Contoh Surat Lamaran CPNS 2021 Berbagai Kementerian Lengkap

Contoh Surat Lamaran CPNS 2021 Berbagai Kementerian Lengkap – Teman-teman Mamikos, pejuang CPNS 2021, kamu mungkin sedikit kecewa, ya dengan ditundanya pembukaan pendaftaran CPNS dan PPPK kemarin? Pasal, Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui laman resmi SSCASN BKN sudah mengumumkan jadwal pendaftaran  CPNS dan PPPK, tapi akhirnya dibatalkan. Pendaftaran yang semula dijadwalkan akan dibuka pada 31 Mei – 21 Juni 2021 diundur sampai waktu yang belum belum ditentukan. 

Contoh Surat Lamaran CPNS 2021 

tempo.co

Pembatalan pendaftaran tersebut diumumkan melalui akun instagram resmi BKN pada. Berdasarkan surat edaran BKN nomor 4761/B-KP.03/SD/K/2021, disebutkan bahwa masih terdapat beberapa aturan pengadaan CPNS dan PPPK di tahun 2021 yang belum ditetapkan pemerintah. Selain itu, beberapa instansi masih mengusulkan revisi penetapan kebutuhan formasi masing-masing. Itulah sebabnya, pelaksanaan seleksi ditunda sampai waktu yang belum ditentukan. 

Segala macam informasi resmi dan proses seleksi CPNS dan PPPK 2021 yang valid hanya dapat diakses melalu situs resmi https://sscasn.bkn.go.id/. Berbeda dengan tahun sebelumnya, pendaftaran tahun ini cukup memudahkan peserta karena tidak perlu mengunggah dokumen seperti Surat Tanda Registrasi (STR), Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK), dan ijazah saat mendaftar. Informasi tersebut disampaikan secara langsung oleh Bima Haria Wibisana, Kepala BKN.  

Persyaratan Umum Pendaftaran CPNS dan PPPK 2021

Berikut ini adalah syarat-syarat umum pendaftaran CPNS dan PPPK 2021.

  1. Peserta CPNS harus berusia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun saat melamar. Kecuali jabatan tertentu, paling tinggi 40 tahun;
  2. Jabatan CPNS yang dapat dilamar dengan batas usia paling tinggi 40 tahun saat pelamaran:
    • Dokter dan Dokter Gigi, dengan kualifikasi pendidikan Dokter Spesialis dan Dokter Gigi Spesialis
    • Dokter Pendidik Klinis
    • Dosen, Peneliti dan Perekayasa, dengan kualifikasi pendidikan Strata 3 (Doktor)
  3. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindakan pidana dengan pidana penjara 2 tahun atau lebih;
  4. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, TNI, anggota kepolisian atau pegawai swasta;
  5. Tidak berkedudukan sebagai calon PNS, PNS, prajurit TNI atau anggota kepolisian;
  6. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik;
  7. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai persyaratan jabatan;
  8. Sehat jasmani dan rohani sesuai persyaratan;
  9. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah RI;
  10. Persyaratan lain sesuai kebutuhan jabatan yang ditetapkan oleh PPPK;

Berkas Pendaftaran CPNS dan PPPK 2021

Sebelum melakukan pendaftaran, sebaiknya kamu mempersiapkan dokumen persyaratan di bawah ini dengan cara di-scan terlebih dahulu. 

  1. Kartu Keluarga (KK),
  2. Akta Kelahiran
  3. Scan KTP Asli,
  4. Pas Foto 4 x 6
  5. Swafoto,
  6. Ijazah,
  7. Transkrip Nilai Asli
  8. Berkas atau dokumen pendukung yang disesuaikan dengan persyaratan dari tiap instansi.

Berbicara mengenai dokumen pendukung yang disebutkan diatas, masing-masing instansi menysaratkan dokumen yang berbeda-beda dengan format yang berbeda-beda pula. Misalnya, surat pernyataan dan surat lamaran CPNS.  

Sebagian besar instansi yang mensyaratkan surat lamaran, biasanya telah menyertakan template atau contoh surat yang dapat didownload oleh peserta. Ada instansi yang hanya meminta peserta untuk melengkapi data diri dan memberi tanda tangan saja, kemudian diunggah kembali. Namun, ada juga instansi yang meminta peserta membuat surat lamaran dengan tulis tangan sesuai dengan contoh yang diberikan. Jadi, kamu harus benar-benar memperhatikan arahan yang diberikan, ya.

Apa itu surat lamaran CPNS ? 

Menurut Kemdikbud RI, surat lamaran pekerjaan adalah surat yang berasal dari seseorang yang memerlukan pekerjaan kepada orang atau pejabat yang dapat memberikan pekerjaan atau jabatan. 

Menurut Adlan Ali dan Tanzil dalam Pedoman Lengkap Menulis Surat karya (2016), surat lamaran kerja adalah surat permohonan yang dibuat oleh pencari kerja (pelamar pekerjaan) untuk dikirimkan kepada badan usaha atau instansi agar mendapat pekerjaan atau jabatan sesuai lowongan pekerjaan yang tersedia.

Berdasarkan pengertian diatas surat lamaran CPNS dapat diartikan sebagai surat permohonan pekerjaan yang dibuat oleh calon pegawai negeri  sipil sebagai pencari kerja yang ditujukan kepada instansi pemerintah untuk memperoleh pekerjaan dan jabatan pada posisi yang tersedia. 

Surat lamaran CPNS termasuk dalam surat pribadi yang ditujukan kepada instansi resmi pemerintah. Oleh sebab itu, surat ini juga bersifat formal sehingga harus menggunakan tata bahasa yang baik dan benar sesuai ejaan Bahasa Indonesia yang disempurnakan. Selain itu, surat lamaran CPNS juga memiliki tanggung jawab berdasarkan hukum karena ditandatangani oleh peserta di atas materai. 

Format Surat Lamaran CPNS

Berikut ini adalah format surat lamaran CPNS secara umum yang biasa digunakan. Ingat, setiap instansi memiliki template atau contohnya masing-masing. 

  1. Lokasi dan Tanggal Surat. Lokasi dan tanggal surat biasanya dituliskan pada pojok kanan atas surat. Informasi ini menjelaskan waktu pembuatan surat. 
  2. Penerima Surat dan Alamat Resminya. Setelah lokasi dan tanggal surat, peserta harus menuliskan penerima atau instansi yang dituju lengkap dengan alamatnya. 
  3. Perihal. Perihal diisi dengan keterangan “Lamaran Pekerjaan”. Hal ini menunjukan bentuk surat sebelum penerima membaca lebih lanjut.
  4. Salam pembuka. Salam pembuka surat lamaran CPNS cukup sederhana, kamu hanya perlu menulis “Dengan Hormat” layaknya surat secara umum. 
  5. Isi Surat. Pada bagian ini peserta dapat menjelaskan asal sumber informasi yang didapat mengenai lowongan CPNS. Kemudian, sampaikan alasan membuat surat dan uraikan data diri secara singkat beserta lampiran yang disertakan. 
  6. Salam Penutup. Untuk menutup surat lamaran, kamu dapat mengucapkan terima kasih atas perhatian yang diberikan. Tidak perlu bertele-tela menyampaikan harapan dan lain sebagainya. 
  7. Tanda Tangan diatas Materai. Tanda tangan sangat penting untuk menunjukan bahwa kamu benar-benar bertanggung jawab atas surat dan dokumen yang dikirimkan. Adanya materai menandakan bahwa surat tersebut memiliki kekuatan hukum yang sah. 
  8. Nama Lengkap. Setelah tanda tangan, tulisan nama lengkapmu tepat di bagian bawahnya. 

Contoh Surat Lamaran CPNS

  1. Contoh surat lamaran cpns guru / kemendikbud
  2. Contoh surat lamaran cpns Kementerian Perhubungan (Kemenhub)
  3. Contoh surat lamaran cpns Kementerian Luar Negeri (Kemlu)
  4. Contoh surat lamaran cpns Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemenpppa)
  5. Contoh surat lamaran cpns Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional (Kemen ATR/ BPN)
  6. Contoh surat lamaran cpns Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDT)
  7. Contoh surat lamaran cpns Kementerian Sekretariat Negara (Setneg)
  8. Contoh surat lamaran cpns Kementerian Sosial (Kemensos)

Cara isi surat lamaran CPNS 2021 tulis tangan 

Seperti yang Mamikos sampaikan di atas bahwa terdapat instansi yang mensyaratkan surat lamaran CPNS untuk ditulis tangan, salah satunya adalah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Ini adalah contoh surat lamaran yang tersebut lihat disini .

Data yang perlu kamu isikan sesuai contoh surat lamaran CPNS diatas adalah sebagai berikut:

  1. Tempat dan waktu pendaftaran di bagian pojok kanan atas, contoh Yogyakarta, 04 Juni 2021
  2. Nama lengkap isi sesuai nama di akta kelahiran atau ijazah, sebaiknya tidak disingkat
  3. Tempat, Tanggal Lahir, isikan sesuai akta kelahiran 
  4. Jenis Kelamin, Perempuan atau Laki-Laki, tuliskan secara jelas
  5. Pendidikan, isi pendidikan terakhir yang kamu tempuh
  6. Formasi Dilamar, Kolom jenis isikan formasi yang dilamar (umum, dengan pujian.cumlaude, disabilitas, atau putra/putri Papua dan Papua Barat)
  7. Jabatan dan unit kerja penempatan, isikan jabatan yang kamu lamar secara lengkap
  8. Alamat Domisili adalah alamat sah sesuai KTP 
  9. Tambah tanda tangan di bagian bawah surat,  jangan lupa tanda tangan diatas materai 
  10. Tulis nama lengkap di bawah tanda tangan

Demikian penjelasan singkat dan contoh surat lamaran CPNS 2021 berbagai kementerian yang dapat Mamikos bagikan untuk kamu. Contoh-contoh di atas dibuat berdasarkan dokumen penerimaan CPNS dan PPPK tahun 2019. Ada kemungkinan surat lamaran tahun ini mengalami perubahan. Namun, contoh tersebut dapat menjadi acuan dan gambaran untuk kamu mempersiapkan diri dengan baik. 

Selamat berjuang teman-teman. Jangan lupa terus update informasi terbaru terkait pendaftaran CPNS dan PPPK 2021 bersama Mamikos, ya. Mamikos tidak pernah segan-segan memberikan segala informasi yang kamu butuhkan. 

Klik dan dapatkan info kost di dekat mu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah