Daya Tampung dan Peminat SBMPTN ITS 2020/2021

 Nana | Sel, 28 Apr 2020

Daya tampung dan peminat SBMPTN ITS 2020/2021 – Untuk bisa masuk ke sebuah kampus atau universitas, tentunya kamu perlu mengetahui beberapa hal yang penting. Salah satunya adalah tentang daya tampung dan peminat SBMPTN. Kali ini yang akan Mamikos bahas adalah daya tampung dan peminat SBMPTN ITS 2020/2021 yang pastinya akan sangat berguna. Terutama untuk kamu yang mengidamkan masuk ke Institut Teknologi Sepuluh Nopember tersebut.

Daya Tampung dan Peminat SBMPTN ITS

kompas.com

Sudah tidak sabar dengan informasi daya tampung dan peminat SBMPTN ITS 2020/2021 tersebut? Mari siapkan konsentrasi kamu dengan penuh dan bacalah ulasan selengkapnya sebagai berikut ini:

ITS Membuka Jalur Pendaftaran SBMPTN

Seperti yang sudah kamu ketahui bahwa selain jalur SNMPTN, pada Tahun Akademik 2020/2021 ini, ITS juga membuka pendaftaran atau menerima calon mahasiswa melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Alokasi daya tampung jalur SBMPTN di ITS adalah sebesar 40% dari total daya tampung kampus tersebut. SBMPTN dapat diikuti oleh siswa lulusan Pendidikan Menengah (SMA/MA/SMK) dan sederajat pada tahun 2018, 2019, termasuk Paket C dan harus sudah memiliki ijazah. Serta bagi lulusan tahun 2020 tentu saja. Khusus bagi siswa lulusan tahun 2020, kamu wajib untuk telah memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah dan tidak diterima pada jalur SNMPTN.

Ketentuan Khusus SBMPTN 2020 di ITS Terbaru

Jalur SBMPTN 2020 dibuka untuk semua Program Studi sarjana yang diselenggarakan oleh ITS. ITS menerima juga calon mahasiswa dari non-eksakta untuk Program Studi Desain Produk Industri, Desain Komunikasi Visual, Desain Interior, Perencanaan Wilayah Kota , tetapi harus mempunyai nilai UTBK Saintek. Sementara untuk Program Studi Manajemen Bisnis dan Studi Pembangunan, maka calon mahasiswa harus mempunyai nilai UTBK Soshum. Semoga sampai di sini kamu sudah paham mengenai ketentuan khusus jalur SBMPTN nya.

Sekarang tibalah kita pada pembahasan yang paling ditunggu-tunggu yaitu daya tampung dan peminat SBMPTN ITS 2020/2021 yang sudah Mamikos rangkum sebagai berikut:

Program Studi dan Daya Tampung SBMPTN 2020 di ITS

Di bawah ini adalah daftar daya tampung SBMPTN pada masing-masing Program Studi di ITS tahun 2020 yang perlu untuk kamu ketahui.

Fakultas Program Studi Daya Tampung 2020
Fakultas Sains dan Analitika Data Fisika 60
Matematika 60
Statistika 60
Kimia 60
Biologi 36
Sains Aktuaria 36
Fakultas Teknologi Industri dan Rekayasa Sistem Teknik Mesin 78
Teknik Kimia 60
Teknik Fisika 60
Teknik Industri 60
Teknik Material 60
Fakultas Teknik Sipil, Perencanaan, dan Kebumian Teknik Sipil 60
Arsitektur 44
Teknik Lingkungan 48
Perencanaan Wilayah Kota 57
Teknik Geomatika 45
Teknik Geofisika 30
Fakultas Teknologi Kelautan Teknik Perkapalan 39
Teknik Sistem Perkapalan 39
Teknik Sistem Perkapalan (Joint Degree) 18
Teknik Kelautan 36
Teknik Transportasi Laut 18
Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas Teknik Elektro 84
Teknik Biomedik 24
Teknik Komputer 24
Teknik Informatika 90
Sistem Informasi 54
Teknologi Informasi 24
Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital Desain Produk Industri 36
Desain Interior 24
Desain Komunikasi Visual 24
Manajemen Bisnis 39
Studi Pembangunan 30
  J u m l a h 1517

Persyaratan Khusus yang perlu dipenuhi bila diterima di beberapa Program Studi di ITS

Setelah membaca lengkap daya tampung dan peminat SBMPTN ITS 2020/2021, maka kini kamu bisa beranjak pada informasi lain yaitu persyaratan khusus yang perlu kamu penuhi apabila diterima di beberapa Program Studi di ITS. Beberapa Program Studi dalam proses pembelajaran sangat memerlukan suatu kompetensi spesifik yang terkait dengan kondisi mata.

Nah di bawah ini adalah beberapa Program Studi di ITS yang mengharuskan calon mahasiswa yang diterima memenuhi persyaratan kompetensi dan akan dilakukan cek kesehatan (tes buta warna) pada saat proses daftar ulang. Simaklah dengan saksama.

Fakultas Program Studi Persyaratan Khusus
Fakultas Sains dan Analitika Data Fisika Memiliki fungsi penglihatan yang memadai untuk membedakan warna sehingga tidak mengganggu proses pembelajaran
Kimia
Biologi
Fakultas Teknologi Industri dan Rekayasa Sistem Teknik Kimia
Fakultas Teknik Sipil, Perencanaan, dan Kebumian
Teknik Lingkungan
Teknik Geomatika
Teknik Geofisika
Arsitektur
Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital
Desain Produk
Desain Interior

Ketentuan Pembiayaan yang diterima melalui jalur SBMPTN di ITS

Sudah membaca tentang daya tampung dan peminat SBMPTN ITS 2020/2021 dan juga ketentuan beberapa Program Studi yang ada, maka kini informasi lain yang juga perlu kamu tahu adalah mengenai ketentuan pembiayaan yang diterima melalui jalur SBMPTN ITS. Sejak tahun akademik 2013/2014, biaya pendidikan mahasiswa baru jalur SNMPTN dan SBMPTN sudah menggunakan satu komponen biaya yaitu Uang Kuliah Tunggal (UKT).

Uang Kuliah Tunggal (UKT) di ITS terbagi dalam 7 (tujuh) kategori yang disesuaikan dengan kemampuan ekonomi orang tua mahasiswa yang mendaftarkan diri. Indeks kemampuan ekonomi orang tua ditentukan pada saat daftar ulang. UKT juga diberlakukan untuk semua calon mahasiswa yang diterima di berbagai Program Studi melalui SBMPTN kecuali Program Studi Joint Degree. Nilai kategori dan tarif UKT akan diumumkan kemudian. Khusus untuk program Joint Degree Teknik Sistem Perkapalan, biaya pendidikan sebesar Rp 20.000.000,00 per semester.

Beasiswa di ITS

Beasiswa KIP Kuliah

Siapa bilang di ITS tidak bisa menemukan beasiswa yang bisa diikuti atau dilirik? Salah satu beasiswa yang bisa kamu pilih adalah beasiswa KIP-Kuliah. Beasiswa KIP-Kuliah berlaku untuk semua Program Studi di ITS, kecuali Program Studi Joint Degree dan Program Sarjana Kelas Internasional. Ketentuan yang berlaku bagi peminat Beasiswa KIP-KUliah pada pelaksanaan SNMPTN 2020 di ITS sudah tertulis di bawah ini.

  • Siswa pendaftar dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan KIP Kuliah.
  • Calon peserta penerima KIP Kuliah terlebih dahulu harus mempelajari prosedur pendaftaran program KIP Kuliah.

Beasiswa Lain

Tentu saja, selain beasiswa KIP-Kuliah, ITS juga bekerjasama dengan berbagai instansi dalam pemberian beasiswa untuk mahasiswa ITS. Para mahasiswa bisa memperoleh beasiswa dari berbagai sumber setelah mendapatkan Indeks Prestasi akademik dan formulir yang tersedia sebagai suatu prasyarat mendapatkan beasiswa. Jadi untuk urusan beasiswa, kamu tidak perlu cemas.

Seleksi Masuk ITS-Program Sarjana Terapan

Fakultas Vokasi Tahun Akademik 2020/2021 Program Sarjana Terapan (Diploma Empat)

Sebagai Perguruan Tinggi dengan status berbadan hukum (PTN-BH) maka ITS pada tahun 2019 telah menetapkan pembukaan 7 (tujuh) Program Studi Sarjana Terapan (Diploma Empat) di lingkungan Fakultas Vokasi (FV) sebagai berikut:

  1. Teknologi Rekayasa Konstruksi Bangunan Air;
  2. Teknologi Rekayasa Manufaktur;
  3. Teknologi Rekayasa Konversi Energi;
  4. Teknologi Rekayasa Otomasi;
  5. Teknologi Rekayasa Kimia Industri;
  6. Teknologi Rekayasa Instrumentasi; dan
  7. Statistika Bisnis

Selain pada 7 (tujuh) Program Studi baru di atas, di ITS juga telah ada Program Studi Sarjana Terapan (Diploma Empat) Teknik Sipil, yang sudah mengantongi kreditasi B. Program Studi ini akan bertransformasi menjadi Program Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Pengelolaan dan Pemeliharaan Bangunan Sipil (TRPPBS), mengikuti Kepmen Ristekdikti Nomor 57/M/KPT/2019 tentang nama Program Studi di Perguruan Tinggi dan Keputusan Dirjen Belmawa Nomor 46/B/HK/2019 tentang Daftar Nama Program Studi Pada Perguruan Tinggi.

Di bawah ini adalah pilihan Program Studi dan daya tampung yang tersedia.

NO PROGRAM STUDI DAYA TAMPUNG TOTAL
Kelompok I

(Prestasi SMK)

Kelompok II

(Prestasi SMU/MA)

Kelompok III Kelompok IV
DEPARTEMEN TEKNIK INFRASTRUKTUR SIPIL
1 Teknik Sipil (Teknologi Rekayasa Pengelolaan dan Pemeliharaan Bangunan Sipil) 18 9 36 27 90
2 Teknologi Rekayasa Konstruksi Bangunan Air 18 9 36 27 90
DEPARTEMEN TEKNIK MESIN INDUSTRI
3 Teknologi Rekayasa Manufaktur 18 9 36 27 90
4 Teknologi Rekayasa Konversi Energi 18 9 36 27 90
DEPARTEMEN TEKNIK ELEKTRO OTOMASI
5 Teknologi Rekayasa Otomasi 26 13 52 39 130
DEPARTEMEN TEKNIK KIMIA INDUSTRI
6 Teknologi Rekayasa Kimia Industri 18 9 36 27 90
DEPARTEMEN TEKNIK INSTRUMENTASI
7 Rekayasa Teknologi Instrumentasi 26 13 52 39 130
DEPARTEMEN STATISTIKA BISNIS
8 Statistika Bisnis 26 13 52 39 130
TOTAL 168 84 336 252 840

 

Persyaratan Pendaftaran

  1. Lulusan SMU/MA/SMK dan sederajat jurusan IPA tahun 2018, 2019, dan 2020. Lulusan jurusan SMU/MA jurusan non-IPA tidak dibolehkan mendaftar program ini dan khusus lulusan SMK diharuskan dari jurusan yang relevan dengan prodi yang dituju;
  2. Sehat jasmani, rohani dan bebas narkoba, serta tidak buta warna bagi yang mendaftar pada prodi Teknologi Rekayasa Otomasi, Teknik Kimia Industri, dan Rekayasa Teknologi Instrumentasi.

Sistem Penerimaan dan Biaya Pendidikan

Sistem penerimaan calon mahasiswa baru program Sarjana Terapan tahun akademik 2020/2021, dilakukan dalam 4 (empat) kelompok yaitu sebagai berikut:

  1. Kelompok I (Prestasi SMK)
    Kelompok I ini dikhususkan bag kamui siswa lulusan SMK yang memiliki prestasi di bidang akademis maupun non akademis, serta mendapat rekomendasi dari sekolah. Biaya pendidikan pada kelompok I akan mengikuti Uang Kuliah Tunggal (UKT) kelompok Reguler.
  2. Kelompok II (Prestasi SMU/MA)
    Kelompok II ini dikhususkan bagi siswa SMU/MA (non-SMK) yang memiliki prestasi di bidang akademis maupun non akademis, serta mendapat rekomendasi dari sekolah. Biaya pendidikan pada kelompok II akan mengikuti Uang Kuliah Tunggal (UKT) kelompok Reguler.
  3. Kelompok III (Reguler)
    Uang Kuliah Tunggal (UKT) per semester dibagi dalam 7 kategori yang akan disesuaikan dengan kemampuan ekonomi orangtua mahasiswa yang bersangkutan.

Dengan informasi yang Mamikos sampaikan di atas tadi, maka selesailah sudah informasi dalam artikel daya tampung dan peminat SBMPTN ITS 2020/2021 yang bisa disampaikan pada kali ini. Semoga apa yang Mamikos sampaikan di atas tadi bermanfaat dan tentunya dapat membantu kamu memperoleh sebuah informasi baru yang kamu tunggu-tunggu.

Sebarkan informasi menarik ini sebanyak-banyaknya pada teman dan pengikutmu di media sosial. Jangan lupa akses aplikasi pencari kost Mamikos untuk pembaruan terbaru seputar hunian kost-kostan yang kamu butuhkan kapanpun di manapun. Hanya dengan satu aplikasi saja kamu sudah bisa menemukan hunian seperti yang kamu inginkan.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: