11 Contoh Teks Eksposisi Tentang Bencana Alam Singkat Beserta Strukturnya

Posted in: Mapel Pelajar

11 Contoh Teks Eksposisi Tentang Bencana Alam Singkat Beserta Strukturnya – Contoh teks eksposisi tentang bencana alam singkat bisa berupa penjelasan mengenai gunung meletus dan lainnya. Teks eksposisi berarti rangkuman kalimat terstruktur yang berisi uraian, penjelasan tentang peristiwa. 

Teks eksposisi biasanya bisa dibuat dan dirangkai dengan mudah berdasarkan fakta yang terjadi di sekitar. Sebelum merangkai teks tersebut diperlukan wawasan dan pengetahuan mengenai makna eksposisi.

Eksposisi merupakan rangkaian teks dan tulisan yang menerangkan tentang informasi bencana alam hingga pengetahuan. Tujuan pembuatan teks tersebut adalah menguraikan kondisi yang disebabkan oleh bencana alam.

Sehingga di dalamnya sudah pasti berisi informasi penting tentang peristiwa. Selain itu di dalam contoh teks eksposisi tentang bencana alam singkat misalnya memuat rangkaian informasi yang padat, akurat, dan jelas. 

Eksposisi juga dimaknai sebagai rangkaian teks yang sifatnya nonfiksi berupa penjelasan peristiwa dan pengetahuan baru. Secara umum teks tersebut ditulis berdasarkan data yang ditemukan saat menggali fakta peristiwa. 

Apabila dilihat dari struktur rangkaian informasi di dalam teks eksposisi harus mengandung 5W+1H. Konsep tersebut memuat jawaban dari pertanyaan apa, kapan, siapa, dimana, mengapa dan bagaimana peristiwa terjadi. 

Contoh teks eksposisi tentang bencana alam singkat tidak berdiri sendiri melainkan terdapat strukturnya. Setiap paragraf yang disajikan terdapat inti informasi dan pengembangan sesuai kaidah penulisan teks eksposisi. 

Contoh teks eksposisi selalu berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Teks tersebut dapat ditemukan di surat kabar, website berita, majalah, sampai media sosial yang mengabarkan tentang suatu bencana. 

11 Contoh Teks Eksposisi Tentang Bencana Alam Singkat 

pexels.com/@mikhail-nilov

Bencana alam yang terjadi bisa berupa banjir, gempa bumi, Tsunami dan gunung meletus. Berikut 11 contoh eksposisi yang berkaitan dengan bencana alam tersebut lengkap dengan analisa strukturnya. 

1. Contoh Teks Eksposisi Tentang Fenomena Banjir 

Banjir adalah fenomena alam yang umum terjadi di kawasan yang banyak dialiri aliran sungai. Secara sederhana pengertian banjir merujuk pada munculnya debit air yang besar sehingga menutupi kawasan tertentu.

Dalam pengertian yang luas banjir bisa diartikan sebagai bagian siklus hidrologi. Siklus tersebut merujuk pada bagian air yang letaknya di permukaan bumi dan bergerak ke arah laut. 

Dua paragraf contoh teks eksposisi tentang bencana alam singkat tersebut masuk dalam struktur tesis. Kemudian isi teks dilanjutkan dengan struktur argumentasi yang berisi uraian argumen tentang bencana alam berikut ini. 

Banjir bisa dikategorikan menjadi beberapa kategori jika merujuk pada mekanisme dan posisi sumber aliran air yang menuju kawasan tertentu. Dua macam mekanisme terjadi banjir berbeda diantaranya banjir regullar dan irregular. 

Banjir regular terjadi akibat limpasan air berjumlah besar sehingga melampaui kapasitas existing drainage. Sementara banjir irregular terjadi lantaran adanya tsunami, dam break maupun gelombang pasang. 

Dua paragrap contoh teks eksposisi tentang bencana alam singkat di atas dapat diketegorikan sebagai struktur argumentasi. Struktur tersebut diperkuat dengan kalimat-kalimat argumen di bawah ini.

Umumnya banjir terjadi di Indonesia dicermati dari mekanisme terjadinya atau yang bersifat regular. Namun tidak menutup kemungkinan di Indonesia bisa terjadi banjir irregular sebab adanya faktor pendukung lainnya. 

Terjadinya banjir di kota besar dapat mengakibatkan penyakit seperti diare, panu, kudis dan lainnya. Untuk menanggulanginya diperlukan peran serta masyarakat misalnya tidak membuang sampah di sungai. 

Contoh teks eksposisi tentang bencana alam singkat tersebut diakhiri dengan struktur penegasan ulang. Kalimat dalam struktur ini identik dengan kata-kata penutup atau kesimpulan dari rangkaian teks sebelumnya. 

2. Contoh Teks Eksposisi Tentang Gempa Bumi di Indonesia

(Tesis) Pengertian gempa bumi diartikan sebagai goncangan dahsyat yang terjadi di permukaan bumi. Penyebabnya pelepasan energi secara tiba-tiba sehingga menimbulkan gelombang seismik di permukaan bumi.

Gempa bumi yang terjadi di suatu daerah seperti Ciaruten dapat disebut sebagai gempa seisme. Namun bencana alam tersebut juga dapat disebut gempa runtuhan sebab terjadi secara tiba-tiba. 

Dua paragraf tersebut merupakan struktur tesis dalam contoh teks eksposisi tentang bencana alam singkat. Namun tesis harus diperjelas dengan argumen yang berkaitan tentang gempa bumi seperti di bawah ini. 

(Argumentasi) Gempa bumi biasanya umum terjadi di area lempengan kompresional dan translasional. Gempa bumi biasa terjadi kemungkinan karena materi lapisan litosfer mengalami transisi fase di kedalaman lebih dari 600 km. 

Namun gempa bumi lain kemuningkan bisa terjadi akibat pergerakan magma yang ada pada gunung berapi. Bencana alam ini biasa terjadi saat adanya letusan gunung berapi yang berkekuatan besar. 

Pada paragraf akhir contoh teks eksposisi tentang bencana alam singkat dilengkapi struktur penegasan ulang. Di bawah ini merupakan kalimat penegasan ulang lanjutan dari teks sebelumnya. 

(Penegasan ulang) Gempa bumi pada dasarnya menyebabkan lapisan tanah menjadi bergerak, goyang dan merusak konstruksi bangunan. Jika gempa bumi terjadi dalam skala besar atau tektonisme dapat menyebabkan korban jiwa. 

Dengan demikian gempa bumi tidak dapat dicegah karena merupakan bencana alam yang datang secara tiba-tiba. Sehingga untuk mengatasi terjadinya gempa bumi perlu adanya pembangunan konstruksi yang kokoh. 

Contoh teks eksposisi tentang bencana alam singkat di atas tersusun dari tesis, argumen, dan penegasan ulang. Namun teks jenis eksposisi yang satu ini bisa juga dilengkapi dengan kesimpulan akhir. 

3. Contoh Teks Eksposisi Tentang Tsunami 

(Tesis) Tsunami merupakan istilah yang berasal dari negeri Sakura atau Jepang. Kata tersebut merujuk pada suku kata tsu dan nami yang berarti gelombang besar yang terjadi pelabuhan. 

Tsunami yang terjadi di pesisir pantai Indonesia dikarenakan oleh berbagai faktor. Namun yang paling umum terjadi lantaran gempa tektonik di dasar laut dan pada akhirnya menyebabkan korban jiwa. 

Tesis pada dua paragraf contoh teks eksposisi tentang bencana alam singkat tersebut diawali dengan penjelasan mengenai tsunami. Kemudian dilanjutkan dengan kalimat pendukung faktor penyebab tsunami yang terjadi di Indonesia. 

(Argumentasi) Tsunami yang sampai menelan korban jiwa kemungkinan terjadi karena kurangnya sosialisasi. Akibatnya warga lebih cenderung gemar bermukim di daerah yang justru rawan gempa dan tsunami.

Hal tersebut diperkuat dengan belum adanya alarm tsunami di kawasan pesisir pantai. Problematika tersebut perlu diatasi dengan berbagai cara seperti menekankan kesadaran tentang bahaya tsunami.

Kalimat yang menekankan struktur argumentasi pada contoh teks eksposisi tentang bencana alam singkat tampak pada penjabaran akibat. Teks tersebut akan sempurna jika dikembangkan dengan fase penegasan ulang berikut ini.

(Penegasan ulang) Pada akhirnya tsunami menjadi bencana alam yang perlu diwaspadai oleh masyarakat Indonesia. Dalam hal ini harus terjadi komunikasi dan interaksi antara masyarakat dan pemerintah untuk mengatasi menanggulanginya.

Tsunami dapat terjadi setiap saat yang diawali dengan gempa bumi dan tanda-tanda lainnya. Oleh sebab itu penting bagi semua pihak untuk bekerja sama membangun bangunan yang kuat.

Pada paragraf akhir menjelaskan penegasan ulang mengenai gagasan ulang tentang bencana tsunami. Contoh teks eksposisi tentang bencana alam singkat tersebut juga memuat kesimpulan dan upaya-upaya penanggulangan tsunami. 

4. Contoh Teks Eksposisi Tentang Gunung Meletus

(Tesis) Gunung meletus merupakan fenomena pembentukan ice volcanoes dan mud volvanoes. Istilah lain yang merujuk bencana tersebut adalah aliran fluida panas dari kedalaman menuju permukaan bumi. 

Gunung meletus terdiri dari beberapa tipe diantaranya stratovolvano, perisai, kaldera, dan cinder cone. Luapan letusan gunung berisi batuan kecil dan tipenya cenderung berubah-ubah sesuai kondisi alam. 

Contoh teks eksposisi tentang bencana alam singkat di atas merupakan bagian dari tesis. Trukstur ini dapat dilengkapi dengan penjelasan singkat sebelum menuju ke bagian argumentasi. 

Cinder cone diartikan sebagai pecahan batuan kecil dan abu yang keluar dari letusan gunung. Sementara kaldera terbentuk dari adanya ledakan atas gunung yang kemudian terlempar ke permukaan. 

(Argumentasi) Kaldera memungkinkan terbentuknya cekungan pada suatu gunung setelah meletus. Dalam hal ini sebagai contohnya adalah Gunung Bromo yang memiliki cekungan akibat letusan kaldera di dalamnya. 

Contoh teks eksposisi tentang bencana alam singkat yang mencakup argumentasi bisa diawali dengan penjelasan mengenai penyebab gulung meletus. Bisa juga diteruskan dengan beberapa pokok argumen yang berkaitan dengan bencana alam. 

(Argumentasi) Kaldera gunung meletus terdiri dari runtuhan, letusan, erosi hingga resurgent. Sementara retakan atau patahan pada tubuh gunung berapi memanjang sampai puluhan kilometer dari lokasi awal letusan. 

(Penegasan ulang) Pada akhirnya gunung meletus terjadi karena beberapa faktor yang harus diatasi dengan persiapan matang. Peristiwa tersebut dapat terjadi setiap saat di Indonesia sebab ada banyak gunung aktif. 

Kalimat penegasan ulang dalam contoh teks eksposisi tentang bencana alam singkat di atas dapat diakhiri dengan kesimpulan. Misalnya kesimpulan mengenai penanganan gunung meletus sehingga tidak menimbulkan bencana.

5. Contoh Teks Eksposisi Tentang Banjir Jakarta 

(Tesis) Kota Jakarta kerapkali dilanda banjir saat musim hujan tiba. Hal tersebut mengganggu aktivitas warga sebab jalanan tergenang air hujan dan ruas jalan yang macet tidak dapat dilalui.

Banjir Jakarta sering terjadi pada Bulan September hingga Desember saat musim hujan. Setidaknya banjir tersebut muncul sebanyak dua kali dalam setahun di Jakarta dan sekitarnya. 

Untuk memperjelas contoh teks eksposisi tentang bencana alam singkat bisa ditambahkan dengan kalimat-kalimat yang mengandung unsur argumentasi. Berikut lanjutan kalimat argumentasi pada contoh teks di atas.

(Argumentasi) Banjir yang sering menimpa Kota Jakarta disebabkan oleh beberapa faktor. Misalnya seperti kurangnya kepedulian warga sekitar Jakarta terhadap kebersihan lingkungan sehingga menyebabkan banjir bandang di setiap sudut jalan.

Banjir juga terjadi akibat sampah yang menggunung di beberapa titik aliran air. Akibatnya aliran air yang mampet membuat air hujan merembet ke rumah-rumah warga hingga mengakibatkan banjir. 

Contoh teks eksposisi tentang bencana alam singkat ini bisa dilengkapi dengan kalimat argumentasi solutif. Berikut kalimat argumen penguat frase tesis dalam teks jenis eksposisi pada umumnya.

Mengatasi banjir Jakarta tidak mudah karena dibutuhkan kerjasama yang baik antara masyarakat dengan pemerintah setempat. Perluasan drainase dan kesadaran menjaga lingkungan menjadi dua langkah yang perlu digalakkan. 

(Penegasan ulang) Banjir merupakan bencana alam yang bisa mengakibatkan kerugian dan korban jiwa. Sehingga penangannya perlu dilakukan secara seksama dan diterapkan oleh masyarakat Jakarta sedari dini. 

Pada akhirnya banjir Jakarta terus menjadi salah satu problematika yang membelenggu masyarakat. Namun dampaknya dapat diredam melalui berbagai macam cara yang dilakukan pemerintah dan masyarakat sekitar. 

6. Contoh teks Eksposisi Tentang Gempa Bumi di Palu

Contoh teks eksposisi tentang bencana alam singkat di bawah ini mengambil tema gempa bumi di Palu. Susunan teks terdiri dari tesis, argumentasi, penegasan ulang dan kesimpulan untuk menutup rangkaian kalimat. 

(Tesis) Gempa bumi merupakan fenomena alam yang umum terjadi pada permukaan bumi akibat adanya pelepasan energi secara tiba-tiba. Bencana alam tersebut lazimnya dikarenakan pergerakan lempeng atau kerak bumi. 

Gempa yang menimpa Kota Palu memiliki kekuatan besar sekitar 7,4 SR. Gempa dahsyat tersebut disusul tsunami yang menyapu Kabupaten Donggala, Sigi dan sekitar Kota Palu. 

Contoh teks eksposisi tentang bencana alam singkat di Palu bisa juga ditambahkan fakta setelah terjadinya gempa. Berikut pengembangan tesis yang merujuk pada fakta-fakta di lokasi bencana. 

(Tesis) Akibat dari gempa berkekuatan tinggi dilaporkan bahwa sebagian besar bangunan di lokasi terdampak mengalami kerusakan berat. Beberapa korban dilaporkan hilang dan belum ditemukan hingga saat ini. 

(Argumentasi) Gempa yang terjadi di Kota Palu bukan tanpa sebab lantaran Indonesia pada dasarnya berada pada ring of fire. Oleh sebab itu gempa Palu menyebabkan kerugian material dan non materiil.

Bagian argumentasi pada contoh teks eksposisi tentang bencana alam singkat menerangkan akibat dan kerugian yang dialami korban. Pada bagian ini kamu juga dapat menguraikan dampak gempa secara rinci.

Pemerintah Kota Palu dan masyarakat di sekitarnya saat ini telah berupaya mengevakuasi para korban. Sementara bantuan mulai mengalir dari beberapa lembaga dan masyarakat di Indonesia. 

(Penegasan ulang) Gempa dan Tsunami adalah dua hal yang seringkali berkaitan satu sama lain. Saat ini korban dan masyarakat Palu membutuhkan uluran bantuan seperti pakaian layak pakai dan selimut. 

7. Contoh Teks Eksposisi Tentang Tsunami Aceh 

Contoh teks eksposisi tentang bencana alam singkat berikut ini mengambil tema tsunami yang terjadi Aceh. Sama halnya dengan contoh sebelumnya teks di bawah ini tersusun dari tesis, argumentasi, penegasan ulang. 

(Tesis) Pada Minggu 26 Desember 2004 terjadi gempa berkekuatan 9,8 skala richter mengguncang 15 negara. Kawasan terdampak bencana tsunami tersebut seperti Asia Selatan, Asia Tenggara dan Afrika Timur.

Aceh merupakan provinsi di Indonesia yang terletak di ujung barat sehingga menjadi daerah terdampak. Gempa tersebut mengakibatkan gelombang air laut hingga tsumami yang merusak sebagian besar kawasan Aceh. 

Contoh teks eksposisi tentang bencana alam singkat ini kemudian dilanjutkan dengan kalimat argumentasi. Berikut bagian argumentasi dalam teks eksposisi Tsunami Aceh 2004 yang berisikan uraian dampak bencana. 

(Argumentasi) Kerugian akibat bencana tsunami tersebut ditaksir mencapai ratusan triliun rupiah. Sementara itu banyak korban jiwa yang tidak sempat menyelamatkan diri pada saat terjadinya tsunami di Aceh.

Sarana transportasi hingga insfrastruktur hancur diterjang gelombang air pasang. Sarana pendukung komunikasi di lokasi bencana terputus total sehingga menyulitkan sebagian relawan yang membantu jalannya evakuasi korban. 

Setelah menguraikan dampak kerugian pada contoh teks eksposisi tentang bencana alam singkat bisa dilanjutkan dengan bagian penegasan ulang. Pada bagian ini kamu hanya perlu menegaskan poin-poin yang telah disebutkan.

(Penegasan ulang) Gempa yang disusul Tsunami yang terjadi secara tiba-tiba pada akhirnya membuat Aceh menjadi sunyi seperti kota mati. Kota yang dulu penuhi rumah penduduk dan bangunan telah rata.

Diperlukan waktu lama untuk membangun kembali insfrastruktur Aceh sehingga menjadi asri. Selain itu untuk mencegah kerusakan di kemudian hari diperlukan teknologi pendeteksi dini bencana alam. 

8. Contoh Teks Eksposisi Tentang Gunung Semeru Meletus 

Berikut contoh teks eksposisi tentang bencana alam singkat dengan tema Gunung Semeru meletus. Teks diambil dari tragedi meletusnya Gunung Semeru yang berada di Jawa Timur.

(Tesis) Gunung Semeru merupakan gunung berapi aktif yang terletak di Jawa Timur. Puncak Mahameru memiliki ketinggian mencapai 3.676 mdpl yang menjadikannya gunung tertinggi di Indonesia. 

Gunung Semeru terbentuk dari subduksi Lempeng Indo Australia yang menurun ke Lempeng Eurasi. Semeru termasuk gunung berapi tertinggi urutan ketiga Indonesia setelah Kerinci dan Rinjani. 

Bagian argumentasi pada contoh teks eksposisi tentang bencana alam singkat dapat dilanjutkan dengan penjelasan peristiwa meletusnya Semeru. Berikut lanjutan teks singkat eksposisi tentang meletusnya Semeru.

(Argumentasi) Letusan pada akhir Desember 2021 mengakibatkan kerugian yang besar. Beberapa pemukiman penduduk di sekitar Semeru tertutup muntahan lahar dingin sehingga tidak dapat ditempati kembali.

Tenda-tenda darurat didirikan untuk menampung para korban bencana alam tersebut. Sementara itu aktivitas masyarakat di sekitar Semeru lumpuh total akibat letusan yang terjadi secara terus-menerus. 

Contoh teks eksposisi tentang bencana alam singkat di atas dapat diteruskan dengan fakta-fakta yang terjadi di lapangan. Seperti kondisi rute pendakian hingga korban bencana alam. 

Rute pendakian yang sebelumnya dibuka seperti Tumpang Malang ditutup lantaran kondisi yang tidak memungkinkan. Beberapa bantuan dari pemerintah setempat dan masyarakat di Indonesia mulai dinantikan.

(Penegasan ulang) Letusan Gunung Semeru pada akhirnya menutup semua akses masyarakat. Termasuk wisatawan yang hendak berlibur di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru pada saat itu. 

Hal tersebut membuat penduduk Semeru untuk mengungsi sementara waktu. Sembari pemerintah pusat dan setempat memastikan keamanan bagi penduduk yang ingin kembali tinggal di daerah asal. 

9. Contoh Teks Eksposisi Tentang Peristiwa Banjir 

Berikut contoh teks eksposisi tentang bencana alam singkat dengan tema peristiwa banjir di Indonesia. Struktur pada teks sama dengan contoh-contoh yang telah disebutkan di atas. 

(Tesis) Banjir merupakan kondisi suatu daerah atau kawasan tergenang air dengan volume yang tinggi. Akibatnya pemukiman di sekitarnya dipenuhi air kotor yang menggenang sepanjang hari. 

Kondisi debit air yang tinggi tidak dapat ditampung sungai atau area resapan. Oleh sebab itu air yang seharusnya mengalir ke laut justru mengenai pemukiman penduduk.

Bagian tesis dalam contoh teks eksposisi tentang bencana alam singkat tersebut dapat diuraikan lebih banyak. Kemudian diteruskan dengan bagian argumentasi yang berkaitan dengan tema tersebut. 

(Argumentasi) Penyebab banjir yang menggenang di kota biasanya karena perilaku manusia. Kesadaran membuang sampah pada tempatnya yang minim juga menjadi salah satu faktor penyebab banjir. 

Selain itu sungai yang mampet akibat penumpukan sampah menjadi faktor terjadinya banjir. Hal tersebut disusul macetnya saluran air seperti selokan di berbagai titik lokasi terdampak. 

Masalah tersebut semakin menumpuk saat tiba musim hujan. Intensitas hujan tinggi bersamaan dengan penumpukan sampah dan mampetnya saluran air membuat banjir semakin tidak dapat dihindari. 

Contoh teks eksposisi tentang bencana alam singkat tersebut diakhiri dengan kalimat penegasan ulang. Berikut penegasan ulang yang berisi kalimat-kalimat pendukung dan kesimpulan dari teks eksposisi. 

(Penegasan ulang) Penyebab banjir yang terjadi di sejumlah daerah Indonesia sangat kompleks. Dibutuhkan analisa mendalam agar pemerintah pusat, daerah dan masyarakat menemukan solusi yang tepat. 

Dengan demikian semua elemen masyarakat dan pemerintah memiliki andil besar terhadap penanggulangan banjir. Kerjasama yang baik pada akhirnya mampu menjadi jembatan solusi bagi permasalahan banjir. 

10. Contoh Teks Eksposisi Tentang Gempa Bumi Secara Umum 

Di bawah ini contoh teks eksposisi tentang bencana alam singkat lengkap dengan pembagian strukturnya. Mulai dari tesis, argumentasi sampai bagaian penegasan ulang dan kesimpulan dari keseluruhan isi teks. 

(Tesis) Pengertian gempa bumi dimaknai sebagai goncangan dahsyat di permukaan bumi yang diakibatkan oleh pelepasan energi. Getaran dari dalam ke permukaan bumi tersebut menciptakan gelombang yang disebut seismik. 

Kata gempa juga digunakan untuk merujuk lokasi terjadinya goncangan secara tiba-tiba. Gempa juga terjadi dibarengi dengan tsunami yang melanda sebagian wilayah terdampak dengan intensitas kerusakan bervariasi. 

Contoh teks eksposisi tentang bencana alam singkat tersebut menunjukkan uraian tentang pengertian gempa. Teks singkat tersebut dapat dilanjutkan dengan menerangkan beberapa akibat dan macam-macam gempa. 

(Argumentasi) Gempa terdiri dari berbagai macam jenis diantaranya tektonisme, seisme, vulkanisme, vulkanik dan runtuhan. Masing-masing jenis gempa tersebut tetap berdampak pada keselamatan jiwa penduduk kawasan yang terdampak. 

Dampak dari gempa berkekuatan tinggi misalnya rusaknya bangunan dan insfraktruktur. Selain itu biasanya gempa yang dibarengi tsunami berakibat fatal terhadap keselamatan nyawa banyak orang di lokasi terdampak. 

Oleh sebab itu diperlukan pendeteksi dini untuk mengantisipasi bencana yang lebih besar akibat gempa. Misalnya seperti pemasangan alarm tanda bahaya yang dipasang di lokasi rawan gempa. 

Berikut bagian penegasan ulang dalam contoh teks eksposisi tentang bencana alam singkat. Bagian penegasan ulang dirancang untuk menegaskan kalimat tesis dan argumentasi sehingga membentuk teks eksposisi yang lengkap. 

(Penegasan ulang) Indonesia merupakan negara yang kerap mengalami gempa dan tsunami berukuran besar. Sehingga masyarakat di kawasan rawan gempa diharapkan membangun konstruksi bangunan yang kokoh. 

11. Contoh Teks Eksposisi Tentang Gunung Kelud Meletus

Berikut contoh teks eksposisi tentang bencana alam singkat dengan tema meletusnya Gunung Kelud di Pulau Jawa. Teks ini tidak berbeda jauh dengan contoh sebelumnya yang mengulas terjadinya bencana alam. 

Teks eksposisi dibuat dalam rangka menguraikan pokok pikiran, informasi penting, ide gagasan dan pengetahuan. Meski begitu di dalam teks tersebut juga bisa menyajikan sudut pandang tertentu terhadap sebuah bencana. 

Teks serupa dapat ditemukan di penggalan esai, berita, prosedur dan laporan tentang peristiwa tertentu. Singkatnya teks tersebut harus mengandung unsur gagasan, fakta, dan menggunakan dasar informasi pengetahuan yang bisa dipertanggungjawabkan. 

(Tesis) Kelud merupakan nama gunung yang terletak di Provinsi Jawa Timur. Gunung tersebut meletus setelah sebelumnya didahului oleh Gunung Sinabung di Dateran Tinggi Karo pada September 2013 silam.

Letusan Gunung Kelud berupa semburan lahar dan hujan kerikil yang memiliki jarak semburan mencapai 25 km. Muntahan Gunung Kelud tersebut dikabarkan mengenai pemukiman penduduk sekitar Kabupaten Kediri. 

Pada contoh teks eksposisi tentang bencana alam singkat ini kamu akan menemukan bagian argumentasi. Berikut karangan argumentasi yang melengkapi teks eksposisi tentang meletusnya Gunung Kelud.

(Argumentasi) Kerak bumi adalah lapisan tipis berbatu dan padat yang mengambang. Batuan tersebut merupa cairan magma yang biasa keluar dari gunung berapi dan menjadi lava ketika sudah membeku. 

(Penegasan ulang) Pada saat meletusnya gunung berapi magma akan cenderung menyumbat laju vulcanik. Akibatnya terjadilah letusan eksplosif yang ukurannya sangat dahsyat kawasan sekitar gunung berapi. 

Itulah deretan contoh yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Dengan melihat contoh teks eksposisi tentang bencana alam singkat yang terdiri dari banjir, gempa bumi sampai gunung meletus mudah dibuat. 


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah