Contoh Soal UM PTKIN 2020 dan Jadwal Pelaksanaan Ujian

 Lailla | Kam, 09 Jul 2020

Contoh Soal UM PTKIN 2020 dan Jadwal Pelaksanaan Ujian – Seleksi masuk Perguruan Tinggi tahun 2020 sudah mulai dibuka. Selain terdapat jalur masuk untuk Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta, ada pula seleksi khusus untuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Setiap jalur masuk tersebut memiliki ketentuan khusus dan syarat tersendiri yang harus dipenuhi.

Jadwal Ujian UM PTKIN dan Contoh Soal

Bagi kamu yang ingin meneruskan studi di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN), ada beragam jalur yang dibuka. Adanya seleksi masuk Perguruan Tinggi di tingkat nasional, di tingkat PTKIN, atau yang digelar mandiri oleh masing-masing kampus pun menjadi alternatif. Tingkat keketatan persaingan pada jalur masuk tersebut juga perlu kamu ketahui, sehingga kamu pun lebih siap dalam menjalani seleksi.

Informasi Ujian UM PTKIN 2020

Calon mahasiswa yang akan meneruskan studi di Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), atau Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) di Indonesia bisa mengikuti seleksi UM PTKIN. Selain ketiga Perguruan Tinggi tersebut, UM PTKIN juga bisa diikuti calon mahasiswa yang ingin meneruskan studi di kampus yang berada di bawah naungan Koordinasi Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Kementerian Agama RI.

Pelaksanaan UM PTKIN dilakukan dengan sistem ujian tertulis secara serentak dengan Sistem Seleksi Elektronik (SSE). Dalam penyelenggaraannya, UM PTKIN dilakukan serentak di tingkat nasional oleh berbagai kampus keislaman, seperti UIN, IAIN, serta STAIN. Syarat pendaftaran UM PTKIN tahun 2020 adalah sebagai berikut:

1. Pendaftar adalah lulusan tahun 2018, 2019, atau 2020.

2. Pendaftar lulus dari Satuan Pendidikan MA/MAK/SMA/SMK/Pesantren Muadalah atau yang setara dan sudah mendapatkan izin Kemenag RI.

3. Pendaftar lulusan tahun 2018 dan 2019 wajib memiliki ijazah. Lulusan tahun 2020 yang belum mendapatkan ijazah wajib memiliki Surat Keterangan Lulus (SKL) yang disahkan Kepala Madrasah/Sekolah/Pesantren Muadalah. SKL dilengkapi pas foto terbaru dan dibubuhi cap Madrasah/Sekolah/Pesantren Muadalah.

4. Pendaftar dinyatakan sehat sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di PTKIN

5. Pendaftar memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTKIN penerima.

Alur Pendaftaran UM PTKIN

Alur pendaftaran UM PTKIN tahun 2020 wajib diikuti pendaftar, yaitu sebagai berikut.

1. Melakukan pengisian biodata secara online melalui laman https://um-ptkin.ac.id

2. Pendaftar akan memperoleh Slip Intruksi Pembayaran (SIP).

3. Pendaftar membayar biaya UM PTKIN di kantor cabang BNI yang tersebar di seluruh Indonesia.

4. Pendaftar melakukan login melalui laman https://um-ptkin.ac.id menggunakan nomor SIP dan PIN yang sudah didapatkan.

5. Pendaftar melakukan finalisasi dokumen tanggal 1 Mei – 5 Juli 2020

6. Pendaftar melakukan perbaikan pada tanggal 9 – 17 Juli 2020

7. Pendaftar mencetak Kartu Tanda Peserta UM PTKIN tanggal 9 – 17 Juli 2020 melalui laman https://um-ptkin.ac.id

8. Pendaftar mengikuti ujian sesuai lokasi pilihan dengan jadwal (tanggal, hari, dan sesi) sesuai kartu tes.

9. Tidak diperkenankan mengganti hari pelaksanaan ujian dengan alasan apa pun.

Jadwal Penting UM PTKIN 2020

Terdapat perubahan waktu pelaksanaan UM PTKIN akibat Pandemi Covid-19. Berdasarkan pengumuman terbaru, perubahan UM PTKIN 2020 adalah.

No Agenda Tanggal Pelaksanaan
1 Pendaftaran UM PTKIN 1 Mei – 5 Juli 2020
2 Pembayaran UM PTKIN 1 Mei – 5 Juli 2020
3 Cetak Kartu Peserta UM PTKIN 9 Juli – 17 Juli  2020
4 Pelaksanaan UM PTKIN 3 – 10 Agustus 2020
5 Pengumuman Kelulusan UM PTKIN 24 Agustus 2020

Sistem seleksi yang ditetapkan pada UM PTKIN adalah Sistem Seleksi Elektronik (SSE). Kelompok ujian yang mengikuti UM PTKIN dibedakan menjadi IPA dan IPS. Nantinya, peserta ujian akan diminta mengerjakan soal Tes Potensi Akademik (TPA), tes bahasa, tes keislaman, dan tes kemampuan dasar. Peserta diharapkan benar-benar siap ketika mengikuti ujian karena hanya diperbolehkan mengikuti UM PTKIN maksimal 1 kali. Pengumuman kelulusan tanggal 24 Agustus 2020 akan dilakukan melalui laman https://um-ptkin.ac.id. Peserta juga akan mendapatkan hasil tes secara individu.

Contoh Soal UM PTKIN

Tingkatkan peluang keberhasilanmu dalam mengerjakan soal UM PTKIN dengan banyak berlatih soal. Seleksi UM PTKIN memang berbeda dengan seleksi untuk masuk Perguruan Tinggi lainnya, sehingga kamu perlu memahami cara mengerjakan setiap jenis soal. Semakin sering kamu berlatih mengerjakan soal atau mengikuti simulasi UM PTKIN, kecepatan untuk mengerjakan soal sejenis pun akan meningkat. Hal ini sangat penting karena saat UM PTKIN nanti kamu tidak hanya dituntut untuk bisa mengerjakan soal dengan benar, tetapi juga mengerjakan soal secara tepat. Agar lebih siap dalam menghadapi ujian UM PTKIN, berikut ini adalah contoh soal latihan yang bisa kamu kerjakan.

Contoh Soal Tes Potensi Akademik UM PTKIN

Kegunaan smartphone penting bagi keseharian manusia sebagai alat komunikasi yang efektif dan efisien. Dahulu manusia harus mengirim surat melalui pos dan memakan waktu yang lama, sekarang hanya dengan menggunakan handphone waktunya sangat cepat walaupun jarak berjauhan. Yang dahulunya sekedar berfungsi untuk komunikasi saja, saat ini dapat berfungsi untuk meringankan pekerjaan manusia. Di antara tambahan fungsi tersebut yaitu kalkulator, GPS, penyimpanan foto, aplikasi, memo, kamera, dan sebagainya. Tentunya dnegan berbagai fitur-fitur tersebut, cukup dengan menggenggam handphone, maka segala urusan manusia akan dipermudah, contohnya ketika menusia sedang tersesat di suatu tempat, cukup dengan membuka handphone maka dia akan menemukan jalan keluarnya.

1. Pernyataan yang paling sesuai dengan jawaban di atas adalah

a. Kecanggihan fitur-fitur handphone saat ini semakin berkembang pesat.
b. Peran smartphone dalam kehidupan semakin hari mengalami peningkatan.
c. Handphone merupakan alat komunikasi utama yang menjamin keterhubungan antar manusia.
d. Saat ini, smartphone tidak hanya digunakan sebagai alat komunikasi saja tetapi juga meringankan pekerjaan manusia.

2. Makna kata ‘menggenggam’ pada bacaan di atas adalah…

a. Melalui
b. Mengenakan
c. Menggunakan
d. Mengaplikasikan

3. Maluku Tengah, Seram Bagian Barat, Seram Bagian Timur, Kepulauan Aru, Buru Selatan, Maluku Barat Daya diupayakan … sagu sebagai pangan lokal, sedangkan Maluku Tenggara dan Kota Tual … konsumsi singkong.

a. Memaksimalkan
b. Mengefektifkan
c. Mengefisienkan
d. Mengoptimalkan

4. Pergeseran pola konsumsi yang secara tidak sadar menciptakan … terhadap beras, membuat masyarakat kurang termotivasi untuk menggali dan memanfaatkan pangan lokal.

a. Kebutuhan
b. Ketergantungan
c. Keterikatan
d. Ketertarikan

5. Harga-harga bahan pokok membumbung tinggi, tarif dasar listrik (TDL) naik, serta konversi dari minyak ke gas yang kurang sosialisasi … pada jatuhnya korban ledakan tabung gas 3 kg.

a. Berakhir
b. Berbuntut
c. Berdampak
d. Berujung

6. Berat badan Dahlia adalah 95 kg. Demi alasan kesehatan, dokter menyarankan kepadanya afar melakukan program diet. Setelah 5 bulan, berat badannya menjadi 65,075 kg. Berapa persenkan penurunan berat badan Dahlia?

a. 20,225 %
b. 24,550 %
c. 26,320 %
d. 26,501 %

7. Andi mempunyai waktu 80 menit untuk menyelesaikan pengetikan materi pelajaran sebanyak 20 halaman. Jika Andi berhasil menyelesaikan pengetikan sebanyak 14 halaman pada menit ke 50, berapa persen peningkatan kecepatan Andi dalam mengetik?

a. 5 %
b. 7,5 %
c. 10,5 %
d. 15 %

8. Jika a= 3b – 4, dan b adalah bilangan yang habis dibagi 3 dan nilainya di antara 2 dan 5, maka pernyataan yang paling tepat adalah…

a. a = b
b. a > b
c. a < b
d. 2a < b

9. Jika p = q – r, q = 7, dan r = q – 3, maka pernyataan yang benar adalah…

a. p < q < r
b. p < r < q
c. q < r p
d. r < p < q

10. Jika x adalah sisi bujursangkar yang luasnya = 100 dan y adalah sisi panjang sebuah empat persegi panjang yang luasnya = 100, dan sisi pendeknya = 5, maka berapakah xy?

a. 80
b. 100
c. 250
d. 200

Contoh Soal Tes Keislaman UM PTKIN

1. Selesai jamaah shalat maghrib, ada satu jamaah yang menolak ketika diajak salaman. Bahkan, dia kemudian berkata kepada jamaah lain bahwa bersalaman setelah shalat itu bid’ah karena Rasulullah Saw. tidak pernah melakukan. Ini kesesatan yang terus dilakukan. Ternyata beberapa orang mendukung pendapat ini. Namun secara umum jamaah mushalla marah karena tradisi salaman sudah sekian lama dilaksanakan. Tanggapan Saudara menyikapi kasus tersebut…

a. Dibiarkan sesuai pendapat masing-masing dengan memberikan tempat ibadah yang terpisah atau jadwal jamaah yang bergantian.
b. Mempertemukan kedua pihak untuk mencari kejelasan dasar-dasar yang dipakai sehingga muncul perbedaan.
c. Mempertemukan kedua pihak untuk secara dewasa tetap memegangi kebenaran pendapatnya sekaligus menghormati perbedaan pendapat saudara muslim lainnya.
d. Mempertemukan kedua kelompok yang berbeda pendapat itu untuk memilih pendapat yang paling benar.

2. Ayat dalam surat An Nisa ayat 38 berikut mengajarkan hal yang paling berbahaya bagi orang yang berperilaku riya, yaitu…

وَالَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ اَمْوَالَهُمْ رِئَاۤءَ النَّاسِ وَلَا يُؤْمِنُوْنَ بِاللّٰهِ وَلَا بِالْيَوْمِ الْاٰخِرِ ۗ وَمَنْ يَّكُنِ الشَّيْطٰنُ لَهٗ قَرِيْنًا فَسَاۤءَ قَرِيْنًا – ٣٨

a. Riya membuat seseorang kehilangan keimanan kepada Allah dan hari kiamat karena niatnya dipenuhi keinginan mendapatkan pujian manusia.
b. Riya menyebabkan seseorang amalnya tertoal, karena sesungguhnya Allah tidak membutuhkan amal yang tidak diniatkan untuk-Nya.
c. Riya adalah perbuatan yang menjadikan setan sebagai temannya.
d. Berinfaq di jalan Allah bukan hanya dimaksudkan untuk membantu sesama yang kekurangan, namun lebih dari itu diniatkan untuk meningkatkan kualitas iman kepada Allah.

3. Pada periode Mekah, Nabi Muhammad tidak dapat menghentikan penindasan kaum Quraish kepada sahabat-sahabatnya. Beliau membiarkan sahabat-sahabatnya meminta perlindungan di luar Mekah, antara lain ke Raja Kristen, Negus, di Abyssinia. Karakter dakwah Makiyah dengan demikian…

a. Kuffu aidiyakum, menahan diri dari segala konflik dengan orang Quraish karena kondisi Islamn yang masih lemah.
b. Kafalah, menjual diri kepada pihak di luar kota Mekah yang mau menjamin keselamatan dan harga diri mereka.
c. Khilafah, menaruh harapan penuh kepada sekutu Islam untuk menggembleng mereka memimpin peperangan pada saatnya nanti.
d. Khilafiyah, memberanikan diri berkonflik dan meminta bantuan kepada pihak sekutu apabila merasa terdesak kalah oleh musuh.

4. Ketika berkuasa, Muawiyah berhasil menghancurkan armada Byzantium di luar Pantai Lycia pada tahun 655 M. Salah satu faktor keberhasilan ini adalah pembangunan armada maritim Muslim yang tangguh. Ciri kepemimpinan muslim harus mampu bersikap…

a. Pasrah, menyerahkan segala urusan kepada Allah.
b. Profesional, mempelajari perang sesuai medan.
c. Proaktif, menyerang secara sporadis dan mendadak.
d. Primitif, memakai alat-alat peperangan sederhana.

5. Muhammad Al-Syafi’i (767 – 820) dinobatkan sebagai peletak dasar ushul al-fiqh yang tertuang dalam kitab…

a. Al Umm
b. Al Ulum
c. Al ‘Ilm
d. Al ‘Alim

6. Al Battani, pada abad kesepuluh mengembangkan trigonometri praktis, sehingga dapat digunakan untuk menentukan titik koordinat sebuah kota. Analogi kemajuan teknologi sebagaimana inovasi al-Battani pada zaman sekarang…
a. Al quran digital yang dapat menampilkan mushaf usmani
b. Talking baby doll yang dapat melantunkan ayat suci Al-Quran
c. Augmented reality untuk menampilkan gerakan orang salat
d. GPS yang dapat mengidentifikasi arah kiblat dimanapun berada

7. Kesultanan Delhi sejak awal 1200-an terkenal karena kemampuannya mengakulturasi budaya, sehingga menciptakan peradaban Islam India, misalnya…

a. Meramu ajaran agama Islam, sikh, dan Hindu menjadi sebuah ajaran khas.
b. Menggabungkan budaya Arab, Persia, dan Turki menjadi sebuah budaya unik.
c. Mengizinkan perkawinan antar agama antara pedagang dan penduduk lokal.
d. Mempersilakan pemakaian sebuah tempat ibadat untuk lebih dari satu agama.

8. Kaum muslim dan Kristen di Ambon penggunakan pela-gandong untuk membangun komitmen harmoni bersama. Dengan tantangan konflik yang ada, masa depan tradisi damai ini masih relevan karena persaudaraan masyarakat Indonesia didasarkan pada prinsip…

a. Mayoritas – minoritas
b. Kesetaraan manusia
c. Kepentingan politis
d. Etnisitas – sektarian

9. Dewi adalah muslimah yang taat dan mengamalkan Islam menurut pandangan Syafii. Dua bulan sebelum Ramadhan tiba, Dewi melahirkan seorang bayi laki-laki yang mungil. Dewi mengonsumsi makanan yang bergizi secara rutin agar anaknya mendapat ASI yang cukup. Ketika Ramdhan tiba, Dewi tidak berpuasa karena khawatir ASI-nya berkurang, sehingga anaknya bisa mendapat mudarat. Konsekuensi keputusan Dewi tidak berpuasa adalah…

a. Wajib membayar fidyah
b. Wajib mengqada setelah Ramadan
c. Wajib mengqada dan membayar fidyah
d. Wajib berpuasa dua bulan berturut-turut

10. Jihan wafat dengan meninggalkan harta warisan berupa uang sebanyak Rp 100.000.000 dan ahli waris yang terdiri dari: suami, 1 anak perempuan, 1 cucu perempuan, dan 3 orang saudara laki-laki sebapak. Cucu perempuan memperoleh bagian…

a. ½
b. ¼
c. 1/6
d. 1/8

Contoh Soal Tes Bahasa UM PTKIN

During the time of the Prophet, biology was not a developed science and differentiation of sex in plants was to be a later discovery. The concept of the production of diverse pairs of plants as stated in the Quran 1400 years ago is very meaningful. Most species of plants exhibit features of sex, namely the production of specialized sex cells or gametes and the fusion of these in pairs, called fertilization.

1. What does the word ‘these’ refer to?

a. Plants
b. Features
c. Specialized sex cells
d. Species

2. What is fertilization?

a. The concept of production of diverse pairs of plants
b. The differentiation of sex in plants as a later discovery
c. The production of plants and the fusion of these in pairs
d. The creation of sex cells and the combination of these in pairs

3. Which word means the same as the word ‘diverse’?

a. Parallel
b. Uniform
c. Miscellaneous
d. Alike

4. Which word has the same meaning as the word ‘fusion’?

a. Division
b. Mixture
c. Separation
d. Disconnection

5. The woman wished she … such a drastic action when the stock market seemed volatile.

a. Had not taken
b. Was not taken
c. Does not take
d. Is not taking

6. Mount Rainier towers nearly three miles … sea level.

a. Up
b. Above
c. Along
d. At

7. Soal bahasa Arab


8. Soal bahasa Arab


9. Soal bahasa Arab


10. Soal bahasa Arab

Demikian informasi contoh soal UM PTKIN 2020 dan jadwal pelaksanaan ujian. Bersiaplah untuk menghadapi ujian UM PTKIN tanggal 3 – 10 Agustus 2020. Sebelum ujian tiba, masih ada kesempatan belajar dan mempersiapkan diri. Jangan lupa untuk berdoa agar kamu diberikan hasil terbaik. Selagi menunggu pengumuman UM PTKIN, tidak ada salahnya mulai mencari tempat tinggal nyaman dekat kampus PTKIN.

Gunakan aplikasi kost Mamikos untuk memudahkan proses pencarian hunian yang nyaman dan sesuai budget. Tanpa perlu datang ke lokasi kost dan survey, kamu bisa mendapatkan informasi lengkap tentang kost sekaligus mengetahui biaya sewanya. Bahkan, melakukan booking kamar kost agar tetap aman sampai hari kedatanganmu pun sangat mungkin dilakukan.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu: