Contoh Teks Eksplanasi Tentang Budaya Batik Beserta Strukturnya

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Budaya Batik Beserta Strukturnya — Teks eksplanasi merupakan suatu jenis teks yang dapat menerangkan berbagai hal yang terjadi saat ini.



Seperti tentang budaya. Berikut penjelasan serta contoh Teks Eksplanasi tentang budaya batik yang ada di Indonesia yang berhasil Mamikos rangkum.

Simak Struktur dan Contoh Eksplanasi Budaya Batik di Sini

pexels.com

Di atas sudah Mamikos singgung bahwa di sini kamu akan mendapatkan ulasan seputar contoh teks eksplanasi budaya batik serta bagaimana strukturnya yang benar.


Maka, jika kamu sudah tak sabar dengan penjelasannya simak segera uraian yang sudah Mamikos rangkum berikut ini.

Definisi Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi merupakan salah satu format atau bentuk teks bahasa Indonesia yang membahas tentang fenomena alam yang terjadi di dunia saat ini.

Teks eksplanasi secara harfiah terdiri dari 2 kata yaitu kata “teks” serta “eksplanasi” dan kata eksplanasi merupakan kata serapan Bahasa Inggris “Explain” yang berarti menerangkan atau penjelasan.



Menurut Barwick di dalam buku menjelaskan bahwa teks eksplanasi adalah teks yang menerangkan sebuah proses serta alasan sebuah topik atau tema yang akan dibahas dalam teks tersebut

Struktur Teks Eksplanasi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa teks eksplanasi memiliki struktur yang sudah dibuat sedemikian rupa yang memuat berbagai informasi secara rinci. Berikut ini 3 struktur dari teks eksplanasi.

1. Bagian Pembuka atau Informasi Umum

Informasi umum yang disampaikan adalah gambaran luas tentang peristiwa atau tema yang dipilih. Seperti asal mula peristiwa itu terjadi, berasal dari mana dan informasi lainnya.


2. Bagian Isi atau Deret Penjelas

Informasi Deret penjelas berupa penjelasan lengkap mulai dari definisi, penyebab dari peristiwa yang diangkat, hingga akibat yang harus ditanggung ketika peristiwa itu terjadi.


3. Bagian Penutup atau Bagian Interpretasi

Di dalam sebuah teks eksplanasi, bagian penutup akan berisi interpretasi yang berarti mengambil sebuah kesimpulan. Jadi dalam bagian ini memuat ringkasan tentang suatu peristiwa yang ditulis.

Kumpulan Contoh Teks Eksplanasi Tentang Budaya Batik

Melestarikan batik merupakan salah satu contoh tema yang bisa digunakan untuk membuat teks eksplanasi. Berikut ini beberapa contoh teks eksplanasi tentang batik.

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Budaya Batik: Contoh Pertama

Bagian pembuka atau informasi umum

Kain batik merupakan salah satu jenis budaya Indonesia. Tentunya hal tersebut menjadi alasan mengapa lain batik selalu menjadi seragam wajib untuk beberapa instansi.


Seperti sekolahan, badan instansi dan lain sebagainya. Hal tersebut menjadi salah satu upaya dalam melestarikan batik sendiri.


Karena hal tersebut, kain batik yang telah dijadikan pakaian sering sekali dijumpai di berbagai kawasan perbelanjaan, dan harga jual yang bervariasi.

Bagian isi atau deret penjelas

Batik merupakan sebuah warisan budaya Indonesia yang sudah diakui oleh UNESCO pada tanggal 2 Oktober 2009.

Sehingga hari tersebut dijadikan hari batik oleh pemerintahan. Batik sendiri merupakan salah satu teknik menggambar dengan menggunakan malam (lilin) dan canting.


Kemudian batik seringkali dibuat di kain agar bisa digunakan sebagai pakaian. Batik memilki berbagai macam jenis gambar, dan biasanya tergantung pada daerah asal batik.


Salah satu motif batik yang terkenal adalah motif batik khas Yogyakarta, motif batik khas Madura dan sebagainya.

Setiap daerah tersebut akan mengeluarkan batik yang menggambarkan kekayaan do daerah tersebut, seperti kekayaan alam hingga budaya yang berkembang di daerah itu.

Berbagai cara dapat dilakukan untuk melestarikan budaya batik, salah satunya adalah menggunakan pakaian batik untuk acara formal atau non formal


Selain itu juga bisa untuk belajar teknik membatik yang baik dan benar agar budaya tersebut tetap bisa dilestarikan.


Bagian penutup atau Interpretasi

Dengan demikian, sebagai pemuda Indonesia tentunya menjadi kewajiban sendiri dalam melestarikan batik.

Melestarikan dapat dilakukan dengan menggunakan pemeran batik, atau membuat baju batik yang modern

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Budaya Batik: Contoh Kedua

Berikut contoh teks eksplanasi tentang budaya batik kedua


Bagian pembuka atau informasi umum

Indonesia memiliki berbagai budaya yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dengan berbagai jenis media penyampaiannya.


Seperti tari tradisional, makanan tradisional hingga pakaian tradisional. Untuk pakaian tradisional ada beberapa pakaian yang terbuat dari kain dengan motif khas.

Salah satu contohnya adalah kain tenun dan kain batik.keduanya memiliki teknik pembuatan yang sangat berbeda.

Batik sendiri menjadi salah satu warisan yang diakui oleh UNESCO di bagian “Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity” di tanggal 2 Oktober 2009.


Bagian isi atau deret penjelas

Batik merupakan salah satu bentuk kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi di kalangan masyarakat zaman dahulu.

Batik adalah salah satu teknik menggambar dengan menuangkan malam. Media untuk menuangkan malam yang digunakan adalah canting.

Untuk media gambaran sering menggunakan kain. Kain tersebut akan digambar dengan menggunakan tangan satu persatu hingga kain terpenuhi.


Untuk motif yang digunakan sesuai dengan daerah asal batik tersebut. Pada awalnya batik ini dapat ditemukan di daerah pulau Jawa.

Batik menjadi salah satu keterampilan yang digunakan sebagai mata pencaharian masyarakat khususnya perempuan.

Awalnya batik hanya memiliki corak serta warna yang sangat terbatas dan untuk beberapa corak hanya boleh digunakan oleh masyarakat khusus.


Kemudian batik mulai dipengaruhi oleh budaya luar terutama daerah pesisir. Karena banyaknya pedagang asing dan juga penjajah yang masuk di wilayah Indonesia.

Seperti warna cerah yang biasa dilihat di Tionghoa. Selain itu juga muncul motif bunga yang muncul karena bangsa Eropa mulai tertarik dengan kain batik.

Akan tetapi corak batik asli Indonesia saat ini masih tetap dilestarikan, karena biasanya di dalam motif batik tersebut terdapat makna batik sendiri.

Bagian penutup atau Interpretasi

Sebagai warga Indonesia tentunya memiliki kewajiban dalam melestarikan budaya seperti batik ini. Masyarakat bisa menggunakan batik untuk acara yang akan dihadiri.

Dan juga bisa dijadikan sebagai seragam khusus dari kain batik. Batik harus tetap dilestarikan agar budaya ini tidak tenggelam saat budaya modern mulai berkembang.

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Budaya Batik: Contoh ketiga

Berikut contoh teks eksplanasi tentang batik yang ketiga yaitu tentang motif batik

Bagian pembuka atau informasi umum

Batik dengan motif mega mendung merupakan salah satu warisan budaya yang berasal dari kota Cirebon, Jawa Barat. Batik ini memiliki corak yang memiliki daya tarik yang unik.

Karena motif batik mega mendung tidak bisa ditemukan pada batik yang berasal dari kota lain. Motif batik megamendung saat ini apat ditemui di berbagai daerah di Indonesia.

Bahkan juga bisa ditemukan di luar negeri. Eksistensi batik dengan corak mega mendung ini juga dapat ditemukan pada buku yang berjudul “Batik Design” Karya Pepin Van Roojen.

Batik dengan motif mega mendung sendiri merupakan batik yang berbentuk menyerupai awan. Motif ini berkaitan dengan sejarah terbentuknya motif ini.

Bagian isi atau deret penjelas

Motif batik ini pertama kali dikaitkan dengan pengaruh seni dari China. Pada abad ke 16, Sunan Gunung Jati menikahi ratu yang berasal dari China yang bernama Ratu Ong Tien.

Benda seni yang dibawa saat itu adalah benda benda yang dihiasi berbagai macam hiasan dengan motif awan.

Nama Mega mendung sendiri berasal dari kata “mega” dan “mendung”. Kata mega dapat diartikan sebagai awan.

Dan mendung dapat diartikan sebagai kondisi langit yang mulai redup dan menandakan akan turun hujan. Kata ini juga bisa diartikan sebagai ketenangan, kesejukan, dan sabar.

Batik motif megamendung ini memiliki filosofi sendiri baik dari segi motif, pola hingga warna yang menghiasi batik tersebut.

Bagian penutup atau Interpretasi

Batik mega mendung biasanya berwarna merah dan biru pada motif awan. Seiring dengan perkembangan zaman, warna batik tersebut berkembang dengan berbagai macam warna.

Batik mega mendung ini bisa ditemukan di desa Trusmi, dan daerah sekitarnya. Tidak hanya dijual dengan berntuk baju, batik motif ini juga dijual dalam berbagai macam benda.

Seperti Hiasan dinding, lukisan, kain polosan, dan benda lainnya. Batik mega mendung saat ini juga memiliki corak yang lebih beragam, seperti corak bunga dan hewan.

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Budaya Batik: Contoh Keempat

Berikut contoh teks eksplanasi tentang batik yang ketiga yaitu tentang motif batik

Bagian pembuka atau informasi umum

Batik merupakan salah satu warisan budaya yang menjadi kebanggan Indonesia. Salah satu faktornya adalah batik menjadi salah satu budaya yang diakui oleh UNESCO.

Dengan predikat “warisan kemanusiaan budaya lisan dan budaya tak benda” atau bisa disebut juga sebagai “Masterpiece of the Oral and Intangible Heritage of Humanity”.

Batik diakui oleh UNESCO pada tanggal 2 Oktober 2009. Dengan adanya pengakuan dari UNESCO ini menandakan bahwa batik Indonesia merupakan budaya Indonesia.

Bagian isi atau deret penjelas

Teknik dalam pembuatan batik sendiri pertama kali dikenal dari ribuan tahun yang lalu. Teknik pewarnaan kain batik ini mulai berkembang di Mesir, Afrika, Tiongkok.

Teknik membatik ini juga dikenal di kebudayaan negara Asia lainnya seperti India, Jepang dan juga Indonesia.

Batik diperkirakan pertama kali muncul di zaman Majapahit. Kemudian batik ini mulai berkembang pada zaman Kesultanan Mataram yang berada di Surakarta dan Yogyakarta.

Kemudian batik tersebut mulai menyebar di berbagai wilayah yang ada di Indonesia. Batik yang berkembang pada era Kesultanan Mataram awalnya hanya untuk kalangan tertentu.

Biasanya berasal dari anggota kerajaan yang digunakan untuk busana, dan para pembesar keraton lainnya.

Motif yang digunakan pada saat itu dikenal sebagai motif batik larangan, yaitu batik dengan motif parang, cemukiran, semen, alas alasan dan lain sebagainya.

Kemudian kesenian batik ini mulai berkembang di luar kerajaan. Secara perlahan teknik membatik ini mulai menyebar di kalangan rakyat biasa di berbagai daerah.

Kesenian batik ini berkembang pesat di daerah Jawa, tepatnya di daerah Surakarta dan Yogyakarta, Indramayu, Cirebon, Pekalongan dan daerah lainnya.

Bagian penutup atau Interpretasi

Batik di Indonesia mulai berevolusi seiring dengan perkembangan zaman yang begitu panjang. Dan motif batik juga mulai berkembang.

Yang semula menggambarkan filosofi tertentu, saat ini mulai terbentuk motif batik yang mengedepankan unsur estetikanya.

Saat ini batik mulai berkembang menjadi salah satu barang yang termasuk dalam komoditas industri kreatif dan mulai menyebar ke mancanegara.

Saat ini juga terdapat beberapa desainer asal Indonesia yang memperkenalkan batik di mancanegara seperti Denny Wirawan, Oscar Lawalata.

Selain itu juga ada desainer Edward Hutabarat, Chossy Latu, Ramli, Ghea Panggabean, Lia Afif, Era Soekamto, Itang Yunasz, serta Riana Kusuma Astuti.

Batik juga dapat dijadikan sebagai hiasan, seperti lukisan, hiasan dinding, dan benda lainnya.

Setelah mengetahui berbagai hal tentang teks eksplanasi dan contoh teks eksplanasi tentang budaya batik, Mamikos harapkan kamu dapat menulis teks eksplanasi yang sesuai dengan struktur penulisan teks eksplanasi seperti penjelasan di atas.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta