130 Daftar Universitas LPDP Dalam Negeri Dan Luar Negeri 2020

 Nana | Sen, 23 Mar 2020

130 Daftar Universitas LPDP dalam negeri & Luar Negeri 2020 – Begitu banyak yang meminta Mamikos untuk membuat artikel mengenai daftar Universitas LPDP dalam negeri & luar negeri 2020. Karena beberapa permintaan itulah akhirnya hari ini Mamikos akan membuatkan total 130 daftar Universitas LPDP dalam negeri & luar negeri 2020. Mamikos harap dengan adanya informasi 130 daftar Universitas LPDP dalam negeri & luar negeri ini dapat membantu kamu mendapatkan gambaran ingin mendaftar ke Universitas mana.

Universitas LPDP Dalam Negeri Dan Luar Negeri

https://1.bp.blogspot.com/

Tak perlu berbasa basi lagi, simak penjelasan Mamikos selengkapnya mengenai 130 daftar Universitas LPDP dalam negeri & luar negeri 2020 berikut ini.

Daftar Universitas LPDP

Namun sebelum beranjak pada pembahasan 130 daftar universitas LPDP dalam negeri & luar negeri, ada baiknya jika kamu mengenali dahulu apa itu sebenarnya beasiswa LPDP. Jadi bagi kamu yang belum tahu atau belum memahami betul, maka bisa simak penjelasannya sebagai berikut:

Apa itu beasiswa LPDP

Untuk kamu yang belum mengerti atau mengetahui sama sekali apa itu beasiswa LPDP maka perlu untuk membaca penjelasan Mamikos ini. LPDP merupakan sebuah lembaga yang bekerja dibawah pengawasan 3 kementerian yaitu: Kemenkeu, Kemendikbud, Kemenag. Program beasiswa dari LPDP sendiri hanya ada dua yaitu untuk program Magister atau S2, baik dalam maupun luar negeri, serta program Doktor atau S3 untuk dalam maupun luar negeri juga.

Sudah jelas bukan penjelasan singkat mengenai beasiswa LPDP ini. Selanjutnya, kamu bisa beranjak untuk mengetahui lebih dalam mengenai 130 daftar universitas LPDP dalam negeri & luar negeri 2020. Namun tentunya sebelum mengetahui 130 daftar Universitas LPDP dalam negeri & luar negeri 2020 kamu perlu tahu ketentuan umum beasiswa reguler LPDP. Begini penjelasan selengkapnya.

Beasiswa Reguler LPDP

Ketentuan Umum

Beasiswa Reguler merupakan sebuah beasiswa yang dikelola oleh LPDP yang diperuntukkan bagi warga negara Republik Indonesia untuk menempuh jenjang pendidikan magister dan doktoral.

Sasaran Penerima Beasiswa

Ada sebuah ketentuan yang wajib kamu ketahui sebelum mendaftar LPDP yakni sasaran program. Untuk Sasaran Program Beasiswa Reguler ini adalah sebagai berikut:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah lulus sarjana atau sarjana terapan (S1/D4) yang memenuhi kualifikasi untuk program magister; dan
  2. Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah lulus magister atau magister terapan (S2), atau lulusan sarjana atau sarjana terapan (S1/D4) yang memenuhi kualifikasi untuk program doktoral, yang dibuktikan dengan LoA Unconditional untuk program doktoral.

Skema Program Beasiswa

  1. Program Beasiswa Reguler ini akan diberikan untuk jenjang pendidikan:
    – Magister satu gelar (single degree) dengan lama studi paling lama 24 (dua puluh empat) bulan, dan
    – Doktoral satu gelar (single degree) dengan lama studi paling lama 48 (empat puluh delapan) bulan.
  2. Program Beasiswa Reguler jenjang magister dapat memilih 3 (tiga) perguruan tinggi tujuan yang berbeda sesuai dengan tujuan Dalam Negeri atau Luar Negeri dengan program studi yang sama/sejenis/serumpun;
  3. Pendaftar Beasiswa Reguler yang telah ditetapkan sebagai Penerima Beasiswa wajib menyerahkan 1 (satu) LoA Unconditional dari Perguruan Tinggi Tujuan sebagaimana dimaksud pada angka 2 dan tidak dapat mengajukan perpindahan Perguruan Tinggi Tujuan dan program studi tujuan.
  4. Program Beasiswa Reguler Jenjang Doktoral memilih satu perguruan tinggi dan Program studi dan tidak dapat mengajukan perpindahan;

Komponen Pembiayaan

Komponen pembiayaan yang wajib untuk kamu ketahui yaitu terdiri atas:

  1. Dana Pendidikan
  2. Biaya Pendukung

Persyaratan Umum Pendaftaran Beasiswa

Daftar wajib yang wajib kamu penuhi atau persyaratan pendaftaran yang perlu kamu patuhi adalah sebagai berikut:

  1. Kamu adalah Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Kamu telah dinyatakan menyelesaikan studi program diploma empat (D4) atau sarjana (S1), atau program magister (S2) dengan ketentuan sebagai berikut:
    – Perguruan tinggi dalam negeri yang terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT),
    – Perguruan tinggi kedinasan dalam negeri, atau
    – Perguruan tinggi luar negeri yang diakui oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia atau Kedutaan Besar Republik Indonesia di negara asal perguruan tinggi.
  3. Kamu tidak sedang (on going) atau telah menempuh pendidikan degree atau non degree program magister (untuk pendaftar program magister) ataupun doktoral (untuk pendaftar program doktor) baik di perguruan tinggi dalam negeri atau perguruan tinggi di luar negeri.
  4. Kamu wajib untuk melampirkan surat izin mengikuti seleksi dari unit yang membidangi sumber daya manusia bagi yang sedang bekerja (format dapat diunduh pada aplikasi pendaftaran dibagian unggah dokumen);
  5. Kamu wajib untuk melampirkan Surat Keterangan sehat yang masa berlakunya paling lama 6 (enam) bulan terhitung dari tanggal diterbitkannya sampai tanggal penutupan pendaftaran setiap periode, dengan ketentuan sebagai berikut:
    – Surat Keterangan sehat jasmani yang dikeluarkan oleh dokter dari Rumah Sakit/Puskesmas/Klinik;
    – Surat Keterangan bebas dari narkoba yang dikeluarkan oleh dokter dari Rumah Sakit/Puskesmas/Klinik/Badan/Lembaga yang diberikan kewenangan untuk pengujian zat narkoba;
    – Surat Keterangan bebas dari TBC yang dikeluarkan oleh dokter dari Rumah Sakit/Puskesmas/Klinik, khusus untuk pendaftar dengan tujuan perguruan tinggi luar negeri;
  6. Kamu wajib melampirkan surat rekomendasi dari pimpinan, tokoh atau pakar di bidangnya (format dapat diunduh pada aplikasi pendaftaran dibagian unggah dokumen);
  7. Kamu bisa memilih Program Studi dan Perguruan Tinggi Tujuan yang sesuai dengan ketentuan LPDP;
  8. Kamu harus memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan pada persyaratan khusus pendaftaran beasiswa;
  9. Kamu wajib memenuhi persyaratan Bahasa sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan pada persyaratan khusus pendaftaran beasiswa;
  10. Ketentuan pada angka 9 dikecualikan bagi pendaftar yang menyelesaikan studi dari perguruan tinggi luar negeri dengan bahasa resmi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dengan kriteria sebagai berikut:
    – Bahasa Inggris untuk semua perguruan tinggi tujuan LPDP di negara-negara dengan Bahasa Inggris sebagai bahasa resmi negara tersebut;
    – Bahasa Arab untuk semua perguruan tinggi tujuan LPDP di negara-negara dengan Bahasa Arab sebagai bahasa resmi negara tersebut;
    – Bahasa Perancis hanya untuk perguruan tinggi tujuan LPDP di negara Perancis;
    – Bahasa Rusia hanya untuk perguruan tinggi tujuan LPDP di negara Rusia;
    – Bahasa Spanyol hanya untuk perguruan tinggi tujuan LPDP di negara Spanyol; atau
    – Bahasa Cina/Mandarin untuk semua perguruan tinggi tujuan LPDP di negara-negara dengan Bahasa  Cina/Mandarin sebagai bahasa resmi negara tersebut.
  11. Apabila kamu sebagai pendaftar yang memenuhi ketentuan sebagaimana ketentuan pada angka 10, maka kamu wajib melampirkan salinan ijazah sebagai pengganti persyaratan bahasa, dengan masa berlaku 2 (dua) tahun sejak ijazah diterbitkan.
  12. Untuk pendaftar program magister dan doktoral luar negeri yang negara tujuan studinya tidak berbasis Bahasa Inggris harus mengikuti persyaratan kemampuan bahasa yang berlaku di negara perguruan tinggi tujuan atau sesuai daftar persyaratan minimal kompetensi bahasa asing selain Bahasa Inggris sebagaimana terlampir.
  13. Beasiswa hanya diperuntukkan untuk kelas reguler dan tidak diperuntukkan untuk kelas-kelas sebagai berikut:
    – Kelas Eksekutif;
    – Kelas Khusus;
    – Kelas Karyawan;
    – Kelas Jarak Jauh;
    – Kelas yang diselenggarakan bukan di perguruan tinggi induk;
    – Kelas Internasional khusus Tujuan Dalam Negeri; atau
    – Kelas yang diselenggarakan di lebih dari 1 negara perguruan tinggi.
  14. Kamu harus melampirkan rencana studi bagi program magister berdasarkan silabus/kurikulum program studi tujuan;
  15. Kamu harus menulis proposal studi baik pendaftar jenjang pendidikan magister maupun doktoral.
  16. Jangan lupa untuk melampirkan Proposal Penelitian bagi pendaftar program doktor

Daftar Universitas LPDP dalam negeri & luar negeri 2020

Mamikos sudah mengumpulkan daftar Universitas LPDP yang bisa kamu pertimbangkan. Berikut ini adalah daftar-daftar universitas tersebut:

Daftar Universitas Dalam Negeri

Perguruan Tinggi Untuk Program Magister dan Doktoral

  1. Institut Kesenian Jakarta
  2. Institut Pertanian Bogor
  3. Institut Seni Indonesia Surakarta
  4. Institut Seni Indonesia Yogyakarta
  5. Institut Teknologi Bandung
  6. Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  7. Universitas Airlangga
  8. Universitas Andalas
  9. Universitas Bengkulu
  10. Universitas Brawijaya
  11. Universitas Diponegoro
  12. Universitas Gadjah Mada
  13. Universitas Haluoleo
  14. Universitas Hasanuddin
  15. Universitas Indonesia
  16. Universitas Islam Negeri Alauddin
  17. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim
  18. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim
  19. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel
  20. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
  21. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
  22. Universitas Islam Negeri Walisongo
  23. Universitas Jambi
  24. Universitas Jember
  25. Universitas Jenderal Soedirman
  26. Universitas Lambung Mangkurat
  27. Universitas Lampung
  28. Universitas Mataram
  29. Universitas Mulawarman
  30. Universitas Negeri Gorontalo
  31. Universitas Negeri Jakarta
  32. Universitas Negeri Makassar
  33. Universitas Negeri Malang
  34. Universitas Negeri Manado
  35. Universitas Negeri Medan
  36. Universitas Negeri Padang
  37. Universitas Negeri Semarang
  38. Universitas Negeri Surabaya
  39. Universitas Negeri Yogyakarta
  40. Universitas Nusa Cendana
  41. Universitas Padjadjaran
  42. Universitas Pattimura
  43. Universitas Pendidikan Ganesha
  44. Universitas Pendidikan Indonesia
  45. Universitas Riau
  46. Universitas Sam Ratulangi
  47. Universitas Sebelas Maret
  48. Universitas Sriwijaya
  49. Universitas Sumatera Utara
  50. Universitas Syiah Kuala
  51. Universitas Tadulako
  52. Universitas Tanjungpura
  53. Universitas Udayana

Perguruan Tinggi Untuk Program Dokter Spesialis

  1. Universitas Airlangga
  2. Universitas Andalas
  3. Universitas Brawijaya
  4. Universitas Diponegoro
  5. Universitas Gadjah Mada
  6. Universitas Hasanuddin
  7. Universitas Indonesia
  8. Universitas Padjadjaran
  9. Universitas Sebelas Maret

Daftar Universitas Luar Negeri

Setelah kamu mengetahui mengenai daftar universitas LPDP dalam negeri, maka kini saatnya kamu mengetahui universitas luar negeri yang bisa kamu lirik. Berikut ini adalah daftar Perguruan Tinggi tujuan Luar Negeri beasiswa LPDP.

Daftar Perguruan Tinggi Tujuan di bawah ini adalah untuk program Beasiswa Targeted Group sebagai berikut:

  1. Beasiswa PNS, TNI, POLRI
  2. Beasiswa Olimpiade Internasional

Perguruan Tinggi Luar Negeri Untuk Semua Program Studi

  1. Brown University Amerika Serikat
  2. California Institute of Technology (Caltech) Amerika Serikat
  3. Columbia University Amerika Serikat
  4. Cornell University Amerika Serikat
  5. Dartmouth University Amerika Serikat
  6. ETH Zurich – Swiss Federal Institute of Technology Swiss
  7. Harvard University Amerika Serikat
  8. Humboldt-Universität zu Berlin Jerman
  9. Johns Hopkins University Amerika Serikat
  10. KIT, Karlsruhe Institute of Technology Jerman
  11. Massachusetts Institute of Technology (MIT) Amerika Serikat
  12. Princeton University Amerika Serikat
  13. Ruprecht-Karls-Universitaet Heidelberg Jerman
  14. RWTH Aachen Jerman Semua 15 Stanford University Amerika Serikat
  15. Technical University of Munich Jerman
  16. UCL (University College London) Inggris
  17. University of Cambridge Inggris
  18. University of Chicago Amerika Serikat
  19. University of Oxford Inggris
  20. University of Pennsylvania Amerika Serikat
  21. Yale University Amerika Serikat

Perguruan Tinggi Luar Negeri Untuk Program Studi Tertentu

  1. Agro, Paris Tech – Perancis – Agriculture and Forestry
  2. Al Azhar University – Mesir – Keagamaan
  3. Ankara Üniversitesi – Turki – Keagamaan
  4. Bournemouth University – Inggris – Hospitality and Leisure Management
  5. Carnegie Mellon University – Amerika Serikat – Computer Science and Information Systems
  6. Colorado School of Mines – Amerika Serikat – Engineering – Mineral and Mining
  7. Curtin University Australia Engineering – Mineral and Mining
  8. Durham University – Inggris – Geography
  9. Ecole Polytechnique Fédérale de Lausanne (EPFL) Swiss Material Science
  10. Georgia Institute of Technology (Georgia Tech) – Amerika Serikat – Engineering – Mechanical, Aeronautical & Manufacturing
  11. Griffith University – Australia – Hospitality and Leisure Management
  12. Hartford Seminary – Amerika Serikat – Keagamaan
  13. Macquarie University – Australia – Cyber Security
  14. McGill University – Kanada – Engineering – Mineral and Mining
  15. Michigan State University – Amerika Serikat – Agriculture and Forestry
  16. Monash University – Australia – Pharmacy and Pharmacology
  17. Nanyang Technological University, Singapore (NTU) Singapura Engineering – Electrical and Electronic Material Science
  18. National University of Singapore (NUS) – Singapura – Chemistry Computer Science and Information
  19. Pennsylvania State University – Amerika Serikat – Engineering – Mineral and Mining
  20. Purdue University – Amerika Serikat – Agriculture and Forestry Hospitality and Leisure Management
  21. Queen’s University – Kanada – Engineering – Mineral and Mining
  22. Sapienza University of Rome – Italia – Keagamaan
  23. Swedish University of Agricultural Sciences – Swedia Agriculture and Forestry
  24. The Hong Kong Polytechnic University Hong Kong Hospitality and Leisure Management
  25. The University of Hong Kong Hong Kong Education Social Policy and Administration
  26. The University of Manchester Inggris Development Studies Nursing
  27. The University of Melbourne Australia Accounting and Finance Education Law
  28. The University of New South Wales (UNSW Australia) – Australia – Accounting and Finance Engineering – Mineral and Mining
  29. The University of Nottingham – Inggris – Pharmacy and Pharmacology
  30. The University of Queensland (UQ) – Australia – Engineering – Mineral and Mining
  31. The University of Sydney – Australia – Nursing
  32. The University of Tokyo – Jepang – Chemistry
  33. University of Cape Town – Afrika Selatan – Development Studies
  34. University of Michigan – Amerika Serikat – Engineering – Mechanical, Aeronautical & Manufacturing, Psychology
  35. University of Reading – Inggris – Agriculture and Forestry
  36. University of Southampton – Inggris – Nursing
  37. University of Surrey – Inggris Hospitality and Leisure Management
  38. University of Sussex – Inggris – Development Studies
  39. University of Technology Sydney – Australia – Nursing
  40. University of Toronto – Kanada – Computer Science and Information Systems, Education, Geography, Nursing, Social Policy and Administration.
  41. University of Washington – Amerika Serikat – Nursing
  42. University of Wisconsin-Madison – Amerika Serikat – Agriculture and Forestry, Sociology.
  43. Virginia Polytechnic Institute and State University – Amerika Serikat – Hospitality and Leisure Management
  44. Wageningen University – Belanda – Agriculture and Forestry, Environmental Science.
  45. World Maritime University – Swedia – Earth and Marine Science
  46. University of al-Qarawiyyin – Maroko – Keagamaan

Itulah tadi ulasan lengkap Mamikos mengenai 130 daftar Universitas LPDP dalam negeri & luar negeri 2020 yang bisa disampaikan. Semoga ulasan tersebut bermanfaat dan bisa membantu kamu untuk mendapatkan bayangan sebelum mendaftarkan diri. Semoga 130 Daftar Universitas LPDP dalam negeri & luar negeri 2020 ini bisa memberimu motivasi lebih. Apabila kamu hendak mencari hunian seperti kost-kostan, maka jangan lupa untuk mengakses aplikasi pencari kost Mamikos sekarang. Di sana ada banyak pilihan hunian yang dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: