Daya Tampung dan Peminat SNMPTN USU 2022/2023, Prodi Saintek dan Soshum

Posted in: SNMPTN
Tagged: snmptn

Daya Tampung dan Peminat SNMPTN USU 2022/2023, Prodi Saintek dan Soshum – Universitas Sumatera Utara (USU) merupakan perguruan tinggi negeri yang masuk dalam urutan kampus terbaik di Indonesia. Tercatat, tahun lalu sebanyak 34.086 orang telah mendaftar seleksi SNPTN 2021. Jumlah ini terus meningkat dari tahun sebelumnya. Dari jumlah tersebut, dapat dilihat bila daya tampung dan peminat SNMPTN USU terus meningkat. 

Daya Tampung dan Peminat SNMPTN USU

kompas.com

Selain itu, USU telah mendapat akreditasi “A” dari BAN PT berdasarkan surat keputusan nomor 23/SK/BAN-PT/Akred/PT/II/2018. Akreditasi merupakan penilaian atas kelayakan atau pengakuan terhadap lembaga pendidikan yang diberikan oleh badan berwenang. Sayangnya, banyak orang yang kurang memperhatikan akreditasi dari sebuah kampus. Sebab, baik sekolah ataupun perguruan tinggi wajib memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh Kemendikbud. 

Lalu, Berapa Daya Tampung Universitas Sumatera Utara?

Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNPTN) 2022 telah dibuka. Selain menggunakan nilai rapor dan tidak perlu melakukan ujian tertulis lagi. Lalu, siswa juga dapat mencantumkan daftar prestasi yang dimiliki. Dengan begitu, lebih dapat berpeluang untuk masuk ke perguruan tinggi yang berkualitas dan sesuai dengan yang diinginkan. 

Nah, bila berminat masuk ke program studi Saintek dan Soshum. Kamu perlu mengetahui daya tampungnya. Tapi, daya tampung dapat berubah tergantung kebijakan setiap universitas. Berikut ini daya tampung dan peminat SNPTN USU Saintek dan Soshum yang wajib kamu ketahui. 

Daya Tampung Prodi Saintek 

Daya tampung yang ditampilkan adalah tahun 2021, yang dapat digunakan sebagai acuan

Daya Tampung Prodi Soshum

Daya tampung yang ditampilkan adalah tahun 2021 yang dapat digunakan sebagai acuan.

Bagaimana Menghitung Passing Grade SNPTN?

Saat mendaftar melalui jalur SNPTN, kamu tidak perlu mengikuti serangkaian tes tertulis lagi. Alasan inilah yang membuat banyak siswa berlomba-lomba agar lolos. Salah satunya, menghitung passing grade SNPTN. 

Dengan menghitung, kamu bisa menentukan jurusan dan kampus mana yang sesuai dengan nilai tersebut. Cara ini banyak dilakukan oleh calon mahasiswa, sehingga memungkinkan peluang lolos lebih besar. Mengingat daya tampung dan peminat SNMPTN USU yang semakin bertambah. 

Biasanya, patokan passing grade dilihat dari nilai siswa yang telah lolos SNPTN tahun sebelumnya. Kemudian, nilai tersebut dikelompokkan dan dijadikan patokan. Ada cara sederhana, yaitu membandingkan nilai kamu dengan nilai alumni sekolah yang lulus SNPTN. Misalnya, kamu ingin masuk jurusan Psikologi di kampus A, maka carilah informasi mengenai alumni sekolah yang lulus di jurusan tersebut. 

Lalu, buat perbandingan nilai kamu dengan alumni tersebut. Jurusan Psikologi bisa untuk IPA maupun IPS. Akan tetapi, masih termasuk dalam rumpun Soshum. Maka dari itu, kamu bisa menggunakan nilai Matematika, Bahasa Inggris, Ekonomi, Sosiologi, Geografi, dan Bahasa Indonesia. Hitunglah keenam nilai dengan cara menjumlahkannya dan dibagi 6 ( Total nilai : 6). Apabila  nilai sama atau melebihi nilai alumni, ada kemungkinan kamu berpeluang untuk lolos. Dengan begitu, kamu mampu bersaing dengan peserta SNPTN USU lainnya. 

Apa Saja Keunggulan Dari Universitas Ini?

Agar kamu semakin yakin untuk masuk belajar di sini, rasanya kurang afdol kalau tidak mengetahui keunggulan dari kampus tersebut. Berikut beberapa alasan kamu harus berkuliah di USU.

Biaya Kuliah Murah

USU termasuk universitas dengan biaya uang kuliah tetap (UKT) rendah. Kampus ini juga memberikan keringanan untuk mahasiswa yang kurang mampu berdasarkan penghasilan atau kemampuan orang tua / wali. Hal inilah yang membuat daya tampung dan peminat SNMPTN USU semakin bertambah setiap tahunnya.

Fasilitas Lengkap

Segudang fasilitas yang diberikan kampus meliputi lapangan voli, lapangan basket, badminton, musala, kafetaria, pendopo, perpustakaan, hingga sarana penunjang lainnya seperti wifi. Bahkan, kampus juga menyediakan asrama, auditorium, hingga gelanggang mahasiswa yang digunakan untuk mengadakan pertemuan atau kegiatan besar. Menariknya, USU memiliki rumah sakit yang telah beroperasi sejak 2016. Melihat segudang fasilitas tersebut, tak heran peminat dan daya tampung USU terus meningkat. 

Data daya tampung dan peminat diatas adalah berdasarkan data SNMPTN tahun 2021. Namun kami update jika sudah ada informasi resminya.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta