BAB II
PROGRAM KERJA

Program kerja yang akan dilaksanakan didasarkan pada hasil seminar program kerja di Kantor Desa Bontoala yang dihadiri oleh Kepala Desa, Kepala Dusun, Imam Desa, Imam Dusun, Ketua BPD, PKK dan tokoh masyarakat dan Pemuda di desa Bontoala. Program-program kerja yang akan dilaksankan adalah sebagai berikut :
a. Bimbingan Komputer, Bahasa Inggris, Bahasa Arab, dan Pendidikan Agama bagi Anak SD
Tujuan : Meningkatkan pengetahuan Teknholagi, baca, Menulis Serata Berbahasa bagi Anak SD.
Sasaran : Siswa SD setempat.

b. Mengajar SD
Tujuan : Membantu guru SD yang bersangkutan dalam melakukan transfer ilmu kepada siswa SD dan sebagai sarana transfer ilmu yang didapatkan di kampus.
Sasaran : Siswa SD

c. Pembenahan Administrasi TP-PKK
Tujuan : Membantu tim penggerak PKK dalam membenahi administrasi terutama pengolahan data.
Sasaran : TP-PKK Desa Bontoala

d. Minggu Bersih
Tujuan : Untuk menciptakan lingkungan Desa yang bersih. Terutam sarana-sarana umum, misalnya kuburan, Mesjid dll
Sasaran : Kuburan, Mesjid, Pantai, Selokan dll.

e. Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah
Tujuan : Meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang tata cara penyelenggaraan jenazah.
Sasaran : Masyarakat Desa Bontoala

f. Membantu Petugas Posyandu
Tujuan : Memberiakn pelayan optimal kepada masyarakat.
Sasaran : Masyarakat Desa Bontoala

g. Pembuatan papan Penunjuk Arah
Tujuan : Memudahkan masyarakat untuk mengetahui nama-nama jalan yang terdapat di Desa Bontoala.
Sasaran : Masyarakat Desa Bontoala

h. Lomba TK/TPA Se Desa Bontoala
Tujuan : Memberikan motivasi kepada TK/TPA untuk selalu belaja.
Sasaran : Masyarakat Desa Bontoala

BAB III
PENUTUP

Kegiatan ini diharapkan dapat membantu menyelesaikan masalah-masalah yang muncul dalam masyarakat, dengan ini kami harapkan kerjasama dari semua pihak baik moril maupun material karena kesuksesan dari kegiatan ini hanya dapat tercapai apabila ada kerjasama dari seluruh pihak yang terkait.
Demikian proposal program kerja ini dibuat sebagai kerangka acuan dan gambaran singkat mengenai Pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dalam rangka mendapatkan tanggapan dan bantuan dari berbagai pihak. Kepada semua pihak yang telah dan akan membantu Mahasiswa Peserta KKN Universitas Islam Negri Alauddin Makassar angkatan 47 tahun 2012 mengucapkan terima kasih atas partisipasinya.
Semoga segala bantuan dan amal usaha dari pihak yang peduli dan simpati terhadap usaha ini bernilai ibadah disisi Allah SWT.